Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Hukum memakai bahan dari sutera

 


فصل

يحرم على الرجل استعمال الحرير بفرش وغيره ويحل للمرأة لبسه والأصح تحريم افتراشها وأن للولي إلباسه الصبي.

قلت: الأصح حل افتراشها وبه قطع العراقيون وغيرهم والله أعلم ويجوز للرجل لبسه للضرورة كحر وبرد مهلكين أو فجأة حرب ولم يجد غيره للحاجة كجرب وحكة ودفع قمل وللقتال كديباج لا يقوم غيره مقامه ويحرم المركب من ابر يسم وغيره إن زاد وزن الإبر يسم ويحل عكسه وكذا إن استويا في الأصح ويحل ما طرز أو طرف بحرير قدر العادة ولبس الثوب النجس في غير الصلاة ونحوها لا جلد كلب وخنزير إلا لضرورة كفجأة قتال وكذا جلد الميتة في الأصح ويحل الاستصباح بالدهن النجس على المشهور.

 

Pakaian

Haram bagi laki-laki menggunakan sutera untuk alas tidur maupun selainnya. Sedangkan bagi perempuan, halal memakainya; menurut pendapat yang lebih benar: haram menggunakannya sebagai alas tidur, dan boleh bagi wali untuk memakaikannya ke anak kecil. Pendapatku: halal menjadikannya alas tidur (bagi perempuan), pendapat ini dipilih oleh ulama Iraqiyyun dan yang lain, wallahu a’lam.

Halal bagi laki-laki memakai sutera dalam keadaan darurat misalnya dalam keadaan panas atau dingin yang mematkan, atau disergap saat perang dan dia tidak menemukan pakaian selain itu; dan karena ada hajat/kebutuhan misalnya karena penyakit kudis atau gatal atau menolak kutu; juga untuk perang seperti dibaj yang tidak bisa digantikan oleh yang lain.

Haram sesuatu yang tersusun dari ibrisam jika ibrisamnya lebih berat; dan halal jika sebaliknya, demikian juga jika beratnya sama menurut pendapat yang lebih benar.

Halal sesuatu yang disulam atau diberi tepi dengan sutera sekedar adat; memakai pakaian najis di luar shalat dan sebagainya; tidak halal memakai kulit anjing dan babi kecuali untuk keadaan darurat seperti dalam sergapan musuh; demikian juga (tidak halal) kulit bangkai menurut pendapat yang lebih benar. Halal menjadikan lampu penerangan menggunakan minyak yang najis menurut pendapat yang masyhur.

 

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama