Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Adzan dan Iqamah


 

فصل

 

الأذان والإقامة سنة وقيل فرض كفاية وإنما يشرعان لمكتوبة ويقال في العيد ونحوه الصلاة جامعة والجديد ندبه للمنفرد ويرفع صوته لا بمسجد وقعت فيه جماعة ويقيم للفائتة ولا يؤذن في الجديد.

قلت: القديم أظهر والله أعلم فإن كان فوائت لم يؤذن لغير الأولى ويندب لجماعة النساء الإقامة لا الأذان على المشهور والأذان مثنى والإقامة فرادى إلا لفظ الإقامة ويسن إدراجها وترتيله والترجيع فيه والتثويب في الصبح وأن يؤذن قائما للقبلة ويشترط ترتيبه وموالاته وفي قول لا يضر كلام وسكوت طويلان وشرط المؤذن الإسلام والتمييز والذكورة ويكره للمحدث وللجنب أشد والإقامة أغلظ ويسن صيت حسن الصوت عدل والإمامة أفضل منه في الأصح.

قلت: الأصح انه أفضل منها والله أعلم وشرطه الوقت إلا الصبح فمن نصف الليل ويسن مؤذنان للمسجد يؤذن واحد قبل الفجر وآخر بعده ويسن لسامعه مثل قوله لا في حيعلاته فيقول لا حول ولا قوة إلا بالله.

قلت: وإلا في التثويب فيقول صدقت وبررت والله أعلم ولكل أن يصلي على النبي صلى الله عليه وسلم بعد فراغه ثم اللهم رب هذه الدعوة التامة والصلاة القائمة آت محمدا الوسيلة والفضيلة وابعثه مقاما محمودا الذي وعدته.

 

Adzan dan Iqamah

Adzan dan iqamah itu sunnah; dan dikatakan: fardhu kifayah. Adzan dan iqamah hanya disyariatkan pada shalat wajib; pada shalat ied dan sejenisnya diucapkan: assholatu jami’ah.

Pada qaul jadid: adzan itu sunnah bagi munfarid (orang yang shalat sendirian), dikeraskan suaranya kecuali di dalam masjid yang sudah dilakukan shalat jama’ah. Bagi orang yang sudah terlewat waktu, dia beriqamah; tidak adzan menurut qaul jadid.

Pendapatku: qaul qadim (tetiap adzan) itulah yang addhar, wallahu a’lam. Jika seseorang terlewat beberapa shalat, maka dia tidak adzan kecuali saat shalat yang pertama saja.

Iqamah disunnahkan untuk jama’ah perempuan; adzan tidak disunnahkan menurut pendapat yang masyhur. Lafal adzan itu dua kali-dua kali; iqamah sekali-sekali, kecuali lafal al iqamah.

Disunnahkan: mengucap iqamah dengan cepat; adzan: diucapkan pelan-pelan, tarji’, tatswib pada adzan shubuh, mengumandangkan adzan (dan iqamah) dengan berdiri menghadap kiblat.

Adzan (dan iqamah) disyaratkan tertib urutannya dan berturut-turut (tidak berjeda); dalam sebuah qaul:

berkata-kata dan diam dalam waktu lama tidak merusak adzan. Syarat muadzin (orang yang adzan dan iqamah): Islam, tamyiz, laki-laki.

Makruh adzan bagi orang yang berhadats kecil, bagi orang junub lebih makruh lagi, dalam hal iqamah lebih makruh lagi daripada adzan. Disunnahkan muadzin itu orang yang keras suaranya, bagus suaranya, adil (terpercaya). Imamah lebih utama dibandingkan adzan menurut pendapat yang lebih benar.

Pendapatku: menurut pendapat yang lebih benar: adzan lebih utama (dari imamah), wallahu a’lam.

Syarat adzan adalah sudah masuk waktu; kecuali adzan shubuh: boleh sejak tengah malam; disunnahkan ada dua muadzin (untuk adzan shubuh) pada sebuah masjid; yang satu adzan sebelum fajar, yang lain sesudah fajar.

Disunnahkan bagi orang yang mendengar adzan untuk mengucapkan lafal yang sama dengan muadzin; kecuali pada saat “hayya ‘alash sholah” dan “hayya ‘halal falah”, dia ucapkan: “laa haula wa laa quwwata illaa billah”.

Pendapatku: juga kecuali saat taswib, dia ucapkan: “shodaqta wa barirta”, wallahu a’lam. Muadzin dan pendengarnya mengucapkan shalawat kepada Nabi SAW setelah selsai adzan; kemudian mengucapkan: Allahumma rabba hadzihid da’watt taammah, washsholaatl qaaimah, aat muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wab’atshu maqaamam mahmuudanil ladzi wa’adtah.


Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama