فصل
يقدم داخل الخلاء يساره
والخارج يمينه ولا يحمل ذكر الله تعالى ويعتمد جالسا يساره ولا يستقبل القبلة ولا يستدبرها
ويحرمان بالصحراء ويبعد ويستتر ولا يبول في
ماء راكد وجحر ومهب ريح ومتحدث وطريق وتحت مثمرة ولا يتكلم ولا يستنجي بماء في مجلسه
ويستبرىء من البول ويقول عند دخوله بسم الله اللهم إني أعوذ بك من الخبث والخبائث وعند
خروجه غفرانك الحمد لله الذي أذهب عني الأذى وعافاني ويجب الاستنجاء بماء أو حجر وجمعهما
أفضل وفي معنى الحجر كل جامد طاهر قالع غير محترم وجلد دبغ دون غيره في الأظهر وشرط
الحجر أن لا يجف النجس ولا ينتقل ولا يطرأ أجنبي ولو ندر أو انتشر فوق العادة ولم يجاوز
صفحته وحشفته جاز الحجر في الأظهر ويجب ثلاث
مسحات ولو بأطراف حجر فإن لم ينق وجب الإنقاء وسن الإيثار وكل حجر لكل محله وقيل: يوزعن
لجانبيه والوسط ويسن الاستنجاء بيساره ولا استنجاء لدود وبعر بلا لوث في الأظهر.
Adab Buang Air
Masuk WC
(sunnah) mendahulukan kaki kiri, keluar mendahulukan kaki kanan. Tidak membawa
tulisan dzikir kepada Allah ta’ala, bersandar dalam duduknya pada kaki kiri, tidak
menghadap kiblat dan tidak membelakangi kiblat, keduanya (menghadap
/membelakangi kiblat) haram ketika di padang pasir, menjauh, menutupi diri, tidak
kencing di air yang diam atau di lubang atau di tempat berhembusnya angin atau
di tempat bercakap-cakap atau di jalan atau di bawah pohon yang berbuah, tidak
berbicara, tidak
beristnja’
dengan air di tempat duduknya, dan membersihkan dari air kencing. Ketika masuk
WC mengucapkan: Bismillah, Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal
khobaits. Ketika
keluar membaca:
Ghufranaka, alhamdu lillahilladzi adzhaba ‘annil adza wa ‘afani. Wajib istnja’
menggunakan air atau batu, menggabungkan air dan batu itu lebih utama, masuk ke
dalam
makna batu: setiap
benda padat yang suci, bisa melepaskan najis, bukan barang terhormat0, dan
kulit yang disamak, tidak (termasuk makna batu) jika tidak disamak menurut
pendapat yang lebih jelas.
Syarat
(menggunakan) batu: najisnya tidak kering, tidak berpindah, dan tidak
dilemparkan oleh orang lain kepadanya.
Seandainya
(kotoran yang keluar) bergeser atau tersebar di luar kebiasaan tetapi tidak
melebihi sisi-sisinya dubur atau ujung zakar, maka boleh menggunakan batu
menurut pendapat yang lebih jelas.
Wajib istnja’
sebanyak tiga kali usapan, walaupun menggunakan sisi-sisi batu; jika belum
bersih, wajib membersihkannya, disunnahkan jumlahnya ganjil, setiap batu untuk
semua tempatnya, dan dikatakan: dibagi untuk dua sisi dan bagian tengahnya.
Disunnahkan
beristnja’ menggunakan tangan kiri. Tidak wajib istnja jika keluar cacing dan
kotoran yang ringan menurut pendapat yang lebih jelas.