Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Adab Buang Air

 


فصل

يقدم داخل الخلاء يساره والخارج يمينه ولا يحمل ذكر الله تعالى ويعتمد جالسا يساره ولا يستقبل القبلة ولا يستدبرها ويحرمان  بالصحراء ويبعد ويستتر ولا يبول في ماء راكد وجحر ومهب ريح ومتحدث وطريق وتحت مثمرة ولا يتكلم ولا يستنجي بماء في مجلسه ويستبرىء من البول ويقول عند دخوله بسم الله اللهم إني أعوذ بك من الخبث والخبائث وعند خروجه غفرانك الحمد لله الذي أذهب عني الأذى وعافاني ويجب الاستنجاء بماء أو حجر وجمعهما أفضل وفي معنى الحجر كل جامد طاهر قالع غير محترم وجلد دبغ دون غيره في الأظهر وشرط الحجر أن لا يجف النجس ولا ينتقل ولا يطرأ أجنبي ولو ندر أو انتشر فوق العادة ولم يجاوز صفحته وحشفته جاز الحجر في الأظهر ويجب  ثلاث مسحات ولو بأطراف حجر فإن لم ينق وجب الإنقاء وسن الإيثار وكل حجر لكل محله وقيل: يوزعن لجانبيه والوسط ويسن الاستنجاء بيساره ولا استنجاء لدود وبعر بلا لوث في الأظهر.

 

Adab Buang Air

Masuk WC (sunnah) mendahulukan kaki kiri, keluar mendahulukan kaki kanan. Tidak membawa tulisan dzikir kepada Allah ta’ala, bersandar dalam duduknya pada kaki kiri, tidak menghadap kiblat dan tidak membelakangi kiblat, keduanya (menghadap /membelakangi kiblat) haram ketika di padang pasir, menjauh, menutupi diri, tidak kencing di air yang diam atau di lubang atau di tempat berhembusnya angin atau di tempat bercakap-cakap atau di jalan atau di bawah pohon yang berbuah, tidak berbicara, tidak

beristnja’ dengan air di tempat duduknya, dan membersihkan dari air kencing. Ketika masuk WC mengucapkan: Bismillah, Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khobaits. Ketika

keluar membaca: Ghufranaka, alhamdu lillahilladzi adzhaba ‘annil adza wa ‘afani. Wajib istnja’ menggunakan air atau batu, menggabungkan air dan batu itu lebih utama, masuk ke dalam

makna batu: setiap benda padat yang suci, bisa melepaskan najis, bukan barang terhormat0, dan kulit yang disamak, tidak (termasuk makna batu) jika tidak disamak menurut pendapat yang lebih jelas.

Syarat (menggunakan) batu: najisnya tidak kering, tidak berpindah, dan tidak dilemparkan oleh orang lain kepadanya.

Seandainya (kotoran yang keluar) bergeser atau tersebar di luar kebiasaan tetapi tidak melebihi sisi-sisinya dubur atau ujung zakar, maka boleh menggunakan batu menurut pendapat yang lebih jelas.

Wajib istnja’ sebanyak tiga kali usapan, walaupun menggunakan sisi-sisi batu; jika belum bersih, wajib membersihkannya, disunnahkan jumlahnya ganjil, setiap batu untuk semua tempatnya, dan dikatakan: dibagi untuk dua sisi dan bagian tengahnya.

Disunnahkan beristnja’ menggunakan tangan kiri. Tidak wajib istnja jika keluar cacing dan kotoran yang ringan menurut pendapat yang lebih jelas.

 Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama