ما ورد به الشرع مطلقا ولا ضابط له فيه ولا فى
فى اللغة يرجع فيه الى العرف
“Sesuatu yang
datang dalam hukum syara‟ secara muthlaq dan tidak ada yang menjadi landasannya
dan tidak juga dengan definisi lughoh (bahasa) maka semua itu dikembalikan pada
kebiasaan (adat) yang berlaku”
Misalnya :
1. Niat dalam
sholat itu cukup dengan Muqoronah „Urfiyah (berbarengan sesuai adat) dengan
perkiraan hitungan orang itu telah menghadirkan niat dalam sholat atau yang
biasa disebut dengan Istihdharul „Urfi.
2. Jual beli
dengan saling serah terima tanpa akad ijab dan qabul itu secara hukum syara‟
tidak sah, maka wajib dikembalikan kepada adat kebiasaan, dan pendapat ini
dipilih oleh Imam Nawawi rahimahullah, dan termasuk Qaul Mu’tamad.