Terjemah Kitab Fathul Muin; SHOLAT JUMAT

 


Terjemah Kitab Fathul Muin

 

SHOLAT JUMAT

 

فصل (في صلاة الجمعة) هي فرض عين عند اجتماع شرائطها. وفرضت بمكة، ولم تقم بها لفقد العدد، أو لان شعارها الاظهار، وكان (ص) مستخفيا فيها. وأول من أقامها بالمدينة قبل الهجرة أسعد بن زرارة، بقرية على ميل من المدينة. وصلاتها أفضل الصلوات. وسميت بذلك: لاجتماع الناس لها، أو لان آدم اجتمع فيها مع حواء من مزدلفة، فلذلك سميت جمعا. (تجب جمعة على) كل (مكلف) أي بالغ عاقل، (ذكر، حر)، فلا تلزم على أنثى، وخنثى، ومن به رق - إن كوتب - لنقصه، (متوطن) بمحل الجمعة لا يسافر من محل إقامتها - صيفا ولا شتاء - إلا لحاجة، كتجارة، وزيارة، (غير معذور) بنحو مرض، من الاعذار التي مرت في الجماعة، فلا تلزم على مريض إن لم يحضر بعد الزوال محل إقامتها، وتنعقد بمعذور،

و) تجب (على مقيم) بمحل إقامتها غير متوطن، كمن أقام بمحل جمعة أربعة أيام فأكثر، وهو على عزم العود إلى وطنه، ولو بعد مدة طويلة. وعلى مقيم متوطن بمحل يسمع منه النداء ولا يبلغ أهله أربعين، فتلزمهما الجمعة (و) لكن (لا تنعقد) الجمعة (به) أي بمقيم غير متوطن، ولا بمتوطن خارج بلد إقامتها، وإن وجبت عليه بسماعه النداء منها. (ولا بمن به رق وصبا)، بل تصح منهم، لكن ينبغي تأخر إحرامهم عن إحرام أربعين ممن تنعقد به الجمعة - على ما اشترطه جمع محققون، وإن خالف فيه كثيرون.

 

Pasal TENTANG SHOLAT JUMAT - فَصْلٌ فىِ صَلاَةِ الْجُمُعَةِ

 

Mengerjakan sholat Jumat hukumnya fardu ain, jika telah memenuhi syarat-syaratnya. Perintah melakukannya turun di Mekah. Namun di Mekah sendiri tidak diselenggarakan kala itu, karena belum cukup bilangan kaum.muslimin, atau karena syiarnya harus ditampakkan, sedangkan Nabi Muhammad saw. di Mekah masih sembunyi-sembunyi. Orang yang pertama kali mendirikan sholat Jumat di Madinah sebelum Nabi saw. hijrah adalah As’ad bin Zurarah. Yaitu diselenggarakan di desa (kampung) yang ber’dekatan dengan kota Madinah.

Sholat Jumat itu sholat yang paling utama. Dinamakan dengan sholat Jumat, karena banyak orang-orang yang berkumpul guna mengerjakan sholat Jumat, atau karena Nabi Adam a.s ber: kumpul dengan Hawa di Muzdalifah pada hari Jumat. Dan karena itu, Muzdalifah dinamakan Jam’an.

Sholat Jumat Itu wajib atas setiap orang Mukalaf, yaitu balig, berakal sehat, Jaki-laki dan merdeka, Karena itu, sholat Jumat tidak wajib atas wanita, khuntsa dan budak, sekalipun budak Mukatab, Scbab mereka semua dianggap punya kekurangan.

Yang bertempat tinggal di tempat diselenggarakannya sholat Jumat, Artinya, mereka tidak pergi dari tempat itu di musim kemarau maupun hujan, kecuali ada keperluan semacam berdagang atau ziarah. Mereka tidak sedang uzur, misalnya sakit atau uzur-uzur lain, seperti yang ada dalam masalah sholat jamaah. Karena itu, sholat Jumat tidak wajib bagi Orang sakit yang tidak bisa hadir di tempat di selenggarakan Jumatan setelah matahari tergelincir ke arah barat.

Sholat Jumat tetap sah, jika dikerjakan oleh orang yang punya uzur. Sholat Jumat wajib dikerjakan oleh orang yang bermukim (sekalipun) didirikan sholat, misalnya orang yang bermukim tetapi mereka tidak bisa mensahkan Jumat daerah tersebut -pen).

Sholat Jumat juga tidak bisa terlaksana, dengan dipenuhi oleh budak atau anak-anak, tetapi sholat mereka sah. Hanya saja mereka (mukim bukan mutawathin, mukim mutawathin, budak dan anak-anak) wajib menunda takbiratul ihram sampai sesudah takbir 40 orang yang sah Jumatnya dengan kepenuhan mereka ini, demikian yang disyaratkan oleh segolongan ulama Muhaggigin, sekalipun banyak ulama yang menentangnya.

 

Syarat Sah Jumat

 

 Baca juga: Bab Sholat

وشرط) لصحة الجمعة - مع شروط غيرها - ستة: احدها: (وقوعها جماعة) بنية إمامة واقتداء، مقترنة بتحرم (في الركعة الاولى)، فلا تصح الجمعة بالعدد فرادى، ولا تشترط الجماعة في الركعة الثانية. فلو صلى الامام بالاربعين ركعة ثم أحدث فأتم كل منهم ركعة واحدة، أو لم يحدث بل فارقوه في الثانية، وأتموا منفردين، أجزأتهم الجمعة. نعم، يشترط بقاء العدد إلى سلام الجميع، حتى لو أحدث واحد من الاربعين قبل سلامه، ولو بعد سلام من عداه منهم، بطلت جمعة الكل. ولو أدرك المسبوق ركوع الثانية واستمر معه إلى أن سلم، أتى بركعة بعد سلامه جهرا وتمت جمعته إن صحت جمعة الامام وكذا من اقتدى به وأدرك ركعة معه - كما قاله شيخنا -. وتجب على من جاء بعد ركوع. الثانية: نية الجمعة - على الاصح - وإن كانت الظهر هي اللازمة له -.

وقيل: تجوز نية الظهر. وأفتى به البلقيني وأطال الكلام فيه. (و) ثانيها: وقوعها (بأربعين) ممن تنعقد بهم الجمعة، ولو مرضى، ومنهم الامام. ولو كانوا أربعين فقط وفيهم أمي واحد أو أكثر قصر في التعلم، لم تصح جمعتهم، لبطلان صلاته فينقصون. أما إذا لم يقصر الامي في التعلم فتصح الجمعة به - كما جزم به شيخنا في شرحي العباب والارشاد، تبعا لما جزم به شيخه في شرح الروض - ثم قال في شرح المنهاج: لا فرق هنا بين أن يقصر الامي في التعلم، وأن لا يقصر. والفرق بينهما غير قوي. انتهى. ولو نقصوا فيها بطلت، أو في خطبة لم يحسب ركن فعل حال نقصهم، لعدم سماعهم له. فإن عادوا قريبا عرفا جاز البناء على ما مضى، وإلا وجب الاستئناف، كنقصهم بين الخطبة والصلاة، لانتفاء الموالاة فيهما.

 

Syarat Sah Jumat  Di samping syarat-syarat sholat yang lain, sholat Jumat juga disyaratkan atas enam perkara:

Harus dilaksanakan secara berjamaah, pada rakaat pertama, imam berniat menjadi imam dan makmum berniat bermakmum yang bersamaam dengan takbiratul ihram. Krena itu, sholat Jumat a Mudah terpenuhi bilangan Jmaahnya (40 orang), adalah Tidak sah jika dilaksanakan dengan sendiri-sendiri (tidak berjamaah).

 

Pada rakaat keduanya disyaratkan harus berjamaah. Karena itu, jika imam pada rakaat pertama berjamaah dengan makmum 40 orang, lalu imam berhadas, lantas mereka meneruskan sholatnya sendirisendiri, atau imam tidak berhadas, tetapi mereka memisah dari imam (mufaraqah) pada rakaat kedua dan meneruskan sendiri-sendiri, maka sah Jumatannya. Memang! Orang 40 itu disyaratkan harus tetap ada sampa mereka semua salam, sehingga apabila salah satu dari keempat Puluh Orang tersebut berhadas Sebelum salamnya, sekalipun Makmum yang lainnya sarah Salam, maka batallah sala Jumat mereka.

Apabila makmum masbuk mendapatkan rukuk imam pada rakaat kedua, lalu ia mengikuti terus sampai salam, maka ia harus menambah satu – rakaat (sunah) dengan bacaan keras, dan sholat Jumat sudah dianggap sempurna, jika Jumatan imam tadi sah. Demikian juga sempurna sholat Jumat makmum masbuk lainnya, yang bermakmum kepada masbuk di atas dan ia masih mendapatkan satu rakaat bersamanya, demikianlah menurut fatwa Guru kami.

Orang yang baru mengikuti imam setelah rukuk imam rakaat kedua, menurut pendapat yang Ashah wajib niat sholat Jumat, sekalipun yang harus dikerjakan adalah sholat Zhuhur. Pendapat lain mengatakan, bahwa orang tersebut boleh berniat sholat Zhuhur. Seperti ini pula Imam Al-Bulgini memfatwakan dan menguraikan secara panjang-lebar.

Sholat Jumat harus dikerjakan oleh 40 orang termasuk imamnya, di mana mereka ini adalah orang-orang yang menjadikan kesahan Jumat, sekalipun sedang menderita sakit. Andaikata orang-orang yang sedang mendirikan sholat Jumat itu 40 orang saja dan di antara mereka terdapat seorang atau lebih yang ummi, di mana ia malas untuk belajar, maka sholat Jumat mereka tidak sah, sebab sholat si ummi batal, yang berarti bilangan 40 orang menjadi berkurang.

Namua, jika si ummi tidak tagshir dalam meninggalkan belajar (sebagaimana ia tidak menemukan pengajar atau memang sangat bodoh/tumpul otaknya -pen), maka sah sholat Jumat mereka, sebagaimana pendapat yang dipegang teguh oleh Guru kami dalam kitab Syarhul ‘Ubab dan Al-Irsyad, dengan mengikuti pendapat yang telah dimantapkan oleh gurunya dalam kitab Syarhur Raudh.

Kemudian dalam Syarhul Minhaj, Guru beliau berkata: Dalam masalah ini, tiada perbedaan antara ummi atau tagshir, atau tidak dalam hal belajar. Perbedaan yang ada di sini tidaklah kuat -selesai-.

Jika bilangan 40 itu berkurang di waktu sholat (yaitu, pada . rakaat pertama), maka sholat Jumat menjadi batal, kalau kurangnya di waktu khotbah, maka rukun khotbah yang dilakukan waktu bilang berkurang, adalah tidak dianggap, karena rukun tersebut tidak : didengarkan oleh mereka.

Jika dalam waktu dekat menurut ukuran umum, bilangan penuh lagi, maka boleh meneruskan rukun khotbah mulai dari rukun yang dikerjakan sebelum bilangan kurang tadi. Kalau tidak dalam waktu dekat, maka khotbah harus diulangi dari permulaan, sebagaimana jika bilangan berkurang antara khotbah dan sholat, lantaran hilangnya sambung-menyambung antara khotbah dengan sholat.

 Baca juga: Profil Al-Malibari

 فرع) من له مسكنان ببلدين، فالعبر بما كثرت فيه إقامته، فيما فيه أهله وماله. وإن كان بواحد أهل وبآخر مال، فبما فيه أهله، فإن استويا في الكل، فبالمحل الذي هو فيه حالة إقامة الجمعة. ولا تنعقد الجمعة بأقل من أربعين، خلافا لابي حنيفة - رحمه الله تعالى - فتنعقد عنده بأربعة، ولو عبيدا أو مسافرين. ولا يشترط عندنا إذن السلطان لاقامتها ولا كون محلها مصرا، خلافا له فيهما. وسئل البلقيني عن أهل قرية لا يبلغ عددهم أربعين، هل يصلون الجمعة أو الظهر ؟ فأجاب - رحمه الله -: يصلون الظهر على مذهب الشافعي. وقد أجاز جمع من العلماء أن يصلوا الجمعة، وهو قوي، فإذا قلدوا - أي جميعهم - من قال هذه المقالة، فإنهم يصلون الجمعة. وإن احتاطوا فصلوا الجمعة ثم الظهر كان حسنا. (و) ثالثها: وقوعها (بمحل معدود من البلد) ولو بفضاء الظهر كان حسنا معدود منها، بأن كان في محل لا تقصر فيه الصلاة، وإن لم يتصل بالابنية، بخلاف محل غير معدود منها، وهو ما يجوز السفر القصر منه.

 

Cabang:

Seseorang yang mempunyai dua tempat tinggal pada dua daerah, maka yang dipandang sebagai tempatnya adalah yang banyak didiami, kalau keduanya sama, maka yang dipandang sebagai tempat tinggalnya, adalah tempat yang didiami oleh keluarga dan harta bendanya. :

Jika di satu tempat terdapat keluarganya, dan di tempat yang satu lagi terdapat harta bendanya, maka yang dipandang sebagai tempat tinggalnya, adalah tempat yang didiami keluarganya, Apabila masing-masing terdapat keluarga dan hartanya, maka yang dianggap sebagai tempat tinggalnya adalah tempat yang didiami di waktu terselenggara sholat Jumat.

Sholat Jumat tidak jadi (tidak sah) dengan dikerjakan orang yang jumlahnya kurang 40. Lain halnya dengan pendapat Imam Abu Hanifah r.a., menurut beliau sholat Jumat tetap sah dengan jumlah empat orang (dengan imamnya), sekalipun mereka semua adalah hamba sahaya atau orang-orang musafir.

Menurut pendapat kita (Syafiyah), penyelenggaraan sholat Jumat itu tidak disyaratkan harus mendapat ijin dari penguasa (pemerintah’/sultan) dan tempatnya tidak harus di mishr (kota). Lain halnya dengan pendapat linam Abu Hanifah yang menyaratkan kedua hal di atas. Imam Al-Bulqini ditanya mengenai penduduk suatu daerah yang jumlahnya kurang dari 40 orang, mereka ini wajib mengerjakan sholat Jumat atau Zhuhur? Beliau menjawab: Mereka harus mengerjakan sholat Zhuhur, menurut mazhab Syafi’i.

Segolongan ulama memperbolehkan mereka (yang kurang dari 40 orang) melakukan sholat Jumat, dan justru pendapat ini yang kuat. Karena itu, jika mereka semuanya mengikuti imam yang berpendapat tersebut, maka bolehlah, dan sholat Jumatnya adalah sah. kalau ingin hati-hati, hendaknya mereka melakukan sholat Jumat, lalu mengerjakan sholat Zhuhur, Hal itu adalah baik.

Diselenggarakan sholat Jumat pada tempat yang termasuk balad (baik itu wilayah ibukota, daerah ataupun desa -pen), sekalipun daerah padang (tanah lapang) yang masuk wilayahnya. Sebagaimana sholat Jumat sejauh jarak yang tidak diperkenankan menggasar sholat, sekalipun tidak bersambung dengan bangunan. Lain halnya tempat yang sudah tidak wilayahnya, yaitu tempat jauh yang kalau seseorang pergi ke sana sudah diperbolehkan menggashar sholat.

 

فرع) لو كان في قرية أربعون كاملون لزمتهم الجمعة، بل يحرم عليهم - على المعتمد - تعطيل محلهم من إقامتها، والذهاب إليها في بلد أخرى، وإن سمعوا النداء. قال ابن الرفعة وغيره: إنهم إذا سمعوا النداء من مصر، فهم مخيرون بين أن يحضروا البلد للجمعة، وبين أن يقيموها في قريتهم، وإذا حضروا البلد لا يكمل بهم العدد لانهم في حكم المسافرين، وإذا لم يكن في القرية جمع تنعقد بهم الجمعة - ولو بامتناع بعضهم منها - يلزمهم السعي إلى بلد يسمعون من جانبه النداء. قال ابن عجيل: ولو تعددت مواضع متقاربة وتميز كل باسم، فلكل حكمه. قال شيخنا: إنما يتجه ذلك إن عد كل مع ذلك قرية مستقلة عرفا.

 

Cabang:

Apabila sebuah desa berpenduduk 40 orang, maka bagi mereka wajib menyelenggarakan sholat Jumat. Bahkan menurut pendapat yang Muktamad, mereka haram meniadakannya di desa tersebut dan pergi melakukannya ke lain daerah, yang sekalipun ia masih mendengar panggilan sholat Jumat dari daerah lain tersebut.

Imam Ibnur Rifah dan lainnya berkata: Jika mereka dapat Mendengar panggilan sholat Jumat dari Mishr (kota, yaitu tempat yang terdapat hakim syar’i, hakim Syurthi/hakim yang menangani tindak kriminal, dan terdapat pasar untuk muamalah -pen), maka boleh memilih antara pergi ke balad (tempat yang hanya terdapat sebagian dari yang ada pada mishr -pen) untuk menunaikan sholat Jumat atau menyelenggarakannya di desanya sendiri.

Apabila mereka pergi ke desa (dalam masalah di atas), maka mereka tidak bisa menyempurnakan bilangan kesahan Jumat, sebab berkedudukan sebagai musafir. Jika di desanya sendiri tidak ada golongan yang mendukung kesahan sholat Jumat -sekalipun dengan memper- hitungkan di antara mereka ada yang tidak mau pergi sholat Jumat-, maka mereka wajib menunaikan sholat Jumat di desa sebelahnya, yang mereka masih mendengar panggilan sholat Jumat dari tempat itu.

Imam Ibnu ‘Ujail berkata: Apabila ada beberapa tempat (desa) yang berdekatan, serta masing-masing mempunyai nama tersendiri, maka dihukumi sebagai tempat tersendiri (jika sudah mencapai bilangan 40 orang penduduknya, maka wajib menyelenggarakan sholat Jumat -pen). Guru kami berkata: Dihukumi seperti itu, jika masing-masing tempat tersebut berkedudukan sebagai desa tersendiri pula, menurut anggapan umum.

 

 فرع) لو أكره السلطان أهل قرية إن ينتقلوا منها ويبنوا في موضع آخر، فسكنوا فيه وقصدهم العود إلى البلد الاول إذا فرج الله عنهم، لا تلزمهم الجمعة، بل لا تصح منهم، لعدم الاستيطان. (و) رابعها: وقوعها (في وقت ظهر) فلو ضاق الوقت عنها وعن خطبتيها، أو شك في ذلك، صلوا ظهرا، ولو خرج الوقت يقينا، أو ظنا، وهم فيها، ولو قبيل السلام، وإن كان ذلك بإخبار عدل، على الاوجه، وجب الظهر، بناء على ما مضى، وفاتت الجمعة، بخلاف ما لو شك في خروجه، لان الاصل بقاؤء. ومن شروطهما أن لا يسبقها بتحرم، ولا يقارنها فيه جمعة بمحلها، إلا أن كثر أهله، وعسر اجتماعهم بمكان واحد منه - ولو غير مسجد - من غير لحوق مؤذ فيه، كحر وبرد شديدين، فيجوز حينئذ تعددها للحاجة بحسبها.

 

Cabang:

Apabila penguasa memaksa penduduk suatu desa agar berpindah dari desanya dan membangun tempat di daerah yang baru, yang kemudian tinggal di situ, tetapi mereka bermaksud untuk pulang ke tempat tinggal yang pertama bila Allah swt. telah melonggarkannya, maka mereka tidak wajib menunaikan sholat Jumat di tempat tersebut (tempat baru). Bahkan belum cukup Syarat sah sholat Jumat bagi mereka, sebab mereka tidak mutawathin (penduduk daerah Itu).

Sholat Jumat diselenggarakan Pada waktu Zhuhur. Jika waktu sudah tidak mencukupi menunaikan sholat Jumat dan kedua khotbahnya, atau hal tersebut masih diragukannya, maka mereka harus mengerjakan sholat Zhuhur.

Jika dengan yakin atau hanya mengira waktu sholat sudah habis, sedang mereka ada di tengah-tengah mengerjakan sholat Jumat -sekalipun sebelum/ hampir saja salam-, jika hal itu atas berita orang yang adil: (menurut pendapat yang Aujah), maka mereka wajib meneruskan sholatnya sebagai sholat Zhuhur, dengan meneruskan apa yang sudah berlangsung, dan sholat Jumat sudah tertinggal. Lain halnya jika hanya mengira/ragu, bahwa waktu Zhuhur sudah habis (tetap wajib mengerjakan sholat Jumat), sebab pada dasarnya waktu masih ada (belum habis).

Termasuk syarat sah sholat Jumat, adalah tidak didahului sholat Jumat (lain) dengan takbiratul ihram atau dibarenginya di tempat terselenggara sholat Jumat di tempat itu . Kecuali jika penduduk tempat tersebut banyak dan sukar dikumpulkan jadi satu tempat sekalipun tidak di mesjiddengan tanpa terjadi sesuatu yang menyakitkan di tempat itu, misalnya panas atau dingin sekali. Maka dalam keadaan seperti ini, boleh menyelenggarakan sholat Jumat di beberapa tempat itu, dengan memandang kebutuhannya.

 

 

فرع) لا يصح ظهر من لا عذر له قبل سلام الامام، فإن صلاها جاهلا انعقدت نفلا، ولو تركها أهل بلد فصلوا الظهر لم يصح، ما لم يضق الوقت عن أقل واجب الخطبتين والصلاة، وإن علم من عادتهم أنهم لا يقيمون الجمعة.

 و) خامسها: (وقوعها) أي الجمعة، (بعد خطبتين) بعد زوال، لما في الصحيحين: أنه (ص) لم يصل الجمعة إلا بخطبتين (بأركانهما) أي يشترط وقوع صلاة الجمعة بعد خطبتين مع إتيان أركانهما الآتية،

 

 

Cabang:

Orang yang tidak beruzur, adalah tidaklah sah mengerjakan sholat Zhuhur sebelum imam sholat Jumat salam. Jika hal ini dilakukan karena tidak mengerti, maka sholat yang dilakukan jadi sholat sunah.

Jika semua penduduk suatu daerah hanya mengerjakan sholat Zhuhur, tanpa sholat Jumat, maka sholat mereka tidak sah, selagi masih ada untuk mengerjakan dua khotbah dan sholatnya, sekalipun telah diketahui bahwa mereka pada kebiasaannya tidak mendirikan sholat Jumat.

Sholat Jumat diselenggarakan setelah dua khotbah yang dikerjakan sesudah tergelincir — matahari, berdasarkan hadis Imam Bukhari-Muslim, bahwa Rasulullah saw. sholat Jumat selalu setelah dua khutbah. Maksudnya, sholat Jumat tersebut diselenggarakan setelah dua khotbah beserta rukun-rukunnya yang akan dituturkan di bawah ini.

 Sholat Jumat diselenggarakan setelah dua khotbah yang dikerjakan sesudah tergelincir — matahari, berdasarkan hadis Imam Bukhari-Muslim, bahwa Rasulullah saw. sholat Jumat selalu setelah dua khutbah. Maksudnya, sholat Jumat tersebut diselenggarakan setelah dua khotbah beserta rukun-rukunnya yang akan dituturkan di bawah ini.

 

 

Rukun dan Syarat Khotbah Jumat

 

وهي) خمسة.  أحدها: (حمد الله تعالى) .  (و) ثانيها: (صلاة على النبي) (ص) (بلفظهما): أي حمد الله والصلاة على رسول الله (ص)، كالحمد لله، أو أحمد الله، فلا يكفي: الشكر لله، أو الثناء لله، ولا: الحمد للرحمن، أو للرحيم، وكاللهم صل، أو صلى الله، أو أصلي على محمد، أو أحمد، أو الرسول، أو النبي أو الحاشر أو نحوه فلا يكفي: اللهم سلم على محمد وارحم محمدا، ولا صلى الله عليه، بالضمير. وإن تقدم له ذكر يرجع إليه الضمير، كما صرح به جمع محققون. وقال الكمال الدميري: وكثيرا ما يسهو الخطباء في ذلك. انتهى. فلا تغتر بما تجده مسطورا في بعض الخطب النباتية على خلاف ما عليه محققو المتأخرين.

 

و) ثالثها: (وصية بتقوى الله) ولا يتعين لفظها ولا تطويلها، بل يكفي نحو أطيعوا الله - مما فيه حث على طاعة الله، أو زجر عن معصية، لانها المقصود من الخطبة، فلا يكفي مجرد التحذير من غرور الدنيا، وذكر الموت وما فيه من الفظاعة والالم. قال ابن الرفعة: يكفي فيها ما اشتملت على الامر بالاستعداد للموت. ويشترط أن يأتي بكل من الاركان الثلاثة (فيهما)، أي في كل واحدة من الخطبتين. ويندب أن يرتب الخطيب الاركان الثلاثة، وما بعدها، بأن يأتي أولا بالحمد، فالصلاة، فالوصية، فبالقراءة، فبالدعاء.

 و) رابعها: (قراءة آية) مفهمة (في إحداهما)، وفي الاولى أولى. وتسن - بعد فراغها - قراءة ق أو بعضها في كل جمعة، للاتباع.

 و) خامسها: (دعاء) أخروي للمؤمنين إن لم يتعرض للمؤمنات، خلافا للاذرعي، (ولو) بقوله: (رحمكم الله)، وكذا بنحو: اللهم أجرنا من النار - إن قصد تخصيص الحاضرين (في) خطبة (ثانة) لاتباع السلف والخلف. والدعاء للسلطان بخصوصه لا يسن اتفاقا، إلا مع خشية فتنة، فيجب، ومع عدمها لا بأس به، حيث لا مجازفة في وصفه، ولا يجوز وصفه بصفة كاذبة إلا لضرورة. ويسن الدعاء لولاة الصحابة قطعا، وكذا لولاة المسلمين وجيوشهم، بالصلاح، والنصر، والقيام بالعدل. وذكر المناقب لا يقطع الولاة، ما لم يعد به معرضا عن الخطبة. وفي التوسط يشترط أن لا يطيله إطالة تقطع الموالاة، كما يفعله كثير من الخطباء الجهال.  قال شيخنا: ولو شك في ترك فرض من الخطبة بعد فراغها لم يؤثر كما لا يؤثر الشك في ترك فرض بعد الصلاة، أو الوضوء.

 

 

Rukun dan Syarat Khotbah Jumat

 

Rukun khotbah sholat Jumat ada lima perkara: Memuji kepada Allah swt.

2, Membaca salawat kepada baginda Nabi saw. keduanya (masing-masing khotbah) dikerjakan dengan lafal yang khusus. Yaitu untuk puji-pujian, seperti:.الحمدلله atau احمدلله Karena itu tidaklah mencukupi dengan mengucapkan: الشكرلله, الحمد للرحمن, الثناءلله, الحمدللرحيم,

Untuk salawat contohnya: اللهم صلى, صلى الله, أصلى على محمد, احمد, الرسول, النبي Atau juga dengan nama Nabi saw. yang lain lagi.

Karena itu, tidaklah mencukupi dengan membaca: اللهم سلّم على محمدوارحم محمد atau صلى الله عليه hanya menggunakan isim dhamir, sekalipun tempat kembali dhamir sebelumnya sudah diturunkan, sebagai mana yang dijelaskan oleh segolongan ulama Muhaqqiqun. Imam Al-Kamalud Damiri berkata: Banyak sekali para khatib yang melupakan hal ini (yaitu membaca salawat hanya menggunakan Isim Dhamir) -selesai-. Karena itu, anda janganlah tertipu dengan penggunaan isim dhamir dalam pembacaan salawat di sebagian khotbah-khotbah AnNabatiyah yang bisa anda temukan sudah tertulis itu, hal ini berselisih dengan pendapat ulama Muhaggigun golongan Mutaakhir (pembacaan salawat seperti ini tidak cukup).

Wasiat takwa kepada Allah. Kata-kata dan panjangnya tidak ditentukan, namun cukuplah dengan mengucapkan semisal: أطيعواالله yaitu kalimat yang mengandung anjuran untuk taat kepada Allah atau larangan mendurhakai-Nya. Karena. wasiat itulah maksud diadakan khotbah.

Karena itu, tidaklah cukup hanya menakut-nakuti dari bujukan dunia, memperingatkan kematian, ketidakenakan dan kesakitan sesudah mati. Imam Ibnur Rifah berkata: Wasiat cukup dengan kalimat yang mengandung Perintah, agar bersiap-siap menyambut kematian. Ketiga rukun diatas disyaratkan harus dibaca pada masingmasing dua khotbah Jumat.

Sunah bagi seorang khatib, agar menertibkan dalam mengerjakan ketiga rukun tersebut dan rukun-rukun setelahnya. Sebagaimana 1a pertama membaca Hamdalah, salawat, wasiat, membaca Algur-an, lalu membaca doa.

Membaca Alqur-an yang memberi kepahaman, pada salah satu dua khotbah. Yang lebih utama adalah dibaca pada khotbah pertama. Sunah setiap hari Jumat Membaca surah Qaaf, atau Sebagian dari surah itu setelah Sholat Jumat -sebagai tindak Ittiba’ kepada Rasul. Doa Ukhrawi, untuk sekalian orang-orang mukmin.Doa telah sah, sekalipun tidak menyebutkan mukminat (wanita-wanita mukmin), lain halnya dengan pendapat Imam AlAdzra’i.

 

Sah juga, sekalipun hanya dengan mengucapkan: رحمكم الله (Semoga Allah merahmati kalian” semua), de mikian pula dengan ucapan: اللهم أجرنامن النار ” (Ya, Allah, selamatkan kami dari panas api neraka), jika memang yang dimaksudkan dengan “kita” adalah hadirin sekalian. Doa tersebut ‘harus dibaca pada khotbah kedua, sebagai tindak mengikuti ulama salaf dan khalaf.

Doa khusus untuk sultan (penguasa), ulama sepakat tidak disunahkan. Kecuali jika khawatir akan terjadi fitnah, maka doa untuk sultan wajib dikerjakannya. Kalau tidak khawatir akan terjadi fitnah, maka mengerjakannya tidaklah mengapa, selama tidak berlebih-lebihan dalam menyebut sifat sultan. Tidak boleh menyebutkan sifat sultan yang tidak semestinya kecuali jika terpaksa harus begitu.

Sunah berdoa untuk para wali/ penguasa dari golongan sahabat Nabi saw. secara pasti, begitu juga doa untuk penguasa muslim dan tentaranya, dengan dipanjatkan kemaslahatan, pertolongan, dan berlaku adil. Menyebut kebaikan-kebaikan (keistimewaan) penguasa, adalah tidak akan memutus sambung-menyambung: khotbah, selama penyebutan itu tidak dapat dianggap berpaling dari khotbah.

Dalam kitab At-Tawasuth (yaitu At-Tawasuth bainar Raudhah wasy-Syarh, ulasan terhadap kitab Ar-Raudhah. Kitab tersebut ditulis oleh Imam AlAuza’i -pen) disebutkan: DiSyaratkan agar tidak memperpanjang khotbah yang sampai dapat memutus sambung-menyambungnya (doa untuk Para penguasa pemerintahan disyaratkan agar tidak diperpanjang, sehingga dapat memutus muwalah, yaitu seukur dua rakaat -pen), sebagaimana yang banyak dilakukan oleh khatib-khatib yang bodoh.

Guru kami berkata: Apabila telah selesai khotbah merasa ragu tentang meninggalkan rukunnya, maka tidak bernengaruh atas ” kesahan khotbah, sebagaimana tidak adanya pengaruh jika setelah sholat atau wudu meragukan meninggalkan fardunya.

 

Syarat-syarat Dua Khotbah

 

 وشرط فيهما)، الخطبتين، (إسماع أربعين) أي تسعة وثلاثين سواه، ممن تنعقد بهم الجمعة (الاركان) لا جميع الخطبة. قال شيخنا: لا تجب الجمعة على أربعين بعضهم أصم، ولا تصح مع وجود لغط يمنع سماع ركن الخطبة على المعتمد فيهما، وإن خالف فيه جمع كثيرون، فلم يشترطوا إلا الحضور فقط. وعليه يدل كلام الشيخين في بعض المواضع، ولا يشترط كونهم بمحل الصلاة، ولا فهمهم لما يسمعونه. (و) شرط فيهما (عربية) لاتباع السلف والخلف. وفائدتها بالعربية - مع عدم معرفتهم لها - العلم بالوعظ في الجملة. قاله القاضي. وإن لم يمكن تعلمها بالعربية قبل ضيق الوقت خطب منهم واحد بلسانهم، وإن أمكن تعلمها وجب كل على الكفاية، (وقيام قادر عليه، وطهر) من حدث أكبر وأصغر، وعن نجس غير معفو عنه، في ثوبه، وبدنه، ومكانه. (وستر) للعورة.

 (و) شرط (جلوس بينهما) بطمأنينة فيه، وسن أن يكون بقدر سورة الاخلاص، وأن يقرأها فيه. ومن خطب قاعدا لعذر فصل بينهما بسكتة وجوبا. وفي الجواهر: لو لم يجلس حسبتا واحدة، فيجلس ويأتي بثالثة. (وولاء) بينهما وبين أركانهما، وبينهما وبين الصلاة، بأن لا يفصل طويلا عرفا. وسيأتي أن اختلال الموالاة بين المجموعتين بفعل ركعتين، بل بأقل مجزئ، فلا يبعد الضبط بهذا هنا، ويكون بيانا للعرف.

 

 

Syarat-syarat Dua Khotbah

 

Disyaratkan dalam dua khotbah: Terdengar oleh 40 orang. Maksudnya oleh 39 orang selain seorang khatib, yang kesemuanya adalah orangorang yang menjadi pendukung kesahan sholat Jumat. Yang harus terdengar tersebut, adalah rukun-rukun khotbah, bukan seluruh isi khotbah.

Guru kami berkata: Tidak wajib menunaikan sholat Jumat bagi 40 orang, yang sebagiannya ada yang buta, sholat Jumat tidak sah, jika terjadi keributan yang dapat membuat rukun khotbah tidak terdengar, menurut pendapat yang Muktamad. Sekalipun pendapat tersebut ditentang oleh segolongan ulama yang hanya mensya ratkan menghadiri khotbah saja, sebagaimana yang ditunjukkan oleh ucapan dua guru kami (Imam Rafi’i dan Nawawi) pada beberapa tempat.

(Di waktu mendengarkan khotbah, udak disyaratkan bahwa 40 orang iu harus berada di tempat sholat dan tidak harus memahami apa yang mereka dengar, Khotbah disyaratkan harus dengan berbahasa Arab (maksudnya rukun-rukun khotbah), sebagai mengikuti jejak ulama salaf dan khalaf

 

Faedah khotbah harus berbahasa Arab -padahal hadirin tidak mengetahuinya/tidak paham-, adalah agar mereka mengerti secara garis besar bahwa apa yang dikhotbahkan adalah nasihat, demikianlah menurut yang dikatakan oleh lmam Al-Qadhi Husen.

Jika tidak memungkinkan mempelajari khotbah dengan bahasa Arab, padahal waktu sudah mendesak, maka salah scorang dari mereka harus berkhotbah dengan bahasa daerah yang bersangkutan. Jika mereka memungkinkan untuk mempelajari khotbah berbahasa Arab (sebelum waktu mendesak), maka bagi mereka hukumnya fardu Kifayah untuk mempelajarinya.

Khatib yang mampu berdiri harus berdiri. Suci dari hadas besar dan kecil, serta pakaian, badan atau tempat juga harus dicuci dari najis yang tidak dima’fu. Menutup aurat. Duduk di antara dua khotbah: dengan thuma’ninah. . Sunah duduk ini dilakukan seukur membaca surah Al-Ikhlas, dan sunah membacanya.

Bagi khatib yang karena uzur, sehingga dia berkhotbah dengan duduk, maka dia wajib memisah dua khotbah dengan diam sebentar.

Tersebut dalam kitab Al-Jawahir: Apabila antara dua khotbah khatib tidak duduk, maka dua khotbahnya dihitung satu khotbah. Karena itu, ia harus duduk lagi dan meneruskan khotbah yang ketiga. Sambung-menyambung antara dua khotbah, antara rukun-rukunnya, dan antara dua khotbah dengan sholat: sebagaimana tidak terpisah panjang menurut ukuran umum.

Dalam keterangan yang akan datang, bahwa hilangnya muwalah (sambung-menyambung) antara dua rakaat yang dijamak (dalam jamak takdim) adalah dengan melakukan dua rakaat, bahkan juga bisa terjadi dengan dua rakaat yang sudah mencukupkan kesahan sholat (sebagaimana seseorang hanya mengerjakan rukun-rukunnya saja -pen).

Batasan tersebut, tidaklah jauh. untuk diterapkan pada masalah muwalah dua khotbah di sini, yang sekaligus menjadi keterangan mengenai “ukuran amum”

 

 

Sunah-sunah Sholat Jumat

 

وسن لمريدها) أي الجمعة، وإن لم تلزمه، (غسل) بتعميم البدن والرأس بالماء، فإن عجز، سن تيمم بنية الغسل، (بعد) طلوع (فجر. وينبغي لصائم خشي منه مفطرا تركه، وكذا سائر الاغسال المسنونة، وقربه من ذهابه إليها أفضل. ولو تعارض الغسل والتبكير، فمراعاة الغسل أولى، للخلاف في وجوبه، ومن ثم كره تركه. ومن الاغسال المسنونة: غسل العيدين، والكسوفين، والاستسقاء، وأغسال الحج، وغسل غاسل الميت، والغسل للاعتكاف، ولكل ليلة من رمضان، ولحجامة، ولتغير الجسد، وغسل الكافر إذا أسلم - للامر به - ولم يجب، لان كثيرين أسلموا ولم يؤمروا به. وهذا إذا لم يعرض له في الكفر ما يوجب الغسل - من جنابة أو نحوها - وإلا وجب الغسل. وإن اغتسل في الكفر، لبطلان نيته. وآكدها غسل الجمعة ثم من غسل الميت.

 

 

Sunah-sunah Sholat Jumat

Kesunahan bagi orang yang akan menghadiri sholat Jumat, sekalipun ia tidak wajib menghadirinya: Mandi. Yaitu meratakan air ke seluruh badan dan kepala. Jika tidak dapat mandi, maka sunah bertayamum dengan niat mandi.

(Waktu) mandi adalah setelah terbit fajar. Seyogianya (sunahnya) bagi orang yang berpuasa, yang kalau mandi dia khawatir puasanya menjadi batal, agar tidak usah mandi Jumat, begitu juga dalam hal mandi-mandi sunah. Mandi yang dikerjakan dekat dengan pergi sholat Jumat, adalah lebih utama.

Jika terjadi Pertentangan antara mandi dahulu (tapi tidak bisa berangkat Jumat pagi-pagi) dengan tabkir (berangkat sholat Jumat pagi-pagi, tapi tidak bisa mandi), maka yang lebih utama adalah mandi lebih dahulu, sebab menghindari perselisihan dengan ulama yang menghukumi wajib mandi Jumat. Dari segi ini, meninggalkan mandi hukumnya adalah makruh. Termasuk mandi-mandi sunah, adalah Mandi dua Hari Raya, Gerhana Matahari atau Bulan, Istisga’, mandi-mandi sunah di waktu beribadah haji, setelah memandikan mayat, akari Iktikaf, di setiap malam bulan Ramadhan, setelah berbekam, di kala badan berbau tidak sedap dan orang kafir manakala masuk Islam, karena ada perintah melakukannya (dari Nabi, orang seperti ini).

Orang kafir yang baru masuk Islam tidak diwajibkan mandi karena banyak sekali orangorang kafir masuk Islam, mereka (oleh Nabi saw.) tidak diperintahkan mandi. Hal ini jika memang di kala kafir tidak terjadi perkara yang mewajibkan mandi, misalnya janabah atau lain-lainnya. Jika di kala kafir terjadi hal seperti itu, maka mandi baginya adalah wajib, sekalipun di kala kafir ia sudah mandi, sebab niatnya dianggap batal. Di antara mandi-mandi di atas, yang paling kuat kesunahannya adalah mandi Jumat, lalu mandi setelah memandikan mayat.

 

 

تنبيه) قال شيخنا: يسن قضاء غسل الجمعة - كسائر الاغسال المسنونة - وإنما طلب قضاؤه لانه إذا علم أنه يقضى داوم على أدائه، واجتنب تفويته. (وبكور) - لغير خطيب - إلى المصلى من طلوع الفجر، لما في الخبر الصحيح: إن للجائي بعد اغتساله غسل الجنابة - أي كغسلها، وقيل حقيقة بأن يكون جامع، لانه يسن ليلة الجمعة أو يومها - في الساعة الاولى بدنة، وفي الثانية: بقرة، وفي الثالثة: كبشا أقرن، والرابعة: دجاجة، والخامسة: عصفورا، والسادسة: بيضة. والمراد أن ما بين الفجر وخروج الخطيب ينقسم ستة أجزاء متساوية، سواء أطال اليوم، أم قصر.

 أما الامام فيسن له التأخير إلى وقت الخطبة، للاتباع. ويسن الذهاب إلى المصلى في طريق طويل، ماشيا بسكينة، والرجوع في طريق آخر قصير، وكذا في كل عبادة. ويكره عدو إليها، كسائر العبادات، إلا لضيق وقت، فيجب، إذا لم يدركها إلا به. (وتزين بأحسن ثيابه) وأفضلها الابيض، ويلي الابيض ما صبغ قبل نسجه. قال شيخنا: ويكره ما صبغ بعده، ولو بغير الحمرة. اه‍. ويحرم التزين بالحرير، ولو قزا، وهو نوع منه كمد اللون، وما أكثره وزنا - من الحرير، لا ما أقله منه، ولا ما استوى فيه الامران. ولو شك في الاكثر، فالاصل الحل، على الاوجه.

 

  Peringatan:

Guru kami berkata: Sunah hukumnya mengadha mandi Jumat dan mandi-mandi lainnya. Kalau seseorang dianjurkan mengadha, karena jika ia mengerti kalau meninggalkan diperintahkan mengadha, maka ia akan terus mengerjakannya dan menjauhi dari mengabaikannya.

Berangkat sholat Jumat pagipagi, selain khatib. yaitu setelah terbit fajar. Berdasarkan hadis Bukhari-Muslim, bahwa sesungguhnya orang yang berangkat sholat Jumat setelah mandi seperti mandinya sesudah janabah, adalah pendapat yang mengatakan: Memang mandi janabah hakiki setelah bersetubuh (lantas berangkat sholat Jumat), sebab bersetubuh di malam atau hari Jumat hukumnya sunah, apabila pergi sholat Jumat pada waktu pertama, maka mendapat pahala sebesar kurban seekor unta, waktu kedua sebesar sapi, waktu ketiga sebesar kambing gibas yang bertanduk, waktu keempat sebesar jago, waktu kelima sebesar burung emprit, waktu keenam sebesar butir telor. Yang dimaksudkan dengan waktu-waktu tersebut : antara terbit fajar hingga khatib keluar dari rumah itu dibagi menjadi enam bagian yang sama, baik di kala hari itu panjang ataupun pendek.

Bagi sang imam, sunah berangkat akhir hingga waktu khotbah, sebagai tindak ittiba’ kepada Nabi s aw.Sunah pergi ke tempat sholat berjalan kaki dengan tenang melewati jurusan jalan yang jauh, kemudian pulangnya lewat jalan lain yang lebih dekat. Hal ini pula berlaku untuk ibadah-ibadah yang lain.

Hukumnya makruh lari waktu pergi sholat Jumat dan juga ibadah-ibadah lainnya, kecuali waktu telah mendesak, maka wajib berlari, kalau tidak demikian akan tertinggal.Berhias diri dengan memakai pakaran yang paling bagus. Yang paling utama adalah pakaian putih. Sedangkan tingkatan di bawahnya adalah pakaian yang pewarnaannya sebelum di tenun. (Dalam hal ini) Gury kam berkata: Makruh memakai pakaian yang pewarnaannya (pencelupannya) sesudah ditenun, sekalipun tidak dengan warna merah.

Haram memakai pakaian dari sutera, sekalipun sutera “quz” yaitu jenis sutera berwarna kelabu, dan memakai pakaian yang kadar suteranya lebih banyak dari segi timbangannya, bukan tampaknya. Tidak haram jika kadar sutera lebih sediki atau yang sama, banyaknya. Apabila diragukan tentang lebih banyak suteranya, Maka asal hukumnya adalah halal dipakai menurut beberapa tinjauan pendapat.

 

 

 فرع) يحل الحرير لقتال، إن لم يجد غيره، أو لم يقم مقامه في دفع السلاح. وصحح في الكفاية قول جمع: يجوز القباء وغيره مما يصلح للقتال وإن وجد غيره، إرهابا للكفار، كتحلية السيف بفضة. ولحاجة كجرب إن آذاه غيره، أو كان فيه نفع لا يوجد في غيره، وقمل لم يندفع بغيره، ولامرأة ولو بافتراش، لا له، بلا حائل. ويحل منه - حتى للرجل - خيط السبحة، وزر الجيب، وكيس المصحف والدراهم، وغطاء العمامة، وعلم الرمح، لا الشرابة التي برأس السبحة. ويجب لرجل لبسه حيث لم يجد ساتر العورة غيره، حتى في الخلوة. ويجوز لبس الثوب المصبوغ بأي لون كان، إلا المزعفر. ولبس الثوب المتنجس في غير نحو الصلاة، حيث لا رطوبة، لا جلد ميتة، بلا ضرورة، كافتراش جلد سبع كأسد، وله إطعام ميتة لنحو طير، لا كافر، ومتنجس لدابة، ويحل مع الكراهة، استعمال العاج في الرأس واللحية حيث لا رطوبة، وإسراج بمتنجس بغير مغلظ إلا في مسجد، وإن قل دخانه - خلافا لجمع -. وتسميد أرض بنجس، لا اقتناء كلب - إلا لصيد أو حفظ مال -

 

ويكره - ولو لامرأة - تزيين غير الكعبة، كمشهد صالح بغير حرير، ويحرم به. (وتعمم) لخبر: إن الله وملائكته يصلون على أصحاب العمائم يوم الجمعة، ويسن لسائر الصلوات. وورد في حديث ضعيف ما يدل على أفضلية كبرها. وينبغي ضبط طولها وعرضها بما يليق بلابسها عادة، في زمانه، فإن زاد فيها على ذلك كره، وتنخرم مروأة فقيه بلبس عمامة سوقي لا تليق به، وعكسه. قال الحفاظ: لم يتحرر شئ في طول عمامته (ص) وعرضها. قال الشيخان: من تعمم فله فعل العذبة، وتركها، ولا كراهة في واحد منهما. زاد النووي: لانه لم يصح في النهي عن ترك العذبة شئ. انتهى. لكن قد ورد في العذبة أحاديث صحيحة وحسنة، وقد صرحوا بأن أصلها سنة. قال شيخنا: وإرسالها بين الكتفين أفضل منه على الايمن. ولا أصل في اختيار إرسالها على الايسر. وأقل ما ورد في طولها أربعة أصابع، وأكثره ذراع.

 قال ابن الحاج المالكي: عليك أن تتعمم قائما، وتتسرول قاعدا. قال في المجموع: ويكره أن يمشي في نعل واحدة، ولبسها قائما، وتعليق جرس فيها . ولمن قعد في مكان أن يفارقه قبل أن يذكر الله تعالى فيه. (وتطيب) لغير صائم - على الاوجه - لما في الخبر الصحيح: أن الجمع بين الغسل، ولبس الاحسن، والتطيب، والانصات، وترك التخطي، يكفر ما بين الجمعتين. والتطيب بالمسك أفضل، ولا تسن الصلاة عليه (ص) عند شمه، بل حسن الاستغفار عنده - كما قال شيخنا -، وندب تزين بإزالة ظفر من يديه، ورجليه، لا إحداهما،

  فيكره. وشعر نحو إبطه وعانته لغير مريد التضحية في عشر ذي الحجة، وذلك للاتباع. وبقص شاربه حتى تبدو حمرة الشفة وإزالة ريح كريه، ووسخ. والمعتمد في كيفية تقليم اليدين: أن يبتدئ بمسبحة يمينه إلى خنصرها، ثم إبهامها، ثم خنصر يسارها إلى إبهامها على التوالي، والرجلين: أن يبتدئ بخنصر اليمنى إلى خنصر اليسرى على التوالي، وينبغي البدار بغسل محل القلم، ويسن فعل ذلك يوم الخميس أو بكرة الجمعة. وكره المحب الطبري نتف شعر الانف، قال: بل يقصه، لحديث فيه. قال الشافعي - رضي الله عنه -: من نظف ثوبه قل همه، ومن طاب ريحه زاد عقله.

 

 (و) سن (إنصات) أي سكوت مع إصغاء (لخطبة)، ويسن ذلك، وإن لم يسمع الخطبة، نعم، الاولى - لغير السامع - أن يشتغل بالتلاوة والذكر سرا، ويكره الكلام، ولا يحرم، خلافا للائمة الثلاثة: حالة الخطبة،  لاقبلها، ولو بعد الجلوس على المنبر، ولا بعدها، ولا بين الخطبتين، ولا حال الدعاء للمملوك، ولا لداخل مسجد، إلا إن اتخذ له مكانا واستقر فيه. ويكره للداخل السلام، وإن لم يأخذ لنفسه مكانا، لاشتغال المسلم عليهم، فإن سلم لزمهم الرد، ويسن تشميت العاطس، والرد عليه، ورفع الصوت - من غير مبالغة - بالصلاة والسلام عليه (ص) عند ذكر الخطيب اسمه أو وصفه (ص). قال شيخنا: ولا يبعد ندب الترضي عن الصحابة، بلا رفع صوت. وكذا التأمين لدعاء الخطيب. اه‍. وتكره تحريما - ولو لمن لم تلزمه الجمعة بعد جلوس الخطيب على المنبر: وإن لم يسمع الخطبة - صلاة فرض، ولو فائتة تذكرها الآن، وإن لزمته فورا، أو نفل، ولو في حال الدعاء للسلطان. والاوجه أنها لا تنعقد كالصلاة بالوقت المكروه، بل أولى.

 ويجب على من بصلاة تخفيفها، بأن يقتصر على أقل مجزئ عند جلوسه على المنبر. وكره لداخل تحية فوتت تكبيرة الاحرام إن صلاها، إلا فلا تكره، بل تسن، لكن يلزمه تخفيفها بأن يقتصر على الواجبات - كما قاله شيخنا -

 وكره احتباء حالة الخطبة للنهي عنه، وكتب أوراق حالتها في آخر جمعة من رمضان، بل وإن كتب فيها نحو اسماء سريانية يجهل معنا حرم.

 

Cabang:

Halal memakai sutera berperang, jika tidak ada Pakaian yang lain, atau tidak ada penggantinya sebagai Penolak pedang (senjata):

Imam Ibnur Rif’ah dalam kitab Kifayah, membenarkan pendapat segolongan ularna yang memperbolehkan memakai baju kurung atau lainnya dari sutera yang patut untuk berperang, sekalipun masih ada yang bukan sutera, karena untuk menggentarkan orangorang kafir, sebagaimana diperbolehkannya menghiasi pedang dengan perak, atau memakai sutera karena suatu kebutuhan, misalnya gatalgatal, di mana memakai selain sutera, terasa sakit, atau pada sutera itu justru terdapat kemanfaatan yang tidak dapat ditemukan pada lainnya, atau kutu seperti banyak kutunya yang tidak dapat diberantas dengan selain sutera: dan boleh digunakan (dipakai) oleh wanita, sekalipun untuk alas, namun tidak halal untuk alas orang laki-laki tanpa ada pemisahnya.

Halal bagi laki-laki menggunakan sutera untuk tali tasbih, kancing baju, kantong Mushhaf atau tempat dirham (uang), tutup serban atau bendera di ujung tombak, Tidak halal untuk kuncung di pucuk tasbih.

Wajib bagi laki-laki memakai sutera untuk menutup aurat, jika tidak ada yang lainnya, sekalipun di ternpat persepian. Boleh memakai pakaian yang dicelup dengan apa pun warnanya, kecuali yang dicelup dengan za’faran. Juga boleh memakai pakaian najis di luar sholat, asal tidak basah.

Tidak boleh memakai kulit bangkai tanpa ada darurat, – sebagaimana tidak boleh beralas dengan kulit binatang – buas, misalnya singa. Boleh memberi makan semisal burung, bukan kepada orang kafir, dengan makanan bangkai, begitu Juga 7 memberi: makan pada ternak dengan makanan yang terkena najis.

Halal, namun makruh, memakai gading gajah yang tidak basah di atas kepala dan pada, jenggot: membuat penerangaik dengan benda bernajis yang bukan najis mughalladhah selain di mesjid, sekalipun hanya sedikit asapnya, lain halnya dengan pendapat segolongan ulama (mereka mengatakan, bahwa menerangi mesjid dengan benda najis hukumnya adalah tidak haram). Begitu juga (halal) merabuk tanah dengan najis. Tidak halal memelihara anjing selain bertujuan untuk berburu atau menjaga keamanan harta benda.

Makruh, sekalipun bagi wanita, menghiasi selain Ka’bah, misal: nya makam orang yang saleh, dengan kain selain sutera, kalau dengan sutera, hukum-. nya adalah haram (Kalau untuk Ka’bah, hukumnya halal menghiasi dengan sutera -pen). Memaka: serban, Berdasarkan sebuah hadis yang Artinya: “Sesungguhnya Allah suk, dan madaikat-Nya membacakan salawat kepada orang-arang yang memaka: serban di hari Jumat.” Memakai serban, sunah juga di semua sholat.

Dalam sebuah hadis daif disebutkan fadilah membesarkan serban ). Seyogianya panjang-lebar serban diatur sesuai dengan yang memakainya, sebagai yang biasa dipakai pada masa dan tempat tersebut. Kalau melebihi, ykuran tersebut, hukumnya makruh. Harga diri (muruah) seorang ahli fikih hilang, lantaran memakai serban pasaran yang tidak patut baginya: sebaliknya, muruah bertambah jika memakai yang sesuai.

Para ahli hadis berkata: Mengenai panjang dan lebar serban Baginda saw., adalah tidak ada yang menerangkan seberapa. Imam Ar-Rafi’i dan An-Nawawi berkata: Bagi orang yang memakai serban, dia boleh Menambah sepotong kain di pucuk serban atau tidak, keduaduanya sama-sama tidak makruh.

Imam An-Nawawi menambah: Yang demikian itu, karena satu pun tidak didapati dasar yang sah tentang larangan tidak menambah kain di pucuk serban. -Habis-. Tetapi, tentang menambah kain di pucuk serban, terdapat hadis-hadis sahih dan hasan. Para fukaha menerangkan, bahwa pada dasarnya hukum memakai tambahan di pucuk serban adalah sunah.

Guru kami berkata, Menyelempangkan pucuk serban pada antara dua pundak, adalah lebih utama daripada hanya meletakkannya di kanan saja. Sedangkan penyelempangan di pundak kiri saja, adalah tidak ada dasarnya. Sesuai dengan hadis yang : sampai, paling tidak kain yang ada pada pucuk serban panjangnya empat jari, dan paling panjang satu hasta.

Imam Ibnul Hajj Al-Maliki berkata: Jangan sampai anda memakai serban sambil berdiri, dan memakai celana dengan duduk.

Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ berkata: Makruh berjalan dengan memakai satu sandal, memakai sandal sambil berdiri, memakai kelintungan pada sandal, dan bagi orang yang sedang duduk, dimakruhkan berdiri untuk pergi sebelum zikir kepada Allah swt.

(Bagi orang yang akan pergi sholat Jumat) memakai harumharuman, selain orang yang sedang berpuasa, menurut beberapa tinjauan pendapat. Hal ini berdasarkan sebuah hadis sahih, bahwa sesungguhnya mengumpulkan antara mandi, memakai pakaian yang bagus, memakai harumharuman mendengarkan khotbah secara saksama dan tidak melangkahi pundak orang lain, adalah dapat menghapus dosa-dosa (dosadosa kecil) yang ada di antara dua Jumat.

Menggunakan misik, adalah lebih utama. Ketika mencium misik, tidak disunahkan membaca salawat kepada Nabi saw., namun yang lebih baik adalah membaca Istigfar, sebagaimana yang dikatakan oleh Guru kami.

Sunah berhias dengan memotong kuku di kedua tangan dan kaki, kalau yang dipotong hanya salah satunya, hukumnya makruh, memotong rambut yang ada, semisal rambut ketiak dan kelamin, bagi selain orang yang akan berkurban pada tanggal 10 Zulhijah. Demikian itu adalah sebagai tindak ittiba’ kepada Nabi saw.

Juga mencukur kumis sampai kelihatan warna merah bibir, dan menghilangkan bau busuk serta kotoran yang ada di badan. Menurut pendapat yang Muktamad, cara memotong kuku dua tangan, adalah dimulai dari telunjuk kanan sampai kelingkingnya, kemudian ibu jarinya, setelah itu memotong kelingking kiri sampai ibu jari secara urut, sedangkan cara memotong kuku kaki, adalah dimulai dari kelingking kaki kiri secara urut. Setelah memotong kuku, seyogianya mencuci tempat yang dipotong.

Sunah melakukan pemotongan kuku, seperti yang tersebut di atas pada hari Kamis atau di pagi hari Jumat. Imam Al-Muhib Ath-Thabari menghukumi makruh mencabuti bulu hidung. Katanya: Akan tetapi, hendaknya digunting, karena berdasarkan hadis yang menjelaskan hal ini. Imam Asy-Syafi’i berkata: Barangsiapa bersih pakaiannya, maka sedikitlah susahnya, barangsiapa harum baunya, bertambahlah kecerdasannya.

6.Mendengarkan khotbah dengan saksama. Inshat seperti tersebut, adalah sunah dikerjakan, sekalipun bagi orang yang tidak mendengar khotbah. Memang! Tetapi yang lebih utama bagi orang yang tidak mendengar khotbah, adalah terleka dengan membaca Alqur-an atau zikir secara pelan-pelan.

Makruh hukumnya, berbicara ketika khotbah dibaca. Hal ini tidak sampai haram. Lain halnya dengan pendapat tiga imam (selain Imam Syafri). Tidak makruh berbicara sebelum khotbah dimulai, sekalipun si khatib sudah duduk di atas mimbar, selesai khotbah, di antara dua khotbah, ketika berdoa untuk raja, dan tidak makruh berbicara bagi orang yang masuk mesjid (di tengah-tengah khotbah), kecuali jika ia minta tempat dan duduk di situ.

Makruh bagi orang yang masuk mesjid (di tengah-tengah khotbah), mengucapkan salam, sekalipun tidak mengambil tempat untuk dirinya, sebab hal ini akan merepotkan hadirin Jumat yang diberi salam. Jika ternyata orang tersebut memberi salam, maka bagi mereka wajib menjawabnya.

Sunah memuji bagi orang yang bersin, menjawabnya, meninggikan suara -tidak terlalu tinggi-, dalam membaca salawat salam kepada Nabi saw., ketika sang khatib menyebut nama atau sifat beliau. Guru kami berkata: Tidaklah jauh disunahkan membaca Radhiyallah ‘anhu untuk para sahabat Nabi saw. tanpa meninggikan suara, demikian pula doa imam -selesai-.

Makruh Tahrim, sekalipun bagi seorang yang tidak wajib menunaikan sholat Jumat, mengerjakan sholat fardu, sekalipun kadha yang baru ingat waktu itu, dan sekalipun wajib dikerjakan seketika (seperti tertinggal sholat tanpa udzur) atau sholat sunah, di mana khatib sudah duduk di atas mimbar, sekalipun khotbah tidak terdengar dan ketika sang khatib sedang memanjatkan doa untuk sultan. Menurut pendapat yang Aujah, bahwa sholat yang dikerjakan pada saat seperti di atas, adalah tidak sah, sebagaimana tidak sah melakukan sholat di waktuwaktu yang dimakruhkan. Untuk ini malah lebih tidak sahnya.

Wajib bagi orang yang di tengah sholatnya, sedangkan khatib sudah duduk di atas mimbar, agar mempercepat sholatnya, dengan cukup mengerjakan perkara yang mengesahkan sholat (yaitu rukun-rukun saja).

Makruh bagi Orang yang masuk mesjid, mengerjakan sholat tahiyyatul mesjid, jika menyebabkan tertinggal takbiratul ihram dari imam sholat Jumat, kalau tidak tertinggal, hukumnya tidak makruh, bahkan sunah untuk dilakukan. Namun, wajib dikerjakan seringan mungkin, sebagaimana ja hanya cukup mengerjakan ‘ yang wajib-wajib dalam sholatnya, menurut apa yang dikatakan oleh Guru kami.

Makruh di waktu khotbah mengerjakan duduk sedekul dengan menalikan serban pada lutut dengan badan, karena terdapat larangan mengenai hal ini. Juga makruh menulis pada kertas di akhir bulan Ramadhan, bahkan jika yang ditulis itu nama-nama bahasa Suryani, yang tidak diketahui maknanya, adalah haram hukumnya.

 

 

و) سن (قراءة) سورة (كهف) يوم الجمعة وليلتها، لاحاديث فيها. وقراءتها نهارا آكد، وأولاه بعد الصبح، مسارعة للخير، وأن يكثر منها، ومن سائر القرآن فيهما. ويكره الجهر بقراءة الكهف وغيره إن حصل به تأذ لمصل أو نائم - كما صرح النووي في كتبه - وقال شيخنا في شرح العباب: ينبغي حرمة الجهر بالقراءة في المسجد. وحمل كلام النووي بالكراهة: على ما إذا خف التأذي، وعلى كون القراءة في غير المسجد، وإكثار صلاة على النبي (ص) (يومها وليلتها) للاخبار الصحيحة الآمرة بذلك، فالاكثار منها أفضل من إكثار ذكر لم يرد بخصوصه. قاله شيخنا. (ودعاء) في يومها، رجاء أن يصادف ساعة الاجابة، وأرجاها، من جلوس الخطيب إلى آخر الصلاة. وهي لحظة لطيفة. وصح أنها آخر ساعة بعد العصر، وفي ليلتها لما جاء عن الشافعي - رضي الله عنه - أنه بلغه أن الدعاء يستجاب فيها، وأنه استحبه فيها. وسن إكثار فعل الخير فيهما - كالصدقة وغيرها - وأن يشتغل - في طريقه وحضوره محل الصلاة - بقراءة، أو ذكر، أفضله الصلاة على النبي (ص) قبل الخطبة، وكذا حالة الخطبة إن لم يسمعها - كما مر - للاخبار المرغبة في ذلك. وأن يقرأ عقب سلامه من الجمعة - قبل أن يثني رجليه، وفي رواية: قبل أن يتكلم - الفاتحة، والاخلاص، والمعوذتين، سبعا سبعا، لما ورد أن من قرأها غفر له ما تقدم من ذنبه وما تأخر، وأعطي من الاجر بعدد من آمن بالله ورسوله..

 

Kesunahan Lain

 

Disunahkan:

1.Membaca surah Al-Kahfi di hari Jumat atau pada malam harinya, berdasarkan beberapa hadis. Membacanya di siang hari, dihukumi lebih muakad, dan paling utama, adalah membaCanya setelah Subuh, karena mempercepat mendapat kebaikan, dan sunah memper:banyak membaca surah Al-kahfi dan surah-surah Alqur-an yang lain, di malam dan hari Jumat.

Makruh membaca surah AlKahfi dan surah-surah lainnya dengan mengeraskan suara, jika hal ini dapat menganggu orang yang sedang sholat atau tidur, sebagaimana yang dijelaskan oleh Imam AnNawawi dalam beberapa kitabnya.

Dalam Syarhul Ubab, Guru kami berkata: Seyogianya, hukum haram diterapkan pada bacaan “keras di dalam mesjid. Perkataan Imam An-Nawawi di atas adalah diterapkan dalam masalah gangguan yang ditimbulkannya hanya sedikit, atau pembacaannya berada di luar mesjid.

Memperbanyak membaca salawat kepada Nabi saw., baik di siang atau malam hari Jumat, karena berdasarkan hadis sahih, yang memuat perintah melakukannya.

Memperbanyak membaca salawat lebih utama daripada memperbanyak zikir atau membaca Alqur-an yang tidak secara khusus diterangkan dalam hadis Nabi, demikianlah menurut Guru kami.

Memperbanyak bacaan doa di hari Jumat, sebab berharap agar dapat bertepatan dengan waktu ijabah. Saat ijabah yang paling bisa diharapkan, adalah saat khatib duduk sampai selesai sholat, dan saat tersebut sangat sebentar sekali.

Adalah sah pendapat yang .mengatakan, bahwa saat ijabah : adalah pada akhir setelah waktu Ashar. Sunah juga memperbanyak doa di malam hari Jumat, karena hadis yang sampai pada Imam Syafi’i, bahwa doa di malam hari Jumat adalah dikabulkan, di samping itu, beliau menyunahkan di malam Jumat untuk berdoa.

Sunah memperbanyak beramal kebaikan di malam atau siang hari Jumat, misalnya bersedekah atau lainnya, dan sunah terleka dengan membaca Qur-an atau zikir di sepanjang jalan dan pada kehadirannya di tempat sholat.

Zikir yang paling utama, adalah membaca salawat kepada Nabi saw. sebelum khotbah dimulai atau ketika khotbah berjalan, jika tidak bisa mendengarkannya, sebagaimana keterangan di.atas, berdasarkan hadis-hadis yang menganjurkan hal itu.

Sunah sesudah salam sholat Jumat, sebelum melipat kaki -riwayat yang lain mengatakan: sebelum berbicara-, membaca Al-Fatihah, Al-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Naas, masingmasing sebanyak 7 kali.

 

Berdasarkan sebuah hadis yang mengatakan, bahwa barangsiapa mau membacanya, maka akan diampuni dosa-dosa yang telah lewat dan akan datang, serta dianugerahi pahala sebanyak bilangan orang yang beriman kepada Ailah dan Rasulullah saw.

 

 مهمة) يسن أن يقرأها، وآية الكرسي، و * (شهد الله) *، بعد كل مكتوبة وحين يأوي إلى فراشه، مع أواخر البقرة، والكافرون، ويقرأ خواتيم الحشر وأول غافر - إلى إليه المصير و * (أفحسبتم أنما خلقناكم عبثا) * إلى آخرها، صباحا ومساء، مع أذكارهما، وأن يواظب كل يوم على قراءة آلم، السجدة، ويس، والدخان، والواقعة، وتبارك، والزلزلة، والتكاثر وعلى الاخلاص مائتي مرة، والفجر في عشر ذي الحجة، ويس، والرعد عند المحتضر. ووردت في كلها أحاديث غير موضوعة .

 

 

 

Penting:

 

Sunah membaca surah-surah di atas, ayat Kursyi, dan ayat Syahida…. (Aali Imran:18) setiap selesai sholat fardu lima waktu, dan ketika akan tidur, lalu disambung dengan ayat akhir surah Al-Bagarah dan Al-Kafirun.

Sunah membaca akhir surah Al-Hasyr. لوانزلناهذاالقران , permulaan surah Ghafir حم تنزيل الكتاب الخ dan افحسبتم أنما خلقناكم عبثا (ayat 115-118), dibaca pada waktu pagi dan sore hari, lalu disambung dengan zikir-zikirnya. Sunah membiasakan membaca surah As-Sajdah, Yaa Siin, Ad-Dukhan, Al-Wagi’ah. Tabarak, Az-Zalzalah dan AtTakatsur pada setiap hari.

Sunah membaca surah Al-Ikhlash dan Al-Fajr sebanyak dua ratus kali pada setiap tanggal 10 Zulhijah. Sunah membaca surah Yaa Siin dan Ar-Ra’d pada orang yang sedang sakit keras.

 

وحرم تخط) رقاب الناس، للاحاديث الصحيحة فيه، والجزم بالحرمة ما نقله الشيخ أبو حامد عن نص الشافعي، واختارها في الروضة، وعليها كثيرون. لكن قضية كلام الشيخين: الكراهة، وصرح بها في المجموع (لا لمن وجد فرجة قدامه) فله - بلا كراهة - تخطي صف واحد أو اثنين، ولا لامام لم يجد طريقا إلى المحراب إلا بتخطي، ولا لغيره إذا أذنوا له فيه لا حياء على الاوجه، ولا لمعظم ألف موضعا. ويكره تخطي المجتمعين لغير الصلاة، ويحرم أن يقيم أحدا - بغير رضاه - ليجلس مكانه. ويكره إيثار غيره بمحله، إلا إن انتقل لمثله أو أقرب منه إلى الامام. وكذا الايثار بسائر القرب. وله تنحية سجادة غيره - بنحو رجله - والصلاة في محلها، ولا يرفعها - ولو بغير يده - لدخولها في ضمانه.

 و) حرم على من تلزمه الجمعة (نحو مبايعة) كاشتغال بصنعة (بعد) شروع في (أذان خطبة)، فإن عقد صح العقد، ويكره قبل الاذان بعد الزوال. (و) حرم على من تلزمه الجمعة - وإن لم تنعقد به - (سفر) تفوت به الجمعة، كأن ظن أنه لا يدركها في طريقه أو مقصده، ولو كان السفر طاعة مندوبا، أو واجبا، (بعد فجرها) أي فجر يوم الجمعة، إلا خشي من عدم سفره ضررا، كانقطاعه عن الرفقة، فلا يحرم إن كان غير سفر معصية، ولو بعد الزوال، ويكره السفر ليلة الجمعة، لما روي بسند ضعيف: من سافر ليلتها دعا عليه ملكاه. أما المسافر لمعصية فلا تسقط عنه الجمعة مطلقا. قال شيخنا: وحيث حرم عليه السفر هنا لم يترخص ما لم تفت الجمعة، فيحسب ابتداء سفره من وقت فوتها.

 

Larangan: Diharamkan melangkahi pundak orang lain, berdasarkan hadis-hadis sahih.

Mengenai hukum haram ini, adalah sebagaimana yang dinukil oleh Imam Asy-Syekh Abu Hamid (Imam Al-Ghazali) dari nash Imam Asy-Syafri. Yang kemudian ini dipilih oleh Imam Nawawi dalam kitab ArRaudhah dan dipilih oleh mayoritas ulama. Namun pembicaraan Imam ArRafi’i dan An-Nawawi menentukan makruh, sebagaimana yang dijelaskan oleh Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Majmu’.

Melangkahi tersebut hukumnya tidak haram, jika dilakukan oleh scorang yang dibaris depannya ada kelonggaran.

 

Karena itu, dia boleh melangkahi satu atau dua baris di depannya tanpa makruh. Demikian pula tidak haram, jika dilakukan oleh imam yang tidak menemukan jalan menuju mimbar, kecuali dengan melangkahi pundak. Demikian juga tidak haram, – jika dilakukan oleh selain imam, di mana mereka yang dilangkahi sudah memberi ijin, bukan karena malu, atas dasar beberapa tinjauan pendapat. Juga tidak haram melangkahi pundak, bagi orang yang dimuliakan dan sudah membiasakan tempat tertentu.

Makruh melangkahi pundak sekelompok manusia di luarsholat.

Haram menyuruh orang berdiri tanpa kerelaannya untuk ditempati tempatnya.

Makruh memberi prioritas kepada orang lain untuk menempati tempatnya, kecuali jika dengan itu, orang berpindah ke tempat sejajar atau lebih dekat pada imam. Begitu juga dalam ibadah-ibadah lainnya.

(Orang yang dibaris depannya masih kosong, dia boleh maju dan melangkahi pundak orang lain) dan ia boleh menyingkirkan sajadah orang lain di tempat itu dengan kaki atau lainnya dan melakukan sholat di situ, namun tidak boleh mengangkat sajadah tersebut -sekalipun tidak dengan tangannya-, biar tidak masuk dalam tanggungannya.

Bagi orang yang berkewajiban melakukan sholat Jumat, haram melakukan jual beli dan sebagainya -misalnya pertukangan-, sesudah dikumandangkan azan khotbah Jumat. Jika terpaksa melakukannya, maka akad tetap sah. Jual beli dan sebagainya, yang dilakukan sebelum azan Jumat, namun setelah tergelincir matahari, hukumnya adalah makruh.

 Bagi orang. yang berkewajiban melakukan sholat Jumat -sekalipun tidak bisa menjadi kelengkapan kesahan Jumat-, haram bepergian yang dapat menyebabkan tertinggal sholat Jumat, misalnya ia telah mengira, bahwa tidak dapat melakukan sholat Jumat di pertengahan jalan atau tujuannya, dan sekalipun bepergian dalam rangka taat, sunah atau wajib.

(Keharaman tersebut) jika dilakukan setelah fajar hari Jumat. Kecuali jika dikhawatirkan akan terjadi madarat dengan ketidakpergiannya -misalnya tertinggal dengan teman-temannya-, maka tidaklah haram pergi seperti ini, jika kepergiannya bukan untuk maksiat, sekalipun waktu pergi setelah matahari tergelincir ke arah barat.

Makruh bepergian di malam Jumat, berdasarkan sebuah hadis yang diriwayatkan dengan sanad daif, yang artinya: “barangsiapa bepergian di malam Jumat, maka ada dua malaikat yang mendoakan kerusakan kepadanya”.

 

Mengenai orang yang bepergian untuk maksiat, maka secara mutlak tidak gugur baginya. Guru kami berkata: Bagi orang yang haram bepergian tersebut, ia tidak berhak mendapat rukhshah (dispensasi/keringanan hukum) selama : belum jelas sholat Jumat belum selesai (bubar).

 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama