Terjemah Kitab Fathul Muin; SHALAT SUNAH

 


SHALAT SUNAH

 

فصل في صلاة النفل وهو لغة: الزيادة. وشرعا: ما يثاب على فعله ولا يعاقب على تركه. ويعبر عنه بالتطوع والسنة والمستحب والمندوب. وثواب الفرض يفضله بسبعين درجة، كما في حديث صححه ابن خزيمة. وشرع ليكمل نقص الفرائض بل وليقوم في الآخرة لا في الدنيا مقام ما ترك منها لعذر، كنسيان، كما نص عليه. والصلاة أفضل عبادات البدن بعد الشهادتين، ففرضها أفضل الفروض، ونفلها أفضل النوافل. ويليها الصوم، فالحج، فالزكاة، على ما جزم به بعضهم، وقيل: أفضلها الزكاة. وقيل: الصوم. وقيل: الحج. وقيل غير ذلك . والخلاف في الاكثار من واحد - أي عرفا - مع الاقتصار على الآكد من الآخر، وإلا فصوم يوم أفضل من ركعتين.

 

 

TENTANG SHOLAT SUNAH - فَصْلٌ فِى صَلاَةِ النَّفْلِ

Lafal النَّفْلِ menurut bahasa adalah tambahan. Sedangkan menurut syarak adalah perbuatan yang kalau dilakukan mendapat pahala, tetapi jika ditinggalkan tidak mendapat siksa. Nafl juga bisa diistilahkan dengan Tathawu’, Sunah, Mustahab dan Mandub. Pahala fardu melebihi 70 kali pahala sunah, seperti yang dinyatakan dalam hadis yang telah disahihkan oleh Imam Ibnu Khuzaimah.

Ditetapkan nafl adalah untuk menyempurnakan kekurangan-kekurangan di dalam mengerjakan fardu, bahkan agar di akhirat kelak -bukan di dunia-, bisa mengganti kedudukan fardu yang ditinggalkan karena ada Uzur, misalnya lupa, Begitulah seperti ya! telah dinash. Sholat adalah ibadah badan yang paling utama setelah mengucapkan dua kalimat syahadat. Karena itu, sholat fardu adalah paling utamanya dan sholat sunah adalah paling utama di antara perbuatan sunah lainnya.

Urutan keutamaan di bawah sholat, adalah puasa, haji, lalu zakat: seperti inilah yang telah dikukuhkan oleh sebagian ulama. Ada yang mengatakan: Paling utama adalah zakat. Ada yang mengatakan, adalah puasa, Ada juga yang mengatakan haji, Juga ada yang mengatakan bukan itu semua. Perselisihan di sini, adalah jika suatu ibadah tersebut banyak dikerjakannya, menurut pandangan umum, sedangkan ibadah yang satunya hanya dikerjakan yang muakad saja. : Kalau tidak demikian, maka puasa sehari lebih utama daripada sholat dua rakaat.

 

 

SHOLAT SUNAH BAGIAN PERTAMA

 وصلاة النفل قسمان: قسم لا تسن له جماعة كالرواتب التابعة للفرائض، وهي ما تأتي آنفا.  (يسن) للاخبار الصحيحة الثابتة في السنن (أربع ركعات قبل عصر، و) أربع قبل (ظهر و) أربع (بعده، وركعتان بعد مغرب) وندب وصلهما بالفرض. ولا يفوت فضيلة الوصل بإتيانه قبلهما الذكر المأثور بعد المكتوبة. (و) بعد (عشاء) ركعتان خفيفتان (وقبلهما)، إن لم يشتغل بهما عن إجابة المؤذن. فإن كان بين الاذان والاقامة ما يسعهما فعلهما، وإلا أخرهما. (و) ركعتان قبل (صبح)، ويسن تخفيفهما. وقراءة الكافرون والاخلاص فيهما، لخبر مسلم وغيره، وورد أيضا فيهما ألم نشرح لك وألم تر كيف، وأن من داوم على قراءتهما فيهما زالت عنه علة البواسير، فيسن الجمع فيهما بينهن لتتحقق الاتيان بالوارد، أخذا مما قاله النووي في: إني ظلمت نفسي ظلما كثيرا كبيرا. ولم يكن بذلك مطولا لهما تطويلا يخرج عن حد السنة والاتباع، كما قاله شيخنا ابن حجر وزياد. ويندب الاضطجاع بينهما وبين الفرض إن لم يؤخرهما عنه، ولو غير متهجد. والاولى كونه على الشق الايمن، فإن لم يرد ذلك فصل بنحو كلام أو تحول.

 

SHOLAT SUNAH BAGIAN PERTAMA

 

Sholat sunah ada dua macam: Pertama, tidak disunahkan berjamaah, seperti sholat Rawatib yang mengikuti sholat-sholat fardu yang keterangannya akan diterangkan di bawah ini.Disunahkan berdasarkan hadis-hadis sahih di dalam kitab Sunan (Sunan Abi dawud, An-Nasai, Ibnu Majah dan At-Tirmidzi):

Empat rakaat sebelum Asar. Empat rakaat sebelum sholat Zhuhur, dan empat rakaat sesudahnya. Dua rakaat sesudah sholat Magrib. Di sini disunahkan pula agar disambung pelaksanaannya, dengan sholat fardu (Magrib). Fadhilah penyambungan terSebut tidaklah bisa hilang sebab dipisah dengan zikir yang ma’tsur, yang dibaca. Setelah sholat lima waktu. Dua rakaat yang ringan (pendek) setelah sholat Isyak.

Dua rakaat sebelum Isyak, jika ternyata tidak terleka dengar menjawab azan. Karena itu, jika antara azan dan ikamah ada waktu luang untuk mengerjakan 2 rakaat, hendaknya dilakukan, jika tidak ada, maka ditunda sesudah sholat fardu. Dua rakaat sebelum sholat Subuh. Dalam melakukan sholat ini, disunahkan diperpendek, dan di dalam rakaatnya membaca surah Al-Kafirun dan Al-Ikhlash. Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan lainnya.

Tersebut pula, bahwa yang dibaca di sini adalah surah Al–Insyirah dan Al-Fiil. Sungguh, barangsiapa membiasakan sholat dengan membaca kedua surah tersebut, maka hilanglah penyakit bawasir. Demi menampakkan yang datang dari Nabi saw., maka sunah mengumpulkan kesemua surah di atas (rakaat pertama membaca surah Al-Insyirah dan Al-Kafirun, rakaat kedua membaca surah Al-Fiil dan Al-Ikhlash). Hal itu berdasarkan yang dikatakan oleh Imam An-Nawawi dalam masalah membaca “Innii zhalamtu nafsii zhulman katsiiraa kabiiraa“. (yaitu dikiaskan dengan masalah pembacaan ayat yang sampai dengan lafal كثيرا dan كبيرا Maka antara kedua lafal tersebut sunah dikumpulkannya -pen).

 

Perlakuan seperti tersebut, tidak dianggap sebagai memperpanjang rakaat yang sampai melampaui ukuran sunah dan ittiba’, sebagaimana yang dikatakan oleh Guru kami, Ibnu Hajar dan Ibnu Ziyad. Sunah berbaring miring antara dua rakaat sunah Subuh dengan sholat fardunya, jika sholat sunahnya tidak diakhirkan dari fardunya, sekalipun ia tidak bertahajud. Yang lebih utama (dalam berbaring itu) adalah pada sisi kanan badannya

Jika ia tidak menginginkan demikian itu, hendaklah memisah antara kedua sholat tersebut dengan semacam pembicaraan atau berpindah tempat.

Baca juga: Bab Zakat


تنبيه) يجوز تأخير الرواتب القبلية عن الفرض وتكون أداء. وقد يسن كأن حضر والصلاة تقام أو قربت إقامتها بحيث لو اشتغل بها يفوته تحرم الامام فيكره الشروع فيها، لا تقديم البعدية عليه لعدم دخول وقتها، وكذا بعد خروج الوقت على الاوجه. والمؤكد من الرواتب عشر، وهو ركعتان قبل صبح وظهر وبعده وبعد مغرب وعشاء. (وتر) (و) يسن أي صلاته، بعد العشاء، لخبر: الوتر حق على كل مسلم. وهو أفضل من جميع الرواتب للخلاف في وجوبه. (وأقله ركعة)، وإن لم يتقدمها نفل من سنة العشاء أو غيرها. قال في المجموع: وأدنى الكمال ثلاث، وأكمل منه خمس فسبع فتسع. (وأكثره إحدى عشرة) ركعة. فلا يجوز الزيادة عليها بنية الوتر، وإنما يفعل الوتر أوتارا. ولو أحرم بالوتر ولم ينو عددا صح، واقتصر على ما شاء منه على الاوجه. قال شيخنا: وكأن بحث بعضهم إلحاقه بالنفل المطلق من أن له إذا نوى عددا أن يزيد وينقص توهمه من ذلك، وهو غلط صريح. وقوله: إن في كلام الغزالي عن الفوراني ما يؤخذ منه ذلك، وهم أيضا، كما يعلم من البسيط. ويجري ذلك فيمن أحرم بسنة الظهر الاربع بنية الوصل فلا يجوز له الفصل بأن يسلم من ركعتين، وإن نواه قبل النقص، خلافا لمن وهم فيه أيضا. انتهى. ويجوز لمن زاد على ركعة الفصل بين كل ركعتين بالسلام - وهو أفضل من الوصل - بتشهد أو تشهدين في الركعتين الاخيرتين، ولا يجوز الوصل بأكثر من تشهدين. والوصل خلاف الاولى، فيما عدا الثلاث، وفيها مكروه للنهي عنه في خبر: ولا تشبهوا الوتر بصلاة المغرب. ويسن لمن أوتر بثلاث أن يقرأ في الاولى سبح، وفي الثانية الكافرون، وفي الثالثة الاخلاص والمعوذتين للاتباع. فلو أوتر بأكثر من ثلاث فيسن له ذلك في الثلاثة الاخيرة إن فصل عما قبلها، وإلا فلا. كما أفتى به البلقيني. ولمن أوتر بأكثر من ثلاث قراءة الاخلاص في أولييه، فصل أو وصل. وأن يقول بعد الوتر ثلاثا سبحان الملك القدوس، ويرفع صوته بالثالثة، ثم يقول: اللهم إني أعوذ برضاك من سخطك، وبمعافاتك من عقوبتك، وبك منك، لا أحصي ثناء عليك أنت كما أثنيت على نفسك. ووقت الوتر كالتراويح بين صلاة العشاء، ولو بعد المغرب في جمع التقديم وطلوع الفجر، ولو خرج الوقت لم يجز قضاؤها قبل العشاء كالرواتب البعدية، خلافا لما رجحه بعضهم. ولو بان بطلان عشائه بعد فعل الوتر أو التراويح وقع نفلا مطلقا.

 

 

Peringatan!

Boleh mengakhirkan sholat Rawatib gabliyah setelah sholat fardunya, hal ini tetap masih dianggap ada’. Kadang-kadang penundaan seperti ini justru disunahkan, . seperti ketika seseorang baru hadir, di mana sholat sudah didirikan, atau waktu sudah menjelang ikamah, sehingga jika ia melakukan (sholat) dua rakaat terlebih dahulu, maka tertinggal takbiratul ihram imamnya. Dalam keadaan semacam inj, baginya makruh mengerjakan sholat sunah dahulu.

Tidak boleh mendahulukan sunah ba’diyah atas sholat fardu yang berkaitan dengannya, lantaran belum masuk waktu melakukannya. Demikian juga setelah keluar waktu pelaksanaannya, begitulah menurut beberapa tinjauan. Jumlah Rawatib Muakad ada sepuluh rakaat. Yaitu: Dua rakaat sebelum sholat Subuh, dua rakaat sebelum sholat Zhuhur, dua rakaat setelahnya, dua rakaat setelah sholat Magrib dan dua rakaat setelah sholat Isyak.

Sholat Witir setelah sholat Isyak, berdasarkan hadis: “Sholat Witir itu hak bagi setiap orang muslim.” Sholat Witir itu lebih utama jika dibandingkan dengan semua sholat Rawatib yang ‘ telah tertuturkan, karena ada perselisihan dalam wajibnya. Paling sedikit rakaatnya adalah satu rakaat, sekalipun tidak didahului dengan sholat sunah: Isyak atau lainnya.

Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ berkata: Batas sempurna yang paling minimum adalah 3 rakaat, 5 rakaat dan di atasnya lagi adalah 9 rakaat. Sholat Witir paling banyak adalah 11 rakaat. Karena itu, tidak boleh melebihi batas ini. Demikianlah sholat Witir dilakukan selalu dengan rakaat ganjil.

Jika seseorang pada saat takbiratul ihram tanpa niat bilangan rakaat, maka sah takbirnya, dan ia boleh melakukan sholat Witir dengan rakaat yang dikehendaki, menurut beberapa tinjauan. Seakan-akan pembahasan sebagian fukaha: Menyamakan (menganalogikan/meng-ilhaq-kan) masalah seorang yang sholat Wiur dengan niat bilangan tertentu, baginya boleh menambah atau mengurangi ketentuan tersebut -dengan masalah sholat sunah mutlak-, adalah suatu kesalahan dan yang benar-benar jelas salahnya.

Penjelasan mereka juga, bahwa: Sesungguhnya didapati dalam kalam Imam Al-Ghazali dari Imam Al-Faurani seperti pendapat di atas, ini juga adalah kesalahan, sebagamana yang dapat diketahui dari kitab Al-Basith . Ketentuan tidak boleh menambah dan mengurangi rakaat tersebut, berlaku pula bagi orang yang bertakbiratul ihram niat sholat sunah Zhuhur sebanyak 4 rakaat secara bersambung (satu kali salam). Karena itu, ia tidak boleh memisah dengan dua rakaat salam, sekalipun ia telah niat memisah sebelum mengurangi rakaat, Hal ini masih ada perselisihan dengan sebagian fukaha yang memperbolehkannya juga. -Selesai-.

Bagi orang yang melakukan sholat Witir boleh lebih dari satu rakaat untuk memisah sholatnya dengan cara dua rakaat salam. Bahkan cara tersebut lebih utama daripada disambung terus, dengan bertasyahud sekali atau dua kali pada dua rakaat yang terakhir. Tidak boleh menyambung sholat Witir sampai melebihi dua kali bertasyahud (sebab Nabi saw. tidak pernah mengerjakannya -pen).

Menyambung pada selain tiga rakaat adalah khilaful aula, sedangkan menyambung tiga rakaat itu hukumnya makruh, sebab dalam hadis terdapat larangan melakukannya: “Janganlah kalian semua menyerupakan sholat Witr dengan sholat Magrib”. (Washal/Menyambung: mengumpulkan rakaatrakaat sholat Witir dengan sekali takbiratul ihram. Jadi, antara rakaat terakhir dengan sebelumnya tidak dipisah dengan takbiratul ihram. Sedang Fashl/memisah adalah: Memisah rakaat sholat Witir dengan takbiratul ihram, umpama setiap dua rakaat salam sekali, atau antara rakaat yang terakhir dengan rakaat sebelumnya dipisah takbiratul ihram -pen).

Sunah bagi orang yang melakukan sholat Witir 3 rakaat, membaca surah Al-A’la pada rakaat pertama, Al-Kafirun pada rakaat kedua dan Al–Ikhlaash, An-Naas, Al-Falaq pada rakaat ketiga sebagai tindak ittiba’ kepada Rasul saw.

Jika seseorang melakukan sholat. Wjitir lebih dari 3 rakaat, maka disunahkan membaca surah di atas pada 3 rakaat terakhir, jika rakaat jitu dipisahkan dengan rakaat sebelumnya: Jika tidak dipisahkan, maka tidaklah membaca surah tersebut, sebagaimana fatwa Imam Al-Bulqini.

Sunah bagi orang yang melakukan sholat Witir lebih dari 3 rakaat, pada rakaat pertama dan kedua membaca surah Al–Ikhlaash, baik itu dipisah antara rakaat-rakaatnya ataupun disambung. Setelah sholat Witir disunahkan membaca doa: “Subhanal malikil quddus” (Maha Suci Raja Yang Suci) 3x, pada ketiga kalinya suara dikeraskan, lalu membaca: Allahumma …….. dan seterusnya. (Ya, Allah, aku berlindung diri dengan ridha-Mu dari murka-Mu, dengan kesejahteraan-Mu dari siksa-Mu, dan dengan-Mu, dari-Mu tidak dapat aku menghitung berapa banyak pujian kepada-Mu sebagaimana kamu memuji diri-Mu sendiri).

 

Waktu sholat Witir adalah seperti waktu sholat Tarawih, yaitu antara sholat Isyak, sekalipun dilakukan setelah sholat Magrib dalam sholat jamak taqdim, hingga terbit fajar. Jika waktu tersebut sudah habis, maka tidak boleh mengadhanya sebelum waktu Isyak, sebagaimana halnya dengan sholat Rawatib ba’diyah. Lain halnya dengan pendapat sebagian fukaha yang berpendapat dengan memenangkan kebolehannya.

Jika telah jelas, bahwa sholat Isyak yang dikerjakan adalah batal, padahal sholat Witir atau Tarawih telah dikerjakannya, maka sholat ini dihukumi sebagai sholat sunah Mutlak.

 

 Baca juga: Bab Puasa


 فرع) يسن لمن وثق بيقطته قبل الفجر بنفسه أو غيره أن يؤخر الوتر كله لا التراويح عن أول الليل وإن فاتت الجماعة فيه بالتأخير في رمضان، لخبر الشيخين: اجعلوا آخر صلاتكم بالليل وترا. وتأخيره عن صلاة الليل الواقعة فيه، ولمن لم يثق بها أن يعجله قبل النوم. ولا يندب إعادته. ثم إن فعل الوتر بعد النوم حصل له به سنة التهجد أيضا وإلا كان وترا لا تهجدا. وقيل: الاولى أن يوتر قبل أن ينام مطلقا، ثم يقوم ويتهجد، لقول أبي هريرة رضي الله عنه: أمرني رسول الله (ص) أن أوتر قبل أن أنام. رواه الشيخان. وقد كان أبو بكر رضي عنه يوتر قبل أن ينام ثم يقوم ويتهجد، وعمر رضي الله عنه ينام قبل أن يوتر ويقوم ويتهجد ويوتر. فترافعا إلى رسول الله (ص) فقال: هذا أخذ بالحزم - يعني أبا بكر - وهذا أخذ بالقوة - يعني عمر -. وقد روي عن عثمان مثل فعل أبي بكر، وعن علي مثل فعل عمر، رضي الله عنهم. قال في الوسيط: واختار الشافعي فعل أبي بكر رضي الله عنه. وأما الركعتان اللتان يصليهما الناس جلوسا بعد الوتر فليستا من السنة، كما صرح به الجوجري والشيخ زكريا. قال في المجموع: ولا تغتر بمن يعتقد سنية ذلك ويدعو إليه لجهالته. (و) يسن (الضحى) لقوله تعالى: * (يسبحن بالعشي والاشراق) * قال ابن عباس: صلاة الاشراق صلاة الضحى. روى الشيخان،

 

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: أوصاني خليلي (ص) بثلاث، صيام ثلاثة أيام من كل شهر، وركعتي الضحى، وأن أوتر قبل أن أنام. وروى أبو داود أنه (ص) صلى سبحة الضحى - أي صلاتها - ثماني ركعات، وسلم من كل ركعتين. (وأقلها ركعتان وأكثرها ثمان) كما في التحقيق والمجموع، وعليه الاكثرون. فتحرم الزيادة عليها بنية الضحى، وهي أفضلها على ما في الروضة، وأصلها: فيجوز الزيادة عليها بنيتها إلى ثنتي عشرة، ويندب أن يسلم من كل ركعتين. ووقتها من ارتفاع الشمس قدر رمح إلى الزوال، والاختيار فعلها عند مضي ربع النهار لحديث صحيح فيه، فإن ترادفت فضيلة التأخير إلى ربع النهار وفضيلة أدائها في المسجد إن لم يوءخرها، فالاولى تأخيرها إلى ربع النهار وإن فات به فعلها في المسجد، لان الفضيلة المتعلقة بالوقت أولى بالمراعاة من المتعلقة بالمكان. ويسن أن يقرأ سورتي والشمس والضحى. وورد أيضا قراءة الكافرون والاخلاص. والاوجه أن ركعتي الاشراق من الضحى، خلافا للغزالي ومن تبعه

 . (و) يسن (ركعتا تحية) لداخل مسجد وإن تكرر دخوله أو لم يرد الجلوس، خلافا للشيخ نصر. وتبعه الشيخ زكريا في شرحي المنهج والتحرير بقوله: إن أراد الجلوس، لخبر الشيخين: إذا دخل أحدكم المسجد فلا يجلس حتى يصلي ركعتين. وتفوت التحية بالجلوس الطويل، وكذا القصير إن لم يسه أو يجهل. ويلحق بهما على الاوجه ما لو احتاج للشرب فيقعد له قليلا ثم يأتي بها، لا بطول قيام أو إعراض عنها. ولمن أحرم بها قائما القعود لا تمامها. وكره تركها من غير عذر. نعم، إن قرب قيام مكتوبة جمعة أو غيرها، وخشي لو اشتغل بالتحية فوات فضيلة التحرم انتظره قائما.

  ويسن لمن لم يتمكن منها ولو بحدث أن يقول: سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم، أربعا. وتكره لخطيب دخل وقت الخطبة، ولمريد طواف دخل المسجد، لا لمدرس، خلافا لبعضهم. (و) ركعتا (استخارة) وإحرام وطواف ووضوء. وتتأدى ركعتا التحية وما بعدها بركعتين فأكثر من فرض أو نفل آخر، وإن لم ينوها معه، أي يسقط طلبها بذلك. أما حصول ثوابها فالوجه توقفه على النية، لخبر: إنما الاعمال بالنيات. كما قاله جمع متأخرون، واعتمده شيخنا. لكن ظاهر كلام الاصحاب حصول ثوابها وإن لم ينوها معه، وهو مقتضى كلام المجموع. ويقرأ ندبا في أولى ركعتي الوضوء بعد الفاتحة: * (ولو أنهم إذ ظلموا أنفسهم) * إلى * (رحيما) * والثانية: * (ومن يعمل سوءا أو يظلم نفسه) * إلى * (رحيما) *.

  ومنه صلاة الاوابين، وهي عشرون ركعة بين المغرب والعشاء، ورويت ستا وأربعا، وركعتين، وهما الاقل. وتتأدى بفوائت وغيرها، خلافا لشيخنا، والاولى فعلها بعد الفراغ من أذكار المغرب. وصلاة التسبيح وهي أربع ركعات بتسليمة أو تسليمتين. وحديثها حسن لكثرة طرقه، وفيها ثواب لا يتناهى. ومن ثم قال بعض المحققين: لا يسمع بعظيم فضلها ويتركها إلا متهاون بالدين. ويقول في كل ركعة منها خمسة وسبعين سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر، خمسة عشر بعد القراءة وعشرا في كل من الركوع، والاعتدال، والسجودين، والجلوس بينهما بعد الذكر الوارد فيها، وجلسة الاستراحة. ويكبر عند ابتدائها دون القيام منها، ويأتي بها في محل التشهد قبله. ويجوز جعل الخمسة عشر قبل القراءة، وحينئذ يكون عشر الاستراحة بعد القراءة. ولو تذكر في الاعتدال ترك تسبيحات الركوع لم يجز العود إليه ولا فعلها في بالاعتدال لانه ركن قصير، بل يأتي بها في السجود. ويسن أن لا يخلي الاسبوع منها أو الشهر.

 

 Cabang:

Bagi orang yang mempunyai kepercayaan, bahwa ia dapat bangun sendiri sebelum waktu fajar atau dibangunkan oleh orang lain, maka ia disunahkan mengakhirkan sholat Witir keseluruhannya (pada akhir malam) -kalau sholat Tarawih tidak sunah diakhirkandari awal malam, sekalipun penundaan seperti ini menyebabkan tertinggal jamaah Witir di bulan Ramadhan. Hal ini berdasarkan sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari-Muslim yang artinya: “Jadikanlah sholat Witir itu di akhir malam sholatmu.”

Sunah meletakkan sholat Witir di belakang semua sholat Lail yang dilakukan malam itu.

Bagi orang yang tidak mempunyai kepercayaan, bahwa dirinya dapat bangun sebelum fajar, maka sunah mengerjakan sholat Witir sebelum tidur. Kemudian, (jika ternyata bisa bangun) ia tidak disunahkan mengulangi .

Kemudian, jika ia melakukan sholat Witir setelah bangun tidur, maka baginya mendapat pahala sunah Tahajud juga (sebab sholat Tahajud adalah sholat yang dikerjakan sesudah bangun tidur -pen). Kalau dilakukan sebelum tidur, maka akan mendapatkan pahala sholat Witir saja.

Ada yang mengatakan: Yang lebih utama adalah mengerjakan Witir sebelum tidur secara mutlak (baik punya keyakinan bisa bangun sebelum terbit fajar ataypun tidak -pen), lalu bangun dan bertahajud. Hat ini berdasarkan perkataan sahabat Abi Hurairah: Rasulullah memerintahkan aku supaya melakukan sholat Witir sebelum tidur -HR. Bukhari-Muslim-.

(Perselisihan tersebut) karena sahabat Abu Bakar r.a. sholat Witir sebelum tidur, lalu bangun tidur dan bertahajud, Kalau sahabat Umar r.a. tidur dahulu sebelum sholat Witir, setelah bangun lalu bertahajud dan sholat Witir.

Kemudian, masing-masing di antara mereka melaporkan perbuatannya kepada baginda Rasulullah saw. Lantas beliau menjawab: “ini (yakni Abu Bakar) melakukan karena hati-hati, dan yang ini (Umar) melakukannya dengan penuh kekuatan.”

Diriwayatkan, bahwa sahabat Utsman bin Affan ra. melakukan seperti yang dilakukan oleh sahabat Abu Bakar r.a., sedangkan sahabat Ali r.a. melakukan seperti yang dilakukan oleh sahabat Umar r.a.

Al-Ghazali dalam kitab AlWasth berkata: Imam AsySyafi’i r.a. memilih yang dilakukan oleh sahabat Abu Bakar r.a. Sedangkan dua rakaat sesudah Witir seperti yang dilakukan orang-orang dengan duduk, adalah tidak termasuk sunah Nabi saw., sebagaimana yang dijelaskan oleh Imam Al-Jaujari dan Asy-Syekh Zakariya.

Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ berkata: Janganlah anda terbujuk dengan keyakinan seseorang, bahwa hal itu sunah dilakukari dan menyuruh melakukannya. Sebab hal itu berangkat dari kebodohannya terhadap hukum. Sholat Dhuha, berdasarkan firman Allah swt.: “Mereka membaca Tasbih di waktu sore dan isyraq”. Ibnu Abbas menjelaskan: Sholat Isyraq adalah sholat Dhuha.

Imam Bukhari-Muslim meriwayatkan hadis dari sahabat Abu Hurairah, ia berkata: Aku diberi wasiat oleh kekasihku, yaitu Nabi saw. dengan tiga perkara: 1. Puasa tiga hari setiap bulan: 2. Sholat Dhuha dua rakaat, 3. Sholat Witir sebelum tidur. Imam Abu Dawud meriwayatkan, bahwa Nabi saw. mengerjakan sholat Dhuha, dan beliau salam setiap dua rakaat.

Paling sedikitnya adalah dua rakaat, dan paling banyaknya adalah 8 rakaat, sebagaimana yang termaktub dalam kitab At-Tahqiq dan Al-Majmu’ (kedua : nya milik Imam An-Nawawi). Seperti itu juga sebagian besar ulama. Karena itu, hukumnya haram menambah rakaat lebih dari yang sudah ditentukan di atas.

Delapan rakaat tersebut adalah paling utama, seperti yang tersebut dalami kitab Ar-raudhah dan aslinya. Berarti (menurut pendapat ini), menambah bilangan dari jumlah. rakaat tersebut dengan niat sholat Dhuha sampai 12 rakaat adalah boleh saja.

Disunahkan setiap dua rakaat salam sekali.

Waktu sholat Dhuha, adalah sejak matahari naik setinggi tombak sampai tergelincirnya ke arah barat. (Namun) memilih waktu yang baik untuk mengerjakan sholat Dhuha adalah ketika telah terlewatkan seperempat waktu siang, berdasarkan sebuah hadis sahih.

Jika terjadi perlawanan antara mengakhirkan sholat Dhuha sampai seperempat siang dengan fadhilah (keutamaan) mengerjakannya di dalam mesjid bila tidak mengakhirkannya (umpama, jika se: seorang mengakhirkan sholat Dhuha sampai seperempat slang, maka tidak bisa melakukannya di dalam mesjid: dan umpama ia melakukan dalam mesjid, ia tidak bisa ‘ mengakhirkan sampai seperempat siang), maka yang lebih utama adalah mengakhirkannya sampai seperempat siang, sekalipun akhirnya tidak bisa mengerjakannya di dalam mesjid. Sebab, fadhilah yang berkaitan dengan waktu itu lebih utama untuk dipelihara (diperhatikan) daripada yang berkaitan dengan tempat.

Dalam sholat Dhuha sunah membaca surah As-Syams dan Adh-Dhuha. Sementara dalam hadis yang lain menyebutkan surah Al-Kafirun dan Al-Ikhlaash. Menurut pendapat yang lebih beralasan: Dua rakaat sholat Isyraq adalah termasuk dari sholat Dhuha. Lain halnya dengan pendapat Imam Al-Ghazali dan pengikutnya.

Sholat Tahiyatul mesjid, sekalipun ia telah berulangulang masuk ataupun tidak menghendaki duduk dalam mesjid. Lain halnya dengan pendapat Asy-Syekh Nashr, yang kemudian diikuti oleh Asy-Syekh Zakariya dalam kitab Syarah Mmhaj dan Tahrir melalui perkataannya: Jika memang orang tersebut berkehendak duduk dalam mesjid, (maka sunah melakukan sholat Tahiyatul mesjid, jika tidak, maka tidak sunah -pen), karena berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim: “Apabila seseorang di antara kalian masuk ke mesjid, maka janganlah duduk terlebih dulu, sebelum mengerjakan sholat dua rakaat”.Kesunahan Tahiyatul mesjid berakhir dengan sendirinya, bila telah duduk lama, begitu juga dalam waktu yang pendek, Jika tidak lupa atau tidak tahu.

Disamakan dengan kedua duduk itu -menurut beberapa tinjauan-, apabila seseorang . karena dahaga butuh minum, lalu duduk sebentar untuk minum, kemudian menunaikan sholat Tahiyatul masjid. Kesunahan di sini tidak bisa berakhir sebah berdiri yang cukup lama, atau sudah berpaling disi untuk tidak mengerjakannya. Bagi orang yang bertakbiratul Ihram sholat tahiyatul mesjid, boleh meneruskan sholatnya dengan duduk.

Makruh meninggalkan sholat Tahiyatul mesjid tanpa ada halangan, Memang begitu, jika ternyata telah dekat pelaksanaan sholat Jumat atau lainnya, dan ia khawatirkan tertinggal fadhilah takbiratul ihram jika ia melakukan sholat Tahiyatul mejid, maka hendaklah menunggu dengan berdiri.

 

Bagi orang yang tidak memungkinkan mengerjakan sholat Tahiyat, sekahpun karena hadas, sunah mengucapkan: Subhaanallaahi…. dan seterusnya 4x (Maha Suci Allah, segala puji milik Allah tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar dan tiada daya dan upaya, kecuali dengan pertolankan Allah Yang Maha Agung)

Sholat Tahiyatul mesjid itu makruh dilakukan oleh khotub yang masuk mesjid setelah masuk waktu khotbah, dan bagi orang yang akan tawaf setelah masuk Masjidil Haram. Namun tidak makruh bagi seorang pengajar. Lain halnya dengan pendapat sebagian fukaha.

10-13. Dua rakaat sholat Istikharah, Ihram, Tawaf dan sholat sesudah wudu. Sholat Tahiyatul mesjid dan yang sesudahnya itu ikut tertunaikan dengan sendirinya, sebab melakukan dua rakaat atau lebih dari sholat fardu atausunah lainnya, sekalipun tidak disertakan dalam berniat. Maksudnya, perintah untuk melakukan sholat-sholat tersebut jadi gugur sebab sholat fardu atau sunah yang lain.

Tentang mendapat pahala atau tidak: Satu pendapat mengatakan: Dapat pahala jika berniat, berdasarkan sebuah hadis yang artinya: “Sesungguhnya sah amal itu bergantung dengan adanya niat”. Hal itu sebagaimana yang dikatakan oleh segolongan ulama Mutaakhirin, kemudian dijadikan pegangan oleh Guru kami.

Tetapi, menwut lahirnya perkataan Ashhabu Syafi’i (ulama fikih periode Mutagadimin), adalah tetap mendapatkan pahala, sekahpun tidak disertai niat. Seperti itulah kesimpulan perkataan dalam kitab Al-Majmu’.

Sunah surah yang dibaca pada rakaat pertama sholat Wudu, ayat “Walau Annahum ….” dan seterusnya (An-Nisa’: 64), dan pada rakaat kedua membaca ayat “Wa mayya’mal” dan seterusnya (An-Nisa’: 110). Termasuk sholat sunah yang tidak disunahkan berjamaah, adalah sholat Awwabin. yaitu sebanyak 20 rakaat sesudah Magrib dan sebelum Isyak.

Ada sebuah riwayat yang mengatakan: Rakaatnya sebanyak 6, 4 dan 2 rakaat: ini adalah yang paling sedikit. Sholat Awwabin sudah berhasil (tertunaikan) dengan sendiri. nya, karena ada sholat kadha. Lain halnya dengan pendapat Guru kami. Yang lebih utama, adalah mengerjakannya setelah zikir sholat Magrib.

(Termasuk sholat sunah yang tidak disunahkan berjamaah adalah) sholat Tasbih, yaitu: Empat rakaat dengan satu kali salam atau dua kali. Hadis yang menerangkannya adalah hadis Hasan, karena banyak jalur periwayatannya. – Pahala sholat tasbih tiada terhingga. Dari sini, sebagian ulama ahli tahkik berkata: Semua mengatakan gtas keagungan sholat tersebut, dan tiada orang yang akan meninggalkannya, kecuali orang yang menyepelekan urusan agamanya.

(Tata caranya) untuk tiap-tiap satu rakaat membaca “Subhanallah …” dan seterusnya 75x (Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah: Tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Agung). (Dengan rincian) 15 kali sesudah membaca Al-Fatihah, 10 kali pada waktu rukuk, ikudal, sujud dua kali dan duduk di antara dua sujud, yang kesemuanya itu dibaca setelah masing-masing zikir yang berlaku di situ, dan membaca Tasbih 10 kali ketika duduk istirahat.

(Letak) takbir, adalah (sesudah bangkit dari sujud kedua) dan ketika mulai duduk istirahat, tidak ketika bangkit dari duduk istirahat. Ketika duduk untuk bertasyahud sebelum membaca tasyahud, membaca Tasbih sebanyak 10 kali. Boleh juga membaca tasbih sebanyak 15x, dibaca sebelum Al-Fatihah (dan membaca surah). Berarti bacaan Tasbih yang mestinya dibaca ketika duduk istirahat, dibaca setelah membaca Al-Fatihah.

Apabila ketika iktidal teringat, bahwa ia belum membaca Tasbih di waktu rukuk, maka ia tidak boleh kembali ke rukuk, dan tidak boleh membaca Tasbih tersebut pada iktidal, sebab iktidal adalah rukun yang pendek. Akan tetapi, bacaan Tasbih tersebut dibaca ketika sujud. Sunah dalam setiap minggu atau bulan, tidak meninggalkan sholat Tasbih.

 

 

والقسم الثاني ما تسن فيه الجماعة،

 (و)هو: (صلاة العيدين) أ العيد الاكبر والاصغر، بين طلوع شمس وزوالها. وهي ركعتان، ويكبر ندبا في أولى ركعتي العيدين - ولو مقضية على الاوجه بعد افتتاح - سبعا، وفي الثانية خمسا، قبل تعوذ فيهما، رافعا يديه مع كل تكبيرة ما لم يشرع في قراءة. ولا يتدارك في الثانية إن تركه في الاولى. وفي ليلتهما من غروب الشمس إلى أن يحرم الامام مع رفع صوت، وعقب كل صلاة، ولو جنازة، من صبح عرفة إلى عصر آخر أيام التشريق، وفي عشر ذي الحجة حين يرى شيئا من بهيمة الانعام أو يسمع صوتها.

   (و) صلاة (الكسوفين) أي كسوف الشمس والقمر. وأقلها ركعتان كسنة الظهر، وأدنى كمالها زيادة قيام وقراءة وركوع في كل ركعة، والاكمل أن يقرأ بعد الفاتحة في القيام الاول البقرة أو قدرها، وفي الثاني كمائتي آية منها، والثالث كمائة وخمسين، والرابع كمائة. وأن يسبح في أول ركوع وسجود كمائة من البقرة، وفي الثاني من كل منهما كثمانين، والثالث منهما كسبعين، والرابع كخمسين. (بخطبتين) أي معهما (بعدهما) أي يسن خطبتان بعد فعل صلاة العيدين - ولو في غد فيما يظهر والكسوفين ويفتتح أولى خطبتي العيدين لا الكسوف - بتسع تكبيرات، والثانية بسبع ولاء. وينبغي أن يفصل بين الخطبتين بالتكبير، ويكثر منه في فصول الخطبة. قاله السبكي. ولا تسن هذه التكبيرات للحاضرين. (و) صلاة (استسقاء) عند الحاجة للماء لفقده أو ملوحته أو قلته بحيث لا يكفي. وهي كصلاة العيد، لكن يستغفر الخطيب بدل التكبير في الخطبة، ويستقبل القبلة حالة الدعاء بعد صدر الخطبة الثانية، أي نحو ثلثها.

   (و) صلاة (التراويح)، وهي عشرون ركعة بعشر تسليمات، في كل ليلة من رمضان، لخبر: من قام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه. ويجب التسليم من كل ركعتين، فلو صلى أربعا منها بتسليمة لم تصح، بخلاف سنة الظهر والعصر والضحى والوتر. وينوي بها التراويح أو قيام رمضان، وفعلها أول الوقت أفضل من فعلها أثناءه بعد النوم، خلافا لما وهمه الحليمي. وسميت تروايح لانهم كانوا يستريحون لطول قيامهم بعد كل تسليمتين، وسر العشرين أن الرواتب المؤكدة في غير رمضان عشر فضوعفت فيه لانه وقت جد وتشمير. وتكرير قل هو الله أحد ثلاثا ثلاثا في الركعات الاخيرة من ركعاتها بدعة غير حسنة لان فيه إخلالا بالسنة، كما أفتى به شيخنا . ويسن التهجد إجماعا، وهو التنفل ليلا بعد النوم. قال الله تعالى: * (ومن الليل فتهجد به نافلة لك) * وورد في فضله أحاديث كثيرة، وكره لمعتاده تركه بلا ضرورة. ويتأكد أن لا يخل بصلاة في الليل بعد النوم ولو ركعتين لعظم فضل ذلك. ولا حد لعدد ركعاته، وقيل: حدها ثنتا عشرة، وأن يكثر فيه من الدعاء والاستغفار. ونصفه الاخير آكد، وأفضله عند السحر لقوله تعالى: * (وبالاسحار هم يستغفرون) * وأن يوقظ من يطمع في تهجده. ويندب قضاء نفل مؤقت إذا فات كالعيد والرواتب والضحى، لا ذي سبب ككسوف وتحية وسنة وضوء. ومن فاته ورده - أي من النفل المطلق - ندب له قضاؤه، وكذا غير الصلاة، ولا حصر للنفل المطلق، وله أن يقتصر على ركعة بتشهد مع سلام بلا كراهة، فإن نوى فوق ركعة فله التشهد في كل ركعتين وفي ثلاث وأربع فأكثر، أو نوى قدرا فله زيادة ونقص إن نويا قبلهما وإلا بطلت صلاته. فلو نوى ركعتين فقام إلى ثالثة سهوا ثم تذكر فيقعد وجوبا، ثم يقوم للزيادة إن شاء ثم يسجد للسهو آخر صلاته. وإن لم يشأ قعد وتشهد وسجد للسهو وسلم. ويسن للمتنفل ليلا أو نهارا أن يسلم من كل ركعتين، للخبر المتفق عليه: صلاة الليل مثنى مثنى. وفي رواية صحيحة: والنهار. قال في المجموع: إطالة القيام أفضل من تكثير الركعات. وقال فيه أيضا: أفضل النفل عيد أكبر، فأصغر، فكسوف. فخسوف، فاستسقاء، فوتر، فركعتا فجر، فبقية الرواتب، فجميعها في مرتبة واحدة. فالتراويح، فالضحى، فركعتا الطواف والتحية والاحرام، فالوضوء.

 

 

SHOLAT SUNAH BAGIAN KEDUA

Bagian kedua, sholat sunah yang pelaksanaannya disunahkan berjamaah.

Sholat Idul Fitri dan Adha. Waktunya: Di antara terbit matahari dan tergelincirnya ke arah barat. Jumlah rakaatnya, adalah dua rakaat. Sunah bertakbir sebanyak 7x sesudah membaca doa Iftitah pada rakaat pertama -sekalipun sholat kadha, menurut beberapa tinjauan-: dan 5x takbir pada rakaat kedua.

Takbir-takbir tersebut dilakukan sebelum membaca Ta’awudz pada rakaat pertama dan kedua: dan sunah mengangkat kedua tangan pada tiap-tiap takbir. Kesunahan bertakbir ini jika belum membaca Al-Fatihah. Jika pada rakaat pertama Takbir tidak dilakukan, maka pada rakaat kedua tidak sunah ditemukan (dilakukan)nya.

Sunah membaca takbir dengan suara keras pada malam hari Raya Fitri dan Adha, sejak terbenam matahari hingga imam masuk untuk takbiratul ihram sholat Id

Setiap selesai sholat, sekalipun “sholat Jenazah, sejak Subuh hari Arafah (tanggal 9 Zulhijah) hingga sholat Asar tanggal 13 Zulhijah: juga pada tanggal 10 Zulhijah tatkala melihat inatang ternak atau men. ngar suaranya  Sholat Gerhana Matahari dan Rembulan Paling sedikitnya adalah dua rakaat, sebagaimana sholat sunah Zhuhur. Kesempurnaan yang paling minimal, adalah menambah berdiri, membaca Al-Fatihah dan rukuk pada tiap-tiap rakaat.

Yang lebih sempurna, membaca surah Al-Baqarah pada rakaat pertama atau seukuran dengannya, dan pada rakaat kedua membaca sepanjang 200 ayat Al-Baqarah, rakaat ketiga 150 ayat, sedangkan pada rakaat keempat 100 ayat Al-Baqarah.

Kemudian, pada waktu rukuk dan sujud rakaat pertama membaca tasbih sepanjang 100 ayat Al-Bagarah, rakaat kedua sepanjang 80 ayat, rakaat ketiga 70 ayat dan rakaat keempat 50 ayat. Kemudian, setelah sholat diikuti dengan dua khotbah. Maksudnya, sunah melakukan dua khotbah sesudah sholat Idul Fitri dan Adha, sekalipun sholat itu dikerjakan pada keesokan harinya menurut keterangan yang lahir dan sunah melakukan dua khotbah sesudah sholat Gerhana.

(Dalam khotbah) khotib membuka khotbah pertamanya untuk sholat hari raya -bukan Gerhanadengan bertakbir 9 kali, sedang khotbah kedua dengan bertakbir 7 kali, yang kesemuanya dilakukan secara sambung-menyambung. Sebaiknya, antara kedua khotbah tersebut dipisahkan dengan bertakbir, dan memperbanyak pembacaan takbir di sela-sela khotbah, demikian yang dikatakan oleh Imam As-Subki,

Tidak disunahkan bagi orang-orang yang hadir ikut bertakbir seperti khotib di atas, Sholat Istsqa’, di kala membutuhkan air, baik karena tidak ada air, ada tapi asin atau karena hanya sedikit, yang tidak mencukupi kebutuhan. Tata cara sholat Istisqa’ adalah seperti sholat hari Raya FitriAdha. Hanya saja khotib membaca istigfar sebagai ganti dari takbir ketika berkhotbah, dan menghadap kiblat waktu berdoa di tengah-tengah khotbah kedua, yaitu kurang-lebih setelah khotbah kedua berjalan sepertiganya. Sholat Tarawih, sebanyak 20 rakaat dengan 10 kali salam, dalam tiap-tiap malam Ramadhan.

Berdasarkan sebuah hadis: Barangsiapa menjaga bulan Ramadhan (sholat Tarauih dan badah-ibadah lainnya) dengan iman dan mengharapkan pahala, maka diampunilah dosa-dosanya yang telah lewat.” Dalam praktik sholat Tarawih, wajib salam dalam seuap dua rakaat. Karena itu, jika salam dalam tiap empat rakaat. maka tidak sah sholatnya. Hal ini berbeda dengan sholat sunah Zhuhur, Ashar, Dhuha dan Witir.

Dalam pelaksanaannya, hendaklah seseorang niat sholat Tarawih atau menjaga Ramadhan (Qiyamur Ramadhan). Melakukan di awal waktu, adalah lebih utama daripada di tengah-tengah malam setelah bangun dari tidur. Lain halnya dengan pengaburan Imam AlHulaimi (pendapat yang belum jelas). Dinamakan Tarawih, sebab mereka yang melaksanakannya merasa rilek (istirahat) setelah dua kali salam, lantaran mereka telah berdiri lama.

Rahasia 20 rakaat adalah: Sholat Rawatib Muakad di luar Ramadhan berjumlah 10 rakaat, maka di bulan Ramadhan dilipatkan menjadi dua kali, sebab Ramadhan adalah waktu bersungguh-sungguh dan bersiap siaga.Mengulang bacaan surah Al-Ikhlash sebanyak tiga kali dalant rakaat terakhir sholat Tarawih, adalah bid’ah tidak baik. Sebab, hal ini menyelisihi sunah Nabi saw., menurut pendapat Guru kami.

Sunah sholat Tahajud atas dasar ijmak. Tahajud adalah sholat sunah setelah bangun dari tidur. Firman Allah Ta’ala: “Dan di’ antara malam itu, bertahajudlah engkau sebagai ibadah sunah bagimu!” Tentang keutamaan sholat Tahajud, banyak hadis yang Sampai pada kita. Bagi orang yang sudah meimbiasakannya, maka makruh meninggalkan sholat Tajahud tanpa suatu darurat.

Sunah muakad untuk setiap malam sesudah bangun tidur, tidak meninggalkan sholat sunah, sekalipun hanya dua rakaat. Sebab fadhilahnya besar sekali. Bilangan rakaat sholat Tahajud tiada batasnya. Dikatakan: rakaatnya sebanyak 12. Sunah memperbanyak doa dan istigfar di malam hari. Hal itu lebih utama lagi jika dilakukan pada separo malam yang akhir. Yang lebih utama di waktu sahur, sebagaimana firman Allah: “Dan di waktu sahur, mereka membaca Istigfar”.

Sunah muakad membangunkan orang yang berkeinginan mengerjakan sholat Tahajud. Sholat sunah muakad (yang ditentukan waktunya), jika tertinggal, sunah untuk di. kadha. Seperti sholat id, Rawatib dan Dhuha. Tidak demikian untuk sholat sunah yang mempunyai sebab, misalnya sholat Gerhana, Tahuyatul mesjid dan sesudah wudu.

Barangsiapa meninggalkan sholat sunah mutlak yang menjadi kebiasaannya (wiridnya), maka baginya sunah mengadha. Begitu juga mengadha wirid yang bukan berupa sholat. Sholat sunah Mutlak (sholat sunah yang tidak terikat dengan waktu ataupun sebab) jumlah rakaatnya tidak terbatas. Bagi orang yang melakukan sholat sunah Mutlak, hanya boleh melakukan satu rakaat langsung tasyahud, terus salam. Hal ini hukumnya tidak makruh.

Apabila ia niat melakukan di atas satu rakaat, baginya boleh bertasyahud pada setiap dua, liga, empat rakaat dan seterusnya. Atau dia niat melakukan dalam bilangan tertentu, maka baginya boleh menambah atau menguranginya, jika memang diniatkan sebelumnya, kalau tidak begini, maka batal sholatnya.

Apabila berniat melakukan dua rakaat, kemudian karena lupa ia berdiri lagi untuk rakaat ketiga, latu ingat, maka ia wajib duduk, dan kalau ingin menambah rakaat baginya, boleh berdiri lagi. Lantas di aklur sholatnva, sunah bersujud sahwi. Jika tidak menghendaki menambah rakaat, baginya cukup duduk, bertasyahud dan bersujud sahwi, lantas salam.

Sunnah bagi orang yang melakukan sholat sunah Mutlak, bauk di malam atau siang hari, agar bersalam setiap dua rakaat. Berdasarkan sebuah hadis vang disepakati Imam Bukhari-Muslim: “Sholat malam itu dua rakaat: dua rakaat.” Dalam riwayat sahih lainnya: “dan sholat sunah di siang hari”,

Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ berkata: Mempctpanjang berdiri itu lebih utama daripada memperbanyak jumlah rakaat. Kata beliau lagi dalam Al-Majmu”, Urutan keutamaan sholat-sholat sunah sebagai berikut: “Idul Adha, Fitri, Gerhana Matahari, Rembulan, Istisqa’, Witir, dua rakaat sebelum sholat Subuh, semua sholat Rawatib -semua ada pada satu tingkatan-, Tarawih, Dhuha, dua rakaat Tawaf, Tahiyatul mesjid, Ihram, lantas sholat sunah setelah wudu.

 

 

فائدة) أما الصلاة المعروفة ليلة الرغائب ونصف شعبان ويوم عاشوراء فبدعة قبيحة، وأحاديثها موضوعة. قال شيخنا: كابن شبهة وغيره. وأقبح منها ما اعتيد في بعض البلاد من صلاة الخمس في الجمعة الاخيرة من رمضان عقب صلاتها زاعمين أنها تكفر صلوات العام أو العمر المتروكة، وذلك حرام. (والله أعلم). وصلى الله على سيدنا محمد النبي الامي وعلى آله وصحبه وسلم. والحمد لله رب العالمين. وحسبنا الله ونعم الوكيل، نعم المولى ونعم النصير. ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم.

 

Faedah:

Tentang sholat yang terkenal di malam Raghaib (yaitu, sholat 12 rakaat antara Magrib-lsyak : pada malam Jumat pertama bulan Rajab -pen), sholat Nisfu Sya’ban dan sholat malam ‘Asyura (10 Muharam), ini semua adalah bid’ah gabihah (bid’ah yang tercela), dan hadishadis yang dijadikan dasar adalah hadis mandhu’ (palsu), Hal itu sebagaimana yang dikatakan oleh Guru kami, yang senada dengan Imam Ibnu Syuhbah dan lainnya.

Yang lebih buruk lagi, adalah seperti yang dijadikan tradisi di suatu daerah, yaitu sholat lima rakaat di malam Jumat terakhir bulan Ramadhan sesudah sholat Tarawih, dengan maksud agar dapat menebus sholat yang ditinggalkan selama satu tahun atau seumur hidup. Hal ini adalah haram dilakukan.

 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama