فصل (في أداء الزكاة) (يجب أداءها) أي الزكاة،
وإن كان عليه دين مستغرق حال لله أو لآدمي، فلا يمنع الدين وجوب الزكاة - في الاظهر
- (فورا) ولو في مال صبي ومجنون، حاجة المستحقين إليها (بتمكن) من الاداء. فإن أخر
أثم، وضمن، إن تلف بعده. نعم، إن أخر لانتظار قريب، أو جار، أو أحوج، أو أصلح، لم يأثم،
لكنه يضمنه إن تلف، كمن أتلفه، أو قصر في دفع متلف عنه، كأن وضعه في غير حرزه بعد الحول،
وقبل التمكن.
ويحصل التمكن (بحضور مال)
غائب سائر أو قار بمحل عسر الوصول إليه، فإن لم يحضر لم يلزمه الاداء من محل آخر، وإن
جوزنا نقل الزكاة (و) حضور (مستحقيها) أي الزكاة، أو بعضهم، فهو متمكن بالنسبة لحصته،
حتى لو تلفت ضمنها. ومع فراغ من مهم ديني أو دنيوي - كأكل، وحمام - (وحلول دين) من
نقد، أو عرض تجارة (مع قدرة) على استيفائه، بأن كان على ملئ حاضر باذل، أو جاحد عليه
بينة، أو يعلمه القاضي، أو قدر هو على خلاصه، فيجب إخراج الزكاة في الحال، وإن لم يقبضه،
لانه قادر على قبضه.
أما إذا تعذر استيفاؤه بإعسار،
أو مطل، أو غيبة، أو جحود ولا بينة، فكمغصوب فلا يلزمه الاخراج إلا إن قبضه. وتجب الزكاة
في مغصوب وضال، لكن لا يجب دفعها إلا بعد تمكن بعوده إليه.
(ولو أصدقها نصاب نقد) وإن
كان في الذمة، أو سائمة معينة (زكته) وجوبا، إذا تم حول من الاصداق، وإن لم تقبضه ولا
وطئها. لكن يشترط - إن كان النقد في الذمة - إمكان قبضه، بكونه موسرا حاضرا.
PASAL TENTANG PEMBAYARAN ZAKAT
Wajib membayarkan zakat dengan
seketika, sekalipun mempunyai tanggungan utang kontan yang harus dibayar, yang
sampai menghabiskan nisab, baik untuk Allah (misalnya kafarat nazar -pen) atau
manusia. Karena itu, adanya utang tidak bisa menghalangi kewajiban zakat,
menurut pendapat Al-Azhhar. Sekalipun harta yang dikeluarkan zakatnya adalah
harta anak kecil, sebab kebutuhan penerima-penerima zakat (mustahik -pen) pada
zakat seketika itu. Kewajiban tersebut setelah ada kemampuan untuk membayarnya.
Apabila seseorang menunda pembayaran
zakat (setelah mampu/ada kesempatan), maka berdosa, dan ia wajib menanggung
jika terjadi kerusakan, setelah kesempatan itu. Tapi, jika penundaannya untuk
menanti semacam kerabat, tetangga, orang yang lebih memerlukan, atau orang yang
lebih patut menerimanya, maka tidak berdosa, tapi ia tetap harus menanggung
kalau ada kerusakannya, Tak ubahnya dengan orang yang merusakkan harta zakat
atau lalai dalam memberikannya, misalnya ia meletakkan harta itu di tempat yang
tidak selayaknya, setelah cukup Haul. dan sebelum tamakkun.
Tamakkun (mampu untuk membayarkan
zakat), adalah terjadi dengan “adanya harta yang bergerak”, yang tadinya tidak
ada atau telah beradanya “harta tak bergerak” di tempat yang sulit terjangkau:
Kalau harta tersebut belum hadir, maka tidak wajib menunaikan zakat dari harta
yang berada di tempat lain, sekalipun kita berpendapat, bahwa memindah harta
zakat itu hukumnya boleh.
Telah hadir pihak penerima zakat,
atau sebagian dari mereka sudah ada, maka seseorang dalam hal seperti ini sudah
dianggap tamakkun pada jumlah yang sebagian itu, sehingga jika ia merusakkan
harta itu, maka ia wajib menanggungnya. Tamakkun/kesempatan menunaikan zakat di
atas, setelah lepas dari keperluan akhirat (misalnya telah selesai melakukan sholat)
atau dunianya, misalnya makan dan pergi ke kamar kecil. Tamakkun terjadi juga
dengan telah datangnya masa pembayaran piutang, baik berupa emas-perak atau
harta dagangan (dari pihak pengutang).
Di mana ia mampu untuk menagih
piutang itu, misalnya: Pihak pengutang adalah orang kaya yang mau membayar
serta tidak bepergian, pengutang tidak mengaku berutang tapi ada bayyinah,
tidak ada bayyinahr, tapi pihak Qadhi mengerti kalau ia memang berutang: atau
dia mampu membereskan kasus tersebut, Maka dalam hal seperti ini dia wajib
mengeluarkan zakat dengan seketika, sekalipun dia sendiri belum menerima
piutang itu, sebab ia kuasa untuk menerimanya.
Adapun jika dia tidak mampu untuk
menagih piutang itu, lantaran pihak pengutang dalam keadaan melarat,
mengulur-ulur waktu pembayaran, pengutang tidak ada, atau terjadi pengingkaran
utang, sedang ia sendiri tidak punya bayyinah, maka harta yang seperti ini
hukumnya sama dengan harta yang digasab. Artinya, ia tidak wajib mengeluarkan
zakatnya, kecuali setelah menerimanya.
Harta yang digasab atau sedang tidak
ada di tempatnya, hukumnya wajib dizakati, tapi penyerahan zakatnya setelah
mampu, yaitu dengan kembalinya harta itu.
Apabila seorang suami memberikan
Mahar kepada seorang istri sebanyak nisab emas/perak, sekalipun masih dalam tanggungannya
atau senisab binatang ternak tertentu, maka wajib mengeluarkan zakatnya tatkala
telah sempurna satu tahun (haul) terhitung sejak pemberiannya, sekalipun sang
istri belum menerima dan belum pernah dijimak.
Tapi, jika emas/perak yang menjadi
maskawin tersebut berada dalam tanggungan (dzimmah), maka disyaratkan harus
kuasa untuk menerimanya, yaitu dengan keadaan sang suami yang kaya dan hadir
(ada di tempat).
(تنبيه) الاظهر أن الزكاة
تتعلق بالمال تعلق شركة. وفي قول قديم - اختاره الريمي -: لانها تتعلق بالذمة، لا بالعين.
فعلى الاول أن المستحق للزكاة شريك بقدر الواجب، وذلك لانه لو امتنع من إخراجها أخذها
الامام منه قهرا. كما يقسم المال المشترك قهرا إذا امتنع بعض الشركاء من قسمته. ولم
يفرقوا في الشركة بين العين والدين، فلا يجوز لربه أن يدعي ملك جميعه، بل إنه يستحق
قبضه.
ولو قال: بعد حول إن أبرأتني
من صداقك فأنت طالق، فأبرأته منه لم تطلق، لانه لم يبرأ من جميعه، بل مما عدا قدر الزكاة،
فطريقها أن يعطيها ثم تبرئه. ويبطل البيع، والرهن في قدر الزكاة فقط، فإن فعل أحدهما
بالنصاب، أو ببعضه بعد الحول صح لا في قدر الزكاة - كسائر الاموال المشتركة على الاظهر
-. نعم، يصح في قدرها في مال التجارة، لا الهبة في قدرها فيه.
Peringatan: siapa saja terserah”,
maka bagi wali boleh mengawinkan kepada laki-laki yang tidak kufu (sebanding)
dengannya. Ucapan muwakkil kepada wakil: “Perlakukanlah perkara itu sesukamu”,
atau “Apa yang kamu kerjakan tentang perkara itu adalah boleh bagimu”, adalah
bukan berarti mengizinkan lagi mewakilkan kepada orang lain.
Baca juga: Salat Qashar Dan Jamak
Cabang:
Jika muwakkil berkata, “Juallah
kepada orang tertentu, misalnya Zaid”, maka bagi wakil tidak boleh menjual
kepada selain Zaid, sekali-pun orang itu wakil Zaid. Kalau ia berkata, “Juallah
dengan harga harta tertentu, misalnya: dinar”, maka wakil tidak boleh menjual
dengan uang dirham: begitulah menurut pendapat Al-Muktamad. Kalau ia berkata,
“Juallah di tempat tertentu”, atau “juallah di masa tertentu, misalnya bulan
anu.,, atau di hari anu…, maka wakil tidak boleh menjual sebelum dan sesudah
waktu-waktu tersebut, sekalipun dalam “perwakilan talak dan tidak berkaitan
dengan suatu maksud, lantaran menjalankan izin muwakkil.
Jika setelah berjalan satu tahun
sang suami berkata kepada istri: Jika engkau bebaskan aku dari maharmu, maka
engkau tertalak, lalu sang istri benar-benar membebaskan, maka tidak bisa jatuh
talaknya terhadap istri, sebab suami tidak bebas dari seluruh mahar tersebut,
tapi bebas dari selain jumlah besar zakat. Jalan pembebasan yang sah di sini
(sehingga jatuh talak benar-benar terjadi -pen) adalah sang suami memberikan
mahar sebesar zakatnya, lalu istri membebaskannya.
Jual beli atau gadai dalam kadar
zakat saja, hukumnya adalah batal, jika pemilik harta yang dizakati melakukan
jual beli atau gadai terhadap jumlah sebesar nisab atau sebagiannya setelah
cukup haul, maka akad jual beli atau gadai itu hukumnya sah, tapi untuk yang
sejumlah kadar zakat yang harus Dikeluarkan, akad tersebut tidak sah (ini
berpedoman pada pendapat yang mengatakan, bahwa Tafriqush Shufgah hukumnya
boleh -pen), sebagaimana halnya dengan harta-harta perserikatan -demikianlah
menurut pendapat Al-Azhhar.
Memang, tapi jual beli/gadai pada
jumlah kadar zakat suatu barta perdagangan adalah sah, Kalau hibah, maka tidak
sah.
(فرع) تقدم الزكاة ونحوها من تركة مديون ضاقت عن وفاء
ما عليه من حقوقه الآدمي وحقوق الله - كالكفارة، والحج والنذر والزكاة -. كما إذا اجتمعتا
على حي لم يحجر عليه. ولو اجمتعت فيها حقوق الله فقط قدمت الزكاة إن تعلقت بالعين،
بأن بقي النصاب، وإلا بأن تلف بعد الوجوب والتمكن استوت مع غيرها، فيوزع عليها.
Baca juga: Tentang Sunah-Sunah Ab'adh Salat Dan Penyebab Sujud Sahwi
Cabang:
Pembayaran zakat dan semacamnya
adalah dilaksanakan terlebih dahulu daripada Tirkah penanggungan utang pada
orang lain (hak Adami) yang kurang mencukupi, guna memenuhi sekalian
kewajibannya, baik berupa hak-hak adami ataupun hak Allah, misalnya kafarat,
haji, nazar dan zakat, sebagaimana halnya yang harus dilakukan bila dua hak
tersebut berkumpul pada Mahjur Alaih
Kalau yang berkaitan dengan harta peninggalan
si mayat (tirkah) hanya hak-hak Allah saja, maka yang harus diselesaikan
terlebih dahulu adalah zakat, bila berhubungan dengan harta tunai, misalnya
harta tirkah masih mencapai nisab, Kalau tidak berhubungan dengan harta tunai
(tanggungan), misalnya harta itu rusak setelah datang kewajiban zakat dan
tamakkun, maka dibagi ratalah harta itu untuk memenuhi zakat dan hak-hak Allah
yang lainnya.
(وشرط له) أي أداء الزكاة،
شرطان. أحدهما: (نية) بقلب، لا نطق (كهذا زكاة) مالي. ولو بدون فرض، إذ لا تكون إلا
فرضا (أو صدقة مفروضة). أو هذا زكاة مالي المفروضة. ولا يكفي: هذا فرض مالي، لصدقه
بالكفارة والنذر. ولا يجب تعيين المال المخرج عنه في النية. ولو عين لم يقع عن غيره،
وإن بان المعين تالفا، لانه لم ينو ذلك الغير. ومن ثم لو نوى إن كان تالفا فعن غيره
فبان تالفا وقع عن غيره. بخلاف ما لو قال: هذه زكاة مالي الغائب إن كان باقيا، أو صدقة،
لعدم الجزم بقصد الفرض. وإذا قال فإن كان تالفا فصدقة. فبان تالفا، وقع صدقة، أو باقيا،
وقع زكاة. ولو كان عليه زكاة وشك في إخراجها، فأخرج شيئا ونوى: إن كان علي شئ من الزكاة
فهذا عنه، وإلا فتطوع. فإن بان عليه زكاة أجزأه عنها، وإلا وقع له تطوعا - كما أفتى
به شيخنا -. ولا يجزئ عن الزكاة قطعا، إعطاء المال للمستحقين بلا نية. (لا مقارنتها)
أي النية (للدفع) فلا يشترط ذلك، (بل تكفي) النية قبل الاداء إن وجدت (عند عزل) قدر
الزكاة عن المال (أو إعطاء وكيل) أو إمام، والافضل لهما أن ينويا أيضا عند التفرقة،
(أو) وجدت (بعد أحدهما) أي بعد عزل قدر الزكاة أو التوكيل (وقبل التفرقة) لعسر اقترانها
بأداء كل مستحق. ولو قال لغيره: تصدق بهذا. ثم نوى الزكاة قبل تصدقه بذلك، أجزأه عن
الزكاة. ولو قال لآخر: اقبض ديني من فلان، وهو لك زكاة، لم يكف، حتى ينوي هو بعد قبضه،
ثم يأذن له في أخذها وأفتى بعضهم أن التوكيل المطلق في إخراجها يستلزم التوكيل في نيتها.
قال شيخنا: وفيه نظر، بل المتجه أنه لا بد من نية المالك، أو تفويضها للوكيل. وقال
المتولي وغيره: يتعين نية الوكيل إذا وقع الفرض بماله، بأن قال له موكله أد زكاتي من
مالك، لينصرف فعله عنه. وقوله له ذلك متضمن للاذن له في النية. وقال القفال: لو قال
لغيره أقرضني خمسة أؤدها عن زكاتي، ففعل، صح. قال شيخنا: وهو مبني على رأيه بجواز اتحاد
القابض والمقبض. (وجاز لكل) من الشريكين (إخراج زكاة) المال (المشترك بغير إذن) الشريك
(الآخر) كما قاله الجرجاني، وأقره غيره، لاذن الشرع فيه. وتكفي نية الدافع منهما عن
نية الآخر - على الاوجه. (و) جاز (توكيل كافر، وصبي في إعطائها المعين) أي إن عين المدفوع
إليه، لا مطلقا، ولا تفويض النية إليهما لعدم الاهلية. وجاز توكيل غيرهما في الاعطاء
والنية معا. وتجب نية الولي في مال الصبي والمجنون، فإن صرف الولي الزكاة بلا نية ضمنها،
لتقصيره. ولو دفعها المزكي للامام بلا نية ولا إذن منه له فيها لم تجزئه نيته. نعم،
تجزئ نية الامام عند أخذها قهرا من الممتنع، وإن لم ينو صاحب المال.
Syarat Menunaikan Zakat
(و) جاز للمالك - دون الولي
- (تعجيلها) أي الزكاة (قبل) تمام (حول)، لا قبل تمام نصاب في غير التجارة، و (لا)
تعجيلها (لعامين) في الاصح. وله تعجيل الفطرة من أول رمضان. أما في مال التجارة فيجزئ
التعجيل، وإن لم يملك نصابا. وينوي عند التعجيل: كهذه زكاتي المعجلة. (وحرم) تأخيرها
- أي الزكاة - (بعد تمام الحول والتملك) وضمن إن تلف بعد تمكن، بحضور المال والمستحق،
أو أتلفه بعد حول ولو قبل التمكن. كما مر بيانه. (و) ثانيهما: (إعطاؤها لمستحقيها)
أي الزكاة. يعني من وجد من الاصناف الثمانية المذكورة في آية: * (إنما الصدقات للفقراء
والمساكين والعاملين عليها والمؤلفة قلوبهم وفي الرقاب والغارمين وفي سبيل الله، وابن
السبيل) *. والفقير: من ليس له مال ولا كسب لائق، يقع موقعا من كفايته وكفاية ممونه،
ولا يمنع الفقر، مسكنه وثيابه - ولو للتجمل في بعض أيام السنة - وكتب يحتاجها، وعبده
الذي يحتاج إليه للخدمة، وماله الغائب بمرحلتين، أو الحاضر وقد حيل بينه وبينه والدين
المؤجل والكسب الذي لا يليق به. وأفتى بعضهم أن حلي المرأة اللائق بها المحتاجة للتزين
به عادة لا يمنع فقرها. وصوبه شيخنا. والمسكين: من قدر على مال أو كسب يقع موقعا من
حاجته ولا يكفيه كمن يحتاج لعشرة وعنده ثمانية ولا يكفيه الكفاية السابقة، وإن ملك
أكثر من نصاب، حتى أن للامام، أن يأخذ زكاته ويدفعها إليه فيعطى كل منهما - إن تعود
تجارة - رأس مال يكفيه ربحه غالبا، أو حرفة آلتها. ومن لم يحسن حرفة ولا تجارة يعطى
كفاية العمر الغالب. وصدق مدعي فقر، ومسكنة، وعجز عن كسب - ولو قويا جلدا - بلا يمين،
لا مدعي تلف مال عرف بلا بينة. والعامل - كساع -: وهو من يبعثه الامام لاخذ الزكاة،
وقاسم وحاشر، لا قاض. والمؤلفة: من أسلم ونيته ضعيفة، أو له شرف يتوقع بإعطائه إسلام
غيره. والرقاب: المكاتبون كتابة صحيحة، فيعطى المكاتب - أو سيده - بإذنه دينه إن عجز
عن الوفاء، وإن كان كسوبا، لا من زكاة سيده لبقائه على ملكه. والغارم: من استدان لنفسه
لغير معصية، فيعطي له إن عجز عن وفاء الدين، وإن كان كسوبا، إذ الكسب لا يدفع حاجته
لوفائه إن حل الدين. ثم إن لم يكن معه شئ أعطي الكل، وإلا فإن كان بحيث لو قضى دينه
مما معه تمسكن، ترك له مما معه ما يكفيه - أي العمر الغالب -. كما استظهره شيخنا. وأعطي
ما يقضي به باقي دينه، أو لاصلاح ذات البين، فيعطى ما استدانه لذلك ولو غنيا. أما إذا
لم يستدن بل أعطي ذلك من ماله، فإنه لا يعطاه. ويعطى المستدين لمصلحة عامة كقري ضيف،
وفك أسير، وعمارة نحو مسجد، وإن غنيا. أو للضمان. فإن كان الضامن والاصيل معسرين أعطي
الضامن وفاءه. أو الاصيل موسرا دون الضامن، أعطي إن ضمن بلا إذن، أو عكسه أعطي الاصيل،
لا الضامن، وإذا وفى من سهم الغارم لم يرجع على الاصيل وإن ضمن بإذنه. ولا يصرف من
الزكاة شئ لكفن ميت، أو بناء مسجد. ويصدق مدعي كتابة أو غرم بإخبار عدل وتصديق سيد،
أو رب دين، أو اشتهار حال بين الناس.
Syarat Menunaikan Zakat
Syarat menunaikan zakat ada dua:Niat
di dalam hati, bukan dengan ucapan. Misalnya: Intlah zakat hartaku -sekalipun
tidak menyebutkan “fardu”, sebab dengan zakat di sini berarti sudah fardu-,
“Inilah sedekah fardu”, atau “Inilah zakat fardu untuk hartaku”.
Belum cukup niat “Inilah fardu
hartaku”, sebab kefarduan harta itu bisa berupa kafarat, juga bisa nazar.
Dalam berniat, tidaklah wajib
menentukan harta yang dikeluarkan zakatnya, Kalau ia menentukannya, maka zakat
yang dikeluarkan tidak bisa melimpah pada yang lain, sekalipun ternyata yang
ditentukan itu harta yang rusak, sebab ia tidak meniatkan terhadap harta yang
lain tersebut.
Dari sini, jika ia berniat: “(Ini
adalah zakat dari harta) bila ternyata harta yang dizakati itu rusak, maka
harta ini sebagai zakat dari hartaku yang jain”, kemudian ternyata benar, bahwa
harta tersebut rusak, maka zakat itu bisa melimpah untuk harta yang lain. Lain
halnya jika ia berniat. “Ini adalah zakat hartaku yang gaib, jika masih ada
atau inilah sedekah hartaku”, sebab tidak ada kemantapan dalam menunaikan
fardu.
Jika ia berkata: “(Ini adalah zakat
hartaku yang tidak di tempat jika masih ada), dan jika telah rusak, maka ini
adalah sedekah”, kemudian ternyata hartanya telah,rusak, maka menjadi sedekah,
atau ternyata masih ada, maka menjadi zakat.
Jika seseorang mempunyai tanggungan
zakat, tapi ia merasa ragu: Sudah menunaikannya atau belum? Lantas ia
mengeluarkan suatu harta dan berniat: “Jika memang aku. masih punya tanggungan
zakat, maka barang ini sebagai zakatnya, dan jika sudah tidak punya tanggungan,
maka barang ini sebagai sedekah sunah”, kemudian, jika ternyata ia masih punya
tanggungan zakat, maka barang yang ia keluar: kan tersebut sudah mencukupi
sebagai zakatnya, Kalau sudah tidak punya tanggungan, maka barang tersebut
menjadi sedekah sunah, sebagaimana yang difatwakan oleh Guru kita.
Secara pasti, tidaklah cukup sebagai
zakat, pemberian harta kepada Mustahiggin (orang-orang yang berhak) tanpa niat.
Tidak disyaratkan bersamaan antara niat dengan penyerahan harta. Bahkan telah
cukup bila sudah niat sebelum menyerahkannya. Yaitu di saat memisahkan harta
zakat dari harta yang dikeluarkan zakatnya, atau berniat di kala menyerahkan
harta kepada wakil atau imam. Yang lebih utama lagi: Wakil dan imam di kala
membagikan harta zakat kepada orang-orang yang berhak, mereka berniat. Atau
(cukup) jika niat telah dilakukan setelah memisahkan hatta dari harta yang
dizakati atau menyerahkan kepada wakil, tapi belum dibagibagikan, sebab rasanya
berat bersama-sama antara niat dengan penyerahan zakat kepada seorang penerima
zakat (mustahik).
Bila seseorang berkata kepada orang
lain: “Sedekahkanlah harta ini”, kemudian ia berniat sebelum harta tersebut
disedekahkan oleh wakil (orang lain itu), maka harta itu cukuplah menjadi
zakat. Bila ia berkata kepada orang lain: “Ambilkan piutangku yang berada di
tangan si Fulan dan itu sebagai zakatku untuk dirimu”, maka hal itu belum cukup
sebagai zakat, sampai ia sendiri berniat setelah piutang diterima oleh orang
lain tersebut, lalu ia memberi izin padanya untuk mengambil zakat.
Sebagian fuqaha berfatwa:
“Sesungguhnya mewakilkan mengeluarkan zakat secara mutlak, adalah berarti pula
mewakilkan dalam niatnya.” Dalam hal ini Guru kita berkata: Fatwa tersebut
perlu untuk diteliti, bahkan menurut pendapat yang Muttajah, pemilik harta
zakat wajib berniat atau menyerahkan niatnya kepada si wakil.
Imam Al-Mutawalli dan lainnya
berkata: Wakil wajib berniat, jika kefarduan zakat Muwakkil menggunakan harta
wakil. Misalnya Muwakkil berkata kepada Wakil: “Tunaikanlah zakatku dari
hartamu”. Hal ini dimaksudkan supaya yang dikerjakan oleh si wakil untuk
kewajiban Muwakkil. Ucapan Muwakkil seperti itu adalah menyimpan izin kepada
wakil dalam berniat.
Imam Al-Qaffal berkata: Jika
seseorang berkata kepada orang lain: “Utangilah aku sejumlah lima (Rp 50.000,
umpama pon) dan bayar. kanlah jumlah tersebut gobagai gakatku”, lantas orang
itu malakaana kannya, maka sah gakatnya. Dalam hal ini Guru kita berkata:
Maanlah tersebut didasarkan pada pendapat Imam Al-Qaffal, bahwa adanya penerima
dan penyerah barang terdiri dari satu orang adalah boleh.
Boleh bagi setiap teman perserikatan
untuk mengeluarkan zakat harta perserikatan tanpa izin yang lain, seperti yang
dikatakan oleh Imam Al-Jurjani dan mendapat pengakuan dari ulama lainnya. Hal
tersebut diperbolehkan karena syarak memberi izin tindakan itu. Menurut
pendapat Al-Aujah, adalah sudah cukup dengan niat dari penyerah zakat sebagai
hiat teman sekutu: yang lain.
Boleh mewakilkan kepada orang kafir
atau anak kecil untuk menyerahkan zakat kepada orang yang telah ditentukan,
yaitu orang yang akan diberi zakat telah ditentukan, bukan secara mutlak. Akan
tetapi tidak sah menyerahkan niatnya kepada mereka berdua, sebab mereka tidak
sah dalam berniat. Boleh mewakilkan kepada selain mereka untuk menyerahkan
zakat beserta niatnya.
Wajib bagi’ wali meniatkan zakat
harta anak kecil atau orang gila. Jika ja menasarufkan zakat mereka tanpa niat,
maka ia wajib menanggungnya, sebab ia gegabah. Bila pezakat menyerahkan
zakatnya kepada imam tanpa niat, lagi pula ia tidak memberi izin kepadanya dalam
niat, maka niat imam belum dianggap mencukupi. Memang, tapi telah dianggap
cukup niat si imam, jika harta itu diambil oleh imam secara paksa dari orang
yang membangkang mengeluarkan zakat, sekalipun pemilik harta tidak berniat.
Bagi pemilik harta -bukan bagi
waliboleh menta’jil zakat sebelum sempurna Haul, Kalau menta’jil zakat sebelum
sempurna nisab untuk selain harta dagangan, adalah tidak boleh: Juga tidak
boleh mentajil zakat untuk masa dua tahun, demikianlah menurut pendapat
Al-Ashah. Bagi seseorang boleh menta’jil zakat Fitrah sejak permulaan bulan
Ramadhan. Adapun ta’jil terhadap harta perdagangan, sekalipun belum sempurna
‘nisabnya, adalah boleh. Ketika ta’il, ia harus niat ta’jil, misalnya: “Ini
adalah ta’jil zakatku”.
Haram menunda zakat setelah masa
haul dan tamakkun, dan ia wajib menanggungnya jika terjadi kerusakan setelah
tamakkun, yaitu setelah harta dan mustahiknya hadir, atau harta itu rusak
setelah masuk haul, walaupun sebelum tamakkun, seperti keterangan yang telah
lewat. Diberikan kepada orang yang berhak menerimanya, Yaitu orang yang
termasuk dari 8 golongan, seperti yang tertuturkan dalam ayat Alqur-an
(At-Taubah: 20), yang artinya: “Sedekah (zakat) itu hanya diberikan kepada
orang-orang fakir, miskin, amil zakat, mukalaf, budak, orang yang utang,
sabilillah dan ibnus sabil ….”
Fakir ialah orang yang tidak
mempunyai harta dan pekerjaan, yang hasilnya bisa mencukupi kebutuhannya dan
kebutuhan orang yang ditanggung biaya hidupnya.
Status fakir tidak terhalang
lantaran seseorang memiliki rumah, beberapa pakaian yang sekalipun digunakan
untuk berhias di hari-hari tertentu, punya buku-buku yang diperlukan, budak
yang dibutuhkan untuk melayaninya, harta yang berada di tempat sejauh dua
Marhalah, harta di tempat yang tidak dapat diambilnya karena terhalang scsuatu,
punya piutang yang belum sampai waktu pembayarannya, atau pekerjaan yang tidak
layak baginya. Sebagian ulama berfatwa: Perhiasan wanita yang patut dan
dibutuhkan untuk berhias secara biasa, adalah tidak menghalangi status
kefakirannya fatwa ini dibenarkan oleh guru kita.
Miskin ialah orang yang memiliki
harta atau pekerjaan untuk menutup kebutuhannya, tapi tidak mencukupinya,
misalnya seseorang kebutuhannya 10 tetapi hanya mempunyai 8, dan tidak
mencukupinya, sekalipun ja memiliki harta lebih dari nisab, karena itu bagi
imam berhak mengambil zakatnya lalu memberikan kepadanya.
Masing-masing fakir dan miskin, jika
biasa berdagang, maka mereka diberi zakat sejumlah modal yang biasanya dapat
menghasilkan laba yang bisa memenuhi kebutuhannya, Kalau biasanya menjadi
pekerja, maka mereka diberi seharga alatnya, Sedang bagi yang tidak bisa
bekerja atau berdagang, maka mereka diberi zakat sejumlah yang mencukupi
kebutuhannya yang wajar sepanjang umur.
Orang yang mengaku fakir, miskin
atau tidak mampu, sekalipun tubuhnya kuat perkasa, adalah bisa dibenarkan tanpa
disumpah. Tetapi Orang yang mengaku kerusakan hartanya tanpa saksi adalah tidak
bisa dibenarkan.
Amil ialah, seperti halnya pengusaha
zakat: yaitu orang yang diutus oleh imam untuk rhengambil (menulis, menghitung,
membagi, dan menjaga zakat -pen): dan seperti halnya pembagi dan pengumpul
zakat, bukan seperti halnya qadhi.
Muallaf ialah orang yang masuk
Islam, sedang niatnya masih lemah, atau orang Islam yang mempunyai kewibawaan,
dengan diberi zakat, akan menarik Islam yang lain.
Riqab ialah budak-budak Mukatab
“yang dijanjikan merdeka dengan akad Kitabah yang sah: Mukatab atau tuannya
dengan seizinnya, diberi zakat sejumlah tunggakan angsuran tebusan
kemerdekaannya, jika ia tidak mampu melunasinya, sekalipun ia seorang pekerja.
Akan tetapi kalau diberi zakat dari tuannya, tidak boleh, sebab ia masih milik
tuannya.
Gharim ialah orang yang berutang
untuk dirinya, yang tidak digunakan untuk maksiat. Karena itu, ia diberi zakat,
jika tidak bisa melunasi utangnya, sekalipun ia seorang pekerja. Sebab, kerja
itu tidak bisa menutup kebutuhan untuk melunasi utangnya, bila telah tiba masa
pembayaran.
Kemudian, jika Gharim tersebut tidak
memiliki apa-apa, maka ia diberi sejumlah utangnya. Kalau masih memiliki harta,
maka bila ia menutup utang dengan hartanya, lalu menjadi miskin, maka
disisakanlah hartanya yang cukup untuk kebutuhan yang wajar sepanjang umur
-menurut penjelasan Guru kita-, lalu ia diberi bagian zakat sejumlah kekurangan
utangnya. Atau Gharim (itu bisa juga) orang yang berutang untuk keperluan
mendamaikan percekcokan. Maka orang ini diberi bagian zakat sejumlah utang
tersebut, sekalipun ia orang yang kaya. Adapun jika ia tidak berutang, tapi
membiayai dengan hartanya sendiri, maka ia tidak boleh diberi bagian zakat.
Orang yang berutang untuk keperluan
umum, misalnya menjamu tamu, membebaskan tawanan, atau meramaikan/memperbaiki
mesjid, adalah boleh diberi bagian zakat. Atau Gharim (itu bisa juga) orang
yang berutang untuk keperluan menanggung utang orang lain. Jika penanggung dan
yang ditanggung sama-sama melarat, maka penanggung diberi bagian zakat sejumlah
pelunasannya.
Atau apabila yang ditanggung itu
kaya, sedang penanggungnya melarat, maka penanggung diberi bagian zakat
seukuran utangnya, jika ja menanggung tanpa seizin yang ditanggung: Bila yang
ditanggung melarat, sedang yang menanggung melarat, maka yang ditanggung diberi
bagian (secukup utangnya kepada penanggung), sedang penanggung tidak boleh
diberi bagian zakat. Jika penanggung telah melunasi utangnya dari bagian
Gharim, ia tidak boleh menagih kepada yang ditanggung, sekalipun ia
menanggungnya seizin yang ditanggung. Harta zakat sama sekali tidak boleh
dipergunakan mengafani mayat atau membangun mesjid.
Orang yang mengaku sebagai Mukatab atau
Gharim, adalah bisa dibenarkan dengan pemberitaan orang adil, pembenaran dari
sayidnya, pembenaran dari si pemiutang atau telah masyhur hal itu di tengah
masyarakat.
(فرع) من دفع زكاته لمدينه
بشرط أن يردها له عن دينه، لم يجز، ولا يصح قضاء الدين بها. فإن نويا ذلك بلا شرط،
جاز وصح، وكذا إن وعده المدين بلا شرط، فلا يلزمه الوفاء بالوعد. ولو قال لغريمه: جعلت
ما عليك زكاة، لم يجزئ - على الاوجه - إلا إن قبضه ثم رده إليه. ولو قال: اكتل من طعامي
عندك كذا. ونوى به الزكاة، ففعل - فهل يجزئ ؟ وجهان، وظاهر كلام شيخنا ترجيح عدم الاجزاء.
وسبيل الله: وهو القائم بالجهاد متطوعا، ولو غنيا. ويعطى المجاهد النفقة والكسوة له
ولعياله ذهابا وإيابا، وثمن آلة الحرب. وابن السبيل: وهو مسافر مجتاز ببلد الزكاة،
أو منشئ سفر مباح منها، ولو لنزهة، أو كان كسوبا بخلاف المسافر لمعصية إلا إن تاب،
والمسافر لغير مقصد صحيح - كالهائم - ويعطى كفايته، وكفاية من معه من ممونه - أي جميعها
- نفقة، وكسوة، ذهابا، وإيابا، إن لم يكن له بطريقه - أو مقصده - مال، ويصدق في دعوى
السفر، وكذا في دعوى الغزو، بلا يمين. ويسترد منه ما أخذه إن لم يخرج. ولا يعطى أحد
بوصفين. نعم إن أخذ فقير بالغرم فأعطاه غريمه، أعطي بالفقر، لانه الآن محتاج.
Cabang:
Barangsiapa memberikan zakatnya
kepada pengutang dengan syarat diserahkan lagi sebagai pelunasan utangnya,
hukumnya tidak boleh, dan pelunasan utang seperti itu tidak sah: Kalau keduanya
berniat seperti itu tanpa ada syarat, maka boleh dan sah pembayarannya. Begitu
juga boleh, jika pengutang berjanji membayar utangnya (jika telah menerima
zakat), namun hal itu tidak menjadi syarat, dan dalam masalah ini pengutang
tidak wajib menepati janjinya. (Contoh: Pengutang berkata kepada pemiutang:
Berilah aku dari zakatmu, nanti aku akan membayar utangku -pen).
Bila pemiutang berkata kepada
pengutang: Piutang yang ada di tanganmu, aku jadikan zakat dariku, maka belum
mencukupi, menurut pendapat Al-Aujah. Kecuali ia telah menerimanya, lalu
menyerahkannya kepada pengutang tadi.
Bila seseorang berkata: “Takarlah
sekian makanan milikku yang ada padamu untuk dirimu”, serta berniat
mengeluarkan zakat, lalu perintah tersebut dilakukan: apakah sudah mencukupi
dalam berzakat atau belum? Di sini ada dua pendapat: Merurut lahir pembicaraan
Guru kita, adalah memenangkan pendapat yang mengatakan belum cukup.
Sabilillah ialah: Pejuang
sukarelawan Islam, sekalipun kaya. Mereka diberi bagian zakat sebagai nafkah,
pakaian, dan untuk keluarganya, selama berangkat dan pulang. Demikian juga
diberi biaya untuk alat peperangan.
Ibnus sabil ialah: Musafir yang
melewati daerah zakat atau memulai perjalanan yang dianggap boleh dalam syarak
dari daerah zakat tersebut, sekalipun untuk bertamasya atau bekerja. Lain
halnya bepergian dengan tujuan maksiat, kecuali jika telah bertobat, atau
musafir yang berjalan tanpa tujuan, misalnya pengelana. Ibnus sabil diberi
bagian zakat secukup kebutuhannya dan kebutuhan orang yang menjadi
tangungannya. Artinya, semua kebutuhan mereka selama pergi dan pulangnya, baik
itu nafkah atau pakaiannya. Hal ini jika di tengah perjalanan atau tempat
tujuannya tidak memiliki harta.
Orang yang mengaku dirinya bepergian
atau berperang dapat dibenarkan tanpa sumpah. Dan apa yang telah diterimanya
harus ditarik lagi, jika ternyata mereka tidak jadi pergi atau berperang. ‘
Seseorang tidak bisa diberi zakat atas nama dua sifat (misalnya fakir dan
gharim -pen). Namun, Seseorang yang fakir jika telah mengambil bagian atas nama
gharim, lantas diberikan kepada pemiutangnya, maka ia boleh diberi lagi sebagai
fakir, sebab sekarang ia memerlukannya.
(تنبيه) ولو فرق المالك الزكاة سقط سهم العامل، ثم إن
انحصر المستحقون، ووفى بهم المال، لزم تعميمهم، وإلا لم يجب، ولم يندب. لكن يلزمه إعطاء
ثلاثة من كل صنف، وإن لم يكونوا بالبلد وقت الوجوب، ومن المتوطنين أولى. ولو أعطى اثنين
من كل صنف، والثالث موجود، لزمه أقل متمول غرما له من ماله، ولو فقد بعض الثلاثة رد
حصته على باقي صنفه، إن احتاجه، وإلا فعلى باقي الاصناف. ويلزم التسوية بين الاصناف،
وإن كانت حاجة بعضهم أشد، لا التسوية بين آحاد الصنف، بل تندب. واختار جماعة - من أئمتنا
- جواز صرف الفطرة إلى ثلاثة مساكين، أو غيرهم من المستحقين، ولو كان كل صنف - أو بعض
الاصناف - وقت الوجوب محصورا في ثلاثة فأقل، استحقوها في الاولى. وما يخص المحصورين
في الثانية من وقت الوجوب، فلا يضر حدوث غنى أو موت أحدهم، بل حقه باق بحاله، فيدفع
نصيب الميت لوارثه، وإن كان هو المزكي. ولا يشاركهم قادم عليهم ولا غائب عنهم وقت الوجوب.
فإن زادوا على ثلاثة، لم يملكوا إلا بالقسمة. ولا يجوز لمالك نقل الزكاة عن بلد المال،
ولو إلى مسافة قريبة، ولا تجزئ، ولا دفع القيمة في غير مال التجارة، ولا دفع عينه فيه.
ونقل عن عمر وابن عباس وحذيفة - رضي الله عنهم - جواز صرف الزكاة إلى صنف واحد، وبه
قال أبو حنيفة، ويجوز عنده نقل الزكاة - مع الكراهة - ودفع قيمتها. وعين مال التجارة.
(ولو أعطاها) أي الزكاة
- ولو الفطرة - (لكافر، أو من به رق) ولو مبعضا غير مكاتب (أو هاشمي، أو مطلبي)، أو
مولى لهما، لم يقع عن الزكاة، لان شرط الآخذ الاسلام، وتمام الحرية، وعدم كونه هاشميا،
ولا مطلبيا، وإن انقطع عنهم خمس الخمس لخبر: إن هذه الصدقات - أي الزكوات - إنما هي
أوساخ الناس، وإنها لا تحل لمحمد، ولا لآله. قال شيخنا: وكالزكاة: كل واجب - كالنذر،
والكفارة بخلاف التطوع والهدية. (أو غني) وهو من له كفاية العمر الغالب - على الاصح
-. وقيل: من له كفاية سنة. أو الكسب الحلال اللائق (أو مكفي بنفقة قريب) من أصل، أو
فرع، أو زوج، بخلاف المكفي بنفقة متبرع (لم يجزئ) ذلك عن الزكاة، ولا تتأدى بذلك إن
كان الدافع المالك وإن ظن استحقاقهم. ثم إن كان الدافع يظن الاستحقاق الامام: برئ المالك،
ولا يضمن الامام، بل يسترد المدفوع، وما استرده صرفه للمستحقين. أما من لم يكتف بالنفقة
الواجبة له - من زوج، أو قريب - فيعطيه المنفق وغيره، حتى بالفقر. ويجوز للمكفي بها
الاخذ بغير المسكنة والفقر إن وجد فيه، حتى ممن تلزمه نفقته. ويندب للزوجة إعطاء زوجها
من زكاتها، حتى بالفقر والمسكنة وإن أنفقها عليها. قال شيخنا: والذي يظهر أن قريبه
الموسر لو امتنع من الانفاق عليه وعجز عنه بالحاكم، أعطي حينئذ، لتحقق فقره أو مسكنته
الآن.
Peringatan:
Apabila pemilik harta telah
membagikan zakat sendiri, maka untuk bagian Amil sudah tidak ada. Kemudian,
jika orang-orang yang berhak menerima zakat itu terbatas, serta harta zakat
mencukupi untuk mereka, maka mereka harus diberi secara rata. Kalau harta itu
tidak mencukupi, maka tidak wajib meratakan mereka, sunah pun tidak. Tetapi
wajib membagikan kepada tiga orang dari tiap-tiap golongan, sekalipun mereka
tidak berada di daerah zakat waktu wajib pembayaran zakat. Memberi tiga orang
yang merupakan penduduk daerah (warga tempat zakat dikeluarkan), adalah lebih
utama.
Bila pezakat memberikan harta zakat
hanya kepada dua orang, padahal orang yang ketiga ada, makaia wajib membayar
sebesar harga minimal bagian semestinya kepada orang ketiga dari hartanya
sendiri, sebagai utang terhadap orang ketiga tersebut. Apabila sebagian dari
ketiga orang tersebut tidak ada, maka bagiannya – diberikan kepada orang lain
dalam kelompoknya yang membutuhkan: Kalau teman kelompok itu tidak
membutuhkannya, maka diberikan kepada kelompok lain.
Wajib menyamaratakan bagian di
antara kelompok, sekalipun kebutuhan sebagian kelompok tersebut melebihi yang lain.
Kalau menyamaratakan bagian di antara individu kelompok, hukumnya tidak wajib,
tapi hanya sunah. Segolongan fukaha dari imam-imam mazhab Syafi’i memilih
pendapat yang memperbolehkan memberikan zakat fitrah kepada tiga miskin atau
mustahik yang lain.
Apabila pada waktu datang kewajiban
memberikan zakat itu semua kelompok orang yang berhak terbatas masing-masing
pada 3 orang atau kurang, maka mereka menghaki seluruh harta zakat: Dan jika
hanya sebagian kelompok mustahik saja yang terbatas pada 3 orang atau kurang,
maka mereka memperoleh bagian yang diperuntukkan mereka. Demikian ini
dimilikinya sejak waktu kewajiban tersebut, karena itu tidaklah menjadi masalah
terjadinya kaya. atau mati dari seseorang di antara mereka, tapi hak tetap ada
di tangannya. Maka bagian yang mati diberikan kepada ahli warisnya, sekalipun
ahli waris tersebut adalah pezakat itu sendiri. Sedang orang yang baru datang,
tidak dapat bersekutu untuk : memilikinya, demikian juga dengan orang yang
tidak ada pada waktu kewajiban pembagian zakat telah tiba.
Apabila para mustahik lebih dari 3
orang pada masing-masing kelompok atau sebagian kelompok, maka mereka tidak
dapat memiliki harta, kecuali dengan cara pembagian (karena itu, jika seseorang
di antara mereka mati, pergi atau kaya setelah membayar zakat dan sebelum harta
dibagi, maka ia tidak mendapatkan apa-apa, Dan jika orang yang berkelana itu
datang atau orang yang kaya pada waktu kewajiban menjadi miskin, maka pada
pembagian harta tersebut, mereka boleh diberi -pen). Tidak diperbolehkan bagi
pemilik harta zakat memindahkan zakat dari daerah harta itu, sekalipun ke
daerah yang berdekatan, dan zakat tidak dapat mencukupinya (tidak sah).
Tidak diperbolehkan memberikan zakat
dalam bentuk harga harta itu, kecuali pada harta perdagangan, Sedang pada harta
dagangan, tidak boleh diberikan zakatnya dalam bentuk harta itu. Dinukil dari
sahabat Ibnu Umar, Ibnu Abbas dan Hudzaifah r.a., bahwa memberikan zakat kepada
satu kelompok adalah hukumnya boleh. Pendapat tersebut juga dikatakan oleh Imam
Abu Hanifah. Dia berkata: Boleh memindah zakat, namun makruh, boleh memberikan
zakat dalam bentuk harga, dan boleh memberikan zakat harta dagangan dalam
bentuk harta itu.
Apabila pezakat memberikan zakatnya
-sekalipun zakat fitrahkepada orang kafir, budak sekalipun muba’adh yang bukan
Mukatab, Bani Hasyim, Bani Muthalib atau budak milik mereka, maka pemberian
tersebut tidak sah sebagai zakat.
Karena penerima zakat harus: Islam,
merdeka, bukan dari Bani Hasyim atau Muthalib. Sekalipun Bani Hasyim atau
Muthalib telah putus dari bagian 1/25 (dalam Ghanimah atau harta rampasan
perang -pen). Hal ini berdasarkan hadis: “Sesungguhnya zakat-zakat ini adalah
kotoran manusia dan tidak halal diterima oleh Muhammad dan keluarganya.” Guru
kita berkata: Setiap perkara yang wajib, misalnya nazar dan kafarah dihukumi
sebagaimana zakat. Lain halnya pemberian sunah dan hadiah.
Atau (belum sah sebagai zakat) jika
diberikan kepada orang kaya. Yaitu orang yang mempunyai biaya hidup selama
seumur yang wajar, menurut pendapat Al-Ashah. Ada yang berpendapat, orang kaya
adalah orang yang mempunyai biaya hidup selama satu tahun atau mempunyai
pekerjaan halal yang patut baginya. Atau (belum cukup sebagai zakat) jika
diberikan kepada orang yang telah dicukupi nafkahnya sebagai kerabat, baik
termasuk orangtua, anak atau suami: Lain halnya orang yang dinafkahi oleh
seseorang secara sukarela.
Itu semua belum mencukupi sebagai
zakat dan kewajibannya dianggap belum selesai, jika yang memberi itu pemilik
sendiri, sekalipun ia mengira, bahwa mereka adalah orang-orang yang berhak
menerima zakat.
Kemudian, jika yang memberikan
adalah seorang imam atas perkiraannya bahwa mereka adalah orangorang yang
berhak menerima zakat, maka pemilik (pezakat) bebas dari tanggungan, dan imam
pun tidak wajib menanggungnya, tapi ia wajib menarik harta tersebut, lalu
diberikan kepada orang yang berhak menerimanya.
Adapun orang yang belum tercukupi
dengan nafkah wajib dari suami atau kerabat, maka ia diperbolehkan menerima
zakat dari pemberi nafkah atau lainnya, sehingga atas nama fakir. Bagi orang
yang telah tercukupi nafkahnya, boleh menerima zakat atas nama selain fakir
atau miskin, sekalipun menerima dari pemberi nafkah wajib padanya.
Sunah bagi istri memberikan zakatnya
kepada suaminya, sebingga sampai atas nama fakir atau miskin, sekalipun zakat
itu nanti oleh suami. dinafkahkan kepadanya. Guru kita berkata: Yang jelas:
Kerabat yang kaya, jika ia tidak mau memberi nafkah kepada kerabatnya yang
fakir, serta si fakir tidak mampu melaporkan hal itu kepada hakim, maka si
fakir boleh diberi zakat, sebab telah nyata kefakiran atau kemiskinannya.
(فائدة) أفتى النووي في بالغ
تاركا للصلاة كسلا أنه لا يقبضها له إلا وليه - أي كصبي ومجنون - فلا تعطى له، وإن
غاب وليه، خلافا لمن زعمه: بخلاف ما لو طرأ تركه لها أو تبذيره ولم يحجر عليه: فإنه
يقبضها. ويجوز دفعها لفاسق - إلا إن علم أنه يستعين بها على معصية فيحرم وإن أجزأ.
Faedah:
Imam An-Nawawi berfatwa tentang
orang balig yang meninggalkan sholat karena malas, bahwa ia boleh diberi zakat
dan yang menerima hanyalah walinya, seperti halnya anak-anak dan orang gila.
Zakat tidak boleh diberikan kepadanya, sekalipun walinya sedang tidak ada,
Berbeda dengan ulama yang mengatakan boleh memberikan kepadanya, jika walinya
tidak ada.
Lain halnya jika ia masih baru dalam
meninggalkan sholat atau mentabdzirkan sesuatu, di mana ia tidak di-hajr
(dicegah dari menasarufkan harta), maka ia boleh menerima zakat sendiri. Boleh
memberikan zakat kepada orang yang fasik, kecuali jika diketahui, bahwa ia
menggunakan zakat itu untuk maksiat, maka zakat haram diberikan kepadanya,
sekalipun zakat tetap sah.
Pembagian Harta Ghanimah
(تتمة) في قسمة الغنيمة.
ما أخذناه من أهل حرب قهرا: فهو غنيمة، وإلا فهو فئ، ومن الاول: ما أخذناه من دارهم
اختلاسا، أو سرقة - على الاصح - خلافا للغزالي وإمامه: حيث قالا إنه مختص بالآخذ بلا
تخميس، وادعى ابن الرفعة الاجماع عليه، ومن الثاني: جزية وعشر تجارة وتركة مرتد، ويبدأ
في الغنيمة بالسلب للقاتل المسلم بلا تخميس، وهو ملبوس القتيل، وسلاحه، ومركوبه، وكذا
سوار، ومنطقة، وخاتم، وطوق. وبالمؤن: كأجرة حمال. ثم يخمس باقيها، فأربعة أخماسها،
ولو عقارا، لمن حضر الوقعة، وإن لم يقاتل، فما أحد أولى به من أحد - لا لمن لحقهم بعد
انقضائها، ولو قبل جمع المال، ولا لمن مات في أثناء القتال قبل الحيازة على المذهب.
وأربعة أخماس الفئ للمرصدين للجهاد وخمسهما يخمس: سهم للمصالح: كسد ثغر، وعمارة حصن،
ومسجد، وأرزاق القضاة، والمشتغلين بعلوم الشرع وآلاتها - ولو مبتدئين - وحفاظ القرآن،
والائمة، والمؤذنين. ويعطى هؤلاء مع الغنى ما رآه الامام. ويجب تقديم الاهم - مما ذكر
- وأهمها: الاول. ولو منع هؤلاء حقوقهم من بيت المال وأعطي أحدهم منه شيئا: جاز له
الاخذ، ما لم يزد على كفايته - على المعتمد - وسهم للهاشمي والمطلبي: للذكر منهما مثل
حظ الانثيين، ولو أغنياء. وسهم للفقراء، اليتامى، وسهم للمسكين، وسهم لابن السبيل الفقير.
ويجب تعميم الاصناف الاربعة بالعطاء - حاضرهم، وغائبهم عن المحل - نعم، يجوز التفاوت
بين آحاد الصنف غير ذوي القربى، لا بين الاصناف، ولو قل الحاصل، بحيث لو عم لم يسد
مسدا: خص به الاحوج، ولا يعم - للضرورة. ولو فقد بعضهم: وزع سهمه على الباقين. ويجوز
- عند الائمة الثلاثة - صرف جميع خمس الفئ إلى المصالح. ولا يصح شرط الامام: من أخذ
شيئا فهو له. وفي قول: يصح. وعليه الائمة الثلاثة. وعند أبي حنيفة ومالك: يجوز للامام
أن يفضل بعضا.
Penutup: Pembagian Harta Ghanimah
Segala harta yang kita ambil dari kafir Harbi
secara paksa, adalah disebut Ghanimah. Kalau yang kita ambil tidak dari kafir
Harbi, atau pengambilannya tidak secara paksa, maka disebut harta Fai. Termasuk
ghanimah juga, apa yang kita ambil dari daerah inusuh dengan menjambret atau
mencuri, menurut Al-Ashah, Lain lagi dengan pendapat Imam Al-Ghazali dan
Al-Haramain, di mana mereka berkata: Harta yang kita ambil dari daerah musuh
dengan cara menjambret tersebut tidak usah dibagi lima. Sedang Imam Ibnur
Rif’ah mendakwahkan atas ijmak perkataan tersebut.
Termasuk harta fai, adalah upeti,
10% pajak perdagangan dan harta peninggalan orang murtad. Dalam pembagian
gharumah, terlebih dahulu barang-barang rampasan dari terbunuh diberikan kepada
pembunuh yang Muslim tanpa dibagi menjadi lima. Yaitu meliputi pakaian,
senjata, kendaraan, gelang, ikat pinggang, cincin dan kalung terbunuh.
Kemudian, didahulukan pula tanggungan biaya yang keluar, misalnya upah
pengangkutan ghanimah.
Setelah itu, ghanimah dibagi menjadi
5 bagian, yang 4/5 diberikan kepada mereka yang ikut ke medan perang, sekalipun
tidak ikut berperang. Satu sama lain tidak ada yang lebih unggul bagiannya.
Pembagian tersebut, sekalipun ghanimah berupa pekarangan (barang tak bergerak).
Tidak diberikan kepada orang yang
bertemu dengan mereka setelah peperangan berakhir, walaupun sebelum pengumpulan
harta. Juga tidak diberikan kepada orang yang mati sebelum pengumpulan harta.
Demikianlah menurut mazhab. (Kalau dalam harta fai pembagiannya) 4/5
diperuntukkan tentaratentara yang dipersiapkan berperang.
Bagian 1/5 harta ghanimah dibagi
lagi menjadi lima bagian: 1/25 untuk kemaslahatan umum, misalnya membentengi,
membangun benteng atau mesjid, gaji para Qadhi dan gaji orang-orang yang
menghabiskan waktunya demi ilmu syariat dan ilmu pelengkapnya -sekalipun baru
tahap awal belajar-, para penghafal Alqur-an, para imam mesjid dan muazin.
Sekalipun mereka adalah orang-orang kaya, tetap diberi bagian sebesar
kebijaksanaan imam (kepala negara).
Wajib mendahulukan kelompok
terpenting di antara semua itu Adapun yang paling penting adalah yang pertama
(membentengi daerah) Apabila sang imam menahan hak mereka dengan memberinya
dari Baitulmal, dan salah satunya diberi daripadanya, maka boleh diambil,
selagi tidak melebihi kecukupannya, menurut pendapat Muktamad. Berikutnya 1/25
diberikan kepada Bani Hasyim dan Muthalib, sekalipun mereka kaya. Adapun
laki-laki bagiannya dua kali lipat bagian wanita. Berikutnya 1/25 diberikan
kepada anak-anak yatim yang fakir. Berikutnya 1/25 diberikan kepada orang-orang
miskin. Terakhir 1/25 diberikan kepada Ibnus sabil (musafir) yang fakir.
Empat kelompok yang akhir tersebut
harus diberi secara rata, baik yang hadir atau yang tidak hadir di tempat
pembagian harta. Memang, tapi tidak boleh menyamaratakan untuk masing masing
individu yang tidak berkerabat, Tidak boleh juga membedakan antara kelompok
satu dengan lainnya.
Kalau jumlah harta tersebut cuma
sedikit, sehingga apabila disamaratakan tidak mencukupi, maka (bagi imam) harus
mengkhususkan kepada yang lebih butuh, dan ia tidak boleh meratakan, sebab
darurat, Jika salah satu di antara mereka (4 kelompok) tidak ada, maka
bagiannya dibagi rata kepada kelompok ok yang lain (ada).
Menurut tiga imam (selain Imam
Syafi’i), adalah boleh mentasarufkan seluruh bagian 1/5 fai pada kemaslahatan
kaum Muslimin. Adalah tidak sah persyaratan sang imam, bahwa barangsiapa
mengambil sesuatu dari barang rampasan (sebelum dibagi), adalah miliknya. Dalam
sebuah pendapat: Syarat yang ditetapkan oleh imam tersebut hukumnya sah,
Pendapat itu juga dipegang oleh ketiga imam. Bahkan Imam Abu Hanifah dan Imam
Malik berpendapat: Bagi sang imam boleh melebihkan bagian pada kelompok
tertentu atas yang lain.
فرع) لو حصل لاحد من الغانمين شئ مما غنموا قبل
التخميس والقسمة الشرعية: لا يجوز التصرف فيه، لانه مشترك بينهم وبين أهل الخمس. والشريك
لا يجوز له التصرف في المشترك بغير إذن شريكه (ويسن صدقة تطوع) لآية: * (من ذا الذي
يقرض الله قرضا حسنا) * وللاحاديث الكثيرة الشهيرة. وقد تجب: كأن يجد مضطرا ومعه ما
يطعمه، فاضلا عنه، ويكره بردئ، وليس منه: التصدق بالفلوس، والثوب الخلق، ونحوهما -
بل ينبغي أن لا يأنف من التصدق بالقليل. والتصدق بالماء أفضل: حيث كثر الاحتياج إليه
- وإلا فالطعام. ولو تعارض الصدقة حالا، والوقف. فإن كان الوقت وقت حاجة وشدة: فالاول
أولى، وإلا فالثاني لكثرة جدواه. قاله ابن عبد السلام وتبعه الزركشي، وأطلق ابن الرفعة
ترجيح الاول، لانه قطع حظه من المتصدق به حالا وينبغي - للراغب في الخير - أن لا يخلي
(كل يوم) من الايام من الصدقة (بما تيسر) وإن قل، وإعطاؤها (سرا) أفضل منه جهرا. أما
الزكاة: فإظهارها أفضل - إجماعا - (و) إعطاؤها (برمضان): أي فيه - لا سيما في عشره
الاواخر - أفضل، ويتأكد أيضا: في سائر الازمنة، والامكنة، الفاضلة: كعشر ذي الحجة،
والعيدين، والجمعة. وكمكة، والمدينة (و) إعطاؤها (لقريب) لا تلزمه نفقته أولى، الاقرب
فالاقرب من المحارم، ثم الزوج أو الزوجة، ثم غير المحرم والرحم من جهة الاب ومن جهة
الام سواء، ثم محرم الرضاع، ثم المصاهرة أفضل. (و) صرفها بعد القريب إلى (جار، أفضل)
منه لغيره. فعلم أن القريب البعيد الدار في البلد: أفضل من الجار الاجنبي،
(لا) يسن التصدق (بما يحتاجه)، بل يحرم بما يحتاج إليه:
لنفقة، ومؤنة. من تلزمه نفقته يومه وليلته، أو لوفاء دينه - ولو مؤجلا، وإن لم يطلب
منه - ما لم يغلب على ظنه حصوله من جهة أخرى ظاهرة لان الواجب لا يجوز تركه لسنة، وحيث
حرمت الصدقة بشئ لم يملكه المتصدق عليه - على ما أفتى به شيخنا المحقق ابن زياد رحمه
الله تعالى. لكن الذي جزم به شيخنا في شرح المنهاج أنه يملكه. والمن بالصدقة حرام محبط
للاجر كالاذى.
Cabang:
Apabila salah seorang penjarah
memperoleh suatu barang dari hasil jarahannya sebelum dibagi menurut syariat,
maka hukumnya tidak boleh mentasarufkannya. Sebab barang itu masih berserikat
antara dia dengan Ahli Khumus yang lain, padahal bagi teman perserikatan tidak
boleh mentasarufkan harta perserikatan tanpa seizin yang lain.
Sedekah Tathawu’ (Sukarela)
Disunahkan sedekah Tathawu’. Berdasarkan-ayat Alqur-an yang artinya: “Siapa
yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang bagus…” (QS. 2,
Al-Baqarah: 245). Juga berdasarkan hadis-hadis yang telah masyhur. Terkadang
sedekah tersebut hukumnya wajib, sebagaimana seseorang menjumpai orang yang
dalam keadaan kesulitan, sedang ia mempunyai kelebihan harta yang bisa
diberikan kepadanya.
Makruh bersedekah dengan barang yang
buruk. Bersedekah dengan uang, pakaian bekas dan semacamnya adalah tidak
termasuk bersedekah dengan barang yang buruk. Bahkan sebaiknya seseorang tidak
perlu malu bersedekah dengan Jumlah yang sedikit. Bersedekah dengan air adalah
lebih utama, kalau ternyata banyak dibutuhkan, Kalau kebutuhan terhadap air
tidak begitu banyak, maka yang lebih utama adalah sedekah dengan makanan.
Apabila terjadi pertentangan antara
memberi sebagai sedekah seketika dengan wakaf, maka jika waktu itu adalah waktu
pailit dan kebutuhan yang mendesak, adalah sedekah lebih utama, Kalau tidak,
maka yang lebih utama adalah memberi sebagai – wakaf, karena kemanfaatannya
lebih banyak, Demikianlah perkataan Imam Ibnu Abdis Salam, yang . diikuti Imam
Az-Zarkasyi. Dalam hal ini Imam Ibnur Rif’ah memutlakkan penarjihan yang pertama
(lebih utama disedekahkan), karena dengan disedekahkan cara kontan, berarti
telah melepas haknya dari yang menerima sedekah.
Sebaiknya bagi orang yang gemar
beramal kebaikan, jangan sampai absen setiap hari dalam oersedekah yang
sebisanya, sekalipun berjumlah sedikit.
Memberi sedekah dengan cara
diamdiam, adalah lebih utama daripada dengan terang-terangan. Kalau dalam
masalah zakat, secara ijmak, bahwa yang lebih utama adalah memberikannya secara
terang-terangan. Memberi sedekah di bulan Ramadhan, lebih-lebih pada tanggal 10
hari yang terakhir, adalah lebih utama. Yang muakkad lagi, adalah memberi
sedekah di waktu-waktu mulia, seperti tanggal 10 Zulhijah, Idul Fitri-Adha,
Jumat, dan di tempat-tempat yang mulia, misalnya Mekah dan Madinah.
Memberi sedekah kepada kerabat yang
tidak menjadi tanggungan nafkahnya, adalah pemberian kepada kerabat yang paling
dekat. Adapun kerabat yang dekat adalah (yang masih berhubungan) mahram, suami,
istri, kemudian yang bukan mahram. Adapun kerabat dari garis ayah adalah sama saja
dengan yang dari garis ibu. Kemudian urutan tersebut di atas, yang lebih utama
sedekah itu diberikan kepada mahram susuan (radha’), kemudian mahram
Mushaharah.
Memberi sedekah -setelah kepada
kerabatkepada tetangga adalah lebih utama daripada lainnya. Karena itu,
dapatlah diketahui, bahwa memberi sedekah kepada kerabat yang jauh rumahnya
dari si pemberi, tapi masih satu daerah adalah lebih utama daripada bukan
kerabat yang berdekatan rumahnya.
Tidak sunah bersedekah dengan barang
yang dibutuhkan sendiri. Bahkan hukumnya haram menyedekahkan barang yang
dibutuhkan sebagai nafkah atau biaya orang yang wajib ditanggung nafkahnya
selama sehari-semalam:, atau yang dibutuhkan untuk membayar utang, sekalipun
belum sampai waktu pembayarannya dan tidak ditagih: Hal ini selama tidak
mempunyai persangkaan yang kuat, bahwa pemberi sedekah tersebut bisa mendapat
barang sebesar itu dari jalan lain yang sudah jelas.
Karena kewajiban (dalam hal ini
menafkahi) tidak boleh ditinggalkan hanya karena kesunahan (sedekah). Di mana
sedekah dihukumi haram, jika orang yang diberi sedekah tidak berhak menerima
barang itu: demikianlah yang difatwakan oleh Guru kita, Al-Muhaqqiq Ibnu Ziyad
r.a. Tapi menurut pendapat yang dikukuhkan oleh Guru kita (Ibnu Hajar) dalam
kitab Syarhi Minhaj, bahwa orang tersebut tetap bisa memiliki barang itu.
Mengumpat sedekah yang telah
diberikan, hukumnya adalah haram dan menghapus pahala, sebagaimana dengan
melukai hati penerima sedekah itu.
(فائدة) قال في المجموع: يكره الاخذ ممن بيده حلال وحرام
- كالسلطان الجائز. وتختلف الكراهة بقلة الشبهة وكثرتها، ولا يحرم إلا إن تيقن أن هذا
من الحرام. وقول الغزالي: يحرم الاخذ ممن أكثر ماله حرام وكذا معاملته: شاذ.
Faedah:
Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Majmu’
berkata: Makruh menerima sedekah dari seseorang antara halal dan haram,
misalnya dari seorang penguasa yang tak jujur. Besar kecil kemakruhannya
tinggal melihat besar-kecil barang syubhat hartanya. Menerima tersebut tetap
tidak haram, selagi tidak diyakini bahwa barang yang diterima itu haram.
Pendapat Imam Al-Ghazali, bahwa
menerima sedekah dari orang yang kebanyakan hartanya, berupa barang haram,
adalah hukumnya haram: Begitu juga bermu’amalah dengannya, pendapat tersebut
adalah syadz (menyimpang dari garis).