Terjemah Kitab Fathul Muin; ADZAN DAN IQAMAH

 


Terjemah Kitab Fathul Muin

 

ADZAN DAN IQAMAH

 

فصل في الاذان والاقامة هما لغة: الاعلام. وشرعا: ما عرف من الالفاظ المشهورة فيهما. والاصل فيهما الاجماع المسبوق برؤية عبد الله بن زيد المشهورة ليلة تشاوروا فيما يجمع الناس، وهي كما في سنن أبي داود: عن عبد الله أنه قال: (لما أمر النبي (ص) بالناقوس يعمل ليضرب به للناس لجمع الصلاة، طاف بي وأنا نائم رجل يحمل ناقوسا في يده فقلت: يا عبد الله أتبيع الناقوس ؟ فقال: وما تصنع به ؟ فقلت: ندعو به إلى الصلاة. قال: أو لا أدلك على ما هو خير من ذلك ؟ فقلت له: بلى. فقال: تقول: الله أكبر الله أكبر، إلا آخر الاذان. ثم استأخر عني غير بعيد ثم قال: وتقول إذا قمت إلى الصلاة: الله أكبر الله أكبر، إلى آخر الاقامة...

 فلما أصبحت أتيت النبي (ص) فأخبرته بما رأيت فقال: إنها لرؤيا حق إن شاء الله. قم مع بلال فألق عليه ما رأيت فليؤذن به فإنه أندى صوتا منك . فقمت مع بلال فجعلت ألقيه عليه فيؤذن به. فسمع ذلك عمر بن الخطاب وهو في بيته فخرج يجر رداءه ويقول: والذي بعثك بالحق يا رسول الله لقد رأيت مثل ما رأى. فقال (ص): فلله الحمد. قيل: رآها بضعة عشر صحابيا. وقد يسن الاذان لغير الصلاة، كما في أذن المهموم والمصروع والغضبان، ومن ساء خلقه من إنسان أو بهيمة، وعند الحريق، وعند تغول الغيلان - أي تمرد الجن -. وهو والاقامة في أذني المولود وخلف المسافر

 (يسن) على الكفاية. ويحصل بفعل البعض (أذان وإقامة) لخبر الصحيحين: إذا حضرت الصلاة فليؤذن لكم أحدكم. (لذكر ولو) صبيا، و (منفردا وإن سمع أذانا) من غيره على المعتمد، خلافا لما في شرح مسلم. نعم، إن سمع أذان الجماعة وأراد الصلاة معهم لم يسن له على الاوجه (لمكتوبة) ولو فائتة دون غيرها، كالسنن وصلاة الجنازة والمنذورة. ولو اقتصر على أحدهما لنحو ضيق وقت فالاذان أولى به. ويسن أذانان لصبح واحد قبل الفجر، وآخر بعده، فإن اقتصر فالاولى بعده. وأذانان للجمعة، أحدهما بعد صعود الخطيب المنبر. والآخر الذي قبله إنما أحدثه عثمان رضي الله عنه لما كثر الناس، فاستحبابه عند الحاجة كأن توقف حضورهم عليه، وإلا لكان الاقتصار على الاتباع أفضل.

 (و) سن (أن يؤذن للاولى) فقط (من صلوات توالت) كفوائت وصلاتي جمع وفائتة، وحاضرة دخل وقتها قبل شروعه في الاذان. (ويقيم لكل) منها للاتباع. (و) سن (إقامة لانثى) سرا، وخنثى فإن أذنت للنساء سرا لم يكره، أو جهرا حرم. (وينادي لجماعة) مشروعة (في نفل) كعيد وتراويح ووتر أفرد عنها برمضان وكسوف. (الصلاة) بنصبه إغراء، ورفعه مبتدأ، (جامعة) بنصبه حالا، ورفعه خبرا للمذكور. ويجزئ: الصلاة الصلاة، وهلموا إلى الصلاة. ويكره: حي على الصلاة. وينبغي ندبه عند دخول الوقت وعند الصلاة ليكون نائبا عن الاذان والاقامة وخرج بقولي لجماعة ما لا يسن فيه الجماعة، وما فعل فرادى، وبنفل منذورة وصلاة جنازة. (وشرط فيهما) أي في الاذان والاقامة.

 (ترتيب) أي الترتيب المعروف فيهما، للاتباع. فإن عكس ولو ناسيا لم يصح وله البناء على المنتظم منهما. ولو ترك بعضهما أتى به مع إعادة ما بعده. (وولاء) بين كلماتهما. نعم، لا يضر يسير كلام وسكوت ولو عمدا. ويسن أن يحمد سرا إذا عطس، وأن يؤخر رد السلام وتشميت العاطس إلى الفراغ. (وجهر) إن أذن أو أقام (لجماعة)، فينبغي إسماع واحد جميع كلماته. أما المؤذن أو المقيم لنفسه فيكفيه إسماع نفسه فقط. (ووقت) أي دخوله (لغير أذان صبح) لان ذلك للاعلام، فلا يجوز ولا يصح قبله.

  أما أذان الصبح فيصح من نصف ليل. (وسن تثويب) لاذاني (صبح، وهو أن يقول بعد الحيعلتين: الصلاة خير من النوم، مرتين). ويثوب لاذان فائتة صبح، وكره لغير صبح . (وترجيع) بأن يأتي بكلمتي الشهادتين مرتين سرا، أي بحيث يسمع من قرب منه عرفا قبل الجهر بهما للاتباع، ويصح بدونه. (وجعل مسبحتيه بصماخيه) في الاذان دون الاقامة، لانه أجمع للصوت. قال شيخنا: إن أراد رفع الصوت به، وإن تعذرت يد جعل الاخرى، أو سبابة سن جعل غيرها من بقية الاصابع. (و) سن (فيهما) أي في الاذان والاقامة (قيام) وأن يؤذن على موضع عال، ولو لم يكن للمسجد منارة سن بسطحه ثم ببابه. (واستقبال) للقبلة، وكره تركه. (وتحويل وجهه) لا الصدر (فيهما يمينا) مرة (في حي على الصلاة) في المرتين، ثم يرد وجهه للقبلة (وشمالا) مرة (في حي على الفلاح) في المرتين، ثم يرد وجهه للقبلة. ولو لاذان الخطبة أو لمن يؤذن لنفسه. ولا يلتفت في التثويب، على نزاع فيه.

 

 

PASAL TENTANG AZAN DAN IKAMAH - فَصْلٌ فِى الْأَذَانِ وَالْاِقَامةِ

Azan dan Ikamah menurut logat, berarti: Memberitahukan. Sedangkan menurut syarak: Bacaan berupa kalimatkalimat yang masyhur diketahui dalam azan dan ikamah (kalimat Allahu Akbar dan seterusnya).

Dasar hukum azan dan ikamah, adalah ijmak yang didahului oleh impian Abdullah bin Zaid yang masyhur di suatu malam, di mana para sahabat Nabi saw. sedang sibuk bermusyawarah mengenai cara mengumpulkan manusia untuk menunaikan sholat.

Impian tersebut sesuai dengan turun wahyu pada Nabi saw. Jadi, ketetapan hukum tersebut adalah berdasarkan wahyu, bukan impian itu -pen). Impian tersebut seperti yang termaktub di dalam kitab Sunan Abi Dawud sebagai berikut: Dari Abdullah, dia berkata: “Begitu Nabi saw. memerintahkan memukul lonceng untuk mengumpulkan manusia agar menunaikan sholat, di tengah-tengah saya tidur, melintaslah seorang lakilaki yang membawa lonceng di tangannya.

Maka saya bertanya kepadanya: “Wahai, hamba Allah! Apakah lonceng itu akan Saudara jual?’ Ia menjawab: ‘Akan Saudara gunakan apa?’ Saya pun menjawabnya: ‘Saya akan menggunakannya untuk memanggil manusia agar menunaikan sholat.’ Ia berkata: ‘Maukah Saudara aku tunjukkan cara yang lebih baik dari itu?’

Saya menjawab: ‘Mau dan terima kasih.’ Ia pun lalu berkata: ‘Ucapkanlah: Allahu Akbar… : dan seterusnya sampai akhir lafal azan.’ Kemudian dia pergi meninggalkan saya, tidak begitu jauh, lalu dia berkata: ‘Dan jika akan dilaksanakan sholat, maka ucapkanlah: Allahu Akbar ….. sampai lafal ikamah’.”

Demikianlah, setelah pagi hari saya datang kepada Nabi saw. dan memberitahukan mengenai mimpi saya kepada beliau. Lalu beliau bersabda: “Benar its adalah impian yang benar. Insya Allah. Temuilah saudara Bilal, dan sampaikan impianmu berazan, karena dialah yang mempunyai suara lebih keras daripada engkau.” Saya pun lalu menemuinya dan menyampaikan impianku ke. padanya, kemudian dia berazan.

 

Sahabat Umar bin Al-Khaththab yang berada di rumah mendengar suara azan sahabat Bilal, lalu keluarlah seraya menyeret selendengnya dan berkata: “Wahai, Rasulullah, demi Dzat yang telah mengutusmu dengan membawa kebenaran, sungguh saya telah bermimpi seperti mimpi Abdullah bin Umar.” Oleh beliau dijawab: “Segala puji milik Allah.”

Dikatakan: Ada belasan sahabat Nabi saw. bermimpi seperti mimpi Abdullah tersebut. Azan itu sungguh disunahkan pula pada selain akan menunaikan sholat, seperti azan untuk orang yang sedang tertimpa kesusahan, orang yang tidak sadarkan diri (karena terganggu jin), sedang marah, azan karena perbuatan manusia atau binatang yang tidak baik, ketika terjadi kebakaran, dan ketika ada amukan hantu, yakni jin.

Azan dan ikamah disunahkan juga dikumandangkan pada kedua telinga bayi yang baru lahir (azan di telinga kanan, sedang ikamah dibaca di telinga kiri -pen), dan di kala seseorang akan berangkat bepergian . Sunah kifayah -yaitu cukup dilakukan oleh sebagian orangmelakukan azan dan ikamah, berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari Muslim: jika telah tiba waktu sholat, hendaklah salah satu dari kalian mengumandangkan azan.” :

Bagi laki-laki, sekalipun anak kecil, sholat sendirian (munfarid), dan sekalipun sudah mendengar azan orang lain, menurut pendapat yang Muktamad, Lain halnya dengan yang termaktub dalam Syarah Muslim. Memang! (Tapi) jika dia telah mendengar azan sholat jamaah dan ingin sholat berjamaah bersama mereka, maka menurut beberapa tinjauan, dia tidak disunahkan mengerjakan azan sendiri.

(Kesusahan azan dan ikamah di atas) hanya untuk sholat Maktubah (sholat fardu lima waktu) sekalipun sholat kadha, bukan untuk sholat-sholat sunah, sholat Jenazah dan sholat Nazar. Jika seseorang ingin mencukupkan salah satu dari azan dan ikamah, karena semisal waktu telah sempit, maka yang lebih utama adalah melaksanakan azan.

Sunah melakukan azan dua kali pada waktu Subuh, yaitu sebelum terbit fajar dan yang satu lagi setelah fajar. Kalau Ingin nrelakukan salah satunya saja, maka yang lebih utama melakukan azan setelah fajar. Sunah azan dua kali untuk sholat: Jumat, yaitu pertama setelah khotib naik ke mimbar, sedang yang lainnya sebelum itu.

Hanya saja azan dua kali untuk sholat Jumat itu, yang pertama kali melaksanakan adalah sahabat Utsman bin Affan r.a., setelah kaum muslimim semakin banyak. Dengan begitu, kesunahan dua kali azan tersebut jika memang dibutuhkannya, sebagaimana kehadiran mereka bergantung adanya azan itu. Kalau tidak demikian, maka yang lebih utama adalah melakukan azan sekali saja sebagai ittiba’ kepada Rasul (yaitu azan ketika khotib berada di atas mimbar -pen).

Sunah melakukan satu azan saja, untuk sholat yang pertama bagi sholat-sholat yang sambungmenyambung dalam pelaksanaannya. Misalnya sholat-sholat kadha, dua sholat jamak, sholat kadha dengan sholat ada’ yang waktunya sudah masuk, sedangkan azan belum dilakukannya. Sunah ikamah untuk setiap sholat yang tersebut di atas, dasarnya adalah ittiba’ kepada Rasul saw. Bagi wanita, sunah melaksanakan ikamah dengan suara pelan, begitu juga bagi banci. Tidak makruh bagi wanita melakukan azan untuk kaum wanita, dengan suara pelan: jika dilakukan dengan suara keras, maka hukumnya adalah haram.

Sunah juga dikumandangkan panggilan untuk sholat sunah yang diatur pelaksanaannya secara berjamaah, misalnya sholat Id, Tarawih dan Witir di bulan Ramadhan yang dikerjakan tersendiri dari Tarawih, din sholat Gerhana. dengan panggilan: “Ash-Shalata Jami’ah. Lafal اَلصَّلاَةَ bisa dibaca nashab sebagai susunan /ghra’, dan bisa dibaca rafak sebagai mubtada’, Sedang lafal جامعة bisa dibaca nashab sebagai Haal, dan bisa dibaca rafa’ sebagai khabar Mubtada’ tersebut. Sudah mencukupi dengan Panggilan “Ash-Shalah Ash–Shalah” atau “Halummuu ilash shalah” Ayo, tunaikanlah sholat!). Dan makruh dengan panggilan “Hayya alashshalah” (Ayo, tunarkanlah sholat)”

Panggilan di atas, hendaknya dikumandangkan setelah waktu sholat tiba dan diulangi ketika akan melaksanakannya, agar dapat mengganti kedudukan azan dan ikamah. Tidak termasuk dalam ketentuan kami “untuk jamaah”, apabila sholat sunah tersebut tidak disunahkan berjamaah pelaksanaannya, sholat sunah yang dikerjakan secara sendirian, misalnya sholat Nazar dan sholat Jenazah.

 

Syarat Azan dan Iqomah

Tertib, yaitu membaca kalimat azan dan ikamah secara tertib, seperti yang telah diketahui, demikian ini berdasarkan ittiba’ kepada Rasul saw.

Jika kalimat-kalimat azan terbalik, sekalipun tidak sengaja (lupa), maka azannya : tidak sah (Dan jika dia membalik kalimat azan dan ikamah), maka dia boleh meneruskan urutan kalimatkalimatnya. Jika sebagian kalimat tertinggal, maka supaya kalimat yang tersebut dibaca, serta kalimat yang ada sesudahnya diulangi (hal ini jika waktunya tidak berselang lama -pen). Sambung-menyambung antara kata demi kata. Memang! (Tetapi) tidaklah mengapa jika antara kata dengan kata yang lainnya ditengah-tengahi (disela-selai) sedikit pembicaraan atau diam sebentar, sekalipun di sengaja.

Sunah membaca Hamdalah: dengan suara pelan bila bersin (di kala azan atau ikamah), dan menunda menjawab salam serta mendoakan orang yang sedang bersin sampai azan atau ikamah selesai. Bersuara keras, jika melaksanakan azan dan ikamah untuk sholat jamaah. Karena itu, (untuk hasil pokok kesunahan) semua kalimat azan dan ikamah boleh terdengar oleh seorang saja. Adapun azan dan ikamah untuk dirinya sendiri, cukuplah suara bisa didengar oleh dirinya sendiri (sebab tujuannya adalah zikir).

Telah masuk waktu sholat selam sholat Subuh. Sebab tujuan azarr (ikamah) adalah memberitahukan, karena itu tidak boleh, bahkan tidak sah dilakukan sebelumnya. Mengenai azan Subuh, maka sah sejak separo malam. Sunah bertatswib dua kali, untuk dua azan Subuh. Yaitu mengucapkan: Ash-Shalatu Khoirum minan naum (Bangun bergegas untuk menunaikan sholat adalah lebih utama daripada kenikmatan tidur) sebanyak dua kali, dibaca setelah membaca “Hai’alatain” (Hayya alash shalah dan Hayya alal falah).

Tatswib sunah dilakukan pula pada azan sholat kadha Subuh, untuk selain sholat Subuh hukumnya makrub.  Sunah melakukan Tarji’ yaitu membaca dengan suara pelan untuk dua kali kalimat syahadat, sebelum membaca kedua kalimat tersebut dengan suara keras. Membaca dengan suara pelan, adalah sekira secara umum, Orang yang ber. sda dekat dengannya bisa mendengar. Demikian ini, berdasarkan ittiba’ kepada Rasul saw. Namun azan tetap sah, walaupun tanpa tarji’.

Sunah meletakkan ujung kedua jan telunjuk tangan pada masing“masing lubang telinga di kala azan, bukan ikamah, sebab hal ini dapat mengumpulkan suara. Dalam hal ini Guru kami berkata: Jika memang orang yang berazan ingin mengeraskan suaranya. Jika sebelah tangannya terhalang, maka tangan satunya lagi tetap melakukannya, atau Jari telunjuknya yang berhalangan, maka jari-jari lainnya yang digunakan. Sunah di kala azan dan ikamah:Berdiri, melakukan azan di lempat yang tinggi. Jika suatu mesjid tiada menaranya, maka sunah melakukan azan di loteng (jika tidak ada), maka sunah di pintunya.

2. Menghadap kiblat: Jika tidak menghadap kiblat, maka hukumnya makruh. Memalingkan wajah -bukan dada-, di kala azan, ke sebelah kanan untuk masingmasing dua kali membaca Hayya alash shalah, lalu menghadap kiblat lagi: dan ke sebelah kiri untuk masingmasing dua kali Hayya alal falah, lalu menghadap kiblat lagi: Demikianlah, sekalipun untuk azan menjelang khotbah dan azan diri sendiri . Waktu Tatswib tidaklah disunahkan memalingkan muka, sebab masalah ini ada pertikaian di antara fukaha.

Baca juga: Bab Zakat

(تنبيه) يسن رفع الصوت بالاذان لمنفرد فوق ما يسمع نفسه، ولمن يؤذن لجماعة فوق ما يسمع واحدا منهم، وأن يبالغ كل في جهر به للامر به، وخفضه به في مصلى أقيمت فيه جماعة وانصرفوا، وترتيله، وإدراج الاقامة، وتسكين راء التكبير الاولى. فإن لم يفعل فالافصح الضم. وإدغام دال محمد في راء رسول الله لان تركه من اللحن الخفي. وينبغي النطق بهاء الصلاة، ويكرهان من محد ث وصبي وفاسق. ولا يصح نصبه، وهما أفضل من الامامة لقوله تعالى: * (ومن أحسن قو ممن دعا إلى الله) * قالت عائشة رضي الله عنها: هم المؤذنون. وقيل: هي أفضل منهما، وفضلت من أحدهما بلا نزاع. (و) سن (لسامعهما) سماعا يميز الحروف، وإلا لم يعتد بسماعه - كما قال شيخنا -. آخرا (أن يقول ولو غير متوضئ) أو جنبا أو حائضا - خلافا للسبكي فيهما - أو مستنجيا فيما يظهر، (مثل قولهما إن لم يلحنا لحنا يغير المعنى). فيأتي بكل كلمة عقب فراغه منها، حتى في الترجيع وإن لم يسمعه. ولو سمع بعض الاذان أجاب فيه وفيما لم يسمعه. ولو ترتب المؤذنون أجاب الكل ولو بعد صلاته. ويكره ترك إجابة الاول. ويقطع للاجابة القراءة والذكر والدعاء. وتكره لمجامع وقاضي حاجة، بل يجيبان بعد الفراغ، كمصل إن قرب الفصل، لا لمن بحمام، ومن بدنه ما عدا فمه نجس وإن وجد ما يتطهر به. (إلا في حيعلات فيحوقل) المجيب، أي يقول فيها: لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم. أي لا تحول عن معصية الله إلا به ولا قوة على طاعته إلا بمعونته. (ويصدق) أي يقول: صدقت وبررت، مرتين. أي صرت ذا بر، أي خير كثير. (إن ثوب) أي أتى بالتثويب في الصبح. ويقول في كلمتي الاقامة: أقامها الله وأدامها وجعلني من صالحي أهلها. (و) سن (لكل) من مؤذن ومقيم وسامعهما (أن يصلي) ويسلم (على النبي) (ص) (بعد فراغهما)، أي بعد فراغ كل منهما إن طال فصل بينهما، وإلا فيكفي لهما دعاء واحد. (ثم) يقول كل منهم رافعا يديه: (اللهم رب هذه الدعوة) أي الاذان والاقامة، (إلى آخره). تتمته: التامة والصلاة القائمة، آت محمدا الوسيلة والفضيلة وابعثه مقاما محمودا الذي وعدته. والوسيلة هي أعلى درجة في الجنة. والمقام المحمود مقام الشفاعة في فصل القضاء يوم القيامة. ويسن أن يقول بعد أذان المغرب: اللهم هذا إقبال ليلك وإدبار نهارك وأصوات دعاتك فاغفر لي. وتسن الصلاة على النبي (ص) قبل الاقامة، على ما قاله النووي في شرح الوسيط، واعتمده شيخنا ابن زياد، وقال: أما قبل الاذان فلم أر في ذلك شيئا. وقال الشيخ الكبير البكري أنها تسن قبلهما، ولا يسن محمد رسول الله بعدهما. قال الروياني في البحر: يستحب أن يقرأ بين الاذان والاقامة آية الكرسي لخبر: إن من قرأ ذلك بين الاذان والاقامة لم يكتب عليه ما بين الصلاتين.

 

Peringatan:

Sunah mengangkat suara waktu azan, di atas pendengaran sendiri bagi munfarid. Sedang bagi azan untuk sholat jamaah, sunah dapat terdengar salah satu dari mereka. Kedua orang tersebut sunah mengangkat suara setinggitingginya, sebab hal ini diperintahkan. Sunah merendahkan suara azan, jika dilakukan di mushalla yang sedang dilaksanakan sholat . berjamaah dan orang-orangnya telah bubar.

Dalam azan sunah tartil, dan cepat-cepat dalam ikamah. Mensukun huruf ra’ pada takbir yang pertama: Jika tidak membaca sukun, maka menurut pendapat Al-Ashah adalah membaca dhammah. Juga sunah membaca idgham huruf dal lafal مُحَمَّدٍ ke dalam ra’ lafal رَسُوْلُ الله , sebab meninggalkan itu, adalah termasuk “Lahn khafi” (kesalahan baca yang tersembunyi). Sebaiknya, mengucapkan fia’ lafal الصلاة (pada kedua Hayya).

Makruh azan dan ikamah bagi orang yang dalam keadaan hadas, anak kecil dan orang fasik. Dan tidak sah menyerahkan (azan dan ikamah) kepada anak kecil dan orang fasik. Azan dan ikamah, adalah lebih utama daripada Imamah, dasarnyai adalah firmah Aliah swt.: Tiada yang lebih bagus daripada orang yang menyeru kepada Allah (dengan tauhid)”. Dalam hal ini, Aisyah menjelaskan: Mereka adalah orang yang azan. Dikatakan: Imamah (menjadi imam) adalah lebih utama daripada azan dan ikamah. Dalam pada itu, tanpa diperselisihkan lagi, bahwa menjadi imam sholat adalah lebih utama daripada melakukan azan atau ikamah saja.

Sunah bagi yang mendengarkan azan atau ikamah -dengan pendengaran yang dapat membedakan huruf-hurufnya, jika tidak demikian, maka tidak dianggap mendengar, menurut pendapat Guru kami agar ikut mengucapkan seperti ucapan azan dan ikamah (yang diucapkan muazin), sekalipun dia tidak punya wudu, sedang junub atau haid: -menurut Imam As-Subki, orang junub dan haid tidak sunah – menjawabnyaatau sedang istinja (jika tidak di dalam WC), menurut pendapat yang lahir, jika memang kesemuanya itu tidak sampai terjadi aksi-aksian yang dapat mengubah makna azan atau ikamah.

Untuk itu, begitu selesai kalimat azan atau ikamah diucapkan, supaya segera menirukannya, sekalipun dalam tarji’ yang dia sendiri tidak mendengarnya. Jika seseorang hanya mendengar sebagian kalimat azan, maka hendaklah menirukannya dan menirukan yang tidak dia dengar. Jika azan itu dilakukan oleh para muazin berkali-kali secara tertib, maka sunah menjawab “ kesemuanya, sekalipun ia sendiri telah menunaikan sholat. (Namun) makruh jika tidak menjawab azan yang pertama.

(Jika orang yang mendengarkan azan) sedang terleka membaca Algur-an, zikir atau doa, maka sunah memutusnya untuk menjawab azan. Makruh bagi orang yang sedang bersetubuh dan mendatangi hajat, menjawab azan, akan tetapi mereka agar menjawabnya sesudah selesai. Sebagai. mana halnya dengan orang – yang sedang sholat, semua itu jika masa yang memisahkan belum begitu lama.

Tidak makruh menjawab azan bagi orang yang berada di kamar mandi dan orang yang badannya, bukan mulutnya, terdapat najis, sekalipun ia menemukan perkara yang dipergunakan menyucikan. (Menirukan sesuai kalimat azan dan ikamah), kecuali pada kalimat-kalimat Hayya. Untuk itu, orang yang menjawab, hendaknya membaca Hauqalah, yaitu mengucapkan: Laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil azhiim, yaitu: Tiada daya untuk menyingkir dari maksiat, dan tiada upaya untuk berbuat taat, kecuali atas pertolongan Allah.

Hendaklah ber-tashdiq, yaitu membaca “Shadaqta wa barirta” sebanyak dua kali (Engkau benar dan banyak memangku kebagusan), di saat muazin, bertatswib waktu Subuh. Ketika diucapkan dua kalimat ikamah (Qadqamatish shalah), supaya pendengar membaca Agamahallah wa adamaha ….. dan seterusnya. (Semoga Allah berkenan menegakkan dan melanggengkan sholat, “juga menjadikanku termasuk golongan orang-orang yang saleh dalam mengemban sholat).

Sunah bagi kesemuanya, baik muazin, orang yang ikamah dan pendengarnya, membaca salawat salam kepada Nabi saw. setelah selesai masing-masing azan dan ikamah. Maksudnya, setelah masing-masing azan dan ikamah dikumandangkan, jika di antara keduanya berselang waktu yang lama. Kalau tidak demikian, cukuplah untuk keduanya diucapkan satu doa saja. Lalu mereka meneruskan dengan menengadahkan kedua tangan dan berucap: Allahumma ……. dan seterusnya. (Ya, Allah, Tuhan Pemilik panggilan yang selamat -azan dan ikamahdan sholat yang akan didirikan, datangkanlah pada Nabi Muhammad wasilah dan fadhilah dan utuslah beliau pada derajat yang terpuji, yang telah Engkau janjikan).

Wasilah adalah derajat yang tertinggi di dalam surga, sedangkan Maqamul Mahmudah adalah suatu derajat syafaat di. hari kiamat waktu pemutusan hukum. Sunah membaca sesudah azan Magrib: Allahumma …, dan seterusnya. (Ya, Allah, inilah permulaan malam-Mu, penutup sang-Mu dan suara-suara orang yang memanggil ke jalan-Mu, maka ampunilah dosaku!).

Sunah sebelum ikamah, membaca selawat kepada Nabi saw., sebagaimana yang dikemukakan oleh Imam An-Nawawi dalam Syarah Al-Wasith, yang kemudian dibuat pegangan oleh Guru kami, Ibnu Ziyad. Kemudian beliau menambahkan: Adapun pembacaan salawat sebelum azan, saya tidak pernah menemukan dasar hukum sama sekali. Asy-Syekh Al-Kabir Al-Bakri berkata: Pembacaan salawat adalah disunahkan sebelum azan dan ikamah, dan tidak disunahkan membaca Muhammad Rasulullah sesudahnya.

 

Imam Ar-Rauyani dalam kitab Al-Bahr berkata: Sunah membaca ayat Kursi di antara azan dan ikamah, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis: “Sungguh orang yang mau membaca ayat Kursi di antara azan dan “ikamah, maka dosa-, dosa yang terjadi antara dua sholat tidak akan dicatat.”

 

 فرع) أفتى البلقيني فيمن وافق فراغه من الوضوء فراغ المؤذن، بأنه يأتي بذكر الوضوء لانه للعبادة التي فرغ منها، ثم بذكر الاذان. قال: وحسن أن يأتي بشهادتي الوضوء ثم بدعاء الاذان لتعلقه بالنبي (ص)، ثم بالدعاء لنفسه.

 

 

Cabang:

Imam Al-Bulqini mengeluarkan fatwa tentang orang yang selesai berwudu dan bertepatan dengan selesai azan muazin, bahwa orang tersebut hendaknya membaca zikir wudu, sebab ini adalah ibadah tersendiri, lalu membaca zikir azan.

Beliau berkata lagi: Yang baik, hendaknya dia membaca dua kalimat syahadat wudu dulu, kemudian disambung dengan doa azan, sebab doa ini berkaitan langsung dengan Nabi saw., baru berdoa untuk dirinya.

 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama