Terjemah Alfiyah ibnu Malik
Judul kitab asal: Alfiyah ibn Malik atau Al-Khulasa al-Alfiyya ( الخلاصة)
Pengarang: Ibnu Malik ( محمد بن عبد الله بن مالك الطائي الجياني)
Nama yang dikenal di Arab: على الجارم ومصطفي أمين
Kelahiran: 600 Masehi, Jaén, Spanyol
Meninggal: Spanyol, w. 672 H /22 Februari 1274 M
Bab Ma’rifat dengan Alat Ta’rif
Bab Ibtida’ (Mubtada’ dan Khabar)
Bab Kana dan Saudara-saudaranya
Bab Maa, Laa, Laata, dan In yang beramal Laisa
Bab Inna dan Saudara-saudaranya
Bab Zhonna dan Saudara-saudaranya
Bab A’lama dan Ara
Bab Fa’il (Subyek) dan Maf'ul (Obyek)
Bab Naibul Fa’il
Bab Istighol
Bab Fi’il Muta’adi dan Fi’il Lazim
Bab Tanaazu’ Dalam Amal
Bab Maf’ul Muthlaq
Bab Maf’ul Lah
Bab Maf’ul Fih-Zhorof
Bab Maf’ul Ma’ah
Bab Istitsna’
Bab Haal (Kata keterangan keadaan)
Bab Tamyiz
Bab Huruf Jar
Bab Idhofah
أفعال المقاربة
Af'alul Muqorobah
ككان كاد وعسى لكن ندر غير مضارع لهذين خبر
kada dan asa itu seperti kana,
tetapi jarang bagi keduanya khabar selain mudlori’
وكونه بدون أن بعد عسى نزر وكاد الأمر فيه
عكسا
khabar tanpa an yang setelah asa itu
jarang, perkara ini dalam kada itu terbalik
وكعسى جرى ولكن جعلا خبرها حتما بأن متصلا
hara itu seperti asa, tetapi
khabarnya dijadikan sambung dengan an secara wajib
وألزموا اخلولق أن مثل حرى
ulama’ mewajibkan an terhadap ikhlaulaqo, seperti hara
وبعد أوشك انتفا أن نزرا
tiadanya an setelah ausyaka itu
langka
ومثل كاد في الأصحّ كربا
karoba itu seperti kada dalam pendapat yang paling benar
وترك أن مع ذي الشروع وجبا كأنشأ السائق يحدو
وطفق كذا جعلت وأخذت وعلق
meninggalkan an bersama af’alus
syuru’ itu wajib, seperti ansya’a yahdzu thofiq, begitu jug jaaltu akhotu dan
aliq
واستعملوا مضارعا لأوشكا وكاد لا غير وزادوا
موشكا
orang arab menggunakan mudlori’nya
ausyaka dan kada, tidak lainya, dan mereka menambagi musyika
بعد عسى اخلولق أوشك قد يرد غنى بأن يفعل عن
ثان فقد
setelah asa , ikhlaulaqo, ausyaka
terkadang terjadi membutuhkan an yafa’an , tidak butuh yang kedua yang hilang
وجرّدن عسى أو ارفع مضمرا بها إذا اسمّ قبلها
قد ذكرا
sunyikan asa (dari dlomir) atau
rafa’kan dlomir dengan asa jika isim telah disebut sebelum asa
والفتح والكسر أجز في السين من نحو عسيت
وانتفا الفتح زكن
perbolehkan fathah dan kasro di sin
dari asaitu, terpilihhnya fatah itu diketahuin