Terjemah Kitab Alfiyah Ibnu Malik; Af'alul Muqorobah; أفعال المقاربة



Terjemah Alfiyah ibnu Malik


Judul kitab asal: Alfiyah ibn Malik atau Al-Khulasa al-Alfiyya ( الخلاصة)

Pengarang: Ibnu Malik ( محمد بن عبد الله بن مالك الطائي الجياني)

Nama yang dikenal di Arab: على الجارم ومصطفي أمين

Kelahiran: 600 Masehi,   Jaén, Spanyol

Meninggal: Spanyol, w. 672 H /22 Februari 1274 M


Daftar Isi:

Muqaddimah

Bab Kalam dan Susunannya

Bab Mu’rab dan Mabni

Bab Nakirah dan Ma’rifat

Bab Isim Alam

Bab Isim Isyaroh

Bab Isim Maushul

Bab Ma’rifat dengan Alat Ta’rif

Bab Ibtida’ (Mubtada’ dan Khabar)

Bab Kana dan Saudara-saudaranya

Bab Maa, Laa, Laata, dan In yang beramal Laisa

Bab Af’aalul Muqorabah

Bab Inna dan Saudara-saudaranya

Bab Laa Nafi Jenis

Bab Zhonna dan Saudara-saudaranya

Bab A’lama dan Ara

Bab Fa’il (Subyek) dan Maf'ul (Obyek)

Bab Naibul Fa’il

Bab Istighol

Bab Fi’il Muta’adi dan Fi’il Lazim

Bab Tanaazu’ Dalam Amal

Bab Maf’ul Muthlaq

Bab Maf’ul Lah

Bab Maf’ul Fih-Zhorof

Bab Maf’ul Ma’ah

Bab Istitsna’

Bab Haal (Kata keterangan keadaan)

Bab Tamyiz

Bab Huruf Jar

Bab Idhofah

 

 

أفعال المقاربة

Af'alul Muqorobah

 

ككان كاد وعسى لكن ندر غير مضارع لهذين خبر

kada dan asa itu seperti kana, tetapi jarang bagi keduanya khabar selain mudlori’

 

وكونه بدون أن بعد عسى نزر وكاد الأمر فيه عكسا

khabar tanpa an yang setelah asa itu jarang, perkara ini dalam kada itu terbalik

 

وكعسى جرى ولكن جعلا خبرها حتما بأن متصلا

hara itu seperti asa, tetapi khabarnya dijadikan sambung dengan an secara wajib

 

وألزموا اخلولق أن مثل حرى

ulama’ mewajibkan an terhadap ikhlaulaqo, seperti hara

 

وبعد أوشك انتفا أن نزرا

tiadanya an setelah ausyaka itu langka

 

ومثل كاد في الأصحّ كربا

karoba itu seperti kada dalam pendapat yang paling benar

 

وترك أن مع ذي الشروع وجبا كأنشأ السائق يحدو وطفق كذا جعلت وأخذت وعلق

meninggalkan an bersama af’alus syuru’ itu wajib, seperti ansya’a yahdzu thofiq, begitu jug jaaltu akhotu dan aliq

 

واستعملوا مضارعا لأوشكا وكاد لا غير وزادوا موشكا

orang arab menggunakan mudlori’nya ausyaka dan kada, tidak lainya, dan mereka menambagi musyika

 

بعد عسى اخلولق أوشك قد يرد غنى بأن يفعل عن ثان فقد

setelah asa , ikhlaulaqo, ausyaka terkadang terjadi membutuhkan an yafa’an , tidak butuh yang kedua yang hilang

 

وجرّدن عسى أو ارفع مضمرا بها إذا اسمّ قبلها قد ذكرا

sunyikan asa (dari dlomir) atau rafa’kan dlomir dengan asa jika isim telah disebut sebelum asa

 

والفتح والكسر أجز في السين من نحو عسيت وانتفا الفتح زكن

perbolehkan fathah dan kasro di sin dari asaitu, terpilihhnya fatah itu diketahuin

 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama