Judul kitab asal: Alfiyah ibn Malik atau Al-Khulasa al-Alfiyya ( الخلاصة)
Pengarang: Ibnu Malik ( محمد بن عبد الله بن مالك الطائي الجياني)
Nama yang dikenal di Arab: على الجارم ومصطفي أمين
Kelahiran: 600 Masehi, Jaén, Spanyol
Meninggal: Spanyol, w. 672 H /22 Februari 1274 M
Bab Ma’rifat dengan Alat Ta’rif
Bab Ibtida’ (Mubtada’ dan Khabar)
Bab Kana dan Saudara-saudaranya
Bab Maa, Laa, Laata, dan In yang beramal Laisa
Bab Inna dan Saudara-saudaranya
Bab Zhonna dan Saudara-saudaranya
Bab A’lama dan Ara
Bab Fa’il (Subyek) dan Maf'ul (Obyek)
Bab Naibul Fa’il
Bab Istighol
Bab Fi’il Muta’adi dan Fi’il Lazim
Bab Tanaazu’ Dalam Amal
Bab Maf’ul Muthlaq
Bab Maf’ul Lah
Bab Maf’ul Fih-Zhorof
Bab Maf’ul Ma’ah
Bab Istitsna’
Bab Haal (Kata keterangan keadaan)
Bab Tamyiz
Bab Huruf Jar
Bab Idhofah
ظن وأخواتها
Zhonna dan Saudara-saudaranya
انصب بفعل القلب جزأي ابتدا أعني رأى خال علمت
وجدا
Nashabkanlah sebab Fi’il Qulub
terhadap dua juz ibtida (Mubtada dan Khabar), yakni aku maksudkan adalah:
Ro’aa, Khoola, ‘Alima, Wajada.
ظنّ حسبت وزعمت مع عدّ حجا درى وجعل الذ كاعتقد
Zhonna, Hasiba dan Za’ama,
berikutnya ‘Adda, Hajaa, Daroo, juga Ja’ala yg seperti arti I’taqada
(mempercayai).
وهب تعلّم والتي كصّيرا أيضا بها انصب مبتدأ ً
وخبرا
nahobkan dua bagian mubtada’ dengan
fiil hati, saya maksud roa khola alimu wajada, dzonna, hasibtu, zaamtu seta
ada, haja , dara dan jaala yang seperti i’taqoda dan hab , taallam. yang
seperti soyyaro juga nashobkan mubtada’ dan khobar
وَخُصَّ بِالْتَّعْلِيْقِ وَالإِلْغَاء مَا مِنْ
قَبْلِ هَبْ وَالأَمْرَ هَبْ قَدْ أُلْزِمَا
Hukum Ta’liiq dan Ilghaa’ hanya
dikhususkan untuk Saudara-saudara Zhonna yg disebut sebelum HAB! (lihat redaksi
Bait-bait sebelumnya). Dan untuk HAB! Ditetapkan pada bentuk amarnya saja
(tidak mutasharrif)
كَذَا تَعَلَّمْ وَلِغَيْرِ الْمَاضِ مِنْ سِوَاهُمَا
اجْعَلْ كُلَّ مَا لَهُ زُكِنْ
Seperti juga TA’ALLAM! (sama dengan
HAB!). Dan pada bentuk selain fi’il madhi (Zhonna Cs) selain HAB dan TA’ALLAM,
jadikanlah semua hukum yg biasa berlaku pada fi’il madhinya.
وَجَوِّزِ الإِلْغَاء لاَ فِي الإبْتِدَا وَانْوِ
ضَمِيْرَ الشَّانِ أَوْ لاَمَ ابْتِدَا
Perbolehkan menghukumi Ilgha (ZHONNA
CS – AF’ALUL QULUB MUTASHARRIF) yang bukan berada di awal kalimat.
Dan mengiralah dhamir syaen atau lam
ibtida’…
فِي مُوهِمٍ إِلْغَاء مَا تَقَدَّمَا وَالْتَزِمِ
الْتَّعْلِيْقَ قَبْلَ نَفْي مَا
…didalam
perkataan seorang Muhim (anggapan benar) terhadap hukum Ilgha-nya yg ada di
awal kalimat.
Dan wajibkanlah menghukumi Ta’liq
padanya yg berada sebelum MAA NAFI, …
وَإِنْ وَلاَ لاَمُ ابْتِدَاءٍ أَوْ قَسَمْ كَذَا
وَالاسْتِفْهَامُ ذَا لَهُ انْحَتَمْ
IN NAFI dan LAA NAFI, demikian juga LAM IBTIDA
atau LAM QOSAM. Adapun ta’liq juga wajib dikarenakan ada ISTIFHAM.
أعلم وأرى