Terjemah Alfiyah ibnu Malik
Judul kitab asal: Alfiyah ibn Malik atau Al-Khulasa al-Alfiyya ( الخلاصة)
Pengarang: Ibnu Malik ( محمد بن عبد الله بن مالك الطائي الجياني)
Nama yang dikenal di Arab: على الجارم ومصطفي أمين
Kelahiran: 600 Masehi, Jaén, Spanyol
Meninggal: Spanyol, w. 672 H /22 Februari 1274 M
Bab Ma’rifat dengan Alat Ta’rif
Bab Ibtida’ (Mubtada’ dan Khabar)
Bab Kana dan Saudara-saudaranya
Bab Maa, Laa, Laata, dan In yang beramal Laisa
Bab Inna dan Saudara-saudaranya
Bab Zhonna dan Saudara-saudaranya
Bab A’lama dan Ara
Bab Fa’il (Subyek) dan Maf'ul (Obyek)
Bab Naibul Fa’il
Bab Istighol
Bab Fi’il Muta’adi dan Fi’il Lazim
Bab Tanaazu’ Dalam Amal
Bab Maf’ul Muthlaq
Bab Maf’ul Lah
Bab Maf’ul Fih-Zhorof
Bab Maf’ul Ma’ah
Bab Istitsna’
Bab Haal (Kata keterangan keadaan)
Bab Tamyiz
Bab Huruf Jar
Bab Idhofah
الْنَّكِرَةُ وَالْمَعْرِفَةُ
نَكِرَةٌ قَـــــابِلُ أَلْ مُؤثِّــــرَاً ¤ أَوْ
وَاقِعٌ مَوْقِعَ مَا قَدْ ذُكِرَا
Nakirah adalah Isim yang dapat
menerima AL pemberi bekas ma’rifat, atau Isim yang menempati tempatnya Isim
tersebut (dapat menerima AL Ma’rifat).
وَغَيْــرُهُ مَعْرِفَـةٌ كَــهُمْ وَذِي ¤ وَهِنْـدَ
وَابْنـيِ وَالْغُلاَمِ وَالَّذِي
Selain tersebut (pengertian Isim
Nakirah) dinamaka Ma’rifat, yaitu seperti هم (Isim Dhomir), ذي (Isim Isyaroh), هند (Isim Alam), ابني (Isim Mudhof),
الغلام (Isim yg ada AL ma’rifatnya) dan الذي (Isim Maushul).
فَمَا لِذِي غَيْبَةٍ أوْ حُضُورِ ¤ كَأَنْـتَ
وَهْـوَ سَمِّ بِالضَّمِيْرِ
Setiap Isim yang menunjukkan arti
ghaib dan hadir seperti contoh: انت dan هم , maka
namakanlah! Isim Dhomir.
وَذُو اتِّصَالٍ مِنْهُ مَا لاَ يُبْتَدَا ¤ وَلاَ
يَلِي إلاَّ اخْتِيَــــارَاً أبَــدَا
Dhomir yg berstatus Muttashil adalah
Isim Dhomir yang tidak bisa dijadikan permulaan dan tidak boleh mengiringi إلا selama masih bisa memilih demikian.
كَالْيَاءِ وَالْكَافِ مِنِ ابْني أكْرَمَكْ ¤
وَالْيَــاءِ وَالْهَا مِنْ سَلِيْهِ مَا مَلَكْ
Seperti Ya’ dan Kaf dari contoh
lafadz: ابْني أكْرَمَكْ (Ya’ Mutakallim dan Kaf Mukhothob), dan
seperti Ya’ dan Ha’ dari contoh lafadz: سَلِيْهِ مَا مَلَكْ (Ya’ Mukhotobah dan Ha’ Ghoib)
وَكُـلُّ مُضْمَرٍ لَـهُ الْبِنَا يَجِبْ ¤ وَلَفْظُ
مَا جُرَّ كَلَفْظِ مَا نُصِبْ
Semua Dhomir wajib Mabni. Lafadz
Dhomir yang dijarrkan, sama bentuknya dengan lafadz Dhomir yang dinashobkan.
لِلرَّفْعِ وَالْنَّصْبِ وَجَرَ نا صَلَحْ ¤ كَاعْـرِفْ
بِنَا فَـإِنَّنَا نِلْـنَا الْمِـنَحْ
Dhomir Muttashil نا mencocoki semua bentuknya dalam mahal Rofa’, Nashob, dan
Jarrnya. Seperti contoh lafadz: اعْرِفْ بِنَا فَإِنَّنَا نِلْنَا الْمِنَحْ ( ket. بنا = Mahal Jarr, فَإِنَّنَا = Mahal
nashab, نِلْنَا = Mahal rofa’)
وَأَلِفٌ وَالْــوَاوُ وَالْنُّوْنُّ لِمَا ¤ غَابَ
وَغَيْرِهِ كَقَامَا وَاعْلَمَا
Alif, Wau dan Nun, termasuk Dhomir
Muttashil untuk Ghoib juga Hadhir. Seperti contoh: قَامَا (Alif Dhomir Muttashil Ghoibain, artinya: “mereka berdua telah
berdiri”) dan contoh: اعْلَمَا (Alif Dhomir
Muttashil Mukhothobain, artinya: “ketahuilah kalian berdua!”).