Terjemah Kitab Alfiyyah Ibnu Malik; nakiroh dan ma'rifah; الْنَّكِرَةُ وَالْمَعْرِفَةُ

 


Terjemah Alfiyah ibnu Malik


Judul kitab asal: Alfiyah ibn Malik atau Al-Khulasa al-Alfiyya ( الخلاصة)

Pengarang: Ibnu Malik ( محمد بن عبد الله بن مالك الطائي الجياني)

Nama yang dikenal di Arab: على الجارم ومصطفي أمين

Kelahiran: 600 Masehi,   Jaén, Spanyol

Meninggal: Spanyol, w. 672 H /22 Februari 1274 M


Daftar Isi:

Muqaddimah

Bab Kalam dan Susunannya

Bab Mu’rab dan Mabni

Bab Nakirah dan Ma’rifat

Bab Isim Alam

Bab Isim Isyaroh

Bab Isim Maushul

Bab Ma’rifat dengan Alat Ta’rif

Bab Ibtida’ (Mubtada’ dan Khabar)

Bab Kana dan Saudara-saudaranya

Bab Maa, Laa, Laata, dan In yang beramal Laisa

Bab Af’aalul Muqorabah

Bab Inna dan Saudara-saudaranya

Bab Laa Nafi Jenis

Bab Zhonna dan Saudara-saudaranya

Bab A’lama dan Ara

Bab Fa’il (Subyek) dan Maf'ul (Obyek)

Bab Naibul Fa’il

Bab Istighol

Bab Fi’il Muta’adi dan Fi’il Lazim

Bab Tanaazu’ Dalam Amal

Bab Maf’ul Muthlaq

Bab Maf’ul Lah

Bab Maf’ul Fih-Zhorof

Bab Maf’ul Ma’ah

Bab Istitsna’

Bab Haal (Kata keterangan keadaan)

Bab Tamyiz

Bab Huruf Jar

Bab Idhofah

 

الْنَّكِرَةُ وَالْمَعْرِفَةُ

 

نَكِرَةٌ قَـــــابِلُ أَلْ مُؤثِّــــرَاً ¤ أَوْ وَاقِعٌ مَوْقِعَ مَا قَدْ ذُكِرَا

Nakirah adalah Isim yang dapat menerima AL pemberi bekas ma’rifat, atau Isim yang menempati tempatnya Isim tersebut (dapat menerima AL Ma’rifat).

 

وَغَيْــرُهُ مَعْرِفَـةٌ كَــهُمْ وَذِي ¤ وَهِنْـدَ وَابْنـيِ وَالْغُلاَمِ وَالَّذِي

Selain tersebut (pengertian Isim Nakirah) dinamaka Ma’rifat, yaitu seperti هم (Isim Dhomir), ذي (Isim Isyaroh), هند (Isim Alam), ابني (Isim Mudhof), الغلام (Isim yg ada AL ma’rifatnya) dan الذي (Isim Maushul).

 

فَمَا لِذِي غَيْبَةٍ أوْ حُضُورِ ¤ كَأَنْـتَ وَهْـوَ سَمِّ بِالضَّمِيْرِ

Setiap Isim yang menunjukkan arti ghaib dan hadir seperti contoh: انت dan هم , maka namakanlah! Isim Dhomir.

 

وَذُو اتِّصَالٍ مِنْهُ مَا لاَ يُبْتَدَا ¤ وَلاَ يَلِي إلاَّ اخْتِيَــــارَاً أبَــدَا

Dhomir yg berstatus Muttashil adalah Isim Dhomir yang tidak bisa dijadikan permulaan dan tidak boleh mengiringi إلا selama masih bisa memilih demikian.

 

كَالْيَاءِ وَالْكَافِ مِنِ ابْني أكْرَمَكْ ¤ وَالْيَــاءِ وَالْهَا مِنْ سَلِيْهِ مَا مَلَكْ

Seperti Ya’ dan Kaf dari contoh lafadz: ابْني أكْرَمَكْ (Ya’ Mutakallim dan Kaf Mukhothob), dan seperti Ya’ dan Ha’ dari contoh lafadz: سَلِيْهِ مَا مَلَكْ (Ya’ Mukhotobah dan Ha’ Ghoib)

 

وَكُـلُّ مُضْمَرٍ لَـهُ الْبِنَا يَجِبْ ¤ وَلَفْظُ مَا جُرَّ كَلَفْظِ مَا نُصِبْ

Semua Dhomir wajib Mabni. Lafadz Dhomir yang dijarrkan, sama bentuknya dengan lafadz Dhomir yang dinashobkan.

 

لِلرَّفْعِ وَالْنَّصْبِ وَجَرَ نا صَلَحْ ¤ كَاعْـرِفْ بِنَا فَـإِنَّنَا نِلْـنَا الْمِـنَحْ

Dhomir Muttashil نا mencocoki semua bentuknya dalam mahal Rofa’, Nashob, dan Jarrnya. Seperti contoh lafadz: اعْرِفْ بِنَا فَإِنَّنَا نِلْنَا الْمِنَحْ ( ket. بنا = Mahal Jarr, فَإِنَّنَا = Mahal nashab, نِلْنَا = Mahal rofa’)

 

وَأَلِفٌ وَالْــوَاوُ وَالْنُّوْنُّ لِمَا ¤ غَابَ وَغَيْرِهِ كَقَامَا وَاعْلَمَا

Alif, Wau dan Nun, termasuk Dhomir Muttashil untuk Ghoib juga Hadhir. Seperti contoh: قَامَا (Alif Dhomir Muttashil Ghoibain, artinya: “mereka berdua telah berdiri”) dan contoh: اعْلَمَا (Alif Dhomir Muttashil Mukhothobain, artinya: “ketahuilah kalian berdua!”).

 

 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama