Terjemah Alfiyah ibnu Malik
Judul kitab asal: Alfiyah ibn Malik atau Al-Khulasa al-Alfiyya ( الخلاصة)
Pengarang: Ibnu Malik ( محمد بن عبد الله بن مالك الطائي الجياني)
Nama yang dikenal di Arab: على الجارم ومصطفي أمين
Kelahiran: 600 Masehi, Jaén, Spanyol
Meninggal: Spanyol, w. 672 H /22 Februari 1274 M
Bab Ma’rifat dengan Alat Ta’rif
Bab Ibtida’ (Mubtada’ dan Khabar)
Bab Kana dan Saudara-saudaranya
Bab Maa, Laa, Laata, dan In yang beramal Laisa
Bab Inna dan Saudara-saudaranya
Bab Zhonna dan Saudara-saudaranya
Bab A’lama dan Ara
Bab Fa’il (Subyek) dan Maf'ul (Obyek)
Bab Naibul Fa’il
Bab Istighol
Bab Fi’il Muta’adi dan Fi’il Lazim
Bab Tanaazu’ Dalam Amal
Bab Maf’ul Muthlaq
Bab Maf’ul Lah
Bab Maf’ul Fih-Zhorof
Bab Maf’ul Ma’ah
Bab Istitsna’
Bab Haal (Kata keterangan keadaan)
Bab Tamyiz
Bab Huruf Jar
Bab Idhofah
BAB KALAM DAN
SESUATU YANG TERSUSUN DARINYA
PENGERTIAN
KALAM, KALIM, KALIMAT, QOUL
الْكَلاَمُ وَمَا يَتَألَّفُ مِنْهُ
كَلاَمُــنَا لَفْــظٌ مُفِيْدٌ كَاسْــتَقِمْ
¤ وَاسْمٌ وَفِعْلٌ ثُمَّ حَرْفٌ الْكَلِمْ
Kalam (menurut) kami (Ulama Nahwu) adalah
lafadz yang memberi pengertian. Seperti lafadz “Istaqim!”. Isim, Fi’il dan
Huruf adalah (tiga personil) dinamakan Kalim.
وَاحِدُهُ كَلِمَةٌ وَالْقَوْلُ عَمْ ¤
وَكَلْمَةٌ بِهَا كَلاَمٌ قَدْ يُؤمْ
Tiap satu dari (personil Kalim)
dinamakan Kalimat. Adapun Qaul adalah umum. Dan dengan menyebut Kalimat
terkadang dimaksudkan adalah Kalam.
BENTUK
KALIMAT-KALIMAT DAN CIRI-CIRINYA
بِالجَرِّ وَالتّنْوِيْنِ وَالنِّدَا وَاَلْ ¤
وَمُسْنَدٍ لِلإسْمِ تَمْيِيْزٌ حَصَلْ
Dengan sebab Jar, Tanwin, Nida’, Al,
dan Musnad, tanda pembeda untuk Kalimat Isim menjadi berhasil.
بِتَا فَعَلْتَ وَأَتَتْ وَيَا افْعَلِي ¤
وَنُوْنِ أَقْبِلَنَّ فِعْـــلٌ يَنْجَلِي
Dengan tanda Ta’ pada lafadz Fa’alta
dan lafadz Atat, dan Ya’ pada lafadz If’ali, dan Nun pada Lafadz Aqbilanna, Kalimat
Fi’il menjadi jelas.
سِوَاهُمَا الْحَرْفُ كَهَلْ وَفِي وَلَمْ ¤
فِعْـــلٌ مُـضَــارِعٌ يَلِي لَمْ كَـيَشمْ
Selain keduanya (ciri Kalimah Isim
dan ciri Kalimah Fi’il) dinamaan Kalimah Huruf, seperti lafadz Hal, Fi, dan
Lam. Ciri Fi’il Mudhori’ adalah dapat mengiringi Lam, seperti lafadz Lam
Yasyam.
وَمَاضِيَ الأَفْعَالِ بِالتَّا مِزْ وَسِمْ ¤
بِالنُّـــوْنِ فِعْلَ الأَمْرِ إِنْ أَمْرٌ فُهِمْ
Dan untuk ciri Fi’il Madhi,
bedakanlah olehmu! dengan tanda Ta’. Dan namakanlah! Fi’il Amar dengan tanda
Nun Tauqid (sebagi cirinya) apabila Kalimah itu difahami sebagai kata perintah.
وَالأَمْرُ إِنْ لَمْ يَكُ لِلنّوْنِ مَحَلْ ¤
فِيْهِ هُوَ اسْمٌ نَحْوُ صَهْ وَحَيَّهَلْ
Kata perintah jika tidak dapat
menerima tempat untuk Nun Taukid, maka kata perintah tersebut dikategorikan
Isim, seperti Shah! dan Hayyahal!