Terjemah Kitab Alfiyyah Ibnu Malik; ma, la, lata dan in yang diserupakan dengan laisa; فصل في ما ولا ولات وإن المشبهات بليس

 


Terjemah Alfiyah ibnu Malik


Judul kitab asal: Alfiyah ibn Malik atau Al-Khulasa al-Alfiyya ( الخلاصة)

Pengarang: Ibnu Malik ( محمد بن عبد الله بن مالك الطائي الجياني)

Nama yang dikenal di Arab: على الجارم ومصطفي أمين

Kelahiran: 600 Masehi,   Jaén, Spanyol

Meninggal: Spanyol, w. 672 H /22 Februari 1274 M


Daftar Isi:

Muqaddimah

Bab Kalam dan Susunannya

Bab Mu’rab dan Mabni

Bab Nakirah dan Ma’rifat

Bab Isim Alam

Bab Isim Isyaroh

Bab Isim Maushul

Bab Ma’rifat dengan Alat Ta’rif

Bab Ibtida’ (Mubtada’ dan Khabar)

Bab Kana dan Saudara-saudaranya

Bab Maa, Laa, Laata, dan In yang beramal Laisa

Bab Af’aalul Muqorabah

Bab Inna dan Saudara-saudaranya

Bab Laa Nafi Jenis

Bab Zhonna dan Saudara-saudaranya

Bab A’lama dan Ara

Bab Fa’il (Subyek) dan Maf'ul (Obyek)

Bab Naibul Fa’il

Bab Istighol

Bab Fi’il Muta’adi dan Fi’il Lazim

Bab Tanaazu’ Dalam Amal

Bab Maf’ul Muthlaq

Bab Maf’ul Lah

Bab Maf’ul Fih-Zhorof

Bab Maf’ul Ma’ah

Bab Istitsna’

Bab Haal (Kata keterangan keadaan)

Bab Tamyiz

Bab Huruf Jar

Bab Idhofah

 

فصل في ما ولا ولات وإن المشبهات بليس

Fasal Menerangkan ma , la, lata dan in yang diserupakan dengan laisa

 

إعمال ليس أعملت ما دون إن ۞ مع بقا النّفي وترتيب زكن

Amalnya laisa di amalkan kepada ma, yang tanpa in , serta tetapnya nafi dan tertib yang diketahui

 

وسبق حرف جرّ ٍ أو ظرف ٍ كما ۞ بي أنت معنيّا ً أجاز العلما

dahulunya huruf jer atau dzaraf seperti bi anta ma’niya itu ulama’ memperbolehkan

 

ورفع معطوفٍ بلكن أو ببل ۞ من بعد منصوبٍ بما الزم حيث حل

wajibkan rofaknya kalimat yang di athofkan dengan lakin atau bal yang setelah kalimat yang dinashabkan dengan ma, dimanapun berada.

 

وبعد ما وليس جرّ البا الخبر ۞ وبعد لا ونفي كان قد يجر

ba’ mengejerkan khabar setelah ma dan laisa, dan ba’ terkadang mengejerka setelah la dan nafinya kana

 

في النّكرات أعملت كليس لا ۞ وقد تلي لات وإن ذا العملا

la di amalkan seperti laisa dalam isim-isim nakirah,

 

وما للات في سوى حين عمل ۞ وحذف ذي الرّفع فشاو العكس قل

tiada amal bagi lata di selain waktu. pembuangan rafak ini itu mashur dan kebalikanya itu sedikit

 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama