Terjemah Alfiyah ibnu Malik
Judul kitab asal: Alfiyah ibn Malik atau Al-Khulasa al-Alfiyya ( الخلاصة)
Pengarang: Ibnu Malik ( محمد بن عبد الله بن مالك الطائي الجياني)
Nama yang dikenal di Arab: على الجارم ومصطفي أمين
Kelahiran: 600 Masehi, Jaén, Spanyol
Meninggal: Spanyol, w. 672 H /22 Februari 1274 M
Bab Ma’rifat dengan Alat Ta’rif
Bab Ibtida’ (Mubtada’ dan Khabar)
Bab Kana dan Saudara-saudaranya
Bab Maa, Laa, Laata, dan In yang beramal Laisa
Bab Inna dan Saudara-saudaranya
Bab Zhonna dan Saudara-saudaranya
Bab A’lama dan Ara
Bab Fa’il (Subyek) dan Maf'ul (Obyek)
Bab Naibul Fa’il
Bab Istighol
Bab Fi’il Muta’adi dan Fi’il Lazim
Bab Tanaazu’ Dalam Amal
Bab Maf’ul Muthlaq
Bab Maf’ul Lah
Bab Maf’ul Fih-Zhorof
Bab Maf’ul Ma’ah
Bab Istitsna’
Bab Haal (Kata keterangan keadaan)
Bab Tamyiz
Bab Huruf Jar
Bab Idhofah
لا التي لنفى الجنس
La yang untuk menafikan jenis
عمل إنّ اجعل للا في نكره مفردة ً جاءتك أو
مكرّرة
jadikan amal inna pada la yang masuk
dalam isim nakirah, secara mufrod atau di ulang ulang
فانصب بها مضافا أو مضارعه وبعد ذاك الخبر
اذكر رافعه
maka nashobkan mudlof atau yang
menyerupai mudlof, setelah itu sebutlah khobar seraya merafa’kan
وَرَكّبِ الْمُفْرَدَ فَاتِحَاً كَلاَ حَوْلَ
وَلاَ قُوَّةَ وَالْثَّانِ اجْعَلاَ
Tarkibkanlah olehmu (menjadikan satu
tarkib antara LAA dan Isimnya) terhadap isimnya yg mufradah (bukan
mudhaf/syabihul-mudhaf) dengan menfat-hahkannya (menghukumi mabni fathah karena
satu tarkib dengan LAA). Seperti: “LAA-HAULA” wa “LAA-QUWWATA”,
Dan terhadap lafazh yg kedua (dari
contoh LAA yg diulang-ulang: (1) “LAA-HAULA” wa (2) “LAA-QUWWATA”) boleh kamu
jadikan ia.. (lanjut ke bait 4)
مَرْفُوْعَاً أوْ مَنْصُوباً أوْ مُرَكَّباً
وَإِنْ رَفَعْتَ أَوَّلاً لاَ تَنْصِبَا
.dirofa’kan atau dinashabkan atau
ditarkib, jika kamu mefofa’kan lafazh yg pertama, maka janganlah kamu
menashabka lafazh yg kedua.
ومفردا ً نعتا ً لمبنيّ يلي … فافتح أو انصبن
أو ارفع تعدل
Terhadap mufrod (bukan mudhaf/shibhul mudhaf)
yang na’at secara langsung (tanpa ada pemisah) pada isim LAA yg mabni maka
fathahkanlah atau nashabkanlah atau rofa’kanlah demikian kamu adil.
وغير ما يلي وغير المفرد … لا تبن وانصبه أو
الرّفع اقصد
Na’at yg tidak mengiringi langsung (ada
pemisah) dan na’at yg tidak mufrad (mudhaf/syabih mudhaf) janganlah kamu
memabnikannya, tapi nashabkanlah atau kehendakilah dengan merofa’kannya.
والعطف إن لم تتكرّر لا احكما … له بما للنّعت
ذي الفصل انتمى
Adapun ‘Athaf, jika LAA tidak diulang-ulang
maka hukumilah ma’thufnya dengan hukum yg dinisbatkan pada Na’at yg Fashl
(boleh nashab dan rofa’ tidak boleh mabni, lihat bait ke 6).
وأعط لا مع همزة استفهام … ما تستحق دون
الاستفهام
Beikanlah pada LAA NAFI JINSI yg menyertai
HAMZAH ISTIFHAM, dengan hukum yg menhakinya ketika tanpa adanya HAMAZAH
ISTIFHAM.
وشاع في ذا الباب إسقاط الخبر إذا المراد مع سقوطه ظهر
pembuangan khobar itu masyhur dalam
bab ini, jika yang diharapkan ketika pembuangan khobar itu jelas