Terjemah Kitab Alfiyah Ibnu Malik; Inna dan saudara-saudaranya

 


Terjemah Alfiyah ibnu Malik

Inna dan saudara-saudaranya

 

لانّ أنّ ليت لكنّ لعلّ ۞ كأنّ عكسّ ما لكان من عمل

kebalikan amal bagi kana itu untuk inna anna laita lakinna laalla dan ka'anna

 

كإنّ زيدا ً عالمّ بأنّي ۞ كفءّ ولكنّ ابنه ذو ضعن

sepeti inna zaida alimun bianni kufun wa lakinnahu dzu dziqhni (sesungguhnya zaid dahu bahwasanyan sesungguhnya saya itu sama, tapi anaknya punya drengki

 

وراع ذا الترتيب إلا في الذي ۞ كليت فيها أو هنا غير البذي

jagalah tertib ini kecuali dalam contoh laita fiha au huna ghoiro badzi (tiada di rumah atau di sini kecuali orang yang jelek)

 

وهمز إنّ افتح لسدّ مصدر ۞ مسدّها وفي سوى ذاك اكسر

fathahla hamzah inna karena menempatinya masdar pada tempat inna, dan di selain itu maka kasroh lah

 

فاكسر في الابتدا وفي بدء صله ۞ وحيث إنّ ليمين ٍ مكمله

maka kasrohlah di permulaan kalam , dan di permulaan silah, dan sekira inna itu menyempurnakan sumpah

 

أو حكيت بالقول أو حلّت محلّ ۞ حال كزرته وإنّي ذو أمل

atau diceritakn dengan qoul, atau menempati tempatnya hal, sepeti zurtuhu wa inni dzu amal (aku menziarahinya dalam keaadaan sesengguhnya saya punya harapan)

 

وكسروا من بعد فعل علّقا ۞ باللام كاعلم إنّه لذو تقى

orang arab menkasroh jika jatuh setelah fi’i yang dihubungkan dengan lam, seperti i’lam innuhu ladzu tuqo ( ketahuilah sesungguhnya dia punya ketakwaan)

 

بعد إذا فجاءةٍ أو قسم ۞ لا لام بعده بوجهين نمي

setelah idza yang bermakna kaget, atau qosam yang tiada lam setelah qosam, itu punya dua wajah

 

مع تلو فا الجزا وذا يطّرد ۞ في نحو خير القول إنّي أحمد

serta setelah fa jaza, dan ini berlaku di contoh khoirul qoili inni ahmadu(sebaik ucapan itu saya memuji)

 

وبعد ذات الكسر تصحب الخبر ۞ لام ابتداءٍ نحو إنّي لوزر

setelah inna yang membunyai harakat hasroh, lam ibtida’ dapat bersama khobar. seperti inni lawazar (sesunnguhnya saya berdosa)

 

ولا يلي ذي اللام ما قد نفيا ۞ ولا من الأفعال ما كرضيا

lam ini tidak setelah kalam yang di nafi kan, dan tidak fiil-fiil yang seperti rodliya

 

وقد يليها مع قد كإنّ ذا  لقد سما على العدا مستحوذا

 Terkadang khabar fi’liyah yg seperti RODHIYA tsb, bisa dapat mengiringi Lam Ibtida dg syarat menyertai QOD (huruf tahqiq). Seperti contoh: INNA DZA LA QOD SAMA ‘ALAL-‘IDAA MUSTAHWIDZAN “sungguh ia ternama karena mengalahkan lawan-lawannya”

 

وتصحب الواسط معمول الخبر والفصل واسما ً حلّ قبله الخبر

Lam Ibtida juga boleh masuk pada: (1) Ma’mulnya khobar yg menengahi (antara isim inna dan khobarnya), (2) dhamir fashl, (3) isimnya inna yg khobarnya menempati di sebelumnya (khobar muqaddam).

 

ووصل ما بذي الحروف مبطل … إعمالها وقد يبقى العمل

WA WASHLU MAA BI DZIL-HURUUFI MUBTHILU # I’MAALA HAA WA QOD YUBAQQOL-‘AMALU.

Bersambungnya “MAA” dengan INNA CS ini, membatalkan terhadap pengamalan INNA CS. Terkadang ada juga yg pengamalannya ditetapkan.

 

وجائزّ رفعك معطوفا على … منصوب إنّ بعد أن تستكملا

 Boleh kamu merofa’kan isim yg diathafkan pada isim Inna yg dinashabkan, setelah Inna menjadi sempurna (setelah ada khobarnya).

 

وألحقت بإنّ لكنّ وأن … من دون ليت ولعلّ وكأنّ

 “LAKINNA” dan “ANNA” hukumnya mengikuti “INNA” (dalam hal merofa’kan ma’thuf pada isimnya, di Bait 15 sebelumnya) selain “LAITA”, “LA’ALLA” dan “KA-ANNA”.

 

وخفّفت إنّ فقلّ العمل … وتلزم اللام إذا ما تمهل

 “INNA” yang ditakhfif (diringankan tanpa tasydid dibaca “IN”) maka jarang beramal (sering tidak beramal menashabkan isimnya) dan diharuskan ada “LAM” apabila “IN” tsb memang di-muhmal-kan (tidak beramal).

 

وربّما استغني عنها إن بدا … ما ناطقّ أراده معتمدا

 Dan kadang kali cukup tanpa “LAM” jika sudah jelas tujuan pembicara seraya meyakinkan.

 

والفعل إن لم يك ناسخا فلا … تلفيه غالبا ً بإن ذي موصلا

 Jika kalimah fi’il itu bukan fi’il nawasikh, maka lazimnya kamu tidak akan mendapatkan fi’il tersebut bersambung dengan “IN” ini (IN huruf taukid yg ditakhfif dari INNA).

 

وإن تخفف أنّ فاسمها استكن والخبر اجعل جملة ً من بعد أنّ

jika inna di ringankan maka isimnya tersimpan, dan jadikan khobar sebgai jumlah yang setelah an

 

وإن يكن فعلا ولم يكن دعا ولم يكن تصريفه ممتنعا فالأحسن الفصل بقد أو نفي أو  تنفيس ٍ أو ولو قليل ّ ذكر لو

jika khabarnya berupa jumlah fi’liyah dan tidak berupa doa , dan tasrinya tidak terlaran, maka yang lebih bagus itu dipisan dengan qod atau nafi atau tanfis atau lau, dan menyebut lau itu sedikit

 

وخفّفت كأنّ أيضا فَنُوِي منصوبها وثابتا أيضا روي

ann juga di ringankan, maka dikira-kirakan manshubnya. dan juga diriwayatkan dalam keadaan tetap

 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama