Terjemah Kitab Alfiyyah Ibnu Malik; Al-Ibtida' (Mubtada’ dan Khobar)

 


Terjemah Alfiyah ibnu Malik


Judul kitab asal: Alfiyah ibn Malik atau Al-Khulasa al-Alfiyya ( الخلاصة)

Pengarang: Ibnu Malik ( محمد بن عبد الله بن مالك الطائي الجياني)

Nama yang dikenal di Arab: على الجارم ومصطفي أمين

Kelahiran: 600 Masehi,   Jaén, Spanyol

Meninggal: Spanyol, w. 672 H /22 Februari 1274 M


Daftar Isi:

Muqaddimah

Bab Kalam dan Susunannya

Bab Mu’rab dan Mabni

Bab Nakirah dan Ma’rifat

Bab Isim Alam

Bab Isim Isyaroh

Bab Isim Maushul

Bab Ma’rifat dengan Alat Ta’rif

Bab Ibtida’ (Mubtada’ dan Khabar)

Bab Kana dan Saudara-saudaranya

Bab Maa, Laa, Laata, dan In yang beramal Laisa

Bab Af’aalul Muqorabah

Bab Inna dan Saudara-saudaranya

Bab Laa Nafi Jenis

Bab Zhonna dan Saudara-saudaranya

Bab A’lama dan Ara

Bab Fa’il (Subyek) dan Maf'ul (Obyek)

Bab Naibul Fa’il

Bab Istighol

Bab Fi’il Muta’adi dan Fi’il Lazim

Bab Tanaazu’ Dalam Amal

Bab Maf’ul Muthlaq

Bab Maf’ul Lah

Bab Maf’ul Fih-Zhorof

Bab Maf’ul Ma’ah

Bab Istitsna’

Bab Haal (Kata keterangan keadaan)

Bab Tamyiz

Bab Huruf Jar

Bab Idhofah

 

 

Al-Ibtida' (Mubtada’ dan Khobar)

 

مبتدأ زيد ّ وعاذر ّ خبر ۞ إن قلت زيد ّ عاذر ّ من اعتذر

zaid itu mubtada’ dan adzir itu khobar jika kau mengucapkan zaidun adzirun man i’dadzara (zaid memaafkan orang nyang minta maaf)

 

وأوّل ّ مبتدأ والثاني ۞ فاعل ّ اغنى في أسار ٍ ذان

yang pertama adalah mubtada’ yang keduan adalah fail yang mencukupi dalam contoh asarin dzani

 

وقس وكاستفهام النفي وقد ۞ يجوز نحو فائز ّ أولو الرّشد

dan samakanlah, dan seperti istifham adalah nafi, dan terkadan diperbolehkan seperti contoh faizun ulur rosyad

 

والثاني مبتدا وذا الوصف خبر ۞ إن في سوى الإفراد طبقا استقر

yang keduan adalah mubtada’ dan sifat ini khobar jika cocok diselain mufrod dalam penggunaanya

 

ورفعوا مبتدأ بالابتدا ۞ كذاك رفع خبر بالمبتدا

ulama’ merofakan muftada’ dengan amil ma’nawi ibtida’, begitu juga rofa’nya khobar dengan mubtada’

 

والخبر الجزء المتمّ الفائدة ۞ كالله برّ والأيادي شاهده

khobar adalah bagian yang menyempurankan fai’dah, seperti allah barr wa ayadi syahidah (Allah itu bagus dan ni’mat-ni’mat itu sebagai saksi)

 

ومفردا يأتي ويأتي جمله ۞ حاوية معنى الذي سيقت له

khobar datang secara mufrod , dan datang secara jumlah yang mengandung maknanya mubtada’ yang jumlah untuknyag

 

وإن تكن إيّاه معنى اكتفى ۞ بها كنطقي الله حسبي وكفى

dan jika jumlah adalah mubtada, secara makna maka tercukupi dengan jumlah, seperti nutqi hasbi Allah (ucapankau adalah Allah hasbi) dan cukup

 

والمفرد الجامد فارغ وإن ۞ يشتقّ فهو ذو ضمير مستكن

Khobar mufrod yang jamid itu sunyi (dari dlomir), dan jika musytaq maka punya dlomir yang disimpan

 

وأبرزنه مطلقا حيث تلا ۞ ما ليس معناه له محصّلا

dan tampakkan secara mutlaq jika khobar jatuh setelah mubtada’ yang maknanya itu tidak dihasilkan untuk khobar

 

وأخبروا بظرف ٍ أو بحرف جرّ ۞ ناوين معنى كائن ٍ أو استقر

buatlah khobar dengan dzorof atau huruf jer dengan mengira-ngirakan makan kain atau istaqor

 

ولا يكون اسم زمان خبرا ۞ عن جثة وإن يفد فأخبرا

isim zaman tidak menjadi khobar mubtadaz isim dzat, dan jika berfaidah maka buatla khobar

 

ولا يجوز الابتدا بالنّكرة ۞ ما لم تفد كعند زيد ٍ نمرة

tidak boleh mubtada’ dari isim nakirah selagi tidak berfaidah , seperti inda zaidi namirah (samping zaid ada macan)

 

وهل فتى ً فيكم فما حلّ لنا ۞ ورجل من الكرام عندنا

adakah pemuda di kalian, tidak adak kekasih bagi kami, seorang yang mulnya berada di kami

 

ورغبة ّ في الخير خير ّ وعمل ۞ برّ ٍ يزين وليقس ما لم يقل

suka kebaikan itu baik, perbuatan bagus itu menghiasi, dan samakan yang ditak di ucapkan

 

والأصل في الأخبار أن تؤخرا ۞ وجوّزوا التقديم إذ لا ضررا

yang asal dalam khobar itu hendaknya di akhirkan, dan ulam’ memperbolehkan mendahlukan jika tidak ada bahaya

 

فامنعه حين يستوي الجزءان ۞ عرفا ونكرا عادمي بيان

laranglah pendahuuuluan khobar jika kedua baigan sama dalam ma’rifan dan nakirahnya, yang tidak ada keterangan

 

كذا إذا ما الفعل كان الخبرا ۞ أو قصد استعماله منحصرا

begitu juga jika fi’il itu khobar, atau penggunanya untuk meringkas

 

أو كان مسندا لذي لام ابتدا ۞ أو لازم الصّدر كمن لي منجدا

atau di sandarkan pada lam ibtida; atau yang menetapi awal kalimat, sepert man li munjida

 

ونحو عندي درهم ّ ولي وطر ۞ ملتزم ّ فيه تقدّم الخبر

seperti contoh indi dirhamu li wathor, diwajibkan pedahuluan khobar

 

كذا إذا عاد عليه مضمر ۞ مما به عنه مبينا يخبر

 

كذا إذا يستوجب التصديرا ۞ كأين من علمته نصيرا

 

وخبر المحصور قدّم أبدا ۞ كما لنا إلا اتباع أحمدا

dahulukan selamya khobar yang diringkas , seperti ma lana illa ittibau ahmad

 

وحذف ما يعلم جائزّ كما ۞ تقول زيد ّ بعد من عندكما

membuang yang maklum itu boleh, sepeti kamu mengucapkan zaid setelah man indakuma

 

وفي جواب كيف زيد ّ قل دنف ۞ فزيد ّ استغني عنه إذ عرف

dan di jawaban kaifa zaidu (bagaimana zaid) ucapkan sedih, zaid tidak dibutuhkan karana sudah diketahui

 

وبعد لولا غالبا حذف الخبر ۞ حتم ّ وفي نصّ يمين ٍ ذا استقر

biasayan setelah laula pembuangan khobar itu wajib, dan dalam sumpah murni hukum ini tetap

 

وبعد واو عيّنت مفهوم مع ۞ كمثل كلّ صانع ٍ وما صنع

dan setelah wawu yamg bermakna ma’a, seperti kullu shoniin wa ma shona’

 

وقبل حال لا يكون خبرا ۞ عن الذي خبره قد أضمرا

 

كضربي العبد مسيئا ً وأتم ۞ تبييني الحقّ منوطا ً بالحكم

 

وأخبروا باثنين أو بأكثرا ۞ عن واحد ٍ كهم سراة ّ شعرا

orang arab membuat khobar dua atau lebih dari satu mubtada’, seperti hum sarotun syuaro

 

 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama