Mutholaah dan terjemah Kelas 4 KMI Gontor; مَسْجِدُ اٌلْقَلْعَةِ; MASJID QAL'AH (BENTENG)

 


شُيِّدَ هَذَا اَلْمَسْجِدُ فِى اَلْقَلْعَةِ اَلشٌهيرَةِ اَلْقَا ئِمةِ عَلَى جَبَلِ اَلْمُقَطَّمِ فِى اَلجَنُوبِ اَلشَّرْقِية مِنْ مَدِيْنَةِ اَلْقَا هِرَةِ قصبَةِ اَلدِّ يَارِ اَلْمِصْرِ يَةِ

Masjid ini dibangun di sebuah benteng terkenal yang berdiri di atas gunung Mokattam, arah tenggara dari kota Kairo, kota Mesir.

 

وَبُنِىَ هَذَا اَلْمَسْجِدُ عَلَى هَيئَةِ اَلْمَسِا جِدِ فِى اَلآ سِتَا نَةِ فِى رِحَابٍ وَاسِعٍ يَكْتَنِفُهُ مِنْ غَرْ بِيِّهِ وَضُرِ بَتْ عَلَيْهِ قُبَّةٌ كبيرة أَحَاطَتْ بِها مِنْ جَمِيْعِ جَوا نِبِمَا قِبَابٌ أُخْرَى صَغِيرَةٌوَاُقِيمَتِ عَلَى رَأْ سِهِ مِئذُنَتَانِ فِى غَا يَةِ اُلِاُرْتِفَاعِ وَحُسْنِ اُلْمَنْظَرِ حَتّى يَرَا هُمَا اَلْاِنْسَانُ مِنْ أَيَّةِ نُا حِيَةٍ مِنْ نَوَاحِى اَلْقَاهِرَةِ.

Dan masjid ini dibangun di area yang luas atas (kebijakan) Dewan Masjid di Astana, yang mengepung dari arah Barat, diatasnya dibuat kubah yang besar dikelilingi oleh kubah-kubah kecil di sampingnya. Di puncaknya dipasang dua menara yang sangat tinggi dan indah pemandangannya, sehingga semua orang dari arah manapun di penjuru Mesir dapat melihatnya.

 

وَقَدْ فُرِشَتْ,أرْضُ هَذَا اَلْمَسْجِدِ ألْفَخْمِ بِاْلرُخَامِ وَدُهِنَتْ جُدُرُهُ وَأَسْقُفُهُ بِألألْوَانِ ألزَّاهِيَةِ وَألأَشْكَالِ اُلْجَمِيلَةِ وَنُقِشَتْ عَلَيهَا آيَاتٌ مِنَ ألْقُرْآنِ ألْكَرِيمِ مُموَّهَةٌ بِا لذَّ هَبِ ألْخَالِصِ فَتَأَلَّفَ بِذَلِكَ بَيْنَ ألعِبَادَةِ وَألْجمَالَ وَنَاهِيكَ بِمَا فِى هَذَا ألْمَسْجِدِ مِنْ فَاخِرِ ألْأَثَاثِ وَغَالِى الرِّ يَاشِ مِمَّا صَارَ بِهِ آيَةً فِى الرَّوْنَقِ وَحُسْنِ الإبْدَاعِ.

Lantai masjid mewah ini dibangun dengan beralaskan batu pualam, dinding dan langit-langitnya dihiasi dengan warna-warna cerah dan bentuk yang indah, di atasnya telah diukir ayat-ayat Al-Qur'an yang dilapisi dengan emas murni, dengan begitu terciptalah kombinasi antara ibadah dan keindahan. Belum lagi di masjid ini terdapat furniture mewah, bulu-bulu yang mahal yang menjadi bukti dalam pesona dan inovasi yang bagus.

 

وَكَانَتِ الحُكُومَةُ المِصْرِيَّةُ فِيمَا مَضَى تُقِيمُ فِى هذا الْمَسْجِدِ عَدَدًا مِنَ الْحَفَلَاتِ كُالْاِحْتِفَالِ بِلَيْلَةِ نِضْفِ شَعْبَانِ وَالِأحَنتفَالِ بِلَيْلَةِ الْمِعْرَاجِ وَحِينَئِذٍ يُضَاءُالْمَسْجِدُ.

بِأَنْوَارِ الْكَهْرَبَا الْمُخْتَلِفَةِ الْألْوَانِ ظاَهِرًا وباطنا وَتَتلأ لأ أَضْوَاء مِئْذَنَتَيْهِ فِى كَبِدِ السَّمَاءِ كَأنَّها نُجُومٌ تَجَمَّعتٌ لِتُشَارِكَ النَّاس فِيمَا هُمْ فِيهِ مِنَ ألأَفْرَاحِ.

Pemerintah Mesir di masa lalu telah mengadakan beberapa perayaan di masjid ini, seperti perayaan malam Nishfu Sya'ban dan perayaan malam Isro' Mi'roj, dan di saat itu masjidnya disinari dengan cahaya lampu listrik yang bermacam warna, baik secara lahir maupun batin. Dan cahaya kedua menaranya berkilauan di tengah-tengah langit bagaikan bintang-bintang yang berkumpul untuk ikut serta dalam kegembiraan.

 

Daftar Isi Muthola’ah KMI PM Darussalam Gontor (lengkap dengan terjemah)

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama