Mutholaah dan terjemah Kelas 4 KMI Gontor; هل تعاهدني على ترك الكذب ؟; MAUKAH KAU BERJANJI UNTUK MENINGGALKAN KEBOHONGAN ?

 


Dikisahkan, ada seorang laki-laki yang menghadap Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang hendak masuk Islam. Setelah mengucapkan dua kalimat syahadat, dia berkata : "Wahai Rasulullah ! sesungguhnya saya ini telah banyak berbuat dosa yang tidak bisa saya tinggalkan. Maka Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berkata : "Maukah engkau berjanji kepadaku untuk meninggalkan kebohongan ?" Laki-laki itu menjawab : "Ya, saya mau." Kemudian Rasulullah membaiatnya dan selanjutnya dia pulang sambil berkata dalam hatinya : "Betapa mudahnya apa yang diminta Nabi yang mulia ini dariku."

Pada suatu hari, laki-laki itu hendak mencuri, dia berkata dalam hatinya : "Jika aku mencuri dan Rasulullah bertanya kepadaku, maka jawaban apa yang harus aku berikan ? Jika aku menjawab " ya" maka pastilah aku akan mendapatkan hukuman, tetapi jika aku menjawab "tidak", berarti aku telah berbohong, padahal aku telah berjanji kepada Beliau untuk meninggalkan kebohongan. Maka, lebih baik saya menjauhi perbuatan mencuri ini."

Akhirnya, laki-laki itu tidak jadi mencuri dan selalu mengingat janjinya dengan Rasulullah. Setiap kali hatinya berbicara atau hendak berbuat dosa, maka dia akan menjauhinya, sehingga menjadi baguslah perilakunya dan dia menjadi manusia yang utama yang selalu berjuang untuk menolong agama Islam dan memegang teguh ajaran-ajarannya.

 

Daftar Isi Muthola’ah KMI PM Darussalam Gontor (lengkap dengan terjemah)

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama