Mutholaah dan terjemah Kelas 4 KMI Gontor; نهضة اللغة; KEBANGKITAN BAHASA

 

لقد أتى على اللّغة العربيّة حين من الدّهر هجرها فيه أهلها أياّم دول المماليك ونسوا ما كانت عليه من الفصاحة والرقيّ والانتشار العظيم في كثير من الأقطار بين جميع الطبقات عظيمها وحقيرها لما امتازت به من الرقّة والسّعة أياّم دول الإسلام.

Bahasa Arab telah telah binasa pada saat orang-orang meninggalkannya di zaman negara-negara Mamalik, dan melupakan kefasihan, kecanggihan dan penyebaran yang besar di banyak negara di antara semua tingkatan ; besar dan rendah, ketika ditandai oleh kelembutan dan keluasan pada masa negara-negara Islam.

 

ولقد شعر العرب بعد انتظام بلادهم في هذا العصر الحديث بشدّة الحاجة إلى إحياء اللّغة فنشأت بين أظهرهم نهضة مباركة تناولت كلّ طبقات الأمّة فحريّ بأبناء البلاد اليوم أن يعملوا جهدهم على بلوغ هذه الغاية.

Setelah keteraturan negara mereka di era modern ini, orang-orang Arab merasakan kebutuhan yang mendesak untuk menghidupkan kembali bahasanya, maka kebangkitan yang diberkati muncul di antara mereka yang ditujukan kepada semua kelas bangsa, jadi saat ini sangat penting bagi generasi di negara itu untuk bekerja dengan sungguh-sungguh agar bisa mencapai tujuan ini.

 

فإذا تكلّمت فلا تستعمل من الكلمات إلاّ ما يصحّ أن تكتبه وإذا كتبت فلا تكتب إلاّ الكلمات الّتي تراها في الكتب وحينئذ يجب عليك إذا قرأت أن تضبط الكلمات لأنهّا ستأتي في حديثك مع الناّس وأن تتأمّل إلى رسمها لأنّك ستكتبها في دروسك أو في رسائلك وأن تعلّق معناها وتعرف مواضع استعمالها حتىّ تكون مدقّقا

Jika Anda berbicara, jangan gunakan kata-kata kecuali yang benar untuk Anda tulis, dan jika Anda menulis, jangan hanya menulis kata-kata kecuali kata-kata yang Anda lihat di buku-buku. Dan ketika Anda membaca, Anda harus mengatur kata-kata itu, karena kata-kata itu akan masuk ke dalam percakapan Anda dengan orang lain dan renungkan tulisannya, karena Anda akan menuliskannya dalam pelajaran Anda atau dalam surat Anda; dan menghubungkan artinya dan mengetahui tempat-tempat di mana bisa digunakan, sehingga Anda bisa mencermatinya.

 


فالنّاس لا يعرفون أنّك تعلّمت إلاّ إذا كنت مدقّقا في قولك وكتابتك ولغتنا لا تحيا ولا تزهو إلاّ إذا نهضنا بها على هذا النحو فتجنّب لغة العامّة والتزم التعبير باللّغة الصحيحة ما قدرت فإذا قام كلّ المتعلّمين بذلك كثر ا لمتكلّمون باللّغة الصّحيحة وإذا كثروا كثر المقتدون بهم وعمّت الألفاظ الصّحيحة جميع طبقات الأمّة وألف النّاس الألفاظ العلمية فتكونون قد أدّيتم بذلك خدمة للغة الإسلام.

Orang tidak tahu bahwa Anda telah belajar kecuali Anda berhati-hati dalam perkataan dan tulisan. Dan bahasa kita tidak bisa hidup dan bagus kecuali kita memajukannya dengan cara ini. Maka hindarilah bahasa pasaran (lughoh 'aammiyyah) dan gunakan ungkapan dengan menggunakan bahasa yang benar yang Anda kuasai.

Jika setiap pembelajar telah bangkit, maka banyak pembicara (yang mau berbicara) dengan bahasa yang benar.

Dan banyak orang yang mengikutinya dan kata-kata yang benar telah menyebar secara umum, maka semua kelas bangsa dan kebanyakan orang mau menyusun kata-kata ilmiah, sehingga Anda telah menunaikan pengabdian untuk bahasa Islam.


Daftar Isi Muthola’ah KMI PM Darussalam Gontor (lengkap dengan terjemah)

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama