Mutholaah dan terjemah Kelas 4 KMI Gontor; الحمامة والنملة; MERPATI DAN SEMUT



ذهبت نملة صغيرة إلى جدول ماء لتشرب وتستريح, بعد أن تعبت كثيرا في جمع قوتها. فزلّت قدمها وسقطت في الماء, ولم يمكنها الخروج منه, لأنّها لاتعرف السباحة وكادت تغرق.

Seekor semut kecil pergi ke sebuah sungai untuk minum dan beristirahat, setelah kelelahan mengumpulkan makanannya. Kemudian kakinya terpeleset dan terjatuh di dalam air, dan tidak mungkin ia bisa keluar, karena dia tidak tahu cara berenang dan hampir saja ia tenggelam.

وكانت حمامة بيضاء جميلة واقفة على حجر في الماء, ورأت ماحصل للنملة. فرقّ لها قلبها وسعت في خلاصها, فطارت إلى البرّ ورجعت, وفي منقارها عود من الحشيش, مدّته على الماء إلى البرّ. فتعلّقت به النملة وخرجت من الماء بسلام.

Seekor merpati putih yang cantik sedang hinggap/berhenti diatas batu dalam air, dan ia melihat apa yang terjadi pada diri semut. Maka merpati itu hatinya merasa iba padanya dan iapun (terbang) segera menolongnya atau menyelamatkannya, maka terbanglah ke daratan dan kembali lagi, dan di paruhnya terdapat sebatang rumput kering kemudian ia bentangkan di atas air yang terhubung ke daratan.

Maka semut itu menggantungkan (melewati) sebatang rumput kering tadi dan iapun bisa keluar dari air dengan selamat.

وبعد ذلك بأيّام, نزلت الحمامة على فرع شجرة تتظلّل بأوراقها. فمرّ صيّاد من بعد ورآها. فوقف يصوّب بندقيّته نحوها ليصيدها, وهي لم تره فتطير. ولكنّ النملة التى خلّصتها تلك الحمامة رأت الصيّاد وعرفت ماعزم عليه, فصعدت فى جسمه, ولمّا همّ بإطلاق بندقيّته قرصته قرصة شديدة أفزعته, فتحرّك فمالت الرصاصة ولم تصب الحمامة, بل نجت جزاء إحسانها إلى النملة. "ومن يعمل مثقال ذرّة خيرايره".

Beberapa hari setelah itu, merpati itu hinggap di atas ranting pohon dan berteduh di sela-sela daunnya. Seorang pemburu lewat dari kejauhan dan melihat merpati itu. Maka berhentilah pemburu tadi dan menghadapakan/mengarahkan pistol/senapannya kepadanya untuk menembaknya, sedangkan merpati itu tidak mengetahuinya, maka terbanglah merpati itu.

Tetapi semut yang telah diselamatkan oleh merpati itu mengetahui pemburu itu dan apa yang diinginkannya. Maka naiklah semut itu ke badannya, dan ketika akan menembakkan pistolnya, maka semut menggigit dengan gigitan yang sangat menyakitkan dan menaklukkannya maka bergeraklah dan pelurunya meleset dan tidak mengenai merpati, tetapi ia selamat sebagai balasan kebaikannya kepada semut.

 

Daftar Isi Muthola’ah KMI PM Darussalam Gontor (lengkap dengan terjemah)

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama