Mutholaah dan terjemah Kelas 4 KMI Gontor; اَلْقُطْنُ (٣); KAPAS (3)

 


لِعُفَازَةِ اَلْقُطْنِ قِشْرَةٌ لَوْنُهَا أَخْضَرُ أَدْكَنُ وَيَبْقَى اَللَّوْنُ كَذَلِكَ حَّتَّى يَتِمَّ نَمَا ؤُهَا. فَإذَا تَمَّ جَفَّتْ تَدْ رِيْجِيَّا وَتَغَيَّرَ لَوْ نُهَا وَاَنْشَقَّتْ.

Kuncup kapas memiliki kulit, warnanya hijau lebih gelap, dan warnanya tetap seperti itu hingga sempurna perkembangannya. Jika sudah sempurna, maka bisa mengering secara perlahan-lahan dan berubah warnanya dan terbelah.

 

وَعِنْدَ تَمَامِ جَفَافِهَا تَتَفَتَّحُ وَيَظْهَرُ مِنْهَا شَىءٌ كَالْوَبرِ اَلْأَبْيَضِ اَللَّطِيفِ وَهُوَ اَلْقُطْنُ نَاشِبَةً أُصُوْلُهُ فِي بُذُورِهِ السَّوْدَاءِ وَحِينئِذ يُجْنَى فَيَنْبَثُّ اَلْأوْلَادُ مِنَ البنينَ وَاَلْبَنَاتِ فِي اَلْحَقْلِ لِنَزْعِهِ مِنْ عُفَازَتهِ.

Dan ketika sepenuhnya kering, maka akan bermekaran dan nampak darinya sesuatu seperti bulu halus berwarna putih yang lembut, inilah dia kapas yang pokok-pokoknya bersangkutan di dalam biji-bijinya yang hitam dan saat itu bisa dipanen. Maka anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan akan berhamburan di kebun untuk melepaskan kapas dari kuncupnya.

 

فَتَرَاهُمْ يَمْشُونَ بَيْنَ اَلْخُطُوطِ صُفُوفًا يُغَنُّونَ حِينَ يَجْمَعُوْنَهُ وَيَضَعُوْنَهُ فِي جُيُوْبِهِمْ. وَكُلَّمَا امْتَلَأَتْ هَذهِ أَقْرَعُوْا مَا فِيْهَا عَلَى رَأْسِ الْحَقْلِ فَي مَكَانٍ مُعَدٍ لِذَلِكَ.

Dan Anda akan melihat mereka berjalan berbaris di antara galur-galur, bernyanyi di saat mereka mengumpulkannya, dan memasukkannya ke dalam saku mereka. Dan setiap kali ini penuh, mereka mengetuk apa yang ada di dalamnya, di atas kebun di tempat yang sudah disiapkan untuk itu.

 

فَمَا أَكْثَرَفَرَحَ الزَّرَّاعِ عِنْدَمَا يَرَى نَتِيْجَةَ تَعَبِهِ الْأَشْهُرَ اْلِطّوَلَ وَهُوَ يَشْتَعِلُ فِى قَيْظِ الصّيْفِ صَابِراً عَلَى الْكَدّ فِى طَلَبِ الرزْقِ. بَارَكَ اللهُ لَهُ فِى عِمَلِهِ وَقُوَّتِهِ وَوَقَاهُ شَرَّالْآفَةِ الشّديْدَةِ آفَةِ دُودَةِ الْقُطْنِ الَّتِي إِذَا ظَهَرَتْ فِى مَزْرَعَةٍ أَبَادَتْهَا وَذَهَبَتْ بِتَعَبِ الزَّرَّاعِ الْمِسْكِيْنِ إِنْ لَمْ يَتَعَهَدْ شُجَيْرَاتِ الْقُطْنِ بِنَزْعِ الْأَوْرِاقِ الّتِى تَضَعُ علَيْهَا تلْكَ الْحَشَرَةُ بَيْضَهَاحَتَّى يُعْدِمَهَاقَبْلَ الْفَقْسِ.

Betapa banyak kegembiraan para petani ketika melihat hasil dari jerih payahnya berbulan-bulan lamanya, bekerja dalam teriknya musim panas, sabar dalam kerja kerasnya mencari rizqi. Semoga Alloh memberi keberkahan dalam pekerjaannya, kekuatannya dan menjaganya dari keburukan bencana yang dahsyat, hama ulat kapas yang muncul di ladang dan bisa menghancurkan tanamannya, (hal ini) akan hilang dengan kerja keras petani miskin, jika tidak memelihara semak belukar kapas dengan melepaskan daun-daunnya, dimana serangga meletakkan telurnya di dalamnya sehingga bisa dihilangkan sebelum menetas.

 

وَقَدْ تَنَبَّهَتِ اَلْحُكُومَةُ وَالنَّاسُ جَمِيعًا إِلَى هَذَا الْخَطرِ المُحْدِقِ بِثَرْوَهِ الْبِلاَدِ فَسَنَّتِ الْقَوَانِيْنَ الْوَافيْةَ وَنُدِبَ مستخدمون يراقبون تنفيذها.

Pemerintah dan rakyat semuanya telah menyadari akan semua bahaya yang menimpa terhadap kekayaan negara ini, sehingga Pemerintah memberlakukan undang-undang yang lengkap dan para pekerja diberi tugas untuk mengawasi pelaksanaannya.

 

ومَتَى جُمعَ الْقُطْنُ حُشِيَتْ بِهِ الْجَوَالِقَ وَأُرْسِلَتْ إِلى حَيْثُ يُحْلَجُ وَبَعْدَ ذَلِكَ يُؤْخَذُ إِلَى الْمَصَا نِعِ لِيُغْزَلَ ثُمَّ يُنْسَجَ لِيْستَعْمَلَ فِى الْمَلَا بِسِ وَغَيْرهَا.

Dan ketika kapas dikumpulkan, karung-karung akan diisi, kemudian dikirim ke tempat pembusaran kapas (pemisahan biji dari kapas), kemudian mulai dibawa ke pabrik untuk dipintal kemudian ditenun agar bisa digunakan untuk membuat pakaian dan lain sebagainya.

أَمَّا بذرُهُ فَأَحْسَنُهُ يُحْجَزُ لِلْبَذْرِ وَالْبَاقِى يُعْصَرٌ فَيُسْتَخْرَجُ مِنْهُ زَيْتٌ يَصْلُحُ لِلْإِضَاءَةِ وَلِعَمَلِ الْصَّا بُوْنِ وَالْأَصْبَاغِ.

وَثُفْلُ الْبَذْرِ بَعْدَ الْعَصْرِ يَصْلُحُ غِذَاءً لِلْمَا شِيَةِ وَأَمَّا حَطَبُ الْقُطْنِ فَيُسْتَعْمَلُ وَقُودًا

Adapun bijinya, yang terbaik adalah diasingkan dahulu untuk disemai, dan sisanya diperas dan diambil minyaknya, yang cocok digunakan untuk penerangan, membuat sabun dan pewarna.

Setelah diperas, ampas bijinya baik digunakan untuk makanan ternak, adapun kayu kapas, dapat digunakan sebagai kayu bakar.

 

Daftar Isi Muthola’ah KMI PM Darussalam Gontor (lengkap dengan terjemah)

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama