Mutholaah dan terjemah Kelas 4 KMI Gontor; الدب (٢); BERUANG (2)

 


يسكن الدب القطبي الأقطار الشمالية من آسيا وأوربا وأمريقا وهو أشد الدببة بأسا . وأكثرها غذاء باللحوم لاسيما الأسماك والطيور وهو كبير الجسم طويل العنق وفروه أبيض أملس ولايبتعد عن الماء في سروحه.

Beruang kutub tinggal di negara-negara bagian Utara Asia, Eropa dan Amerika, dan itu adalah beruang yang paling kuat. Makanan terbanyaknya adalah daging, terutama ikan dan burung. Dia berbadan besar, berleher panjang, dan berbulu putih halus, tidak jauh dari air dalam pengembaraannya.

 

وفي أيام الشتاء يختفي في الكهوف وأجواف الأشجار وينام حتى يأتي فصل الربيع فيغتذي إذ ذاك بماكان قد تراكم على جسمه من الدهن أيام جولانه.

Pada hari-hari musim dingin, dia bersembunyi di gua-gua dan lubang pohon dan tidur sampai musim semi tiba, dan kemudian dia diberi makan oleh lemak yang menumpuk di tubuhnya selama hari-hari pengembaraannya.

 

و الدب الرمادي موطنه الجبال الصخرية والسهول الشرقية من أمريقا ويبلغ من قوته أنه يحمل ثورا تبلغ زنته نحو ألف رطل.

Beruang abu-abu (red : ada yang menerjemahkan grizzly) berasal dari pegunungan berbatu dan dataran timur Amerika, dan kekuatannya mencapai (kemampuannya) untuk membawa sapi jantan yang beratnya sekitar seribu pon.

 

ومن عاداته أنه إذا وجد رمة عافها وحفر حفرة ودفنها فيها. ولذلك كثيرا ما يلقى صيادو الدببة بأنفسهم إلى الأرض متماوتين إذا فاجأهم الدب ورأوا أن لا خلاص لهم منه فإذا رآهم كذلك حفر حفرة ودحرج الجثة إلى أن تقع فيها ثم يهبل عليها التراب.

Salah satu kebiasaannya adalah jika dia menemukan benjolan, dia menyembuhkannya dan menggali lubang dan menguburnya di dalamnya. Oleh karena itu, pemburu beruang sering menjatuhkan dirinya ke tanah, sekarat, jika beruang mengejutkan mereka . Dan mereka melihat bahwa tidak ada keselamatan darinya. Dan jika beruang melihat mereka juga, ia menggali lubang dan menggulung tubuhnya sampai jatuh ke dalamnya, lalu menimbun dengan tanah di atasnya.

 

ويقال إن الذئاب لا تقرب مايدفنه الدب الرمادي من الجثث على أنها لاتعاف أقذر الرمم.

ولفرو الدب الأمريقي الأسود قيمة عظيمة جدا لجمال لونه وبريقه. ويستعمل كثيرا في الملابس والزينة في البلاد الباردة.

Dikatakan bahwa serigala tidak mau mendekati tubuh beruang grizzly yang ditimbunnya, karena mereka tidak mau mengambil kotoran yang paling menjijikkan.

Bulu beruang hitam Amerika sangat berharga karena keindahan warna dan kilauannya. Ini banyak digunakan dalam pakaian dan dekorasi di negara-negara bersuhu dingin.

 

Daftar Isi Muthola’ah KMI PM Darussalam Gontor (lengkap dengan terjemah)

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama