Mutholaah dan terjemah Kelas 4 KMI Gontor; القطن (١); KAPAS (1)

 


القطن وبر أبيض اللون ناعم الملمس يخرج من برعوم ذي قشر غليظ وهذا البرعوم هو ثمر شجيرة القطن.

ويزرع القطن في كثير من البلاد الحارة من المنطقة المعتدلة وهو أهم حاصلات مصر وأصل ثروة مزارعيها

Kapas adalah bulu berwarna putih berbutir halus yang keluar dari kuncup dengan kulit yang tebal. Kuncup ini adalah buah dari semak kapas.

Kapas ditanam di banyak negara panas di zona beriklim sedang, dan merupakan tanaman paling penting di Mesir dan sumber kekayaan para petaninya.

 

ويزرع القطن في مصر في شهر مارس ويبقى في الأرض حتى يجنى في شهر أكتوبر وتحتاج زراعته إلى عناء عظيم وتعب متواصل فتحرث الأرض له ثلاث مرات أو أكثر ثم تشقق خطوطا متقاربة

Kapas ditanam di Mesir pada bulan Maret dan tetap berada di tanah hingga dapat dipanen pada bulan Oktober. Budidayanya membutuhkan usaha keras dan kelelahan yang terus menerus, sehingga tanah dibajak sebanyak tiga kali atau lebih, dan kemudian galur-galur yang rapat dipisahkan.

 

وبعد ذلك تملأ الخطوط بالماء وتترك حتى تجف فإذا جفت قليلاحفر الزراع في جنب من جنبى الخط وهو الجنب الذي تصل إليه أشعة الشمس عند الشروق حفرا صغيرة متباعدا بعضها عن بعض قليلا

Setelah itu galur-galur diisi air dan dibiarkan hingga kering. Jikalau sudah agak kering petani menggali lubang-lubang kecil agak berjarak satu sama lain, di salah satu dari dua sisi galur, yaitu sisi yang terkena sinar matahari saat matahari terbit.

 

ووضع في كل حفرة ثماني بذرات فأكثر من بذر القطن الذي يكون قد نقع في الماء ليلة وكلما انتهى من حفرة وارى البذر التراب وتركه ثم ينتظر أياما حتى ينجم النبات.

Dia memasukkan ke dalam setiap lubang delapan atau lebih biji kapas yang telah direndam dalam air selama satu malam. Dan setiap kali dia menyelesaikan satu lubang, benih itu harus ditimbun dengan tanah dan dibiarkan terlebih dahulu, kemudian menunggu berhari-hari sampai tanaman itu tumbuh.

 

وهناك طريقة أخرى لزراعة القطن وهي أن توضع البذور في الحفر قبل أن تملأ الخطوط بالماء.

Cara lain untuk menanam kapas adalah dengan memasukkan benih ke dalam lubang sebelum saluran diisi dengan air.

Daftar Isi Muthola’ah KMI PM Darussalam Gontor (lengkap dengan terjemah)

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama