Muthola’ah Arobiyyah dan terjemah Kelas 5 KMI Gontor; خطبة طارق قبل فتوح الأندلس; PIDATO THORIQ BIN ZIYAD SEBELUM PENAKLUKAN ANDALUSIA

 

لما بلغ طارقا دنو لذريق قام في أصحابه فحمد الله وأثنى عليه ثم قال : "أيها الناس أين المفر ؟! البحر من ورائكم والعدو أمامكم وليس لكم والله إلا الصدق والصبر.

Ketika pasukan Roderic semakin dekat dengan pasukan Islam, Thoriq bin Ziyad bediri di hadapan pasukannya. Dia memuji Alloh lalu berkata ; ‘’Wahai sekalian pasukan kaum muslimin ! Ke mana kalian akan pergi ?! Lautan ada di belakang dan musuh ada di hadapan kalian ! Demi Alloh [kalian tidak punya pilihan lain] kecuali dengan bersikap jujur dan bersabar.

 

واعلموا أنكمنكم هنا أضيع من الأيتام في مأدبة اللئام . وقد استقبلكم عدوكم بجيشه وأسلحته وأقوته موفورة. وأنتم لاوزر لكم إلا سيوفكم ولا أقوات إلا ماتستخلصونه من أيدي عدوكم وإن امتدت بكم الأيام على افتقاركم ولم تنجزوا لكم امرا ذهب ريحكم وتعوضت القلوب من رعبها منكم الجرأة عليكم فارفعوا عن أنفسكم خذلان هذه العاقبة من أمركم بمناجزة هذا الطاغية فقد ألقت به إليكم مدينته الحصينة

Ketahuilah bahwa kalian di sini lebih hina [mengenaskan] dari pada anak-anak yatim dalam perjamuan yang hina. Musuh kalian telah menyambut dengan pasukan dan persenjataan serta bahan makanan yang lengkap. Sementara kalian tidak mempunyai tempat berlindung selain pada pedang-pedang kalian. Kalian tidak punya perbekalan kecuali apa yang berhasil kalian rampas dari musuh-musuh kalian. Jika perang ini berkepanjangan dan kalian tidak segera mengatasinya, maka kekuatan kalian akan habis. [Berhati-hatilah] musuh kalian yang mulanya takut akan berubah menjadi berani. Karena itu, hilangkan dari hati-hati kalian rasa khawatir akan apa yang terjadi dengan menghadapi kedholiman ini. Karena kota yang terbentengi itu telah menyerahkannya kepada kalian.

 


وإن انتهاز الفرصة فيه لممكن إن سمحتم لأنفسكم بالموت وإني لم أحذركم أمرا أنا عنه بنجوة ولاحملتكم على خطة أرخص متاع فيها النفوس إلا أبدأ بنفسي واعلموا أنكم إن صبرتم على الأشق قليلا استمتعتم بالأرفه الألذ طويلا فلا ترغبوا بأنفسكم عن نفسي فما حظكم فيه بأوفر من حظي والله تعالى ولي إنجادكم على ما يكون لكم ذكرا في الدارين.

Sesugguhnya [sangat mungkin bagi kita] untuk memanfaatkan kesempatan ini jika kalian merelakan kematian. Dan Aku tidak mengingatkan kalian terhadap suatu hal, maka Aku juga ikut menanggungnya. Aku juga tidak pernah membebani kalian untuk mengorbankan nyawa kalian, kecuali Aku sendiri telah memulainya. Ketahuilah jika kalian bersabar sedikit menghadapi hal yang paling berat, niscaya kalian akan menikmati kenyamanan dan kelezatan dalam waktu yang sangat panjang. Jadi, jangan memandang bahwa diri kalian telah berjasa kepadaku ketika kalian mendapatkan bagian yang lebih banyak dari bagianku. Dan Alloh Ta’ala yang akan menolong hingga nama kalian akan dikenang di dunia dan akhirat.

 

واعلموا أني أول مجيب إلى مادعوتكم إليه وأني عند ملتقى الجمعين حامل بنفسي على طاغية القوم لذريق فقاتله إن شاء الله تعالى فاحملوا معي. فإن هلكت بعده فقد كفيتم أمره ولم يعوز كم بطل عامل تسندون أموركم إليه وإن هلكت قبل وصولي إليه فاخلفوني في عزيمتي هذه واحملوا بأنفسكم عليه واكتفوا لهم من فتح هذه الأراضي بقتله.

Ketahuilah oleh kalian bahwa Aku adalah orang pertama yang akan memenuhi apa yang Aku serukan kepada kalian. Dan sungguh Aku akan berada di tempat pertemuan kedua pasukan, membawa diriku manghadapi kedholiman kaumnya [Roderic] dan insyaAlloh Aku akan membunuhnya. Maka bertahanlah kalian bersamaku. Jika Aku akhirnya gugur menghadapinya, maka setidaknya Aku telah meringankan beban kalian. Kalian tidak akan kekurangan seorang pahlawan yang cerdas yang dapat kalian serahkan urusan kalian kepadanya, jika Aku akhirnya gugur sebelum sampai ke sana. Maka [jika Aku gugur], segeralah angkat penggantiku untuk menyelesaikan misiku ini, dan bersabarlah kalian bersamanya.Cukupkanlah tekad kalian untuk menaklukkan tanah ini dengan membunuhnya [Roderic]….Red; karena sepeninggalnya pastilah mereka akan segera dikalahkan.

 

Daftar Isi Muthola’ah KMI PM Darussalam Gontor (lengkap dengan terjemah)

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama