Muthola’ah Arobiyyah dan terjemah Kelas 5 KMI Gontor; التاريخ (2); SEJARAH (2)

 

في القرن الرابع قبل الميلاد, ظهر مؤرّخ اسمه تسياس, وهو طبيب فارسيّ, كتب كتابا في تاريخ الفرس القديم.

Pada abad keempat SM, muncullah seorang sejarawan bernama Tsias, Dia adalah seorang dokter Persia, yang menulis sebuah buku tentang sejarah Persia kuno.

 

وهوميرس وهيرودتس وتسياس هم عمدة التّاريخ القديم, وإليهم المرجع في تحقيق الحوادث التاريخيّة القديمة, فيما عدا التّاريخ المقدّس. وقد حذا حذو هؤلاء كثيرون ممن جاءوا بعدهم, وفي جملتهم سبايتسوس أحد كهنة المصرييّن في القرن الثّالث قبل الميلاد, وكتب تاريخا عن مصر, لم يصلنا منه إلاّ ما نقله مؤرّخ عبرانيّ عنه.

Homerus, Herodotus, dan Tsias adalah petinggi-petinggi sejarah kuno, dan merekalah yang menjadi referensi dalam penyelidikan peristiwa sejarah kuno, dengan pengecualian sejarah yang suci. Banyak dari mereka yang datang setelah mengikuti teladan mereka, dan di antara mereka adalah Spaetsus, salah satu pendeta Mesir pada abad ketiga SM, yang menulis sejarah Mesir, yang darinya kita hanya menerima apa yang telah disampaikan oleh sejarawan Ibrani tentang dia.

 


وظهر بعد هذا ميثودرس الصقليّ نحو زمن الميلاد, وشاع علم التّاريخ في سائر الأقطار, وأقبل النّاس على قرائته, فنشأ المؤرّخون في كلّ أمّة من الأمم المتحضّرة.

وأمّا ما جاء به القرآن الحكيم من القصص والأخبار, فلم يكن إلاّ آيات أطلع الله عليها عباده, لتكون لهم هدى ورحمة, وعبرة وذكرى, لعلّهم يهتدون.

Setelah ini, Methodius Sisilia muncul sekitar waktu kelahiran/Masehi, dan ilmu sejarah menyebar di semua negara, dan orang-orang mulai membacanya, sehingga sejarawan tumbuh di setiap negara yang beradab.

Adapun apa yang dibawakan oleh Al-Qur'an yang bijaksana berupa kisah-kisah dan berita, itu tidak lain hanyalah ayat-ayat yang diturunkan Allah kepada hamba-Nya, agar mereka diberi petunjuk, rahmat, pelajaran dan peringatan supaya mereka mendapat petunjuk.

وقد نبغ في التّاريخ من العرب كثيرون, استقصي ما ألّفوه باللّغة العربيّة, فبلغ زهاء ألف وأربعمائة كتاب: منها ما هو خاصّ بنحو بلدة أو فرد من النّاس, ومنها ما هو عامّ, وأشهرها تاريخ المسعودي, وتاريخ ابن جرير الطبري, وابن خلدون, وابن خلكان, وابن الأثير, وأبي الفداء والمقريزي وغيرهم. وهؤلاء ثقات تاريخ المسلمين وعمدة مؤرّخيهم.

Banyak orang Arab yang unggul dalam sejarah, menyelidiki apa yang mereka tulis dalam bahasa Arab, dan itu mencapai sekitar seribu empat ratus buku : beberapa di antaranya khusus untuk kota atau orang-orang tertentu, dan yang lain bersifat umum, yang paling terkenal adalah sejarah al-Mas'udi, sejarah Ibn Jarir al-Tabari, Ibn Khaldun, dan Ibn Khilkan, Ibn Al-Athiir, Abu Al-Fida, Al-Maqrizi dan lain-lain. Ini adalah orang-orang yang dapat dipercaya dalam sejarah Muslim dan pemuka sejarawan mereka.

 

Daftar Isi Muthola’ah KMI PM Darussalam Gontor (lengkap dengan terjemah)

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama