Muthola’ah Arabiyyah Kelas 3 KMI Gontor; (JIKA INGIN MENGETAHUI) TENTANG SESEORANG, JANGAN TANYA (SIAPA DIA), TETAPI TANYAKAN SIAPA TEMANNYA

كان زارع يرى العصافير تنزل فى حقل له, وتأكل القمح من سنبله متى أدرك. وكان ينصب لها مجدارا لكى تخاف متى رأته فتبعد عن الزرع. ولكن ذلك لم يأت بفائدة, فغضب الرجل ونصب لها شركا ليصيدها ويقتلها, جزاء على إضرارها بزرعه.

Seorang petani melihat burung-burung hinggap di ladangnya, dan memakan gandum dari bulirnya ketika gandum itu sudah masak. Dan petani memasang orang-orangan agar burung tersebut merasa takut ketika melihatnya, sehingga dia akan menjauh dari tanaman tersebut. Akan tetapi, hal itu tidak membawa manfaat apa pun, sehingga pria itu marah dan memasang jebakan untuk memburu dan membunuhnya, sebagai balasan karena telah merusak tanamannya.

 

فوقعت فى الشرك وزة مع العصافير. ولما ذهب الرجل ليأخذها, بكت الوزة بكاء شديدا, وتوسلت إليه أن يطلقها, لأنها لم تشارك صاحبتها العصافير فى أكل القمح, ولكنها رافقهن لتمكن الصداقة بينها وبينهن, ولاذنب لها عند الزارع يأخذها به, وليس من العدل أن يعاملها كما يعامل العصافير التى آذته, والله سبحانه وتعالى يقول :”ولاتزر وازرة وزر أخرى

Maka tertangkaplah seekor angsa dan beberapa burung pipit ke dalam jerat tersebut. Dan ketika pria itu hendak pergi untuk mengambilnya, angsa itu menangis sejadi-jadinya, dan memohon padanya untuk melepaskannya, karena dia tidak ikut makan gandum bersama temannya para burung, tetapi dia hanya menemani mereka untuk menguatkan persahabatan diantara mereka dan tidaklah berdosa ketika petani membawanya bersamanya, dan tidak adil ketika petani memperlakukannya sebagaimana ia memperlakukan burung yang telah menyakitinya, dan Allah SWT berfirman: “Dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain."

 


فقال لها الزراع :”ومايدرينى أنك لم تأكلى من قمحى, مع رفيقاتك السارقات الناهبات ؟ بل بالعكس أناأعلم أن الإنسان لايصاحب إلا من كان مثله فى العادات والأخلاق والأعمال. ولقد ضبطتك الآن مع الأشرار فى أثناء السرقة, فحق عليك عقابهم. وماأنا إلا إنسان كسائر الناس, لاأعلم ماتكن الأنفس, ومااستتر فى القلوب.

Maka petani itu berkata kepadanya: "Siapa yang memberitahu aku bahwa kamu tidak makan gandumku dengan teman-temanmu yang pencuri dan perampok itu?" Tetapi sebaliknya, saya tahu bahwa seseorang tidak berteman kecuali menemani mereka yang memiliki kebiasaan, akhlak dan perbuatan seperti dia. Dan aku telah menangkapmu sekarang dengan para penjahat ketika melakukan pencurian, maka engkau pun berhak atas hukuman yang dijatuhkan kepada mereka. Saya hanyalah seorang manusia biasa seperti kebanyakan manusia, saya tidak tahu apa itu jiwa, dan apa yang tersembunyi di dalam hati.

 Daftar Isi Muthola’ah KMI PM Darussalam Gontor (lengkap dengan terjemah)

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama