Muthola’ah Arabiyyah Kelas 3 KMI Gontor; سَاعَةُ الْحَائِطِ وَالْمِزْوَلَةِ; Jam Dinding dan Sundial (Jam Matahari)


كاَنَ فِي حَدِيْقَةِ دَارٍ كَبِيْرَةٍ مِزْوَلَةٌ تُبَيِّنُ الْوَقْتَ وَكَانَ مِنْ ضِمْنِ الْبِنَاءِ بُرْجٌ عَالٍ، فِي قِمَّتِهِ سَاعَةٌ كَبِيْرَةٌ تُطِلُّ عَلَى الْحَدِيْقَةِ.

 وَفِي يَوْمٍ كَثِيْرِ الْغَيْمِ، قَالَتِ السَّاعَةُ لِلْمِزْوَلَةِ " كَيْفَ تَرْضَيْنَ أَنْ تَقِفِيْ مَوْقِفَكِ هَذَا مِنْ غَيْرِ عَمَلٍ؟ إِنَّكِ لَمِمَّنْ يَتَّكِلُوْنَ عَلىَ مَنْ سِوَاهُمْ، فَلَا تَسْتَطِيْعِيْنَ أَنْ تُؤَدِّيْ عَمَلَكِ، وَتُبَيِّنِي الْوَقْتَ، إِلَّا إِذَا أَضَاءَتْ عَلَيْكِ الشَّمْسُ. أَمَّا أَنَا، فَإِنِّي أَعْمَلُ لَيْلًا وَنَهَارًا. صَيْفًا وَشِتَاءً مُعْتَمِدَةً عَلَى نَفْسِيْ، فَأُبَيِّنُ لِلنَّاسِ أَوْقَاتَ عَمَلِهِمْ وَرَاحَتِهِمْ وَأَكْلِهِمْ وَصَلَاتِهِمْ وَنَوْمِهِمْ.

 

اِسْمَعِيْ هَأَنَذَا أَدُقُّ: وَاحِدَةً اِثْنَتَيْنِ ، ثَلَاثًا، أَرْبَعًا. أَمَّا أَنْتِ، فَلَا يَسْتَفِيْدُ مِنْكِ أَحَدٌ إِلَّا إِذَا أَتَى لِيَرَاكِ". ثُمَّ ظَهَرَتِ الشَّمْسُ مِنْ وَرَاءِ السَّحَابِ، فَتَبَيَّنَ أَنَّ فِي السَّاعَةِ تَأَخُّرًا قَدْرُهُ نِصْفُ سَاعَةٍ.

وَعِنْدَ ذَلِكَ تَبَسَّمَتِ الْمِزْوَلَةُ مُسْتَهْزِئَةً بِخَطَإِ جَارَتِهَا، وَقَالَتْ: "اَلْآنَ قَدْ ظَهَرَ اْلحَقُّ. أَنْتِ تَعْمَلِيْنَ فَتُخْطِئِيْنَ، وَتُوْقِعِيْنَ فِي الْخَطَإِ مَنْ يَتَّكِلُ عَلَيْكِ، فَلَا يَأْتِيْهِمْ مِنْكِ إِلَّا الضَّرَرُ" فَقَالَتِ السَّاعَةُ "لَيْسَ اْلعَيْبُ أَنْ يَعْمَلَ الْمَرْءُ وَيُخْطِئَ، وَلَكِنَّ اْلعَيْبَ أَنْ يَتَّكِلَ عَلَى غَيْرِهِ فِي عَمَلِهِ."

 

 


الـمُفْرَدَاتُ : Kosakata

مِزْوَلَةٌ    :  Sundial, jam matahari

بُرْجٌ    : Menara, benteng

قِمَّةٌ    :  Puncak, bagian paling atas

غَيْمٌ    :  Awan, banyak awan atau mendung

يَتَّكِلُ    : Bergantung, berserah diri

 

التَّرْجَمَةُ

Jam Dinding dan Sundial (Jam Matahari)

Alkisah, di sebuah taman dari rumah yang besar terdapat sundial (jam matahari) petunjuk waktu. Dan, sebuah menara tinggi bagian dari bangunan rumah. Pada puncak menara, terdapat sebuah jam besar menghadap ke taman.

Suatu hari yang dipenuhi dengan awan, jam berkata pada sundial, “Bagaimana mungkin kamu lapang hati berdiri di posisimu saat ini tanpa bekerja?” “Sesungguhnya kamu termasuk bagian dari orang yang bergantung pada orang lain. Kamu tidak bisa bekerja dan menunjukkan waktu kecuali jika matahari menyinarimu. Sedangkan diriku, aku bekerja malam dan siang. Musim panas dan musim dingin bergantung pada diriku sendiri. Dan aku menunjukkan kepada orang-orang waktu kerja, istirahat, makan, shalat dan tidur mereka.”

 

“Dengarkanlah, inilah diriku, aku berdetik: satu, dua, tiga, empat. Sedangkan kamu, tidak dapat memberi manfaat bagi siapa pun kecuali dia datang untuk melihatmu.” Kemudian matahari muncul dari balik awan, dan terlihat jam dinding terlambat sekitar setengah jam.

Pada saat itu, sundial tersenyum mengejek kesalahan tetangganya (jam dinding). Dan berkata: “Sekarang telah tampak kebenarannya. Kamu melakukan sesuatu kemudian berbuat salah dan menyebabkan kesalahan bagi orang yang bergantung padamu. Dan tidak datang kepada mereka darimu kecuali bencana.” Kemudian jam dinding berkata, “Bukanlah aib jika seseorang bekerja, kemudian melakukan kesalahan. Tetapi aib (sebenarnya) adalah bergantung pada orang lain dalam pekerjaannya.”

 

 Daftar Isi Muthola’ah KMI PM Darussalam Gontor (lengkap dengan terjemah)

 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama