Muthola’ah Arabiyyah Kelas 3 KMI Gontor; الخفاش; KELELAWAR



يطير في الليل حيوان شبيه بالطير، لا صوت له ولا لطيرانه، ويدخل البيوت أحيانا فيطوف بكل الغرف، وإذا وجد نورا خرج بغاية السرعة. فما هو هذا الحيوان يا ترى ؟

Seekor binatang yang mirip dengan burung terbang di malam hari, tidak memiliki suara dan tidak bersuara ketika terbang, kadang-kadang memasuki rumah dan menjelajahi semua ruangan, dan jika menemukan cahaya, ia keluar dengan sangat cepat. Hewan apakah ini, penasaran ?

هذا هو الخفاش. له أجنحة من جلد رقيق متين ولاريش فيه. ويلد أولاده ويرضعها من لبنه،فهو بذلك ليس بطائر، بل هو من الحيوان ذي الثدي. وهذا الحيوان لايطير إلا بالليل، لأن ضوء النهار يؤذي عينيه فلا يبصر.

Ini adalah kelelawar. Dia memiliki sayap dari kulit yang tipis dan kuat serta tidak ada bulu di dalamnya. Dia melahirkan anak-anaknya dan menyusui mereka dari air susunya. Jadi dia bukanlah burung, melainkan binatang yang memiliki payudara. Hewan ini tidak terbang kecuali pada malam hari, karena cahaya siang hari menyakiti matanya, sehingga tidak dapat melihat.

ولكنه حاد السمع، وله أذنان كبيرتان لذلك. وقدماه فيهما أصابع وأظفار متقوسة، ينشبها في خشبة أو غصن شجرة يتعلق بها، إذا أراد أن ينام.

Tapi dia memiliki pendengaran yang tajam, dan untuk itu, dia memiliki dua telinga yang besar. Kedua telapak kakinya memiliki jari-jari dan kuku-kuku yang melengkung. Jika ingin tidur, ia lekatkan (kakinya) ke papan kayu atau cabang pohon (sehingga) ia bisa menggantungkan (tubuhnya).

ومن الخفافيش مايشبه الثعلب في وجهه، ولذلك يسمى الثعلب الطائر ، وغذاؤه الجردان ونحوها. ومنها مايتغذى بالذباب والحشرات الصغيرة، ومنها ما يأكل الفاكهة، ومنها مايمتص دم غيره من الحيوان.

Di antara kelelawar, ada sesuatu yang mirip dengan "rubah" di wajahnya, dan karena itu ia disebut rubah terbang, makanannya adalah tikus dan sejenisnya. Dan termasuk diantara apa yang dia makan adalah lalat dan serangga kecil, ada juga yang memakan buah, dan ada pula yang menghisap darah hewan lainnya.

 

Daftar Isi Muthola’ah KMI PM Darussalam Gontor (lengkap dengan terjemah)

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama