Muthola’ah Arabiyyah Kelas 3 KMI Gontor; القطان; DUA EKOR KUCING



كان قطان أخوان, يسكنان فى بيت واحد. وكانا صغيرين, يحبان اللهو واللعب, فيخرجان إلى حديقة البيت, ويتسابقان فى العدو والوثب, وهما فى غاية السرور والائتلاف.

(Dikisahkan) terdapat dua ekor kucing bersaudara, mereka tinggal di dalam satu rumah. Mereka masih kecil, suka bercanda dan bermain, kemudian mereka pergi ke taman rumah, dan berlomba dalam berlari dan melompat, dan mereka sangat senang dan selaras.

 

وبينماهذان القطان يلعبان, إذ رأى أحدهما فأرة على بعد. فرفع أذنيه, وكشر عن أنيابه الصغيرة, وانطلق نحو فريسته, واعدا نفسه بصيد سمين. ولكنه ماكاد يجرى خطوات, حتى رأى أخاه يعدو نحو تلك الفأرة المسكينة.

Dan ketika kedua kucing ini sedang bermain, tiba-tiba salah satu dari mereka melihat seekor tikus di kejauhan. Maka, dia mengangkat kedua telinganya dan mengernyitkan taringnya yang kecil, dan pergi ke arah mangsanya, menjanjikan dirinya akan (mendapatkan) buruan yang gemuk. Tetapi hampir saja dia tidak berlari beberapa langkahpun, sampai dia melihat saudaranya berlari ke arah tikus yang malang itu.

 

فتلاحق القطان قبل أن يدركاها, وأبى كل واحد منهما أن يكون أخوه الفائز بالصيد, وحاول أن يمنعه. فعلابينهما الخصام والسباب, وأخيرا انقلب الحال إلى عراك شديد, وعض وخمش وتجريح, حتى سال الدم منهما.

Kedua kucing itu saling mengejar sebelum mereka bisa menangkapnya, dan masing-masing menolak untuk menjadi saudaranya yang bisa memenangkan perburuan, dan mencoba menghentikannya. Maka terjadilah pertengkaran dan hinaan di antara mereka, dan akhirnya keadaan berubah menjadi perkelahian yang sengit, menggigit, menggores dan melukai, hingga darah mengucur dari mereka.

 

وأماالفأرة, فإنها لما رأت ماوقع بين عدويها من الخصام والشجار, هربت إلى جحرها آمنةمطمئنة, وهى تحمد الله على سلامتها, بسبب النزاع الذى قام بين الأخوين جهلا وغباوة. ولواتفقا على صيدها, لقبضا عليها بدون أن تستطيع منهما خلاصا.

Adapun tikus, ketika dia melihat pertengkaran dan perkelahian yang terjadi antara dua musuhnya, dia melarikan diri ke lubangnya dengan aman dan nyaman, dan dia memuji Alloh atas keselamatannya, karena konflik yang muncul antara dua bersaudara itu disebabkan oleh kebodohan dan kedunguannya. Dan jika mereka bersepakat untuk memburunya, pastilah mereka akan menangkap tikus itu tanpa bisa melarikan diri dari mereka.

 

Daftar Isi Muthola’ah KMI PM Darussalam Gontor (lengkap dengan terjemah)

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama