Muthola’ah Arabiyyah Kelas 3 KMI Gontor; جماعة الفيران; SEKELOMPOK TIKUS

 


كان رجل ماشيا فى حقل فى ليلة مقمرة, يمتع نفسه بجمال الطبيعة فى ذلك الوقت الهادئ, الذى امتزج فيه بياض ضوء القمر بخضرةالزرع. فرأى جماعة من الفيران سائرة فى طريق واحدة, فتعجب من هذا المنظر النادر المثال, ووقف ينظر إليها من بعد.

Seorang laki-laki berjalan di sebuah ladang pada suatu malam saat bulan purnama. Dia menyenangkan dirinya dengan keindahan alam pada waktu yang tenang itu. Saat itu sinar putih rembulan bercampur dengan hijaunya perkebunan. Kemudian dia melihat sekelompok tikus yang melewati jalan yang sama. Dia kagum dengan pemandangan yang langka ini, maka dia berhenti untuk melihatnya dari kejauhan.

فشاهد فى وسط الجمع, فأرة كبيرة عمياء, قابضة على طرف عود يابس بأسنانها, وبجانبها فأرة أخرى صغيرة, لها عينان براقتان, وقد أمسكت العود من طرفه الثانى, لتقود تلك الفأرة العجوز الضريرة, إلى حيث يتوجه الجمع.

Di tengah-tengah kerumunan, dia menyaksikan seekor tikus besar yang buta menggenggam ujung kayu kering dengan gigi-giginya. Sementara di sampingnya terdapat tikus kecil dengan kedua mata yang berkilau, memegang ujung kayu dari sisi lain untuk mengarahkan tikus yang tua renta ke tempat perkumpulan.

فانظر كيف ألهم الله ذلك الحيوان الأعجم, وعلمه أن يعاون القوى منه الضعيف. وهل بعد ذلك يقعد الإنسان العاقل, عن مد يدالمعونة والمساعدة, إلى ذوى الحاجة من بنى جنسه ؟ كلا ! فإن قوى اليوم, لابد أن يمسى ضعيفا غدا. ومتى عاون المرء القوى أخاه الضعيف, وجد معينا إذانزل به الضعف. والله فى عون العبد مادام العبد فى عون أخيه

Maka lihatlah bagaimana Allah mengilhami hewan-hewan asing (terbelakang) itu dan mengajarinya untuk saling membantu antara yang kuat terhadap yang lemah. Kemudian setelah itu, apakah orang-orang akan mendudukkan akalnya, dari mengulurkan tangan memberi bantuan dan pertolongan kepada yang membutuhkan dari sesamanya? Tidak! Sesungguhnya yang merasa kuat hari ini, pasti akan merasa lemah esok. Ketika yang kuat membantu saudaranya yang lemah, dia akan mendapatkan pertolongan ketika dia lemah. Allahlah yang menolong hambanya selaselama hamba itu menolong saudaranya.

 

Daftar Isi Muthola’ah KMI PM Darussalam Gontor (lengkap dengan terjemah)

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama