Terjemah Kitab Irsyadul Ibad (Irsyad al-Ibad ila Sabilir Rasyad)
Pengarang: Zainuddin Al-Malibari ( زين الدين عبد العزيز المليباري الفناني)
Daftar isi
Pendahuluan
Pasal : Perkara Yang Dimakruhkan Dalam Berwudhu'
Pasal : Perkara Yang Membatalkan Wudhu
Pasal : Yang Mewajibkan Mandi (Pembatal Mandi)
Pasal : Haram Mengakhirkan Shalat
Pasal : Tentang Hukum-Hukum Shalat
Pasal : Perkara Yang Dimakruhkan Dalam Shalat
Pasal : Perkara Yang Membatalkan Shalat
Pasal: Dzikir Setelah Sholat Wajib
Bab Sholat
Allah swt berfirman:
إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمِؤْمِنِيْنَ كِتَابًا مَوْقُوْتًا
Artinya: “Sesungguhnya shalat atas
orang-orang mukmin merupakan kewajiban yang berwaktu (ditentukan waktunya, oleh
karena itu jangan sampai ketinggalan).
Dalam ayat-Nya yang lain, Allah swt berfirman:
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تُلۡهِكُمۡ أَمۡوَٰلُكُمۡ
وَلَآ أَوۡلَٰدُكُمۡ عَن ذِكۡرِ ٱللَّهِۚ وَمَن يَفۡعَلۡ ذَٰلِكَ فَأُوْلَٰٓئِكَ
هُمُ ٱلۡخَٰسِرُونَ
Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman
janganlah hartamu, anak-anakmu melalaikanmu dari ingat pada Allah swt.
Barangsiapa yang berbuat sedemikian maka mereka itulah orang-orang yang
merugi.” (Qs. Al-Munafiqun: 9).
Maksud mengingat pada Allah swt dalam
ayat tersebut adalah menjalankan shalat lima waktu. Dalam sebuah riwayat hadis
disebutkan:
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِیَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ
اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوَّلُ مَا افْتَرَضَ اللهُ تَعَالَى
عَلَى أمَّتِي الصَّلَوَاتُ الخَمْسُ ؛ وأوَّلُ مَا يُرْفَعُ مِنْ أَعْمَالِهمُ
الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ، وَأوَّلُ مَا يُسْأَلُوْنَ عَنِ الصَّلَواَتِ الْخَمْسِ،
فَمَنْ كَانَ ضَيَّعَ شَيْئًا مِنْهَا يَقُوْلُ اللهُ تَبَاركَ وَتَعَالَى:
اُنْظُرُوْا هَلْ تَجِدُوْنَ لَعَبْدِي نَافِلَةً مِنْ صَلَاةٍ تُتِمُّونَ بِهَا
مَا نَقَصَ مِنَ الْفَرِيْضَةِ؟ وَانْظُرُوْا فِي صِيَامِ عَبْدِي شَهْرَ
رَمَضَانَ، فَإِنْ كَانَ ضَيَّعَ شَيْئًا مِنْهُ فَانْظُرُوْا هَلْ تَجِدُوْنَ
لِعَبْدِي نَافِلَةً مِنْ صِيَامٍ تُتِمُّوْنَ بِهَا مَا نَقَصَ مِنَ الصِّيَامِ،
وَانْظُرُوْا فِي زَكَاةِ عَبْدِي فَإِنْ كَانَ ضَيَّعَ مِنْهَا شَيْئًا
فَانْظُرُوْا هَلْ تَجِدُوْنَ لِعَبدِي نَافِلَةً مِنْ صَدَقَةٍ تُتِمُّوْنَ بِهَا
مَا نَقَصَ مِنَ الزَّكاةِ فَيُؤْخَذُ ذَلِكَ عَلَى فَرَائِضِ اللهِ ؛ وَذَلِكَ
بِرَحْمَةِ اللهِ وَعَدْلِهِ ؛ فَإِنْ وُجِدَ فَضْلًا وُضِعَ فِي مِيْزَانِهِ،
وَقِيْلَ لَهُ: اُدْخُلِ الْجَنَّةَ مَسْرُوْرًا ؛ وَإِنْ لَمْ يُوْجَدْ لَهُ
شَيْءٌ مِنْ ذَلِكَ أُمِرَتْ بِهِ الزَبَانِيَةُ فَأَخَذُوا بِيَدِهِ وَرِجْلَيْهِ
ثُمَّ قُذِفَ بِهِ فِي النَّارِ. رواه الحاكم
Artinya: “Dari Ibnu Umar ra berkata:
Rasulullah saw bersabda: “Permulaan perkara yang diwajibkan oleh Allah swt
kepada umatku adalahsalat lima waktu. Permulaan pahala amal perbuatan mereka
yang diangkat ke langit adalah pahala salat lima waktu. Permulaan amal
perbuatan yang mereka ditanyai pertanggungan jawabnya adalah shalat lima waktu.
Oleh karena itu, barangsiapa yang
mengabaikan sesuatu daripada lima salat itu, maka Allah swt berfirman kepada
malaikat: “Lihatlah apakah kamu menjumpai pada hambaku shalat sunah yang
digunakan untuk menyempurnakan shalat wajib yang kekurangan ditinggalkan. Dan
lihatlah puasanya hambaku pada bulan Ramadan apabila ternyata mengabaikan
sesuatu daripadanya.
Maka lihatlah, apakah menjumpai puasa
sunah yang pernah dilakukannya, sehingga kamu bisa melengkapi puasa yang
diabaikan dengan puasa sunah tersebut. Dan lihatlah zakatnya hambaku. Apabila
mengabaikan sesuatu daripadanya. Maka lihatlah apakah kamu menemukan sedekah
sunah yang dilakukan oleh hamba-Ku sehingga kamu bisa mengisi apa yang
kekurangan dari zakat wajib itu.
Seluruh kesunahan itu diambil untuk
kewajiban-kewajiban Allah swt. Sedemikian itu dilakukan lantaran belas kasih
Allah swt dan keadilan-Nya. Apabila memang terdapat kelebihan maka diletakkan
pada timbangannya, dan dikatakan kepadanya: masuklah ke surga dengan gembira.
Apabila kelebihan itu tidak ada pada amal
perbuatannya maka malaikat zabaniyah diperintahkan untuk menghukumnya, lain
kaki dan tangannya diringkus untuk dilemparkan ke neraka.” (HR. Al-Hakim).
Rasulullah saw bersabda:
عَنْ جَابِرٍ رَضِیَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِىُّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَثَلُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ كَمَثَلِ نَهْرٍ جَارٍ
عَذْبٍ عَلَى بَابِ أَحَدِكُمْ يَغْتَسِلُ فِيْهِ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسَ مَرَّاتٍ
فَمَا يَبْقَى ذَلِكَ مِنَ الدَّنَسِ. رواه مسلم
Artinya: “Dari Jabir ra berkata, Nabi saw
bersabda: “Perumpamaan shalat lima kali seperti sungai yang mengalir, airnya
tawar di muka pintu rumah salah seorang diantara kamu. Dia mandi di dalamnya
lima kali dalam sehari, apakah yang demikian itu masih ada kotoran yang melekat
pada tubuhnya.” (HR. Muslim).
Rasulullah saw bersabda:
عَنْ اَبِی ذَرٍّ رَضِیَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ مِنَ الشِّتَاءِ
وَالْوَرَقُ يَتَهَافَتْ فَأَخَذَ بُغُصْنَيْنِ مِنْ شَجَرَةٍ. قَالَ:
فَجَعَلَ ذَلِكَ يَتَهَافَتُ فَقَالَ يَا أَبَاذَرٍّ قُلْتُ لَبَّيْكَ ياَ رَسُوْلَ
اللهِ، قَالَ إِنَّ الْعَبْدَ الْمُسْلِمَ لَيُصَلِّي الصَّلاَةَ يُرِيْدُ بِهَا
وَجْهُ اللهِ فَتَهَافَتَ عَنْهُ ذُنُوْبُهُ كَمَا تَهَافَتَ هَذَا الْوَرَقُ عَنْ
هَذِهِ الشَّجَرَةِ. رواه احمد
Artinya: “Dari Abu Dzar ra sesungguhnya
Nabi sw keluar pada musim dingin, dimana daun pohon banyak yang rontok. Lalu
beliau mengambil dua dahan dari salah satu pohon. Perawi berkata: Dahan yang
diambil oleh Nabi itu pun rontok daunnya. Lalu Nabi Muhammad saw bersabda:
‘Wahai Abu Dzar.’
Aku berkata: ‘Labbaika ya Rasulullah.’
Lalu Nabi saw bersabda: ‘Sesungguhnya seorang hamba muslim menjalankan shalat
dengan ikhlas untuk mencari ridha Allah swt, lalu dosa-dosanya rontok
sebagaimana daun ini terlepas dari pohon ini.” (HR. Ahmad).
Rasulullah saw bersabda:
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِیَ اللهُ عَنْهُمَا. إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا
قَامَ يُصَلِّی آتَی بِذُنُوْبِهِ كُلِّهَا فَوَضَعَتْ عَلَى رَأْسِهِ
وَعَاتِقَيْهِ فَكُلَّمَا رَكَعَ اَوْ سَجَدَ تَسَاقَطَتْ عَنْهُ ذُنُوْبُهُ. رواه
الطبراني والبيهقي
Artinya: “Dari Ibnu Umar ra, sesungguhnya
hamba apabila berdiri menjalankan shalat, maka dosa-dosanya didatangkan dan di
letakkan di atas kepalanya dan dua pundaknya. Setiap rukuk atau sujud,
dosa-dosanya rontok daripadanya.” (HR. Thabrani dan Al-Baihaqi).
Rasulullah saw bersabda:
عَنْ عُثْمَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنِ امْرِئٍ مُسْلِمٍ يَحْضُرُ صَلَاةً
مَكْتُوْبَةً فَيُحْسِنُ وُضُوْئَهَا وَخُشُوْعَهَا وَ رُكُوْعَهَا اِلَّا كَانَتْ لَهُ کَفَّارَةٌ لِمَا قَبْلَهَا مِنَ
الذُنُوْبِ مَالَمْ تَأْتِ كَبِيْرَةً وَذَلِكَ الدَّهْرُ كُلُّهُ. رواه مسلم
Artinya: “Dari Sayyidina Usman ra, dari
Nabi saw bersabda: ‘Tiadalah seorang muslim yang kedatangan waktu shalat wajib,
lalu berwudhu’ dengan baik, menjalankan shalat dengan khusyuk, begitu juga
rukuk dengan baik kecuali shalat itu akan menjadi penghapus dosa-dosa yang
dijalankan sebelumnya, selama tidak menjalankan dosa besar. Sedemikian itu
untuk seluruh masa.” (HR. Muslim).
Rasulullah saw bersabda:
عَنْ اَنَسٍ رَضِیَ اللهُ عَنْهُ قَالَ مَامِنْ حَافِظِيْنَ
يَرْفَعَانِ إِلَى اللهِ تَعَالَی بِصَلَاةِ رَجُلٍ مَعَ صَلَاةِ اِلَّا قَالَ
اللهُ تَعَالَی اُشْهِدُ كَمَا اَنِّي قَدْ غَفَرْتُ لِعَبْدِيْ مَا بَيْنَهُمَا.
رواه البيهقی
Artinya: “Dari Anas ra berkata: ‘Dua
malaikat yang mencatat amal perbuatan seseorang menghadap pada Allah swt dengan
membawa salat seorang lelaki bersama shalat berikutnya kepada Allah swt, lalu
Allah swt berfirman: ‘Aku telah menyaksikanmu sesungguhnya Aku telah mengampuni
dosa-dosa hambaku yang dilakukan antara dua waktu shalat itu.’
Dalam kitab Azzawajir karangan guru kami
Ahmad bin Hajar Al-Haitami ra, sebagian ulama berkata:
وَرَدَ فِي الْحَدِيْثِ مَنْ حَافَظَ عَلَى الصَّلَاةِ اَكْرَمَهُ
اللهُ بِخَمْسِ خِصَالٍ يَرْفَعُ عَنْهُ ضِيْقُ الْعِيْشِی وَعَذَابِ الْقَبْرِ
وَيُعْطِيْهِ اللهُ كِتَابَهُ بِيَمِيْنِهِ . وَيَمُرُّ عَلَى الصِّراَطِ
كَالْبَرْقِ وَيَدْخُلُ الْجَنَّةَ بِغَيْرِ حِسَابٍ وَمَنْ تَهَاوَنَ
بِالصَّلَوَاتِ عَاقَبَهُ اللهُ بِخَمْسَ عَشْرَةَ عُقُوْبَةً خَمْسٌ فِي
الدُّنْيَا وَثَلَاثٌ عِنْدَ الْمَوْتِ وَثَلَاثٌ فِي قَبْرِهِ وَثَلَاثٌ عِنْدَ
خُرُوْجِهِ مِنَ الْقَبْرِ فَاَمَّا اللَّوَاتِي فِي الدُّنْيَا فَالْأَوْلَى
يُنْزَعُ الْبَرَكَةُ مِنْ عُمْرِهِ وَ الثَّانِيَةُ يُمْحَی سِيْمَا
الصَّالِحِيْنَ مِنْ وَجْهِهِ
وَالثَّالِثَةُ كُلُّ عَمَلٍ يَعْمَلُهُ لَا يَأْجُرُهُ اللهُ
عَلَيْهِ
وَالرَّابِعَةُ يُرْفَعُ لَهُ دُعَاءُ إِلَى السَّمَاءِ
وَالْخَامِسَةُ لَيْسَ لَهُ حَظٌّ فِي دُعَاءُ الصَّالِحِيْنَ
وَاَمَّا الَّتِيْ تُصِيْبُهُ عِنْدَ الْمَوْتِ فَالْأُوْلَى أَنَّهُ
يَمُوْتُ ذَلِيْلًا وَالثَّانِيَةُ يَمُوْتُ جَائِعًا. وَالثَّالِثَةُ يَمُوْتُ عَطْشَانًا
وَلَوْسُقِىَ بِحَارَ الدُّنْيَا مَارَوِيَ مِنْ عَطْشِهِ وَاَمَّا الَّتِيْ
تُصِيْبُهُ فِيْ قَبْرِهِ فَالْأُوْلَى يَضِيْقُ عَلَيْهِ الْقَبْرِ حَتَّى
تَحْتَلِفُ أَضْلَاعُهُ وَالثَّانِيَةُ يُوْقَدُ عَلَيْهِ الْقَبْرُ نَارًا
يَتَقَلَّبُ عَلَى الْجَمطرِ لَيْلًا وَنَهَارًا
وَالثَّالِثَةُ يُسَلَّطُ عَلَيْهِ فِي قَبْرِ ثُعْبَانٌ اِسْمُهُ
الشُّجَاعُ الْاَقْرَعُ عَيْنَاهُ مِنْ نَارٍ وَ اَظْفَارُهُ مِنْ حَدِيْدٍ كُلُّ
ظَفْرٍ مَسِيْرَةَ يَوْمٍ يُكَلِّمُ الْمَيِّتَ فَيَقُوْلُ أَنَا الشُّجَاعُ
الْاَقْرَعُ وَصَوْتُهُ مِثْلُ الرَّعْدِ الْقَاصِفِ يَقُوْلُ اَمَرَنِيَ اللهُ
أَنْ أَضْرِبَكَ عَلىَ تَضْيِيْعِ صَلَاةِ الصُّبْحِ إِلَى طُلُوْعِ الشَّمْسِ
وَأَضْرِبَكَ عَلَى تَضْيِيْعِ صَلَاةِ الظُّهْرِ إِلَى الْعَصْرِ وَاَضْرِبَكَ
عَلَى
تَضْيِيْعِ صَلَاةِ الْعَصْرِ إِلَى الْمَغْرِبِ. وَاَضْرِبَكَ عَلَى
تَضْيِيْعِ صَلاَةِ الْمَغْرِبِ إِلِى الْعِشَاءِ وَاَضْرِبَكَ عَلَى تَضْيِيْعِ
صَلَاةِ الْعِشَاءِ إِلَى الْفَجْرِ فَكُلَّمَا ضَرَبَ ضَرْبَةً يَغُوْصُ فِي
الْأَرْضِ سَبْعِيْنَ ذِرَاعًا فَلَا يَزَالُ فِي الْأَرْضِ مَعَذَّبًا إِلَى يَوْمِ
الْقِيَامَةِ وَأَمَّا الَّتِى تُصِيْبُهُ عِنْدَ الْخُرُوْجِ مِنَ الْقَبْرِ فِي
مَوْقِفِ الْقِيَامَةِ فَشِدَّةُ الْحِسَابِ وَسَخَطُ الرَّبِّ وَدُخُوْلُ
النَّارِ.
وَفِي رِوَايَةٍ اَنَّهُ يَأْتِيْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَعَلَى
وَجْهِهِ ثَلَاثَةُ اَسْطُرٍ مَكْتُوْبَاتٍ فِي السَّطْرِ الْأَوَّلِ يَا
مُضَيِّعَ حَقِّ اللهِ، وَالسَّطْرُ الثَّانِی یَا مَخْصُوْصًا بِغَضَبِ اللهَ
وَالسَّطْرُ الثَّالِثِ ضَيَّعَكَ اللهُ كَمَا ضَيَّعْتَ فِي الدُّنْيَا حَقَّ
اللهِ فَاَيْأَسْ الْيَوْمَ مِنْ رَحْمَةِ اللهِ
Artinya: “Disebutkan dalam sebuah hadis:
‘Barangsiapa yang memelihara shalat wajib dengan baik, maka Allah swt
memuliakan dengan lima perkara:
Terhindar dari kesempitan rezeki, dan
hidupnya bahagia.
Terhindar dari siksa kubur (apabila
mati).
Allah swt memberikan catatan amalnya dan
dia akan menerimanya dengan tangan kanannya.
Berjalan diatas jembatan jahannam dengan
cepat seperti kilat.
Masuk surga tanpa hisap.
Barangsiapa yang mengabaikan shalat wajib
maka akan menerima lima belas macam siksaan. Enam siksaan di dunia, tiga ketika
mati, tiga lagi di dalam kuburan dan tiga di waktu keluar dari kuburan. Untuk
siksaan di dunia:
Berkah umurnya dicabut.
Tanda-tanda orang-orang shaleh di
wajahnya sudah tidak ada.
Setiap amal yang dilakukan tidak akan
diberi pahala oleh Allah swt.
Apabila berdo’a tidak akan diangkat ke
langit sehingga tidak dikabulkan
Tidak mendapat doa dari orang-orang
shaleh.
Dibenci oleh orang banyak.
Untuk siksaan yang diterima di waktu mati
sebagai berikut:
Mati dalam keadaan terhina.
Mati dalam keadaan lapar. (Boleh jadi
dikarenakan mati di rumah sakit yang dilarang banyak makan).
Mati dalam keadaan haus, apabila disiram
dengan air sebanyak satu lautan takkan bisa menyegarkan tenggorokannya,
lantaran amat haus.
Untuk hukuman yang akan diterima di dalam
kuburan:
Kuburannya dipersempit sehingga tubuhnya
terjepit dan tulang rusuknya banyak yang bersimpangan.
Ruang kuburnya terisi api, sehingga si
mayat siang dan malam kesakitan bergelimpangan di atas bara.
Di dalam kuburannya akan bertemu dengan
ular yang diperintahkan oleh Allah swt untuk menyiksa si mayat yang
meninggalkan shalat, ular itu bernama Asy-Syuja’ Al-Aqra’ (pemberani yang
berkepala botak) matanya dari api, kukunya dari besi, tiap kuku panjangnya
perjalanan satu hari, dia berbicara pada mayat: Aku adalah Asy Syuja’
Al-Aqra.’Suaranya seperti halilintar yang meledak.
Dia berkata: “Tuhanku memerintahkan aku
untuk memukulmu, lantaran kamu mengabaikan Shalat Subuh sehingga matahari
terbit. Aku memukulmu, lantaran engkau mengabaikan Shalat Dzuhur hingga waktu
asar tiba, aku memukulmu lantaran kamu mengabaikan Salat Ashar hingga Magrib.
Aku memukulmu lantaran kamu mengabaikan
Shalat Maghrib hingga Isya,’ aku memukulmu lantaran engkau mengabaikan Shalat
Isya’ hingga fajar terbit. Jadi setiap memukul satu pukulan maka mayat akan
terbenam di perut bumi kira tujuh puluh dzira’ dan tak henti-hentinya tersiksa
sampai hari kiamat.
Adapun hukuman yang akan diterima di
waktu keluar dari kubur menuju mahsyar adalah sebagai berikut:
Hisab yang ketat.
Dibenci Allah swt.
Masuk ke neraka.
Menurut sebagian riwayat hadis sebagai
berikut: ‘Sesungguhnya orang yang meremehkan salat akan datang di hari kiamat
sedang di wajahnya tertulis tiga baris sebagai berikut:
Wahai orang yang mengabaikan hak Allah
swt.
Wahai orang yang mendapat kebencian Allah
swt secara khusus.
Semoga Allah swt mengabaikanmu
sebagaimana kamu di dunia sering mengabaikan hak Allah swt. Maka sekarang kamu
hendaknya putus asa, jangan mengharapkan rahmat Allah swt.
Ada suatu riwayat hadis, bahwa di neraka Jahannam
ada jurang bernama Lamlam. Di dalamnya terdapat beberapa ular besar, dimana
tebalnya kira-kira sama dengan lehernya unta, panjangnya sekitar perjalanan
satu bulan, dia akan menggigit orang yang meninggalkan shalat, lalu racunnya
mengeram di tubuh orang yang meninggalkan salat tadi selama tujuh puluh tahun,
hingga dagingnya menguning.
Ada sebagian riwayat: Seorang perempuan
dari Bani Israil datang kepada Nabi Musa as, lalu berkata: ‘Aku telah
menjalankan dosa yang besar dan aku sudah taubat kepada Allah swt. Oleh karena
itu, do’akan aku sehingga taubatku diterima dan dosaku diampun.’ Lalu Musa
berkata kepadanya: ‘Dan sekarang apakah dosamu?’
Lalu perempuan itu menjawab: “Wahai Nabi
Allah, sesungguhnya aku telah berzina dan aku juga sudah melahirkan anak zina
itu, tapi setelah lahir kubunuh secara langsung.’ Lalu Nabi berkata: ‘Keluarlah
wahai perempuan durhaka, agar tidak dituruni siksaan api dari langit yang akan
membakar kami lantaran kemalanganmu.’ Akhirnya perempuan itupun keluar dari
sisi Musa dengan keadaan hati yang sedih.
Lalu Jibril turun seraya berkata: ‘Wahai
Musa, Tuhan berfirman kepadamu, mengapa kamu sampai hati menolak wanita yang
sedang taubat, wahai Musa apakah kamu tidak menjumpai orang yang lebih jelek
daripada wanita tadi?’ Lalu Musa bertanya: ‘Siapakah kiranya orang yang lebih
jelek daripadanya.’Lalu Jibril menjawab: ‘Orang yang meninggalkan shalat.’
Rasulullah saw bersabda:
عَنِ النَّبِيّ ِصَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ حَافَظَ
عَلَى الصَّلَوَاتِ كَانَتْ لَهُ نُوْرًا وَبُرْهَانًا وَنَجَاةً يَوْمَ
الْقِيَامَةِ وَمَنْ لَمْ يُحَافِظْ عَلَيْهَا لَمْ يَكُنْ لَهُ نُوْرًا وَلَا
بُرْهَانًا وَلَا نَجَاةً وَكَانَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَعَ قَارُوْنَ
وَفِرْعَوْنَ وَهَامَانَ وَ اُبَیِّ بْنِ خَلَفٍ. رواه احمد و ابن حبان
Artinya: “Dari Nabi saw bersabda:
‘Barangsiapa yang memelihara salat (lima waktu) maka salat tersebut akan
menjadi cahaya, bukti dan penyelamat baginya pada hari kiamat. Barangsiapa yang
tidak memeliharanya maka dia tidak mempunyai cahaya, bukti dan penyelamat. Dan
pada hari kiamat dia dikumpulkan bersama Qarun, Fir’aun, Haman dan Ubay bin
Khalaf.” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban)
Rasulullah saw bersabda:
عَنْ جَابِرٍ رَضِیَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنَّ بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الْكُفْرِ تَرْكُ
الصَّلَاةِ. رواه مسلم و ابو داود والترمذي والنسائي وابن ماجه
Artinya: “Antara hamba dan kekafiran
adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah).
Rasulullah saw bersabda:
وَلِلتِّرْمِذِيْ: بَيْنَ الْكُفْرِ وَالْإِيْمَانِ تَرْكُ الصَّلَاةِ
Artinya: “Antara kekafiran dan keimanan
adalah meninggalkan shalat wajib.” (HR. Tirmidzi).
Rasulullah saw bersabda:
وَلِاَبِی دَاوُدَ بَيْنَ الْعَبْدِ وَبَيْنَ الْكُفْرِ تَرْكُ
الصَّلَاةِ
Artinya: “Antara hamba dan kekafiran
adalah meninggalkan shalat wajib.” (HR. Abu Dawud).
Rasulullah saw bersabda:
عَنْ بُرَيْدَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَلْعَهْدُ الَّذِيْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمُ
الصَّلَاةُ وَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ
Artinya: “Perjanjian antara kami (umat
Islam) dan mereka (orang-orang kafir) adalah salat. Dan barangsiapa yang
meninggalkannya maka telah kafir.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah,
Ibnu Hibban dan Al-Hakim).
Rasulullah saw bersabda:
عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ تَرَكَ
الصَّلَاةَ مُتَعَمِّدًا فَقَدْ كَفَرَ جِهَارًا رواه الطبراني
Artinya: “Dari Nabi saw bersabda:
Barangsiapa yang meninggalkan shalat wajib dengan sengaja maka menjalankan
kekufuran dengan terang-terangan.” (HR. Thabrani).
Rasulullah saw bersabda:
عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ عِزُّ
الْإِسْلَامِ وَقَوَاعِدُ الدِّيْنِ ثَلَاثٌ عَلَيْهِنَّ اَسَسُ الْإِسْلَامِ مَنْ
تَرَكَ وَاحِدَةً مِنْهُنَّ فَهُوَ بِهَا كَافِرٌ حَلَالُ الدَّمِّ. شَهَادَةُ
أَنْ لَّا إِلَهَ اِلَّا اللهُ وَالصَّلاَةُ الْمَكْتُوْبَةُ وَصَوْمُ رَمَضَانَ
وَفِي رِوَايَةٍ: مَنْ تَرَكَ وَاحِدَةً مِنْهُنَّ فَهُوَبِاللهِ كَافِرٌ وَلَا
يَقْبَلُ مِنْهُ صِرْفٌ وَلَا عَدْلٌ وَقَدْ حَلَّ دَمُّهُ وَمَالُهُ
Artinya: “Dari Nabi saw bersabda:
‘Kemuliaan Islam dan tiang agama ada tiga, di atas tiga landasan itu Islam
dibangun. Barangsiapa yang meninggalkan salah satunya maka dia kafir halal
darah (boleh dibunuh): Syahadat bahwa Tidak ada Tuhan yang berhak disembah
kecuali Allah swt, shalat wajib dan puasa di bulan Ramadhan.” (Sanad hadis
tersebut hasan)
Menurut sebagian riwayat dimana sanadnya
juga hasan sebagai berikut: ‘Barangsiapa yang meninggalkan salah satu daripada
tiga dasar-dasar agama itu, maka demi Allah swt dia adalah kafir, tidak
diterima ibadah sunah dan wajibnya. Darah dan hartanya dihalalkan.’
Rasulullah saw bersabda:
كَانَ أَصْحَابُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهَ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا
يَرَوْنَ شَيْئًا مِنَ الْأَعْمَالِ تَرْكُهُ كُفْرٌ غَيْرُ الصَّلَاةِ
Artinya: “Sahabat-sahabat Nabi tidak
memandang sesuatu amal perbuatan yang apabila ditinggalkan menjadikan kufur
kecuali shalat wajib.” (HR. Tirmidzi).
Rasulullah saw bersabda:
عَنْ عَلِیٍّ رَضِیَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: مَنْ لَمْ يُصَلِّ فَهُوَ
كَافِرٌ. رواه ابن شيبة والبخاری موقوفا
Artinya: “Dari Ali ra berkata:
‘Barangsiapa yang meninggalkan shalat wajib maka dia adalah kafir.” (HR. Ibnu
Abi Syaibah dan Bukhari, hadis mauquf).
Rasulullah saw bersabda:
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، مَنْ تَرَكَ الصَّلَاةَ فَهُوَ كَافِرٌ. رواه
ابن عبد البر
Artinya: “Dari Ibnu Abbas ra berkata:
Barangsiapa yang meninggalkan shalat wajib maka sungguh dia telah kafir.”
(Hadis mauquf riwayat Ibnu Abdil bar).
Rasulullah saw bersabda:
قَالَ جَابِرٌ رَضِیَ اللهُ عَنْهُ. مَنْ لَمْ يُصَلِّ فَهُوَ
كَافِرٌ. رواه ابن عبد البر موقوفا
Artinya: “Jabir berkata: ‘Barangsiapa
yang tidak menjalankan shalat, maka dia adalah kafir.” (hadis mauquf riwayat
Ibnu Abdil bar)
Muhammad bin Nashar berkata: ‘Aku pernah
mendengar Ishak bin Rahaweh berkata: ‘Ada hadis sahih dari Nabi saw bahwasanya
orang yang meninggalkan shalat adalah kafir.’
Ibnu Hazem berkata, Sungguh ada perkataan
dari Umar bin Khatthab ra: ‘Barangsiapa yang meninggalkan satu shalat wajib
hingga waktunya habis, maka dia adalah kafir lagi murtad.’
Catatan Penting:
Ada beberapa orang dari sahabat dan
tabi’in yang menyatakan orang yang meninggalkan shalat wajib adalah kafir dan
halal darahnya (boleh dibunuh) diantaranya: Umar bin Khattab, Ibnu Abbas, Ibnu
Mas’ud, Abdur Rahman bin Auf, Mu’adz bin Jabal, Abu Hurairah, Abud Darda’ dan
Jabir bin Abdullah.
Ulama dari lain sahabat yang sependapat
dengan mereka tentang kekafiran orang yang meninggalkan salat wajib adalah
sebagai berikut Ahmad bin Hambal, Ishak bin Rahaweh, Abdullah bin Mubarak,
Annakha’i, Al Hakim, Ibnu Uyainah, Ayyub Assukhtiyani, Abu Dawud Attayalisi,
Abu Bakar bin Abi Syaibah, Zuhair bin Harab Ibnu Habib dan lain-lain.
Imam Syafi’i dan ulama yang lain berkata:
Sesungguhnya orang yang meninggalkan salat adalah kafir kalau memang
beranggapan boleh meninggalkan shalat wajib itu atau tidak mengakuinya wajib
atas dirinya. Apabila memang menganggap boleh meninggalkan shalat wajib atau
ingkar kewajibannya atas dirinya sendiri maka boleh dibunuh hanya dengan
meninggalkan satu shalat wajib dan tidak dikerjakan sehingga waktu jama’ habis.
Pembunuhan itu bisa dilakukan hanya
dengan memenggal lehernya dengan pedang. Sedemikian ini apabila telah diminta
agar bertaubat, tapi masih tetap bersikukuh pada pendapatnya. Sebagian ulama
menyatakan bahwa hukumannya cukup dipukul dengan tongkat. Ada lagi yang
berpendapat: Cukup ditusuk dengan besi, hingga orang yang meninggalkan salat
itu mau menjalankannya lagi. Apabila tidak, maka hukuman masih dilaksanakan
sehingga dia meninggal dunia.
Imam Ghazali berkata: ‘Apabila ada orang
yang mempunyai anggapan bahwa dia telah mencapai suatu tingkatan iman dimana
shalat wajib sudah tidak diwajibkan lagi baginya maka tidak ragu, apabila dia
harus dibunuh. Dan membunuh sesamanya lebih afdol daripada membunuh seratus
orang kafir.’
Imam Ahmad berkata: “Tidak sah menikah
wanita yang meninggalkan shalat, tapi menurut madzhab kami, sesungguhnya
menikah wanita kafir dzimmi lebih afdhal daripada menikah wanita yang
meninggalkan shalat.’