Terjemah Kitab Irsyadul Ibad (Irsyad al-Ibad ila Sabilir Rasyad); Bab Sholat

 

 

Terjemah Kitab Irsyadul Ibad (Irsyad al-Ibad ila Sabilir Rasyad)


 Judul kitab asal: Irshad al-Ibad ila Sabil Al-Rashad ( إرشاد العباد إلى سبيل الرشاد)

Pengarang: Zainuddin Al-Malibari ( زين الدين عبد العزيز المليباري الفناني)

 

 

Daftar isi

Pendahuluan

Bab : Iman

Pasal : Murtad

Bab Ilmu

Bab Wudhu

Pasal : Hukum-Hukum Wudhu

Pasal : Sunnah-Sunnah Wudhu

Pasal : Perkara Yang Dimakruhkan Dalam Berwudhu'

Pasal : Perkara Yang Membatalkan Wudhu

Bab : Mandi

Pasal : Yang Mewajibkan Mandi (Pembatal Mandi)

Bab : Fadhilah Shalat Wajib

Pasal : Haram Mengakhirkan Shalat

Pasal : Tentang Hukum-Hukum Shalat

Pasal : Perkara Yang Dimakruhkan Dalam Shalat

Pasal : Perkara Yang Membatalkan Shalat

Pasal: Dzikir Setelah Sholat Wajib

Bab : Shalat Sunnah

 

Bab Sholat

 

 

Allah swt berfirman:

إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمِؤْمِنِيْنَ كِتَابًا مَوْقُوْتًا

Artinya: “Sesungguhnya shalat atas orang-orang mukmin merupakan kewajiban yang berwaktu (ditentukan waktunya, oleh karena itu jangan sampai ketinggalan).

 

Dalam ayat-Nya yang lain, Allah swt berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تُلۡهِكُمۡ أَمۡوَٰلُكُمۡ وَلَآ أَوۡلَٰدُكُمۡ عَن ذِكۡرِ ٱللَّهِۚ وَمَن يَفۡعَلۡ ذَٰلِكَ فَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡخَٰسِرُونَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman janganlah hartamu, anak-anakmu melalaikanmu dari ingat pada Allah swt. Barangsiapa yang berbuat sedemikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi.” (Qs. Al-Munafiqun: 9).

Maksud mengingat pada Allah swt dalam ayat tersebut adalah menjalankan shalat lima waktu. Dalam sebuah riwayat hadis disebutkan:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِیَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوَّلُ مَا افْتَرَضَ اللهُ تَعَالَى عَلَى أمَّتِي الصَّلَوَاتُ الخَمْسُ ؛ وأوَّلُ مَا يُرْفَعُ مِنْ أَعْمَالِهمُ الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ، وَأوَّلُ مَا يُسْأَلُوْنَ عَنِ الصَّلَواَتِ الْخَمْسِ، فَمَنْ كَانَ ضَيَّعَ شَيْئًا مِنْهَا يَقُوْلُ اللهُ تَبَاركَ وَتَعَالَى: اُنْظُرُوْا هَلْ تَجِدُوْنَ لَعَبْدِي نَافِلَةً مِنْ صَلَاةٍ تُتِمُّونَ بِهَا مَا نَقَصَ مِنَ الْفَرِيْضَةِ؟ وَانْظُرُوْا فِي صِيَامِ عَبْدِي شَهْرَ رَمَضَانَ، فَإِنْ كَانَ ضَيَّعَ شَيْئًا مِنْهُ فَانْظُرُوْا هَلْ تَجِدُوْنَ لِعَبْدِي نَافِلَةً مِنْ صِيَامٍ تُتِمُّوْنَ بِهَا مَا نَقَصَ مِنَ الصِّيَامِ، وَانْظُرُوْا فِي زَكَاةِ عَبْدِي فَإِنْ كَانَ ضَيَّعَ مِنْهَا شَيْئًا فَانْظُرُوْا هَلْ تَجِدُوْنَ لِعَبدِي نَافِلَةً مِنْ صَدَقَةٍ تُتِمُّوْنَ بِهَا مَا نَقَصَ مِنَ الزَّكاةِ فَيُؤْخَذُ ذَلِكَ عَلَى فَرَائِضِ اللهِ ؛ وَذَلِكَ بِرَحْمَةِ اللهِ وَعَدْلِهِ ؛ فَإِنْ وُجِدَ فَضْلًا وُضِعَ فِي مِيْزَانِهِ، وَقِيْلَ لَهُ: اُدْخُلِ الْجَنَّةَ مَسْرُوْرًا ؛ وَإِنْ لَمْ يُوْجَدْ لَهُ شَيْءٌ مِنْ ذَلِكَ أُمِرَتْ بِهِ الزَبَانِيَةُ فَأَخَذُوا بِيَدِهِ وَرِجْلَيْهِ ثُمَّ قُذِفَ بِهِ فِي النَّارِ. رواه الحاكم

 

Artinya: “Dari Ibnu Umar ra berkata: Rasulullah saw bersabda: “Permulaan perkara yang diwajibkan oleh Allah swt kepada umatku adalahsalat lima waktu. Permulaan pahala amal perbuatan mereka yang diangkat ke langit adalah pahala salat lima waktu. Permulaan amal perbuatan yang mereka ditanyai pertanggungan jawabnya adalah shalat lima waktu.

Oleh karena itu, barangsiapa yang mengabaikan sesuatu daripada lima salat itu, maka Allah swt berfirman kepada malaikat: “Lihatlah apakah kamu menjumpai pada hambaku shalat sunah yang digunakan untuk menyempurnakan shalat wajib yang kekurangan ditinggalkan. Dan lihatlah puasanya hambaku pada bulan Ramadan apabila ternyata mengabaikan sesuatu daripadanya.

Maka lihatlah, apakah menjumpai puasa sunah yang pernah dilakukannya, sehingga kamu bisa melengkapi puasa yang diabaikan dengan puasa sunah tersebut. Dan lihatlah zakatnya hambaku. Apabila mengabaikan sesuatu daripadanya. Maka lihatlah apakah kamu menemukan sedekah sunah yang dilakukan oleh hamba-Ku sehingga kamu bisa mengisi apa yang kekurangan dari zakat wajib itu.

Seluruh kesunahan itu diambil untuk kewajiban-kewajiban Allah swt. Sedemikian itu dilakukan lantaran belas kasih Allah swt dan keadilan-Nya. Apabila memang terdapat kelebihan maka diletakkan pada timbangannya, dan dikatakan kepadanya: masuklah ke surga dengan gembira.

Apabila kelebihan itu tidak ada pada amal perbuatannya maka malaikat zabaniyah diperintahkan untuk menghukumnya, lain kaki dan tangannya diringkus untuk dilemparkan ke neraka.” (HR. Al-Hakim).

Rasulullah saw bersabda:

عَنْ جَابِرٍ رَضِیَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِىُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَثَلُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ كَمَثَلِ نَهْرٍ جَارٍ عَذْبٍ عَلَى بَابِ أَحَدِكُمْ يَغْتَسِلُ فِيْهِ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسَ مَرَّاتٍ فَمَا يَبْقَى ذَلِكَ مِنَ الدَّنَسِ. رواه مسلم

Artinya: “Dari Jabir ra berkata, Nabi saw bersabda: “Perumpamaan shalat lima kali seperti sungai yang mengalir, airnya tawar di muka pintu rumah salah seorang diantara kamu. Dia mandi di dalamnya lima kali dalam sehari, apakah yang demikian itu masih ada kotoran yang melekat pada tubuhnya.” (HR. Muslim).

 

Rasulullah saw bersabda:

عَنْ اَبِی ذَرٍّ رَضِیَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ مِنَ الشِّتَاءِ  وَالْوَرَقُ يَتَهَافَتْ فَأَخَذَ بُغُصْنَيْنِ مِنْ شَجَرَةٍ. قَالَ: فَجَعَلَ ذَلِكَ يَتَهَافَتُ فَقَالَ يَا أَبَاذَرٍّ قُلْتُ لَبَّيْكَ ياَ رَسُوْلَ اللهِ، قَالَ إِنَّ الْعَبْدَ الْمُسْلِمَ لَيُصَلِّي الصَّلاَةَ يُرِيْدُ بِهَا وَجْهُ اللهِ فَتَهَافَتَ عَنْهُ ذُنُوْبُهُ كَمَا تَهَافَتَ هَذَا الْوَرَقُ عَنْ هَذِهِ الشَّجَرَةِ. رواه احمد

Artinya: “Dari Abu Dzar ra sesungguhnya Nabi sw keluar pada musim dingin, dimana daun pohon banyak yang rontok. Lalu beliau mengambil dua dahan dari salah satu pohon. Perawi berkata: Dahan yang diambil oleh Nabi itu pun rontok daunnya. Lalu Nabi Muhammad saw bersabda: ‘Wahai Abu Dzar.’

Aku berkata: ‘Labbaika ya Rasulullah.’ Lalu Nabi saw bersabda: ‘Sesungguhnya seorang hamba muslim menjalankan shalat dengan ikhlas untuk mencari ridha Allah swt, lalu dosa-dosanya rontok sebagaimana daun ini terlepas dari pohon ini.” (HR. Ahmad).

Rasulullah saw bersabda:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِیَ اللهُ عَنْهُمَا. إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا قَامَ يُصَلِّی آتَی بِذُنُوْبِهِ كُلِّهَا فَوَضَعَتْ عَلَى رَأْسِهِ وَعَاتِقَيْهِ فَكُلَّمَا رَكَعَ اَوْ سَجَدَ تَسَاقَطَتْ عَنْهُ ذُنُوْبُهُ. رواه الطبراني والبيهقي

Artinya: “Dari Ibnu Umar ra, sesungguhnya hamba apabila berdiri menjalankan shalat, maka dosa-dosanya didatangkan dan di letakkan di atas kepalanya dan dua pundaknya. Setiap rukuk atau sujud, dosa-dosanya rontok daripadanya.” (HR. Thabrani dan Al-Baihaqi).

Rasulullah saw bersabda:

عَنْ عُثْمَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنِ امْرِئٍ مُسْلِمٍ يَحْضُرُ صَلَاةً مَكْتُوْبَةً فَيُحْسِنُ وُضُوْئَهَا وَخُشُوْعَهَا وَ رُكُوْعَهَا اِلَّا  كَانَتْ لَهُ کَفَّارَةٌ لِمَا قَبْلَهَا مِنَ الذُنُوْبِ مَالَمْ تَأْتِ كَبِيْرَةً وَذَلِكَ الدَّهْرُ كُلُّهُ. رواه مسلم

 

Artinya: “Dari Sayyidina Usman ra, dari Nabi saw bersabda: ‘Tiadalah seorang muslim yang kedatangan waktu shalat wajib, lalu berwudhu’ dengan baik, menjalankan shalat dengan khusyuk, begitu juga rukuk dengan baik kecuali shalat itu akan menjadi penghapus dosa-dosa yang dijalankan sebelumnya, selama tidak menjalankan dosa besar. Sedemikian itu untuk seluruh masa.” (HR. Muslim).

Rasulullah saw bersabda:

عَنْ اَنَسٍ رَضِیَ اللهُ عَنْهُ قَالَ مَامِنْ حَافِظِيْنَ يَرْفَعَانِ إِلَى اللهِ تَعَالَی بِصَلَاةِ رَجُلٍ مَعَ صَلَاةِ اِلَّا قَالَ اللهُ تَعَالَی اُشْهِدُ كَمَا اَنِّي قَدْ غَفَرْتُ لِعَبْدِيْ مَا بَيْنَهُمَا. رواه البيهقی

 

Artinya: “Dari Anas ra berkata: ‘Dua malaikat yang mencatat amal perbuatan seseorang menghadap pada Allah swt dengan membawa salat seorang lelaki bersama shalat berikutnya kepada Allah swt, lalu Allah swt berfirman: ‘Aku telah menyaksikanmu sesungguhnya Aku telah mengampuni dosa-dosa hambaku yang dilakukan antara dua waktu shalat itu.’

Dalam kitab Azzawajir karangan guru kami Ahmad bin Hajar Al-Haitami ra, sebagian ulama berkata:

وَرَدَ فِي الْحَدِيْثِ مَنْ حَافَظَ عَلَى الصَّلَاةِ اَكْرَمَهُ اللهُ بِخَمْسِ خِصَالٍ يَرْفَعُ عَنْهُ ضِيْقُ الْعِيْشِی وَعَذَابِ الْقَبْرِ وَيُعْطِيْهِ اللهُ كِتَابَهُ بِيَمِيْنِهِ . وَيَمُرُّ عَلَى الصِّراَطِ كَالْبَرْقِ وَيَدْخُلُ الْجَنَّةَ بِغَيْرِ حِسَابٍ وَمَنْ تَهَاوَنَ بِالصَّلَوَاتِ عَاقَبَهُ اللهُ بِخَمْسَ عَشْرَةَ عُقُوْبَةً خَمْسٌ فِي الدُّنْيَا وَثَلَاثٌ عِنْدَ الْمَوْتِ وَثَلَاثٌ فِي قَبْرِهِ وَثَلَاثٌ عِنْدَ خُرُوْجِهِ مِنَ الْقَبْرِ فَاَمَّا اللَّوَاتِي فِي الدُّنْيَا فَالْأَوْلَى يُنْزَعُ الْبَرَكَةُ مِنْ عُمْرِهِ وَ الثَّانِيَةُ يُمْحَی سِيْمَا الصَّالِحِيْنَ مِنْ وَجْهِهِ

وَالثَّالِثَةُ كُلُّ عَمَلٍ يَعْمَلُهُ لَا يَأْجُرُهُ اللهُ عَلَيْهِ

وَالرَّابِعَةُ يُرْفَعُ لَهُ دُعَاءُ إِلَى السَّمَاءِ

وَالْخَامِسَةُ لَيْسَ لَهُ حَظٌّ فِي دُعَاءُ الصَّالِحِيْنَ

 

وَاَمَّا الَّتِيْ تُصِيْبُهُ عِنْدَ الْمَوْتِ فَالْأُوْلَى أَنَّهُ يَمُوْتُ ذَلِيْلًا وَالثَّانِيَةُ يَمُوْتُ جَائِعًا. وَالثَّالِثَةُ يَمُوْتُ عَطْشَانًا وَلَوْسُقِىَ بِحَارَ الدُّنْيَا مَارَوِيَ مِنْ عَطْشِهِ وَاَمَّا الَّتِيْ تُصِيْبُهُ فِيْ قَبْرِهِ فَالْأُوْلَى يَضِيْقُ عَلَيْهِ الْقَبْرِ حَتَّى تَحْتَلِفُ أَضْلَاعُهُ وَالثَّانِيَةُ يُوْقَدُ عَلَيْهِ الْقَبْرُ نَارًا يَتَقَلَّبُ عَلَى الْجَمطرِ لَيْلًا وَنَهَارًا

وَالثَّالِثَةُ يُسَلَّطُ عَلَيْهِ فِي قَبْرِ ثُعْبَانٌ اِسْمُهُ الشُّجَاعُ الْاَقْرَعُ عَيْنَاهُ مِنْ نَارٍ وَ اَظْفَارُهُ مِنْ حَدِيْدٍ كُلُّ ظَفْرٍ مَسِيْرَةَ يَوْمٍ يُكَلِّمُ الْمَيِّتَ فَيَقُوْلُ أَنَا الشُّجَاعُ الْاَقْرَعُ وَصَوْتُهُ مِثْلُ الرَّعْدِ الْقَاصِفِ يَقُوْلُ اَمَرَنِيَ اللهُ أَنْ أَضْرِبَكَ عَلىَ تَضْيِيْعِ صَلَاةِ الصُّبْحِ إِلَى طُلُوْعِ الشَّمْسِ وَأَضْرِبَكَ عَلَى تَضْيِيْعِ صَلَاةِ الظُّهْرِ إِلَى الْعَصْرِ وَاَضْرِبَكَ عَلَى

تَضْيِيْعِ صَلَاةِ الْعَصْرِ إِلَى الْمَغْرِبِ. وَاَضْرِبَكَ عَلَى تَضْيِيْعِ صَلاَةِ الْمَغْرِبِ إِلِى الْعِشَاءِ وَاَضْرِبَكَ عَلَى تَضْيِيْعِ صَلَاةِ الْعِشَاءِ إِلَى الْفَجْرِ فَكُلَّمَا ضَرَبَ ضَرْبَةً يَغُوْصُ فِي الْأَرْضِ سَبْعِيْنَ ذِرَاعًا فَلَا يَزَالُ فِي الْأَرْضِ مَعَذَّبًا إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَأَمَّا الَّتِى تُصِيْبُهُ عِنْدَ الْخُرُوْجِ مِنَ الْقَبْرِ فِي مَوْقِفِ الْقِيَامَةِ فَشِدَّةُ الْحِسَابِ وَسَخَطُ الرَّبِّ وَدُخُوْلُ النَّارِ.

وَفِي رِوَايَةٍ اَنَّهُ يَأْتِيْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَعَلَى وَجْهِهِ ثَلَاثَةُ اَسْطُرٍ مَكْتُوْبَاتٍ فِي السَّطْرِ الْأَوَّلِ يَا مُضَيِّعَ حَقِّ اللهِ، وَالسَّطْرُ الثَّانِی یَا مَخْصُوْصًا بِغَضَبِ اللهَ وَالسَّطْرُ الثَّالِثِ ضَيَّعَكَ اللهُ كَمَا ضَيَّعْتَ فِي الدُّنْيَا حَقَّ اللهِ فَاَيْأَسْ الْيَوْمَ مِنْ رَحْمَةِ اللهِ

 

Artinya: “Disebutkan dalam sebuah hadis: ‘Barangsiapa yang memelihara shalat wajib dengan baik, maka Allah swt memuliakan dengan lima perkara:

Terhindar dari kesempitan rezeki, dan hidupnya bahagia.

Terhindar dari siksa kubur (apabila mati).

Allah swt memberikan catatan amalnya dan dia akan menerimanya dengan tangan kanannya.

Berjalan diatas jembatan jahannam dengan cepat seperti kilat.

Masuk surga tanpa hisap.

Barangsiapa yang mengabaikan shalat wajib maka akan menerima lima belas macam siksaan. Enam siksaan di dunia, tiga ketika mati, tiga lagi di dalam kuburan dan tiga di waktu keluar dari kuburan. Untuk siksaan di dunia:

Berkah umurnya dicabut.

Tanda-tanda orang-orang shaleh di wajahnya sudah tidak ada.

Setiap amal yang dilakukan tidak akan diberi pahala oleh Allah swt.

Apabila berdo’a tidak akan diangkat ke langit sehingga tidak dikabulkan

Tidak mendapat doa dari orang-orang shaleh.

Dibenci oleh orang banyak.

Untuk siksaan yang diterima di waktu mati sebagai berikut:

 

Mati dalam keadaan terhina.

Mati dalam keadaan lapar. (Boleh jadi dikarenakan mati di rumah sakit yang dilarang banyak makan).

Mati dalam keadaan haus, apabila disiram dengan air sebanyak satu lautan takkan bisa menyegarkan tenggorokannya, lantaran amat haus.

Untuk hukuman yang akan diterima di dalam kuburan:

 

Kuburannya dipersempit sehingga tubuhnya terjepit dan tulang rusuknya banyak yang bersimpangan.

Ruang kuburnya terisi api, sehingga si mayat siang dan malam kesakitan bergelimpangan di atas bara.

Di dalam kuburannya akan bertemu dengan ular yang diperintahkan oleh Allah swt untuk menyiksa si mayat yang meninggalkan shalat, ular itu bernama Asy-Syuja’ Al-Aqra’ (pemberani yang berkepala botak) matanya dari api, kukunya dari besi, tiap kuku panjangnya perjalanan satu hari, dia berbicara pada mayat: Aku adalah Asy Syuja’ Al-Aqra.’Suaranya seperti halilintar yang meledak.

Dia berkata: “Tuhanku memerintahkan aku untuk memukulmu, lantaran kamu mengabaikan Shalat Subuh sehingga matahari terbit. Aku memukulmu, lantaran engkau mengabaikan Shalat Dzuhur hingga waktu asar tiba, aku memukulmu lantaran kamu mengabaikan Salat Ashar hingga Magrib.

Aku memukulmu lantaran kamu mengabaikan Shalat Maghrib hingga Isya,’ aku memukulmu lantaran engkau mengabaikan Shalat Isya’ hingga fajar terbit. Jadi setiap memukul satu pukulan maka mayat akan terbenam di perut bumi kira tujuh puluh dzira’ dan tak henti-hentinya tersiksa sampai hari kiamat.

Adapun hukuman yang akan diterima di waktu keluar dari kubur menuju mahsyar adalah sebagai berikut:

Hisab yang ketat.

Dibenci Allah swt.

Masuk ke neraka.

Menurut sebagian riwayat hadis sebagai berikut: ‘Sesungguhnya orang yang meremehkan salat akan datang di hari kiamat sedang di wajahnya tertulis tiga baris sebagai berikut:

Wahai orang yang mengabaikan hak Allah swt.

Wahai orang yang mendapat kebencian Allah swt secara khusus.

Semoga Allah swt mengabaikanmu sebagaimana kamu di dunia sering mengabaikan hak Allah swt. Maka sekarang kamu hendaknya putus asa, jangan mengharapkan rahmat Allah swt.

Ada suatu riwayat hadis, bahwa di neraka Jahannam ada jurang bernama Lamlam. Di dalamnya terdapat beberapa ular besar, dimana tebalnya kira-kira sama dengan lehernya unta, panjangnya sekitar perjalanan satu bulan, dia akan menggigit orang yang meninggalkan shalat, lalu racunnya mengeram di tubuh orang yang meninggalkan salat tadi selama tujuh puluh tahun, hingga dagingnya menguning.

Ada sebagian riwayat: Seorang perempuan dari Bani Israil datang kepada Nabi Musa as, lalu berkata: ‘Aku telah menjalankan dosa yang besar dan aku sudah taubat kepada Allah swt. Oleh karena itu, do’akan aku sehingga taubatku diterima dan dosaku diampun.’ Lalu Musa berkata kepadanya: ‘Dan sekarang apakah dosamu?’

Lalu perempuan itu menjawab: “Wahai Nabi Allah, sesungguhnya aku telah berzina dan aku juga sudah melahirkan anak zina itu, tapi setelah lahir kubunuh secara langsung.’ Lalu Nabi berkata: ‘Keluarlah wahai perempuan durhaka, agar tidak dituruni siksaan api dari langit yang akan membakar kami lantaran kemalanganmu.’ Akhirnya perempuan itupun keluar dari sisi Musa dengan keadaan hati yang sedih.

Lalu Jibril turun seraya berkata: ‘Wahai Musa, Tuhan berfirman kepadamu, mengapa kamu sampai hati menolak wanita yang sedang taubat, wahai Musa apakah kamu tidak menjumpai orang yang lebih jelek daripada wanita tadi?’ Lalu Musa bertanya: ‘Siapakah kiranya orang yang lebih jelek daripadanya.’Lalu Jibril menjawab: ‘Orang yang meninggalkan shalat.’

Rasulullah saw bersabda:

عَنِ النَّبِيّ ِصَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ حَافَظَ عَلَى الصَّلَوَاتِ كَانَتْ لَهُ نُوْرًا وَبُرْهَانًا وَنَجَاةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَمَنْ لَمْ يُحَافِظْ عَلَيْهَا لَمْ يَكُنْ لَهُ نُوْرًا وَلَا بُرْهَانًا وَلَا نَجَاةً وَكَانَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَعَ قَارُوْنَ وَفِرْعَوْنَ وَهَامَانَ وَ اُبَیِّ بْنِ خَلَفٍ. رواه احمد و ابن حبان

Artinya: “Dari Nabi saw bersabda: ‘Barangsiapa yang memelihara salat (lima waktu) maka salat tersebut akan menjadi cahaya, bukti dan penyelamat baginya pada hari kiamat. Barangsiapa yang tidak memeliharanya maka dia tidak mempunyai cahaya, bukti dan penyelamat. Dan pada hari kiamat dia dikumpulkan bersama Qarun, Fir’aun, Haman dan Ubay bin Khalaf.” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban)

Rasulullah saw bersabda:

عَنْ جَابِرٍ رَضِیَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنَّ بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الْكُفْرِ تَرْكُ الصَّلَاةِ. رواه مسلم و ابو داود والترمذي والنسائي وابن ماجه

Artinya: “Antara hamba dan kekafiran adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Rasulullah saw bersabda:

وَلِلتِّرْمِذِيْ: بَيْنَ الْكُفْرِ وَالْإِيْمَانِ تَرْكُ الصَّلَاةِ

Artinya: “Antara kekafiran dan keimanan adalah meninggalkan shalat wajib.” (HR. Tirmidzi).

Rasulullah saw bersabda:

وَلِاَبِی دَاوُدَ بَيْنَ الْعَبْدِ وَبَيْنَ الْكُفْرِ تَرْكُ الصَّلَاةِ

Artinya: “Antara hamba dan kekafiran adalah meninggalkan shalat wajib.” (HR. Abu Dawud).

Rasulullah saw bersabda:

عَنْ بُرَيْدَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَلْعَهْدُ الَّذِيْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمُ الصَّلَاةُ وَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ

Artinya: “Perjanjian antara kami (umat Islam) dan mereka (orang-orang kafir) adalah salat. Dan barangsiapa yang meninggalkannya maka telah kafir.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

Rasulullah saw bersabda:

عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ تَرَكَ الصَّلَاةَ مُتَعَمِّدًا فَقَدْ كَفَرَ جِهَارًا رواه الطبراني

Artinya: “Dari Nabi saw bersabda: Barangsiapa yang meninggalkan shalat wajib dengan sengaja maka menjalankan kekufuran dengan terang-terangan.” (HR. Thabrani).

Rasulullah saw bersabda:

عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ عِزُّ الْإِسْلَامِ وَقَوَاعِدُ الدِّيْنِ ثَلَاثٌ عَلَيْهِنَّ اَسَسُ الْإِسْلَامِ مَنْ تَرَكَ وَاحِدَةً مِنْهُنَّ فَهُوَ بِهَا كَافِرٌ حَلَالُ الدَّمِّ. شَهَادَةُ أَنْ لَّا إِلَهَ اِلَّا اللهُ وَالصَّلاَةُ الْمَكْتُوْبَةُ وَصَوْمُ رَمَضَانَ وَفِي رِوَايَةٍ: مَنْ تَرَكَ وَاحِدَةً مِنْهُنَّ فَهُوَبِاللهِ كَافِرٌ وَلَا يَقْبَلُ مِنْهُ صِرْفٌ وَلَا عَدْلٌ وَقَدْ حَلَّ دَمُّهُ وَمَالُهُ

Artinya: “Dari Nabi saw bersabda: ‘Kemuliaan Islam dan tiang agama ada tiga, di atas tiga landasan itu Islam dibangun. Barangsiapa yang meninggalkan salah satunya maka dia kafir halal darah (boleh dibunuh): Syahadat bahwa Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah swt, shalat wajib dan puasa di bulan Ramadhan.” (Sanad hadis tersebut hasan)

Menurut sebagian riwayat dimana sanadnya juga hasan sebagai berikut: ‘Barangsiapa yang meninggalkan salah satu daripada tiga dasar-dasar agama itu, maka demi Allah swt dia adalah kafir, tidak diterima ibadah sunah dan wajibnya. Darah dan hartanya dihalalkan.’

Rasulullah saw bersabda:

كَانَ أَصْحَابُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهَ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَرَوْنَ شَيْئًا مِنَ الْأَعْمَالِ تَرْكُهُ كُفْرٌ غَيْرُ الصَّلَاةِ

Artinya: “Sahabat-sahabat Nabi tidak memandang sesuatu amal perbuatan yang apabila ditinggalkan menjadikan kufur kecuali shalat wajib.” (HR. Tirmidzi).

Rasulullah saw bersabda:

عَنْ عَلِیٍّ رَضِیَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: مَنْ لَمْ يُصَلِّ فَهُوَ كَافِرٌ. رواه ابن شيبة والبخاری موقوفا

Artinya: “Dari Ali ra berkata: ‘Barangsiapa yang meninggalkan shalat wajib maka dia adalah kafir.” (HR. Ibnu Abi Syaibah dan Bukhari, hadis mauquf).

Rasulullah saw bersabda:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، مَنْ تَرَكَ الصَّلَاةَ فَهُوَ كَافِرٌ. رواه ابن عبد البر

Artinya: “Dari Ibnu Abbas ra berkata: Barangsiapa yang meninggalkan shalat wajib maka sungguh dia telah kafir.” (Hadis mauquf riwayat Ibnu Abdil bar).

Rasulullah saw bersabda:

قَالَ جَابِرٌ رَضِیَ اللهُ عَنْهُ. مَنْ لَمْ يُصَلِّ فَهُوَ كَافِرٌ. رواه ابن عبد البر موقوفا

Artinya: “Jabir berkata: ‘Barangsiapa yang tidak menjalankan shalat, maka dia adalah kafir.” (hadis mauquf riwayat Ibnu Abdil bar)

 

Muhammad bin Nashar berkata: ‘Aku pernah mendengar Ishak bin Rahaweh berkata: ‘Ada hadis sahih dari Nabi saw bahwasanya orang yang meninggalkan shalat adalah kafir.’

Ibnu Hazem berkata, Sungguh ada perkataan dari Umar bin Khatthab ra: ‘Barangsiapa yang meninggalkan satu shalat wajib hingga waktunya habis, maka dia adalah kafir lagi murtad.’

Catatan Penting:

Ada beberapa orang dari sahabat dan tabi’in yang menyatakan orang yang meninggalkan shalat wajib adalah kafir dan halal darahnya (boleh dibunuh) diantaranya: Umar bin Khattab, Ibnu Abbas, Ibnu Mas’ud, Abdur Rahman bin Auf, Mu’adz bin Jabal, Abu Hurairah, Abud Darda’ dan Jabir bin Abdullah.

Ulama dari lain sahabat yang sependapat dengan mereka tentang kekafiran orang yang meninggalkan salat wajib adalah sebagai berikut Ahmad bin Hambal, Ishak bin Rahaweh, Abdullah bin Mubarak, Annakha’i, Al Hakim, Ibnu Uyainah, Ayyub Assukhtiyani, Abu Dawud Attayalisi, Abu Bakar bin Abi Syaibah, Zuhair bin Harab Ibnu Habib dan lain-lain.

Imam Syafi’i dan ulama yang lain berkata: Sesungguhnya orang yang meninggalkan salat adalah kafir kalau memang beranggapan boleh meninggalkan shalat wajib itu atau tidak mengakuinya wajib atas dirinya. Apabila memang menganggap boleh meninggalkan shalat wajib atau ingkar kewajibannya atas dirinya sendiri maka boleh dibunuh hanya dengan meninggalkan satu shalat wajib dan tidak dikerjakan sehingga waktu jama’ habis.

Pembunuhan itu bisa dilakukan hanya dengan memenggal lehernya dengan pedang. Sedemikian ini apabila telah diminta agar bertaubat, tapi masih tetap bersikukuh pada pendapatnya. Sebagian ulama menyatakan bahwa hukumannya cukup dipukul dengan tongkat. Ada lagi yang berpendapat: Cukup ditusuk dengan besi, hingga orang yang meninggalkan salat itu mau menjalankannya lagi. Apabila tidak, maka hukuman masih dilaksanakan sehingga dia meninggal dunia.

 

Imam Ghazali berkata: ‘Apabila ada orang yang mempunyai anggapan bahwa dia telah mencapai suatu tingkatan iman dimana shalat wajib sudah tidak diwajibkan lagi baginya maka tidak ragu, apabila dia harus dibunuh. Dan membunuh sesamanya lebih afdol daripada membunuh seratus orang kafir.’

Imam Ahmad berkata: “Tidak sah menikah wanita yang meninggalkan shalat, tapi menurut madzhab kami, sesungguhnya menikah wanita kafir dzimmi lebih afdhal daripada menikah wanita yang meninggalkan shalat.’

 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama