KEADAAN BINA’ MUDHARI’; Belajar Ilmu Nahwu dari Kitab An Nahwul Wadhih

 

أَحوالُ بِنَاءِ اْلـمُضَارِعِ

(KEADAAN BINA’ MUDHARI’)

الأمثلة:

1)     لَأَسْتَمِعَنَّ النَّصِيْحَةَ.

Aku sungguh-sungguh mendengar nasehat itu

5) الطَّالِبَاتُ يَسْتَمِعْنَ النَّصِيْحَةَ.

Pelajar putri mendengarkan nasehat

2)     لَيَذْهَبَنَّ اْلغِلْمَانُ.

Anak-anak (laki-laki) sungguhsungguh pergi

6) النِّسَاءُ يَذْهَبْنَ.

Wanita itu pergi

3)     أَلاَ تَسْتَرِيْحَنْ يَا سَعِيْدُ.

Tidakkah Anda sungguh-sungguh istirahat, hai Said ?

7) أَلاَ تَسْتَرِحْنَ يَافَتَيَاتُ.

Tidakkah kalian semua istirahat, hai remaja putri ?

4)     أَلاَ تَرْحَمَنْ هذَا اْلِمسْكِيْنَ.

Tidakkah Anda sungguh-sungguh berbelaskasihan kepada orang miskin ini ?

8) أَلاَ تَرْحَمْنَ هذَا اْلِمسْكِيْنَ.

Tidakkah kalian berbelaskasihan kepada orang miskin ini ?

 

البحث:

بالتأمل في الأفعال المضارعة في الأمثلة الأربعة الأول، نجد كلا منها متصلا بنون التوكيد، غير أن هذه النون مشددة أو ثقيلة في الفعلين الأولين، وخفيفة في الفعلين الأخيرين، وإذا تأملنا هذه الأفعال واحدا واحدا وجدناها جميعا مفتوحة الأواخر، ولو أننا أدخلناها في تراكيب أخرى، لبقيت أواخرها مفتوحة أيضا ولم يتغير بتغير التراكيب، وعلى هذا تكون مبنية على الفتح، ومن ذلك نعلم أن الْمُضارعُ يُبْنَى على الفتح إن اتصل بنون توكيد ثقيلة أو خفيفة.

وإذا تأملنا هذه الأفعال نفسها في الأمثلة الأربعة الثانية، وجدنا كلا منها متصلا بنون النسوة، ووجدنا آخر كل منها ساكناولو أننا أدخلناها وهي متصلة بهذه النون في تراكيب أخرى لبقيت أواخرها ساكنة لا تتغير بتغير التراكيب، وبذلك تكون مبنية على السكون، ومن هذا نعلم أن الفعل الْمُضارعُ يُبْنَى على السكون متى كان متصلا بنون النسوة.

وليس للفعل المضارع حال يبنى فيها غير هاتين الحالتين، وفيما عدا ذلك يكون معربا.

Penjelasan :

Dengan mencermati fi’il-fi’il mudhari’ pada empat contoh pertama (no. 1 s.d. 4) di atas, kita ketahui adanya fi’il tersebut mendapat akhiran ‘nun taukid’, baik ‘nun musyaddadah’ (nun bertasydid) atau ‘nun tsaqilah’ (nun yang berat) pada dua fi’il yang pertama maupun ‘nun khafifah’ (nun yang ringan) pada dua fi’il yang kedua. Apabila kita telaah satu persatu fi’il-fi’il ini, kita ketahui semuanya dalam keadaan fathah pada huruf akhir katanya. Meskipun susunan kalimatnya berubah, tetap huruf akhir katanya dalam keadaan fathah. Atas dasar ini fi’il-fi’il tersebut di-mabni-kan fathah. Karena itu, kita ketahui bahwa fi’il mudhari’ di-mabni-kan fathah (mabniyyun ‘ala al-fathi) jika mendapat akhiran ‘nun taukid tsaqilah’ ataupun ‘nun taukid khafifah’.

Kemudian, apabila kita cermati lagi fi’il-fi’il mudhari’ pada empat contoh kedua (no. 5 s.d. 8) di atas, kita ketahui adanya fi’il tersebut mendapat akhiran ‘nun niswah’ (nun yang menunjukkan makna feminin jender) dan kita ketahui semuanya dalam keadaan sakinah (sukun) pada huruf akhir katanya. Meskipun susunan kalimatnya berubah, tetap huruf akhir katanya dalam keadaan sakinah (sukun). Karena itu, fi’il-fi’il tersebut di-mabni-kan sukun. Jadi, kita ketahui bahwa fi’il mudhari’ di-mabni-kan sukun (mabniyyun ‘ala as-sukun) ketika mendapat akhiran ‘nun niswah’ ataupun ‘nun taukid khafifah’.

Fi’il mudhari’ tidak dalam keadaan mabni kecuali seperti yang terdapat pada dua kelompok contoh di atas, tetapi selain dalam keadaan itu adalah mu’rab.

 

القواعد:

يبنى الفعل المضارع على الفتح إن اتصلت به نون التوكيد، ويبنى على السكون إن اتصلت به نون النسوة، ويعرب فيما عدا ذلك.


Kaidah Tata Bahasa

Fi’il mudhari’ di-mabni-kan fathah (mabniyyun ‘ala al-fathi) pada huruf akhir katanya jika mendapat akhiran nun taukid dan di-mabni-kan sukun (mabniyyun ‘ala as-sukun) jika mendapat akhiran nun niswah, dan selain keadaan itu adalah mu’rab.

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama