KEADAAN BINA’ FI’IL AMAR; Belajar Ilmu Nahwu dari Kitab An Nahwul Wadhih

 

أَحوال بناءِ الأَمر

(KEADAAN BINA’ FI’IL AMAR)

الأمثلة:

1)نَظِّفْ أَسْنَانَكَ بَعْدَ اْلأَكْلِ.

Sikat gigi Anda sesudah makan

13)أَلْقِ الشَّبَكَةَ يَا صَيَّادُ.

Lemparkan jalamu, hai penjala

2)تَمَهَّلْ فِي سَيْرِكَ.

Hati-hati di perjalanan

14)اُدْعُ الطَّبِيْبَ.

Panggil dokter

3)اِسْتَمِعْ نُصْحَ الطَّبِيْبِ.

Dengarkan saran dokter

15)تَحَرَّ الصِّدْقَ فِيْمَا تَقُوْلُ.

Gelorakan kebenaran dalam orasi Anda

***

4)اِسْتَيْقِظْنَ مُبَكِّرَاتٍ.

Bangunlah (hai kalian wanita) lebih awal

16)اِفْتَحَا نَوَافِذَ اْلحُجْرَةِ.

Buka (kalian berdua) jendela kamar

5)أَجِدْنَ طَبْخَ الطَّعَامِ.

Masaklah (hai kalian wanita) menu masakan

17)أَكْرِمَا ضُيُوْفَكُمَا.

Hormati tamu Anda (kalian berdua)

6)هَذِّبْنَ أَوْلاَدَكُنَّ.

Didiklah (hai kalian wanita) anak-anak Anda

18)اُهْزُزَا شَجَرَةَ النَّبْقِ.

Goyang-goyangkan (kalian berdua) pohon bidara

***

7)تَجَنَّبَنَّ اْلـمِزَاحَ اْلكَثِيْرَ.

Hindarilah terlalu banyak sendagurau

19)اِجْمَعُوْا ثَمَرَ اْلبُسْتَانِ.

Kumpulkan (kamu sekalian) hasil perkebunan

8)عَاشِرَنَّ إِخْوَانَكَ بِالْمَعْرُوْفِ.

Pergaulilah saudara-saudaramu dengan baik

20)اِسْتَحِمُّوْا فِي النَّهْرِ.

Berenanglah (kamu sekalian) di sungai

9)أُخْرُجَنَّ إِلَى اْلحُقُوْلِ.

Berangkatlah ke ladang

21)أُخْرُجُوْا إِلَى اْلحُقُوْلِ.

Berangkatlah (kamu sekalaian) ke ladang

***

10)اِحْفَظَنْ عَهْدَ الصَّدِيْقِ.

Pegang teguh janji sahabat

22)رَتِّبِيْ أَثاَثَ اْلحُجْرَةِ.

Aturlah (hai wanita) perabotan kamar

11)أَحْسِنَنْ إِلَى النَّاسِ.

Berbaiklah kepada sesama manusia

23)أَغْلِقِيْ بَابَ الدَّارِ.

Tutuplah (hai wanita) pintu rumah

12)أَوْقِدَنْ مِصْبَاحَكَ.

Nyalakanlah lampumu

24)اِحْفَظِيْ دَرْسَكِ.

Hapalkan (pelajari) (hai pelajar putri) pelajaranmu

 

البحث:

عرفنا فيما سبق أن أفعال الأمر كلها مبنية، ولكنا نريد أن نعرف في هذا الدرس أحوال بنائها.

لأجل ذلك نتأمل الأمثلة الستة الأولى، فنرى أفعال الأمر في الثلاثة الأولى منها صحيحة الآخِرِ ولم يَتَّصِلْ بها شيء، ونراها في الثلاثة الثانية متصلة بنون النسوة، وإذا تأملنا أواخر هذه الأفعال الستة وجدناها ساكنة، وكذلك آخر كل فعل يجيء على إحدى الصورتين المتقدمين، ومن ذلك نعلم أنّ فعل الأمر يبنى على السكون في هاتين الحالتين.

وإذا تأملنا الأمثلة الستة الثانية، وجدنا أفعال الأمر فيها قد اتصل آخر كل منها بنون تدل على تقوية الفعل وتوكيده، وتسمى هذه النون نون التوكيد وهي إما ثقيلة وإما خفيفة على نحو ما ترى في الأمثلة، وإذا تدبرنا أواخر أفعال الأمر في هذه الأمثلة الستة وجدناها مفتوحة وكذلك الحال في جميع أواخر أفعال الأمر المتصلة بهذه النون، ومن ذلك نعلم أنّ فعل الأمر يُبْنَى على الْفَتْحِ في هذه الحال.

وإذا تأملنا أفعال الأمر في الأمثلة الثلاثة التالية وهي ألق، وادع، وتحر وجدنا آخر كل منها حرف علة محذوفا بدليل ظهور ذلك الحرف في الماضي والمضارع؛ إذ نقول في ماضيها ألقى، ودعا، وتحرى، وفي مضارعها يلقي ويدعو ويتحرى، فهي إذًا أفعال أمر معتلة الأواخر، وإذا تتبعنا جميع أفعال الأمر التي من هذا النوع، وجدناها أيضا محذوفة الأواخر.

وإذا بحثنا في سبب هذا الحذف لم نجد سوى البناء سببا، ومن ذلك نحكم أنّ فعل الأمر في مثل هذه الأمثلة السابقة يبنى على حذف حرف العلة.

وإذا نظرنا إلى أفعال الأمر في بقية الأمثلة، نرى أنها اتصلت مرة بألف تدل على اثنين، ومرة بواو تدل على جماعة الذكور، وأخرى بباء تدل على واحدة مخاطبة؛ وبالرجوع إلى مضارع كل فعل من هذه الأفعال نرى به نونا؛ إذ نقول "يفتحانو"يجمعونو"ترتبينولكن هذه النون لا توجد في أفعال الأمر المتصلة بالألف أو الواو أو الياء؛ ولذلك يقال أنّ فعل الأمر في هذه الأحوال الثلاث مبني على حذف النون.

Kita telah mengetahui pada pembahasan yang lalu bahwa fi‟il amar adalah mabni, tetapi dalam pembahasan ini kita fokuskan pada keadaan bina’nya. Mari kita cermati enam contoh pertama di atas (no. 1 s.d. 6). Tiga contoh pertama (no. 1, 2, dan 3) terdapat fi‟il amar shahih akhir dan tidak mendapat akhiran apapun. Sedangkan pada tiga contoh kedua (no. 4, 5, dan 6) mendapat akhiran nun niswah. Semua huruf akhir kata fi‟il ini adalah dalam keadaan sakinah (sukun). Demikian juga untuk setiap fi‟il amar dalam susunan kalimat yang lain sebagaimana contoh no. 1 s.d. 6 tersebut. Karena itu, kita mengetahui bahwa fi‟il amar dalam keadaan seperti pada dua kelompok contoh ini adalah di-mabni-kan sukun (mabniyyun ‘ala as-sukun).

Kemudian kita cermati enam contoh kedua (no. 7 s.d. 12). Kita menemukan fi’il amar di dalamnya berakhiran “nun” ( ن ) yang menunjukkan makna penegasan dan penguatan fi’il, “nun” ( ن ) ini disebut nun taukid, baik “nun” ini berupa tsaqilah (ن ) dan kadangkala berupa khafifah ((نْ sebagaimana yang kita lihat pada contoh-contoh tersebut. Apabila kita tinjau lebih jauh, huruf-huruf akhir kata fi’il amar pada enam contoh tersebut adalah dalam keadaan maftuhah (fathah). Demikian juga keadaan untuk setiap akhiran fi‟il amar yang bersambung dengan ‘nun’ ini sebagaimana contoh no. 7 s.d. 12 tersebut. Karena itu, kita mengetahui bahwa fi‟il amar dalam keadaan seperti ini adalah di-mabni-kan fathah (mabniyyun ‘ala al-fathi).

 

Apabila kita cermati fi’il amar yang ada pada tiga kelompok contoh berikutnya (no. 13, 14, dan 15) yaitu (تَحَرَّ, اُدْعُ, أَلْقِ),kita mengetahui bahwa akhiran dari tiap kata tersebut adalah huruf ‘illah yang dihilangkan (mahdzuf).Bukti tentang hal ini adalah adanya huruf ‘illah pada fi’il madhi dan mudhari’nya. Dalam bentuk fi‟il madhi terlihat jelas : (تَحَرَّى, دَعَا, أَلْقَى)  , sedang dalam bentuk fiil mudhari : (يَتَحَرَّى, يَدْعُو, يُلْقِى). Karena itu, fi’il-fi’il ini merupakan fi’il mu’tal akhir. Jika kita urutkan semua fi’il amar dalam bentuk ini, kita temukan juga semuanya dihilangkan huruf akhirnya (huruf ‘illahnya).

Penyebab dihilangkannya huruf akhirnya (huruf ‘illahnya) adalah karena struktur (bentuk) bina’. Karena itu, kita tentukan bahwa fi’il amar sebagaimana pada contoh-contoh tersebut di-mabni-kan dengan dihilangkannya huruf ‘illah (mabniyyun ‘ala hadzfi harfi al-‘illah).

Mari kita cermati fiil amar pada contoh-contoh terakhir. Kita mengetahui fi’il amar tersebut mendapat akhiran ‘alif’ (ا ) yang menunjukkan makna itsnain (bentuk ganda), ‘wawu’ (و ) yang menunjukkan makna jamak mudzakar (bentuk jamak maskulin jender), atau ‘ya’ (ي ) yang menunjukkan makna wahidah mukhathabah (orang kedua perempuan tunggal). Dalam bentuk fi’il mudhari’, fi’il-fi’il ini terlihat adanya ‘nun’ (ن) : (يَفْتَحَانِ، يَجْمَعُوْنَ، تُرَتِّبِيْنَ) tetapi huruf “nun” ini tidak muncul dalam fi’il amar yang mendapat akhiran akhiran ‘alif’ (ا) ,( wawu (و), atau ‘ya’ (ي ). Karena itu, dikatakan bahwa fi’il amar seperti di dalam kelompok contoh ini di-mabni-kan dengan dihilangkannya huruf nun (mabniyyun ‘ala hadzfi an-nun).

 

 

القواعد:

يبنى فعل الأمر على السكون إذا كانَ صحيحَ الآخِرِ ولم يَتَّصِلْ بِهِ شيء، وكذلك إذا اتصلت به نون النسوة، ويبنى على الْفَتْحِ إِذَا اتصلت به نون التوكيد. ويبنى على حذف حرف العلة إذا كانَ مُعْتَلَّ الآخِرِ. ويبنى على حذف النون إذا اتصلت به ألِفُ اثْنَيْنِ أوْ واوُ جَمَاعَةٍ أوْ ياء مخاطبة.

Fi’il amar di-mabni-kan sukun apabila huruf akhir katanya bukan berupa huruf ‘illah (shahih akhir) dan tidak mendapat akhiran apapun atau mendapat akhiran nun niswah. Di-mabni-kan fathah apabila mendapat akhiran nun taukid, dan di-mabni-kan dengan dihilangkannya huruf ‘illah apabila mu’tal akhir dan di-mabni-kan dengan dihilangkannya huruf ‘nun’ jika mendapat akhiran alif tatsniyyah, wau jamak, atau ya’ mukhathabah.

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama