ISIM MU'TAL AKHIR - Isim Manqush dan Keadaan I’rabnya; Belajar Ilmu Nahwu dari Kitab An Nahwul Wadhih

 

الاسمُ المعتلُ الآخرِ

(ISIM MU’TAL AKHIR)

 

2-   المنقوص وأَحوال إِعرابه

(Isim Manqush dan Keadaan I’rabnya)

الأمثلة:

فَرَّ الْجَانِي

Penjahat melarikan diri

حَبَسْتُ الْجَانِيَ

Aku menangkap penjahat

نَظَرْتُ إِلَى الْجَانِي

Aku memperhatikan penjahat

عَدَلَ الْقَاضي

Hakim berlaku adil

نَحْتَرمُ اْلقَاضِيَ

Kami menghormati hakim

قُمْنَا إِجْلاَلاً لِلْقَاضِي

Kita berdiri untuk menghormati hakim

نَادَى الْمُنَادِي

Penyeru menyerukan

سَمِعْتُ اْلـمُنَادِيَ

Aku mendengarkan penyeru

أَصْغَيْتُ إِلَى الْمُنَادِي

Aku mendengarkan penyeru

يَنْدَمُ الْبَاغِي

Pelaku kriminal menyesal

يَكْرَهُ النَّاسُ اْلبَاغِيَ

Manusia membenci pelaku kriminal

عَلَى الْبَاغِي تَدُورُ الدَّوَائرُ

Petugas mengepung penjahat

 

البحْثُ:

الكلماتالجاني، والقاضي، والمنادي، والباغي كلها أسماء معربة، وفي آخر كل منها ياء ثابتة مكسور ما قبلها؛ هذه الأسماء وما شابهها تسمى بالأسماء المنقوصة.

وإذا تأملنا هذه الأسماء وجدناها في القسم الأول مرفوعة؛ لأن كلا منها يقع فاعلاً، وفي القسم الثاني منصوبة لأن كل منها يقع مفعولاً به، وفي القسم الثالث مجرورة بحرف جر، ولكننا لا نرى هنا من علامات الإعراب سوى الفتحة التي هي علامة النصب، فما السبب في ظهور علامة النصب

وحدها واختفاء علامتي الرفع والجر؟ السبب في ذلك أن آخر كل كلمة من هذه الكلمات ياء، والياء يخف ظهور الفتحة عليها، ويثقل ظهور كل من الضمة والكسرة، ولذلك تنصب هذه الأسماء بفتحة ظاهرة، وترفع وتجر بضمة وكسرة مقدرتين على الياء.

 

Penjelasan :

Kata-kata (اْلجَانِي، اْلقَاضِي، اْلـمُنَادِي، اْلبَاغِي) semuanya adalah isim mu’rab. Setiap huruf di akhirnya berupa huruf ya’ yang permanen yang didahului oleh harakah kasrah. Isim-isim ini dan yang semacamnya disebut dengan isim manqush.

 

Apabila ditelaah isim-isim pada empat contoh kelompok pertama, semuanya adalah marfu’ karena menduduki jabatan (fungsi gramatikal kalimat) sebagai fa’il (subjek). Sedangka pada empat contoh kelompok kedua semuanya adalah manshub karena menduduki jabatan (fungsi gramatikal kalimat) sebagai maf’ul bih (objek). Kemudian pada empat contoh kelompok terakhir adalah majrurun bi harfi jarrin (dijarkan oleh huruf jar). Akan tetapi tidak tampak jelas tanda-tanda i’rab, selain fathah sebagai tanda nashab.

Apa penyebab hanya tanda i’rab nashab yang tampak jelas, sedangkan untuk rafa’ dan jar tidak? Sebabnya adalah bahwa huruf akhir setiap isim tersebut berupa huruf ya’. Huruf ya’ akan ringan ketika menerima harakah fathah dan akan berat ketika berharakat dhammah dan kasrah. Karena itu, isim-isim tersebut di-nashab-kan dengan fathah zhahirah (fathah yang tampak jelas), di-rafa’-kan dan di-jar-kan dengan dhammah dan kasrah muqaddarah ‘ala al-ya’ (diperkirakan terhadap ya’).

القواعد:

الْمَنْقُوصُ هُوَ كُلُّ اِسْمٍ مُعْرَبٍ آخِرُهُ ياءٌ لاَزِمَةٌ مَكْسُوْرٌ مَا قَبْلَهَا.

تُقَدَّرُ الضَّمَّةُ وَالكَسْرَةُ عَلَى آخِرِ الْمَنقُوْصِ فِي حَالَتَيِ الرَّفْعِ وَالْجَرِّ، أَمَّا النَّصْبُ فَيَكُونُ بِفَتْحَةٍ ظَاهِرَةٍ عَلَى الآخِرِ.

 

Kaidah Tata Bahasa

Al-Manqush adalah setiap isim mu’rab yang huruf akhir katanya berupa ya’ permanen (ya’lazimah) yang didahului oleh harakah kasrah.

I’rab huruf akhir kata isim manqush diperkirakan (muqaddarah) dalam keadaan rafa’ dan jar, sedangkan dalam keadaan nashab ditandai dengan fathah zhahirah (fathah yang tampak jelas).

 

*muqaddarah: tersirat, tidak tampak

 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama