FI’IL MUDHARI’ MU’TAL AKHIR DAN KEADAAN I’RABNYA; Belajar Ilmu Nahwu dari Kitab An Nahwul Wadhih

 

الفعلُ المضارعُ المعتل الآخر وأحوال إعرابه

(FI’IL MUDHARI’ MU’TAL AKHIR DAN KEADAAN I’RABNYA)


الأمثلة:

1)     يَتَغَذَّى اْلغُلاَمُ

Anak-anak (laki-laki) makan siang

1)    أَوَدُّ أَنْ يَتَغَذَّى اْلغُلاَمُ

Aku mengajak anak-anak makan siang

2)     أَخْشَى اْلبَرْدَ

Aku tidak tahan kedinginan

2)    يَجِبُ أَنْ أَخْشَى اْلبَرْدَ

Perlu menghindari kedinginan

3)     لِمَاذَا تَنْسَى وَعْدَكَ؟

Kenapa Anda lupa janji Anda ?

3)    لَنْ تَنْسَى وَعْدَكَ

Jangan sekali-kali Anda lupa janji Anda

***

4)     أَنْتَ تَدْنُو مِنَ اْلكَبْشِ

Anda mendekati domba

4)    أَخَافُ أَنْ تَدْنُوَ مِنَ اْلكَبْشِ

Aku takut mendekati domba

5)     يَصْفُو الْجَوُّ

Udara bersih

5)    يَسُرُّنِي أَنْ يَصْفُوَ الْجَوُّ

Udara bersih menyenangkan aku

6)     يَعْدُو الْحِصَانُ

Kuda berlari

6)    لَنْ يَعْدُوَ الْحِصَانُ

Kuda sekali-kali tidak berlari

***

7)     اَشْتَهِي الطَّعَامُ

Aku berminat makanan

7)    لَنْ اَشْتَهِيَ الطَّعَامَ

Aku sekali-kali tidak berminat makanan

8)      يَجْرِي اْلـمَاءُ

Air mengalir

8)    أُحِبُّ أَنْ يَجْرِيَ الْمَاءُ

Aku suka air mengalir

9)      يَعْوِي الذِّئْبُ

Serigala melolong

9)    لَنْ يَعْوِيَ الذِّئْبُ

Serigala sekali-kali tidak melolong

***

1)    لَمْ يَتَغَذَّ اْلغُلاَمُ

Anak-anak (laki-laki) belum makan siang

2)    لَمْ أَخْشَ اْلبَرْدَ

Aku masih tahan kedinginan

3)    لاَ تَنْسَ وَعْدَكَ

Jangan lupa janji Anda

***

4)    لاَ تَدْنُ مِنَ اْلكَبْشِ

Jangan dekati domba

5)    لَمْ يَصْفُ الْجَوُّ

Udara belum bersih

6)    لَمْ يَعْدُ الْحِصَانُ

Kuda belum berlari

***

7)    لَمْ أَشْتَهِ الطَّعاَمُ

Aku belum berminat makanan

8)    لَمْ يَجْرِ اْلـمَاءُ

Air belum mengalir

9)    لَمْ يَعْوِ الذِّئْبُ

Serigala belum melolong

البحث:

انظر إلى الأفعال المضارعة التسعة في القسم الأول، تجدها جميعا معتلة الآخر؛ الثلاثة الأولى منها بالألف، والثلاثة الثانية بالواو، والثلاثة الأخيرة بالياء، وتجدها جميعا معربة لخلوها من نوني التوكيد والإناث وجميعها مرفوعة لخلوها من أدوات النصب والجزم؛ ولكن ما السبب في عدم ظهور الضمة التي هي علامة الرفع في أواخرها؟ السبب أن آخر كل فعل من هذه الأفعال حرف علة، وحرف العِلَّةِ إِنْ كانَ ألفا تعذر ظهور الضمة عليه، وإنْ كانَ وَاواً أو ياء كان ضمه مستثقلا؛ ولذلك لم يكن هناك بد من بقاء حرف العلة ساكنا وتقدير الضمة عليه في جميع الأَحْوالِ.

 

أنظر إلى هذه الأفعال نفسها مرة ثانية في القسم الثاني، تجدها معربة كما كانت في القسم الأول ولكنها تغيرت من الرفع إلى النصب لدخول أدوات النصب عليها، وإذا بحثنا في أواخرها لم نجد للنصب أثرا ظاهرا في الأفعال التي آخر كل منها ألف، بخلاف الأفعال التي آخرها واو أو ياء، فإن النصب فيها ظاهر، والسر في هذا الاختلاف أن الألف يتعذر تحريكها ولذلك تقدر عليها الفتحة في حال النصب، أما الواو والياء فمن السهل النطق بهما مفتوحتين، ولذلك تظهر عليهما الفتحة عند النصب.

 

أنظر إلى هذه الأفعال مرة ثالثة في القسم الثالث، تجدها معربة كما كانت في القسمين السابقين، ولكنها صارت هنا مجزومة لدخول عوامل الجزم عليها، فما علامة الجزم فيها؟ نتأمل أواخر هذه الأفعال فنجدها محذوفة، وقد كانت ثابتة في القسمين السابقين، وإِذا بحثنا عن السبب في ذلك لم نجد سبباً سوى دخول الأدوات الجازمة عليهافهي التي حذفت هذه الأواخر، وبذلك يكون هذا الحذف علامة الجزم.

 

 

Penjelasan :

Cermati fi’il-fi’il mudhari’ pada sembilan contoh pertama. Anda akan mengetahui semua fi’il itu adalah mu’tal akhir. Tiga contoh pertama, mu’tal bi al-alif (huruf akhir berupa alif), keduanya, mu’tal bi al-wawi (huruf akhir berupa wawu), dan ketiganya, mu’tal bi al-ya’i (huruf akhir berupa ya’). Keadaan semua fi’il tersebut mu’rab karena tidak mendapat akhiran nun taukid dan nun niswah, semuanya marfu’ karena tidak dirangkai dengan huruf nashab dan jazam. Akan tetapi, apa yang menyebabkan tidak tampaknya dhammah sebagai tanda pada huruf akhir katanya? Penyebabnya adalah bahwa huruf akhir pada fi’il-fi’il tersebut merupakan huruf ‘illah. Sedangkan huruf ‘illah yang berupa alif tidak menerima harakah dhammah dan jika wawu atau ya’ maka dhammahnya menjadi berat, sehingga dhammahnya tidak tampak dan huruf ‘illah tetap dalam keadaan sukun dalam segala keadaan.

 

Kemudian, cermati fi’il-fi’il mudhari’ pada sembilan contoh kedua. Anda akan mengetahui semua fi’il itu mu’rab sebagaimana pada bagian pertama, tetapi ada perubahan dari rafa’ ke nashab karena dirangkai dengan huruf nashab sebelumnya. Apabila kita telaah huruf-huruf akhirnya, tidak tampak tanda nashabnya pada fi’il yang huruf akhirnya berupa alif , berbeda dengan fi’il yang huruf akhirnya berupa wawu dan ya’ yang dalam keadaan nashab tampak jelas.

Pada intinya perbedaan ini karena alif tidak menerima harakah, sehingga dalam keadaan nashab tanda (harakah) fathah dianggap ada. Sedangkan untuk wau dan ya’ dianggap mudah dalam pengucapan harakah fathah. Karena itu, tampak jelas harakah fathah ketika nashab.

Terakhir, pada contoh bagian ketiga sebagaimana kedua bagian terdahulu juga mu’rab.

 

Akan tetapi keadaannya menjadi jazam karena dirangkai dengan huruf jazam sebelumnya. Apa tanda jazamnya? Kita telaah huruf-huruf akhir fi’il tersebut, ternyata huruf-huruf itu dihilangkan (mahdzufah), padahal pada kedua bagian contoh terdahulu tetap tampak jelas. Sebabnya hanyalah dirangkai dengan huruf jazam sebelumnya, maka dihilangkan huruf akhir katanya sebagai tanda keadaan jazam.

 

 

 

 

القواعد:

الفعلُ المضارعُ المعتل الآخر يرفع بضمة مقدرة على الألف والواو والياء، وينصب بفتحة مقدرة على الألف، وظاهرة على الواو والياء، ويجزم بحذف الآخِر.


Fi’il mudhari’ mu’tal akhir di-rafa’-kan dengan tanda dhammah yang muqaddarah ‘ala (diperkirakan) di atas alif, wawu, dan ya’; di-nashabkan dengan tanda fathah yang muqaddarah ‘ala (diperkirakan) di atas alif dan tampak jelas (zhahirah ‘ala) wau dan ya’; dan di-jazam-kan dengan tanda dihilangkan huruf akhir katanya (hadzfu al-akhir).

 

*Muqaddarah (tersirat, tidak tersurat)

 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama