Mahfudzot kelas 5 KMI Darussalam Gontor; dilengkapi penjelasan dan terjemah; Tulisan Sastrawan Abdullah Fikri Pasha (Wafat Tahun 1307 H)

  Daftar isi kumpulan mahfudzot kelas 1-5 KMI lengkap dengan arti dan penjelasan

مِنْ كِتَابَةِ الأَدِيْبِ عَبْدِ اللهِ فِكْرِي بَاشَا (المُتَوَفَّى سَنَةَ ١٣۰٧ هـ) وَصَــايَةٌ لِشَـخْصٍ

Dari Tulisan Sastrawan Abdullah Fikri Pasha (Wafat Tahun 1307 H)

Wasiat Untuk Seseorang

 

رَافِعُ هَذَا الرَّقِيْمِ إِلىَ حِمَى الـمَقَامِ الكَرِيْمِ يَذْكُرُ أَنَّ مَسْأَلَتَهُ طَالَ فِيْهَا المَدَى وَبَقِيَ فِي انْتِظَارِهَا عَلَى مَثَلِ رُؤُوْسِ الـمُدَى،

Pembawa surat ini ke tempat Yang Dipertuan Agung menyebutkan bahwa masalahnya telah berlarut-larut untuk waktu yang lama, dan ia telah berada dalam penantian yang panjang nan sulit laksana bertahan di ujung pisau.

 

وَيَشْكُوْ مِنَ الفَقْرِ الـمـُدْقِعِ والضُّرِّ الـمـُضْجِعِ مَا أَحْرَجَ صَدْرَهُ وَأَخْرَجَ عَنْهُ صَبْرَهُ وَأَشْرَفَ بِهِ عَلىَ اليَأْسِ والاِسْتِسْلَامِ لِمَخَالِبِ البَأْسِ.

Ia mengeluhkan kemiskinan yang mencekik dan kesengsaraan yang teramat menyempitkan dadanya dan membuat habis kesabarannya serta membuatnya hampir putus asa dan menyerah kepada kesulitan.

 

لَوْلَا أَمَلَ مِنْ مَوْلَايَ يَبْقَى عَلَى حَوْبَائِهِ وَيَنْشُرُ تَذْكَارُهُ مَيْتَ رَجَاءِهِ وَلَهُ فِيْ سَيِّدِي ثَنَاءٌ يُبَارِي نَفَحَاتِ الأَزَاهِرِ وَيَبْقَى عَلىَ صَفَحَاتِ الدَّهْرِ الدَّاهِرِ ثُمَّ هُوَ أَوْلَى مَنْ تَعْطَفُ عَلَيْهِ عَوَاطِفُ كَرَمِهِ وَتَنْعَطِفُ إِلَيْهِ جِيَادُ هِمَمِهِ،

Kalau bukan karena adanya harapan akan bantuan dari tuan yang masih bersemayam di jiwanya dan bayang-bayangannya terhadap tuan yang terus menghidupkan harapannya, pasti ia sudah lama tiada. Ia memuji Tuanku dengan pujian yang harumnya menandingi harum semerbaknya bunga-bunga nan awet sepanjang masa, karena itu ia adalah orang yang paling pantas untuk diberikan simpati, dan kembali kepadanya hasil terbaik dari semangat juangnya.

 

وَأَرْجُو أَنْ يُحَقِّقَ مَوْلَايَ فِيْ تِلْكَ الشِّيَمِ الكَرِيْمَةِ مَا أَمَّلَهُ وَأُهْدِيْ مِنَ الثَّنَاءِ أَتَمَّهُ وَأَكْمَلَهُ.

Aku berharap sudi kiranya Baginda merealisasikan apa yang ia harapkan sebagai balasan yang setimpal atas kemuliaan akhlaknya, kemudian aku haturkan penghormatan yang setinggi-tinggi dan sebesar-besarnya kepada yang mulia

 

Al Mahfudzat kelas 5 KMI Darussalam Gontor; dilengkapi penjelasan dan terjemah; Tulisan Sastrawan Abdullah Fikri Pasha (Wafat Tahun 1307 H)

Baca juga: Kosakata Bahasa Arab Kata Benda Tentang Organisasi Di Pondok #143-162


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama