Jazm bagi Fi'il Mudhari'; belajar nahwu dari kitab An Nahwul Wadhih (جَزْمُ الفعلِ المضارعِ)

جَزْمُ الفعلِ المضارعِ

Jazm bagi Fi'il Mudhari'

الأمثلة:

Contoh-contoh:

لَمْ يَحْفَظْ مُحَمَّدٌ دَرْسَهُ.

1.     Muhammad belum menghafal pelajarannya

لَمْ يَنْقَطِعْ نُزُوْلَ اْلـمَطَرِ.

2.     Hujan yang turun belum berhenti

لَمْ يقبضْ أحد على اللص.

3.     Seorangpun belum menangkap pencuri

***

لا تأكلْ وأنت شبعان.

4. Jangan kamu makan dalam keadaan kenyang!

لا تُكثرْ من الضحك.

5.     Jangan banyak tertawa!

لا تسرعْ في السير.

6.     Jangan cepat-cepat dalam berjalan!

***

إِنْ تفتحْ نوافذ الحجرة يتجددْ هواؤها.

7.  Jika kamu buka jendala kamar, udara akan terbaharui (pertukaran udara)

إِنْ تجلسْ في مجرى الهواء تمرضْ.

8.  Jika kamu duduk-duduk di jalan, kamu akan sakit.

إِنْ يسافرْ أخوك تسافرْ معه.

9. Jika saudara kamu pergi, kamu pergi bersamanya

 

البحث:

يشتمل كل مثال من الأمثلة الستة الأولى، على فعل مضارع قبله أحد الحرفين "لم" و"لا" ويدل الحرف الأول على نفي الفعل في الزمن الماضي، ويفيد الحرف الثاني نهي المخاطب عن الفعل.

إذا تأملت آخر كل مضارع مسبوق بأحد هذين الحرفين في هذه الأمثلة وفي غيرها، وجدته مجزوما، لكنك إذا حذفت هذا الحرف وجدته مرفوعا؛ من ذلك نرى أن كلا من هذين الحرفين إذا دخل على المضارع جزم آخره.

وإذا تأملت الأمثلة الثلاثة الأخيرة وجدت كل مثال منها مبدوءا بالحرف "إن" ومشتملا على فعلين مضارعين مجزومين، حصول الأول منهما شرط في حصول الثاني، ففتح النوافذ في المثال الأول مثلا شرط في تجدد الهواء، والذي أفاد الشرط وجزم كلاًّ مِنَ الفعلين هو "إن" ولذلك تسمى "إن" حرف شرط وجزم، ويسمى الفعل الأول فعل الشرط والفعل الثاني جواب الشرط.



Pembahasan:

Fi'il mudhari pada setiap contoh di atas didahului oleh salah satu dari dua huruf: لم(belum) dan لا (jangan). Huruf yang pertama menunjukkan atas penafian suatu perbuatan pada waktu yang telah berlalu, adapun huruf kedua adalah pelarangan terhadap lawan bicara untuk mengerjakan suatu perbuatan.

Apabila anda perhatikan akhir setiap 6 contoh mudhari' pertama yang didahului oleh salah satu dari dua huruf ini, anda akan mendapatinya dalam keadaan dijazmkan (dalam makna sederhana,disukunkan), akan tetapi jika anda buang huruf ini, anda akan mendapatinya dirafa'kaan. Oleh karena itu kedua huruf ini apabila masuk kepada mudhari' maka akan menjazmkan akhir katanya.

Jika anda perhatikan 3 contoh kedua, anda akan mendapati setiap contoh diatas yang diawali dengan huruf “إن” mengandung 2 fi'il mudhari yang dijazmkan keduanya. Fi'il pertama adalah syarat bagi fi'il kedua. Maka membuka jendela pada contoh pertama adalah syarat untuk terbaruinya udara. Adapun yang memberi efek syarat dan menjazamkan kedua fi'il dalam setiap kalimat adalah huruf “إن”, oleh karena itu ia disebut sebagai “إن” huruf syarat dan jazm. Dinamakan fi'il yang pertama dengan fi'il syarat, dan fi'il yang kedua jawab syarat.

 

 

القواعد:

يجزم الفعل المضارع إذا سبقه حرف جازم كالحروف الآتية، وهي: لم، ولا الناهية، وإنْ.

لم، ولا الناهية تجزمان فعلاً مضارعاً واحدا، والحرف الأول ينفي حصول الفعل في الماضي، والثاني ينهى عن عمل الفعل.

إنْ، تجزم فعلين، وتفيد أن حصول الفعل الأول شرط في حصول الفعل الثاني.

 

KAIDAH:

Fi'il mudhari' dijazmkan jika didahului oleh huruf jazm seperti huruf berikut: "لَمْ" (belum), "لَا" (Laa) dengan makna larangan (jangan), dan "إِنْ" (jika).

لَمْ "”(belum), "لَا" (Laa) dengan makna larangan (jangan), keduanya menjazmkan satu fi'il mudhari. لَمْ "”(belum) menafikan terjadinya perbuatan pada masa lalu (belum) dan "لَا" (Laa) melarang dari dikerjakan suatu perbuatan (jangan).

 "إن"  menjazmkan dua fi'il dimana fi'il pertama adalah syarat terjadinya fi'il kedua.


Baca juga: Percakapan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Di dalam kelas #3 [فى الفصل]


 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama