BAB I: AQIDAH (Kitab Minhajul Muslim)

RINGKASAN KITAB MINHAJUL MUSLIM 

KARYA 

SYEKH ABU BAKAR JABIR ALJAZAIRY


Bab 1; Aqidah, terdiri dari Tujuh Belas Pasal

Bab 2;Adab, terdiri dari Empat Belas Pasal

Bab 3; Akhlak, terdiri dari Dua Pasal

Bab 4;Ibadah, terdiri dari Empat belas Pasal

Bab 5;Mu’amalah, terdiri dari Tiga Belas Pasal


Daftar Isi


BAB I: AQIDAH

Pembahasan Pertama: Beriman Kepada Allah Swt

Masalah Aqidah adalah masalah yang sangat urgen sekali dalam ajaran Islam. Selama 13 tahun Rasulullah Saw di Mekkah, masalah inilah yang selalu didakwahkannya dalam berbagai kesempatan, baik secara terang-terangan maupun secara sembunyi-sembunyi. Ia adalah pondasi ke-Islaman seseorang. Jikalau Aqidahnya baik, maka baiklah segala amalannya. Jikalau tidak, maka buruklah segala amalannya, bahkan batal dan terhapus sama sekali.

Hal pertama yang harus diimani oleh seorang mukmin adalah keberadaan Allah Swt. Dialah Rabb segala sesuatu, pencipta langit dan bumi, serta segala sesuatu yang ada di atasnya dan apa yang ada di antara keduanya. Hanya Dialah Rabb satu-satunya. Tiada Rabb melainkan diri-Nya. Dia memiliki nama-nama dan sifat-sifat yang sangat agung sekali, yang tidak mungkin ditandingi dan disamai siapapun. Maha Suci Allah Swt dari segala bentuk kekurangan.

Secara umum, ada dua buah dalil besar yang menunjukkan keharusan beriman kepada-Nya:

1)Dalil Naqly

a-Allah Swt sendiri yang mengabarkan mengenai keberadaan-Nya, nama dan sifat-Nya, serta ketuhanan-Nya.

Pengkhabaran ini bisa Anda dapatkan dalam berbagai ayat-ayat Al-Quran, di antaranya:

“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha suci Allah, Tuhan semesta alam.” [Al-A’raaf: 45]

Dalam ayat ini dijelaskan, bahwa Dialah Rabb kalian, yang menciptakan langit dan bumi selama enam hari, kemudian Dia kembali bersemayam di ‘Arsy-Nya. Selain itu, Dia jugalah yang menentukan perputaran siang dan malam, menganugerahkan mamfaat matahari, bulan dan makhluk lainnya. Semua itu berada dalam pengaturan-Nya.

Mengenai ketuhanan-Nya, salah satunya terdapat dalam ayat Al-Quran berikut ini:

“Kami membacakan kepadamu sebagian dari kisah Musa dan Fir’aun dengan benar untuk orang-orang yang beriman.” [Al-Qashash: 3]

Dan mengenai ‘Asma dan Sifat-Nya bisa didapatkan beberapa di antaranya dalam firman-Nya:

“Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, yang Maha Suci, yang Maha Sejahtera, yang Mengaruniakan Keamanan, yang Maha Memelihara, yang Maha perkasa, yang Maha Kuasa, yang memiliki segala Keagungan, Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah yang Menciptakan, yang Mengadakan, yang membentuk rupa, yang mempunyai asmaaul Husna. Bertasbih kepadanya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” [Al-Hasyr: 22-24]

b-Pemberitahuan para Nabi dan Rasul mengenai keberadaan Allah Swt, ketuhanan-Nya, nama dan sifat-Nya.

Ada sekitar 120 ribu Nabi dan Rasul, dan semuanya menyampai kabar yang sama mengenai ketuhanan Allah Swt, keesaan-Nya, nama-Nya dan sifat-Nya. Dengan jumlah yang begitu banyak dan isi berita yang sama, maka tidak mungkin ada kedustaan dan kebohongan di dalam penyampaian mereka. Ini adalah kenyataan yang tidak mungkin dibantah siapapun.

c-1 Milyar lebih umat Islam meyakini keberadaan Allah Swt, ketuhanan-Nya, nama-Nya dan sifat-Nya.

Dengan jumlah yang begitu banyak, tidak mungkin ada kedustaan di antara mereka. Kebenaran akan selalu tampak dan nyata, sedangkan kebatilan akan hilang dan lenyap. Pengakuan 1 Milyar lebih umat Islam adalah bukti konkret, bahwa beriman kepada Allah Swt adalah suatu kebenaran yang tidak mungkin bisa digugat.

d-Pemberitahuan jutaan para Ulama mengenai wujud Allah Swt, ketuhanan-Nya, nama-Nya dan sifat-Nya.

Jutaan Mesjid di bumi, dan jutaan juga majelis ilmu di negeri-negeri Islam, semuanya menyampaikan dengan tegas dan terang-terangan, bahwa Allah Swt itu adalah Rabb. Tidak ada Rabb melainkan diri-Nya, dan hanya Dialah satu-satunya yang berhak disembah, yang memiliki berbagai Asma’ dan Sifat yang agung.

2)Dalil ‘Aqly

a-Ada berbagai jenis planet dan berbagai jenis makhluk, dan tidak ada seorangpun yang mengklaimnya kecuali Allah Swt.

Apakah Anda percaya bahwa semua ini terjadi dengan sendiri saja, tanpa ada yang menciptakan?

Tentu tidak, karena pada hakikatnya Anda sendiri juga diciptakan dan bagian dari alam semesta yang besar ini. Cobalah Anda perhatikan langit, kemudian lihatlah mataharinya, bulannya dan bintang-bintangnya, kemudian tanyalah diri Anda sendiri; apakah ia ada begitu saja?!

b-Ada firman Allah Swt di antara para makhluk-Nya.

Sekarang Anda mendapati Al-Quran Al-Karim di tengah-tengah Anda. Pertanyaannya, apakah mungkin ada perkataan tanpa ada yang mengatakannya? Apakah mungkin ada firman tanpa ada yang menfirmankannya?

Yah, kalam-Nya menunjukkan keberadaan-Nya. Inilah yang harus Anda baca, Anda fahami dan Anda amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Di dalamnya terkandung petunjuk yang akan menjelaskan kepada Anda mengenai mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang harus Anda tempuh dan mana yang harus Anda jauhi.

c-Adanya sistem kehidupan yang sangat luar biasa sekali

Coba Anda bayangkan, bagaimana jikalau seandainya matahari tidak terbenam, atau ia tidak pernah terbit sama sekali? Bagaimana jikalau bintang itu tidak muncul di langit dan menampakkan kelap-kelip cahayanya? Bagaimana jikalau sebuah planet beredar bukan pada jalurnya?

Yah, alam ini akan hancur, karena perjalanannya tidak seimbang. Dan manusiapun akan mengalami kematian dan kehancuran, karena apa yang dibutuhkan oleh tubuh mereka dari alam ini tidak terpenuhi. Nah, disitulah bukti nyata bagi orang-orang yang berakal, bahwa alam ini diatur oleh Zat yang Maha Hebat, yaitu Allah Swt.


Pembahasan Kedua: Mengimani Rububiyyah (ketuhanan) Allah Swt

 Seorang muslim harus menyakini ketuhanan Allah Swt, bahwa Dialah yang Rabb segala sesuatu yang ada di alam semesta ini. Tiada Rabb melainkan diri-Nya. Ini bisa dibuktikan juga dengan dua dalil nyata:

1)Dalil Naqly

a-Pemberitahun Allah Swt mengenai ketuhanan-Nya.

Dia sendirilah yang memberitahukan kepada para hamba-Nya, bahwa Dialah Rabb segala sesuatu yang ada di alam ini. Semuanya berada di bawah kendalinya. Jikalau Dia mengatakan ada, maka akan terjadilah apa yang diinginkan-Nya. Jikalau Dia mengatakan tiada, maka akan terjadilah ucapan-Nya itu.

Dalilnya bisa Anda dapati dalam berbagai ayat Al-Quran, di antaranya:

“Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.” [Al-Fatihah: 2]

“Katakanlah, ‘Siapakah Tuhan langit dan bumi?” Jawabnya, ‘Allah.” [Ar-Ra’d: 16] 

b-Pemberitahuan para Nabi dan Rasul mengenai ketuhanan-Nya, kesaksian mereka dan pengakuannya.

Siapapun Nabi yang diutus oleh Allah Swt di muka bumi, maka ia pasti menjelaskan mengenai ketuhanan Allah Swt. Ia menyampaikannya secara lansung melalui lisannya kepada umatnya, baik melalui khutbah, penyampain, doa dan sebagainya. Ini bisa Anda saksikan dalam beberapa ayat Al-Quran yeng menjelaskan pengakuan mereka.

“Keduanya berkata, ‘Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri Kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.” [Al-A’raaf: 23]

“Nuh berkata, ‘Ya Tuhanku, sesungguhnya mereka telah mendurhakaiku dan telah mengikuti orang-orang yang harta dan anak-anaknya tidak menambah kepadanya melainkan kerugian belaka.” [Nuh: 21]

c-Jutaan para ulama dan para Ahli Hikmah mengimani ketuhanan Allah Swt, dan sebagaimana penulis jelaskan di bagian sebelumnya bahwa mereka tidak akan mungkin bersepakat dalam kedustaan dan kesalahan.

d-1 Milyar lebih umat Islam meyakini ketuhanan Allah Swt, bahwa Dialah Rabb segala sesuatu yang ada di alam semesta ini.

2)Dalil ‘Aqly

a-Allah Swt sendirilah yang menciptakan segala sesuatu, dan hanya Dialah yang mampu melakukannya.

Segala keajaiban yang Anda saksikan di alam semesta ini adalah ciptaan Allah Swt, bahkan hal kecil dan sepele sekalipun. Cobalah Anda lihat nyamuk dan lalat. Dalam pandangan Anda, ia hanyalah hewan kecil yang tidak berguna sama sekali. Namun ketika Anda diminta untuk menciptakannya, apakah Anda mampu?

Yah, tentu saja tidak. Anda tidak akan mampu melakukannya, dan tidak akan pernah. Bahkan untuk menyelamatkan diri Anda sendiri saja dari penyakit yang mendera tubuh Anda, Anda tidak mampu melakukannya. Semua kehebatan di jagad raya ini menunjukkan adanya Rabb yang Maha Hebat.

b-Hanya Dialah yang mampu memberikan rezki

Tidak ada seorangpun yang mampu memberikan rezki di alam semesta ini, kecuali Allah Swt. Semua makhluk yang melata di muka bumi, berenang di lautan dan terbang di udara, semua rezki mereka berada di tangan-Nya. Jikalau Dia ingin memberikan, maka Dia akan memberikannya. Jikalau tidak, maka tidak ada seorangpun yang mampu mengambilnya atau memaksanya.

Jikalau Anda sudah mengakui hal ini, maka artinya Anda mengakui bahwa Allah Swt adalah Rabb satu-satunya yang Maha Pemberi Rezki. Tidak ada sekutu-Nya dalam hal ini…

c-Persaksikan fithrah manusia

Jikala fithrah seorang manusia masih normal, maka ia akan mengakui ketuhanan Allah Swt; bahkan orang-orang kafir sekalipun.  Pada hakikatnya, semua yang ada di alam ini tidak akan ada dan tidak ada berada dalam sistem keteraturan yang agung, kecuali ada Rabbnya.

“Dan sungguh jika kamu tanyakan kepada mereka, ‘Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?’ niscaya mereka akan menjawab, ‘Semuanya diciptakan oleh yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.” [Az-Zukhruf: 9]

d-Allah Swt lah Penguasa alam semesta ini. Dialah yang mengaturnya dan membolak-baliknya sesuai keinginan-Nya. Ini menunjukkan ketuhanan-Nya, karena ketika seorang manusia lahir, ia tidak memiliki apapun dan tidak juga melakukan melakukan apapun. Ia hanya bisa menerima dan tunduk dengan ketetapan-Nya.

 

Pembahasan Ketiga: Mengimani Uluhiyyah Allah Swt

Seorang muslim harus mengimani, bahwa Allah Swt Rabb segala makhluk yang ada semenjak zaman dahulu sampai zaman sekarang, serta orang-orang yang akan hadir di masa depan. Tidak ada Rabb melainkan diri-Nya.

1)Dalil Naqly

a-Persaksian Allah Swt mengenai Uluhiyyah-Nya, begitu juga dengan para Malaikat dan pata Ulama. Dalam Al-Quran Al-Karim dijelaskan:

“Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” [Ali Imran: 18]

b-Allah Swt memberitahukannya dalam berbagai ayat Al-Quran, di antaranya:

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur.” [Al-Baqarah: 255]

c-Pemberitahuan para Rasul, dan mereka mengajak umatnya untuk mengakuinya.

Semua Rasul yang diutus oleh Allah Swt, misinya adalah menyampaikan ketuhanan Allah Swt. Tiada Rabb yang layak disembah, melainkan diri-Nya. Dalam Al-Quran Al-Karim dijelaskan perkataan para Rasul kepada kaumnya:

“Wahai kaumku sembahlah Allah, sekali-kali tak ada Tuhan bagimu selain-Nya.” [Al-A’raf: 59]

2)Dalil ‘Aqly

a-Ketika Anda mengakui, bahwa Allah Swt lah yang menciptakan alam semesta ini dengan segala isinya, maka pada saat bersamaan Anda juga harus mengakui ke-Uluhiyyahan-Nya. Sebagaimana Anda ketahui, bahwa tidak ada seorangpun yang mampu melakukan semisalnya.

b-Jikalau semua makhluk itu hanya mampu diberi rezki, dan yang mampu memberinya hanya Allah Swt, maka siapakah yang layak dipertuhan melainkan Allah Swt?!

c-Allah Swt memiliki berbagai sifat yang Maha Hebat dan Maha Agung, yang tidak dimiliki selain-Nya. Artinya, hanyalah Dialah yang berhak dipertuhan, sedangkan yang lainnya adalah hamba/budak.

 

Baca juga: Ringkasan Kitab Minhajul Muslim BAB I - Muamalah 


Pembahasan Keempat: Mengimani Asma’ Allah Swt dan Sifat-Nya

Seorang muslim harus meyakini, bahwa Allah Swt memiliki nama-nama yang mulia dan sifat-sifat yang agung. Anda tidak boleh menakwilkannya, sehingga meniadakan Asma’ dan Sifat-Nya. Dan Anda juga tidak boleh menyerupakannya dengan sifat makhluk, karena Anda akan mensejajarkannya dengan makhluk-Nya. Cukuplah Anda mengakui ‘Asma dan Sifat yang disebutkan-Nya, tidak menambahkannya dan tidak pula menguranginya.

1)Dalil Naqly

a-Allah Swt memberitahukan sendiri mengenai Asma’ dan Sifat-Nya.

“Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai Al-Asma Al-Husna (nama-nama yang terbaik).” [Al-Isra’: 110]

b-Pemberitahuan yang disampaikan oleh Rasulullah Saw

Banyak sekali hadits yang menyinggung Asma’ dan Sifat Allah Swt, dan kedudukannyapun Shahih dan Sharih, seperti:

“Allah Swt tertawa menyaksikan dua orang laki-laki, dimana yang satu membunuh yang lainnya, kemudian keduanya masuk surga.” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim]

Dalam hadits disebutkan sifat-Nya, yaitu tertawa. Tugas Anda adalah meyakini, bahwa Dia tertawa sesuai dengan kemuliaan-Nya dan keagungan-Nya. Anda tidak usah memikirkan bagaimana caranya dan bagaimana bentuknya.

c-Pengakuan para Salaf mengenai sifat Allah Swt, tanpa ada takwil, ta’thil, penafian, penolakan dan sebagainya.

Pada suatu hari, seorang laki-laki bertanya kepada Imam Malik Rahimahullah mengenai makna Istiwa’ (bersemayam), maka beliau menjawab:

“Istiwa’ itu jelas, caranya itu Majhul, dan bertanya mengenainya adalah bid’ah.”

Artinya, cukuplah Anda mengakui dan meyakini apa yang disampai oleh Allah Swt. Jangan ragu, dan jangan pula bimbang. Disinilah hakikat Aqidah sebenarnya.

2)Dalil ‘Aqly

a-Allah Swt telah menamakannya diri-Nya dengan nama-nama yang mulia, dan menyifati diri-Nya dengan sifat-sifat yang mulia, maka tugas Anda adalah mengimaninya, tidak menakwilkannya atau menafikannya.

b-Alasan utama seseorang yang tidak mengakui sifat Allah Swt adalah takut terjerumus ke dalam Tasybih (menyerupakan-Nya dengan makhluk), namun pada hakikatnya ia telah masuk dalam jurang dalam lainnya, yaitu menafikan sifat-Nya dan Asma’-Nya.

c-Mengakui sifat Allah Swt bukan berarti Anda menyamakannya dengan sifat makhluk, karena keduanya memiliki tingkatan yang berbeda, yang tidak mungkin disamakan. Namanya boleh sama, namun hakikatnya beda.

Pembahasan Kelima: Mengimani para Malaikat

Seorang muslim harus mengimani, bahwa Allah Swt memiliki makhluk yang bernama Malaikat. Mereka diciptakan dari cahaya dan memiliki kedudukan yang mulia di sisi-Nya. Setiap mereka memiliki tugas masing-masing yang telah ditentukan-Nya. Ada yang bertugas menyampaikan wahyu, seperti Jibril. Ada yang bertugas meniup sangkalala, seperti Israfil.  Begitu juga dengan para Malaikat lainnya, yang sebahagian mereka disebutkan namanya dalam Al-Quran dan Sunnah, dan sebahagian lainnya tidak.

1)Dalil Naqly

a-Allah Swt memerintahkan para hamba-Nya untuk mengimani para Malaikat-Nya. Ini bisa Anda dapatkan dalam beberapa ayat Al-Quran, seperti:

“Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari Kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” [An-Nisa: 136]

b-Rasulullah Saw memberitahukannya melalui hadits-haditsnya, baik berupa perkataan kepada para sahabatnya maupun doa, seperti doanya ketika shalat malam:

“Ya Allah, Rabb Jibril, Mikail dan Israfil, Pencipta langit dan bumi, Zat yang mengetahui ghaib dan nyata, Engkaulah yang menetapkan hukum terhadap para hamba-Mu dalam perbedaan yang mereka alami. Tunjukkanlah kebenaran kepadaku dalam perbedaan itu dengan izin-Mu. Engkaulah yang menunjuki siapapun yang Engkau inginkan ke jalan yang lurus.” [Diriwayatkan oleh Muslim]

c-Para Malaikat Radhiyallahu ‘Anhum menyaksikan sejumlah Malaikat pada saat perang Badar, dan mereka juga beberapa kali menyaksikan Jibril dalam berbagai bentuk menghampiri Rasulullah Saw.

d-1 Milyar lebih umat Islam meyakini apa yang disampaikan oleh Rasulullah Saw, bahwa Malaikat itu ada dan wajib diimani.

2)Dalil ‘Aqly

a-Keberadaan para Malaikat tidak bertentangan dengan akal, karena biasanya akal baru akan menolak ketika ada dua hal yang kontradiksi. Sedangkan hal ini tidak ada sama sekali pada Malaikat.

b-Banyak bukti-bukti yang menunjukkan keberadaan para Malaikat, di antaranya:

-Sampainya wahyu kepada para Nabi dan Rasul.

Sebagaimana Anda ketahui, bahwa yang menyampaikan itu adalah Malaikat Jibril, bukan turun dengan sendirinya atau datang secara tiba-tiba.

-Mencabut nyawa para makhluk.

Nyawa mereka tidak akan keluar dengan sendirinya, kecuali ada yang mencabutnya. Dan itulah tugas Malaikat maut.

-Malaikat itu menjaga manusia dari kejahatan Jin dan Setan. Merekalah yang menjaga Anda sepanjang hari dan silih-berganti dari berbagai jenis kejahatan.

c-Jikalau Anda tidak mampu melihat sesuatu, bukan berarti ia tidak ada. Misalnya, Anda tidak mampu melihat angin, namun bukan berarti ia tidak ada. Nah, begitu jugalah halnya dengan para Malaikat.

Pembahasan Keenam: Mengimani Kitab-Kitab Allah Swt

Seorang muslim harus mengimani, bahwa Allah Swt menurunkan wahyu berupa kitab kepada para Rasul-Nya, dan berupa Shuhuf kepada para Nabi-Nya. Di dalamnya memuat berbagai syariah yang ditentukan-Nya untuk para hamba-Nya. Ada empat kitab agung dalam hal ini, yaitu Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud, Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa, Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa, dan Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw sebagai penutup para Nabi. Artinya, kitab ini adalah kitab terakhir yang menyempurnakan syariat sebelumnya.

1)Dalil Naqly

a-Allah Swt memerintahkan mengimaninya

Allah Swt sendirilah yang memerintahkan Anda untuk mengimani kitab-kitab dan suhuf-suhuf yang diwahyukannya. Dalam Al-Quran Al-Karim dijelaskan:

“Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. “ [An-Nisa’: 136]

b-Pemberitahun Allah Swt.

Hal ini dimuat dalam beberapa ayat Al-Quran Al-Karim, seperti:

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya. Dia menurunkan Al-Kitab (Al-Quran) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil, sebelum (Al-Quran), menjadi petunjuk bagi manusia, dan Dia menurunkan Al-Furqaan.” [Al-Furqan: 2-4][6]

c-Pemberitahuan Rasulullah Saw dalam berbagai haditsnya.

Di antara hadits yang membicarakan hal ini adalah:

“Janganlah kalian membenarkan Ahli Kitab dan janganlah menganggap mereka berdusta. Katakanlah, ‘Kami mengimani apa yang diturunkan kepada kami dan apa yang diturunkan kepada kalian. Tuhan kami dan Tuhan kalian adalah satu, dan kita menyerahkan diri kepada-Nya.” [Diriwayatkan oleh Al-Hakim]

d-Lebih dari 1 Milyar umat Islam meyakini, bahwa Allah Swt mewahyukan kitab-Nya kepada para Rasul-Nya, dan mereka wajib mengimaninya dengan keimanan yang sempurna.

2)Dalil ‘Aqly

a-Fithrah manusia itu membutuhkan Allah Swt untuk menuntun hidupnya dan menunjukinya ke jalan yang benar. Dan itu tidak mungkin didapatkan, kecuali melalui wahyu yang diturunkan-Nya, baik berupa kitab maupun suhuf.

b-Para Nabi dan Rasul itu hanyalah manusia biasa. Mereka juga membutuhkan minum, makan dan tidur, serta juga akan mengalami kematian. Artinya, jikalau Allah Swt tidak menurunkan wahyu kepada mereka, maka syariat-Nya akan lenyap seiring kematian mereka.

c-Jikalau seorang Rasul tidak membawa kitab kepada umatnya sebagai bukti kenabiannya, maka mudah saja bagi mereka untuk mengingkarinya dan menganggapnya berdusta. Nah, disinilah peranan kitab itu.

Pembahasan Ketujuh: Mengimani Al-Quran Al-Karim

Seorang muslim harus meyakini, bahwa Allah Swt telah menurunkan sebuah kitab agung kepada manusia paling terbaik, penutup para Nabi dan Rasul, yaitu Muhammad Saw. Ia adalah kitab terakhir dan memuat syariat terakhir, yang menghapus segala jenis syariat-syariat yang ada sebelumnya. Keshahihan isinya dijamin-Nya, sehingga tidak mungkin ada penambahan atau pengurangan; sebagaimana kitab-kitab lainnya.

1)Dalil Naqly

a-Pemberitahun Allah Swt

Banyak sekali ayat-ayat dalam Al-Quran yang memberitahukan kepada umat Islam, bahwa Al-Quran Al-Karim itu benat-benar dari Allah Swt dan wajib diimani, di antaranya:

“Maha suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqaan (Al-Quran) kepada hamba-Nya, agar Dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.” [Al-Furqan: 1]

b-Pemberitahun Rasulullah Saw

Dalam berbagai haditsnya, Rasulullah Saw juga menegaskan kepada para sahabatnya bahwa beliau diberikan wahyu berupa Al-Quran, yang wajib diimani oleh seluruh umatnya, di antaranya:

“Ketahuilah, saya diberikan Al-Kitab (Al-Quran) dan semisalnya bersamanya.” [Diriwayatkan Abu Daud]

c-Lebih dari 1 Milyar kaum muslimin di dunia ini meyakini, bahwa Al-Quran adalah Kitabullah yang diwahyukan kepada Rasulullah Saw melalaui perantar Malaikat Jibril.

2)Dalil ‘Aqly

a-Al-Quran mencakup ilmu yang beraneka ragam

Al-Quran itu mengandung berbagai cabang keilmuan yang sangat banyak sekali, seperti ilmu alam, matematika, biologi dan lain-lain. Artinya, ia tidak mungkin dibuat-buat oleh Rasulullah Saw, yang merupakan seorang yang tidak bisa menulis dan membaca.

b-Tantangan untuk Jin dan manusia membuat semisalnya

Allah Swt menantang para Jin dan manusia agar bisa membuat semisal Al-Quran ini. Tidak usah banyak-banyak, cukup satu ayat saja. Akan tetapi, tidak ada seorangpun di antara mereka yang mampu melakukannya.

c-Memberitahukan berita ghaib.

Tidak ada yang seorang makhlukpun yang mampu memberitahukan tentang cerita ghaib, seperti kejadian-kejadian yang akan terjadi di masa datang, kecuali Rabb atau Penguasa alam semesta ini. Artinya, semua berita yang ada dalam Al-Quran pasti berasal dari-Nya.

d-Jikalau Allah Swt telah menurunkan kitab-kitab sebelumnya, seperti Zabur, Taurat dan Injil, maka tidak mustahil jikalau Dia menurunkan Al-Quran sebagai kitab terakhir kepada Rasulullah Saw, karena dalam kitab-kitab sebelumnya juga telah dijelaskan adanya kitab terakhir.

e-Banyak sudah penelitian yang dilakukan, dan ternyata apa yang terdapat dalam Al-Quran sesuai dengan kenyataan yang ada. Ini adalah bukti nyata yang pasti diterima oleh orang-orang yang berakal.

 

Pembahasan Kedelapan: Mengimani Para Rasul

Seorang muslim harus mengimani, bahwa Allah Swt telah memilih di antara manusia ini beberapa orang pilihan yang dijadikannya sebagai rasul, yang mendapatkan wahyu dan bertugas menyampaikan risalah Islam ini ke segenap alam. Namun begitu, mereka tetap memiliki fitrah yang sama dengan manusia lainnya, seperti makan, minum, tidur, menikah dan sebagainya.

1)Dalil Naqly

a-Allah Swt memberitahukan keberadaan mereka, dan risalah yang mereka bawa. Ini bisa Anda dapatkan dalam beberapa firman-Nya, di antaranya:

“Dan sungguhnya Kami telah mengutus Rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan), ‘Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu.” [Al-Nahl: 36]

b-Rasulullah Saw memberitahukan sendiri mengenal hal ini, serta mengenai kerasulan para Rasul lainnya.

Pada suatu hari, Abu Dzar bertanya kepada Rasulullah Saw mengenai jumlah para Nabi dan Rasul, maka beliau menjawab, “120 ribu, dan 313 rasul di antaranya.” [Diriwayatkan oleh Imam Ahmad]

c-Lebih dari 1 Milyar umat Islam di dunia ini, ditambah dengan para Ahli Kitab, meyakininya adanya para rasul yang diutus oleh Allah Swt; walaupun para Ahli Kitab mengingkari kerasulan Muhammad Saw karena kesesatan mereka.

2)Dalil ‘Aqly

a-Kasih-sayang Allah Swt menyebabkan-Nya harus mengirimkan para Rasul untuk memperkenalkan ketuhanan-Nya dan kekuasaan-Nya kepada para makhluk-Nya. Tujuannya, agar mereka bisa mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

b-Allah Swt tidak menciptakan jin dan manusia, kecuali agar mereka menyembah-Nya; sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran Al-Karim. Dan itu tidak akan terwujud, kecuali dengan adanya para Rasul yang akan menjelaskan bagaimana cara menyembah-Nya.

c-Allah Swt memberikan pahala bagi setiap ketaatan yang dilakukan para hamba-Nya, dan memberikan siksaan bagi setiap maksiat yang mereka lakukan. Artinya, mereka tidak akan mengetahui semua ini, kecuali dengan adanya pengutusan para Rasul yang akan menjelaskannya.

 

Pembahasan Kesembilan: Mengimani Risalah Muhammad Saw

Seorang muslim harus meyakini, bahwa Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutthalib Al-Hasyimy Al-Qursy adalah seorang hamba Allah Swt yang ditugaskan sebagai Nabi dan Rasul. Tidak ada Nabi dan Rasul lagi setelahnya. Beliau memiliki beberapa mukjizat untuk membuktikan kebenaran risalahnya dan merupakan penghulu para Nabi.

1)Dalil Naqly

a)Persaksikan Allah Swt dan para Malaikat-Nya, bahwa wahyu diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw.

“(mereka tidak mau mengakui yang diturunkan kepadamu itu), tetapi Allah mengakui Al-Quran yang diturunkan-Nya kepadamu. Allah menurunkannya dengan ilmu-Nya; dan malaikat-malaikat pun menjadi saksi (pula). Cukuplah Allah yang mengakuinya.” [An-Nisa’: 166]

b)Nabi Saw memberitahukan kenabiannya, serta memberitahukan bahwa beliau adalah penutup para Nabi. Semua umat manusia wajib menaatinya dan mengikuti syariat yang dibawanya, tanpa ada pengecualiaan. Beliau bersabda:

“Saya adalah hamba Allah Swt dan penutup para Nabi.” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari]

c-Taurat dan Injil menyatakan kenabian Muhammad Saw dan kerasulannya. Ini bukanlah sebuah rahasia lagi, karena setiap orang yang mengkaji kedua kitab ini pasti akan mendapatkannya; walaupun keduanya sudah banyak mengalami perubahan oleh tangan manusia. Allah Swt menjelaskan:

“(yaitu) orang-orang yang mengikuti rasul, Nabi yang Ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma’ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk.” [Al-A’raaf: 157]

2)Dalil ‘Aqly

a-Apa salahnya jikalau Allah Swt mengutus Muhammas Saw sebagai Nabi dan Rasul. Bukanlah Dia sudah mengutus ratusan Nabi sebelumnya?

b-Keadaan yang dialami para manusia semenjak ditinggalkan oleh Nabi Isa ‘Alaihissalam, mengharuskan adanya Nabi Saw yang memperbaharui syariah sebelumnya dan kembali mengajak ke jalan yang haq.

c-Tersebarnya Islam ini dengan cepat ke seluruh penjuru alam adalah bukti nyata bahwa ia bisa diterima dengan mudah oleh umat manusia. Terutama sekali, bisa diterima akal sehat.

d-Ajaran-ajaran yang dibawanya menunjukkan kebenaran dan keshahihannya, dan hasil-hasil yang diperlihatkannya menunjukkan bahwa ia benar-benar berasal dari sisi Allah Swt.

e-Mukjizat dimiliki oleh Rasulullah Saw menunjukkan, bahwa ia tidak mungkin dimiliki kecuali oleh seorang Rasul, seperti terbelahnya bulan, pohon yang berbicara kepadanya, makanan dan air menjadi banyak karena doanya, dan lain-lainnya.

 

Pembahasan Kesepuluh: Mengimani Hari Akhir

Seorang muslim harus mengimani, bahwa hari-hari yang dijalaninya di dunia ini akan mengalami akhir. Hanya saja ia tidak mengetahui kapan waktunya. Ia hanya bisa mengetahui tanda-tandanya yang ditunjukkan oleh Allah Swt. Ketika Hari Kiamat, maka kehidupan dunia ini akan berakhir pada waktu yang sama.

1)Dalil Naqly

a-Pemberitahun Allah Swt dalam berbagai ayat Al-Quran, di antaranya:

“Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusiapun sebelum kamu (Muhammad); maka Jikalau kamu mati, apakah mereka akan kekal? Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.” [Al-Anbiya’: 34-35]

b-Sabda Rasulullah Saw dalam berbagai haditsnya mengenai terjadinya Hari Kiamat, baik berupa tanda-tandanya maupun keadaannya, seperti:

“Hari Kiamat itu tidak akan terjadi sampai seorang laki-laki melewati kuburan laki-laki lainnya, kemudian berkata, ‘Alangkah bagusnya jikalau saya menempati posisinya.” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari]

c-Lebih dari 1 Milyar umat Islam yang pernah berada di dunia ini, baik zaman dahulu maupun zaman sekarang, semuanya mengakui bahwa Hari Kiamat itu pasti akan terjadi dengan bentuk yang sudah dikabarkan oleh Allah Swt.

2)Dalil ‘Aqly

a)Bukanlah suatu yang sulit bagi Allah Swt untuk membangkitkan makhluk-Nya setelah kematiannya, karena Dia sendirilah yang menciptakan mereka.

b)Adanya hari berbangkit dan hari pembalasan bukanlah sesuatu yang tidak masuk akal, karena  unsur-unsur kontradiksi tidak ada pada keduanya.

c)Berbagai ketentuan Allah Swt yang bisa Anda saksikan di dunia ini, mulai dari kewajiban beribadah, ancaman, pahala, dan sebagainya, menunjukkan adanya hari berbangkit dan hari pembalasan. Karena jikalau tidak ada, maka apa mamfaat semua ini?!

d)Adanya kehidupan dunia ini dengan segala nikmat dan kesengsaraannya menunjukkan, bahwa mutahilnya tidak ada kehidupan setelahnya yang mengandung lebih banyak kenikmatan dan lebih dahsyat kesengsaraannya.

 

Baca juga: Ringkasan Kitab Minhajul Muslim BAB I - Ibadah 

Pembahasan Kesebelas: Azab Kubur dan Nikmatnya

Seorang muslim harus meyakini segala hal dan kejadian yang ada di dalam kubur, baik berupa nikmat dan azdab, serta pertanyaan Malaikat Mungkar dan Nangkir. Semua itu adalah hak yang harus diyakininya.

1)Dalil Naqly

a-Pemberitahuan Allah Swt dalam berbagai ayat Al-Quran, seperti:

“Kalau kamu melihat ketika para Malaikat mencabut jiwa orang-orang yang kafir seraya memukul muka dan belakang mereka (dan berkata), ‘Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar,’ (tentulah kamu akan merasa ngeri). Demikian itu disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri. Sesungguhnya Allah sekali-kali tidak Menganiaya hamba-Nya.” [Al-Anfal: 50-51]

b-Pemberitahun Rasulullah Saw dalam berbagai haditsnya, di antaranya:

“Jikalau salah seorang di antara kalian meninggal, maka akan diperlihatkan kepadanya tempat duduknya di pagi hari dan sore hari. Jikalau ia adalah penghuni neraka, maka ia adalah penghuni neraka. Jikalau ia adalah penghuni surga, maka ia adalah penghuni surga. Kemudian dikatakan kepadanya, ‘Inilah tempat dudukmu sampai Allah Swt membangkitkanmu di Hari Kiamat.” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari]

c-Lebih dari 1 Milyar umat Islam dengan segala unsur yang terdapat di dalamnya, baik ulama, pemikir, pemimpin dan masyarakat biasa mempercayai bahwa azab kubur dan nikmatnya pasti ada.

2)Dalil ‘Aqly

a)Ketika seorang muslim meyakini adanya Allah Swt dan para Malaikat-Nya, maka mau tidak mau ia juga harus mengimani adzab kubur dan nikmatnya, karena keduanya adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan.

b)Semua kejadian yang ada dalam kubur itu adalah sesuatu yang logis, bukan mustahil menurut akal sehat.

c)Jikalau seseorang tidur, kemudian ia bermimpi, maka ia bisa merasakan kenikmatan jikalau mimpi itu baik, dan bisa juga merasakan kesengsaraan jikalau mimpi itu buruk. Itu hanyalah mimpi. Tentunya jikalai ia melihatnya lansung, maka ia akan lebih merasakannya lagi.

Pembahasan Kedua Belas: Mengimani Qadha’ dan Qadar

Seorang muslim harus menyakini Qadha Allah Swt dan Qadar-Nya. Semua kejadian yang ada di alam semesta ini berada dalam kendali-Nya, dan tentunya terjadi dengan keadilan-Nya. Tidak ada seorang hambapun yang dizhalimi-Nya. Apa yang diinginkan-Nya, maka akan terjadi. Dan apa yang tidak diinginkannya, maka tidak akan pernah terjadi.

1)Dalil Naqly

a)Banyak sekali firman Allah Swt dalam Al-Quran Al-Karim yang berkaitan dengan Qadha dan Qadar ini, di antaranya:

“Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran.” [Al-Qamar: 49]

b-Sabda Rasulullah Saw dalam berbagai haditsnya yang menjelaskan masalah ini, di antaranya:

“Ketika Allah Swt pertama kali menciptakan qalam, maka Dia berfirman kepadanya, ‘Tulis Qadar segala sesuatu sampai terjadi Hari Kiamat.” [Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Abu Daud]

c-Lebih dari 1 Milyar umat Islam di dunia ini dengan segala unsurnya meyakini Qadha Allah Swt dan Qadar-Nya terhadap para makhluk-Nya.

2)Dalil ‘Aqly

a)Akal tidak akan pernah menolak adanya Qadha dan Qadar, karena kenyataan yang terjadi sehari-hari menunjukkan hal ini. Tanpa adanya Qadar, maka kehidupan ini akan kacau-balau.

b)Ketika mengimani Allah Swt sebagai Rabb, maka mau tidak mau Anda juga harus meyakini Qadha-Nya dan Qadar-Nya.

c)Seorang manusia biasa saja membuat perencanaan yang matang untuk kerjanya atau programnya, maka bagaimanakah dengan Zat yang Maha Hebat, yang tidak mungkin ditandingin kekuasaan-Nya? Tentu Dia jauh lebih baik lagi, dan tidak bisa dibandingkan dengan makhluk-Nya.

 

Pembahasan Ketiga Belas: Tauhid Ibadah

Seorang muslim harus meyakini, bahwa Allah Swt adalah Rabb segala makhluk, baik yang ada di zaman dahulu kala, di zaman sekarang maupun di zaman yang akan datang. Tiada Rabb melainkan diri-Nya. Jikalau Anda meminta, maka memintalah kepada-Nya. Jikalau Anda meminta tolong, maka mintalah pertolongan-Nya. Dan jikalau Anda menghamba, maka menghambalah kepada-Nya.

1)Dalil Naqly

a)Perintah Allah Swt dalam berbagai ayat-Nya, agar para hamba-Nya hanya menyembah-Nya, seperti:

“Sesungguhnya aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah aku.” [Thaha: 14]

b)Pemberitahun Allah Swt dalam berbagai ayat-Nya, di antaranya:

“Dan sungguhnya Kami telah mengutus Rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan), ‘Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu.” [An-Nahl: 36]

c)Pemberitahun Rasulullah Saw dalam berbagai haditsnya, di antaranya:

Taktala Rasulullah Saw mengutus Mu’adz bin Jabal Radhiyallahu ‘Anhu ke Yaman, maka beliau berpesan kepadanya, “Hendaklah dakwah pertama yang engkau sampaikan kepadanya, agar mereka mentauhidkan Allah Swt.” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari]

2)Dalil ‘Aqly

a)Tidak ada di alam semesta ini yang mampu memberikan rezki, melakukan pengaturan yang baik dan hal-hal istimewa lainnya, kecuali Allah Swt. Artinya, hanyalah Dialah yang berhak di sembah dan dipertuhan.

b)Semua makhluk membutuhkannya, maka mau tidak mau Dia harus disembah.

c)Ketika Anda berdoa dan menyembah sesuatu yang tidak bisa memberikan apapun kepada Anda, maka bagaimana Anda bisa mempertuhannya. Tuhan itu adalah Zat yang Agung, dan bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan makhluk.

 

Baca juga: Ayat-ayat ruqyah syar’iyyah

Pembahasan Keempat Belas: Wasilah (Perantara)

Sebagaimana Anda ketahui, Allah Swt mencintai amal-amal kebaikan dan segala jenis ketaatan. Nah, ketika Anda mengerjakannya, maka jadikanlah ia sebagai wasilah (perantara) untuk meminta apa yang Anda inginkan kepada-Nya. Ini juga bisa Anda lakukan dengan Asmaul Husna dan sifat-Nya, ibadah wajib dan sunnah. Pokoknya, segala jenis ketaaatn bisa dijadikan wasilah. Contohnya: Anda ditimpa suatu penyakit. Kemudian Anda mengerjakan shalat sunnah dan berdoa setelahnya dengan mengatakan, “Ya Allah, saya berwasilah dengan amalan shaleh yang saya kerjakan, sembuhkanlah diriku.”

1)Dalil Naqly

a)Pemberitahuan Allah Swt dalam berbagai firman-Nya, di antaranya:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya.” [Al-Maidah: 35]

b)Pemberitahun Rasulullah Saw dalam berbagai haditsnya, di antaranya:

Tiga orang yang terkurung di dalam gua, kemudian salah satunya berkata kepada yang lainnya, “Lihatlah amal shaleh yang kalian kerjakan, maka berdoalah dengannya kepada Allah Swt, mudah-mudahan Dia akan melapangkannya bagi kalian. Berdoalah dan bertawassullah.” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari]

c)Para Rasul juga melakukan hal yang sama, dan ini menunjukkan bahwa ia adalah bagian dalam syariat. Dalam Al-Quran Al-Karim dijelaskan:

“Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian ta’bir mimpi. (ya Tuhan) Pencipta langit dan bumi. Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam Keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh.” [Yusuf: 101]

2)Dalil ‘Aqly

a)Allah Swt Maha Kaya, dan para hamba-Nya Maha Dhaif, sehingga mereka membutuhkan-Nya agar bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan, serta bisa selamat dari adzab-Nya.

b)Wasilah hanya bisa didapatkan dari hal-hal yang disyariatkan oleh Allah Swt, karena kita tidak tahu apa saja yang dicintai-Nya dan dibenci-Nya kecuali melalui wahyu yang diturunkan-Nya kepada para Rasul-Nya.

c)Jikalau Anda bertawassul dengan jasad Anda, maka ia bukanlah buatan Anda. Ia adalah ciptaan Allah Swt, yang akan mengalami kebusukan ketika Anda meninggal. Artinya, Anda harus bertawassul dengan amal shaleh yang Anda kerjakan, atau perkara-perkara lainnya yang disyariatkan-Nya.

 

Pembahasan Kelima Belas: Wali Allah dan Karamahnya, Wali Setan dan Kesesatannya

a)Wali Allah Swt

Seorang muslim harus meyakini, bahwa Alah Swt telah memilih beberapa orang hamba-Nya sebagai wali yang benar-benar konsentrasi beribadah kepada-Nya, menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Mereka mencintai-Nya, dan Diapun mencintai mereka. Jikalau mereka meminta, maka Dia akan memberinya. Dan jikalau mereka meminta perlindungan, maka Dia akan memberikannya.

Pada dasanya, setiap mukmin adalah wali-Nya. Hanya saja, tingkatan mereka berbeda-beda sesuai dengan kadar keimanan dan ketakwaannya. Pada tingkatan pertama ada para Nabi dan para Rasul, setelah itu barulah orang-orang mukmin sesuai dengan tingkat keimananan di dalam dadanya.

Banyak sekali karamah yang dimiliki oleh wali Allah Swt, yang jikalau dimiliki para Nabi disebut dengan Mujizat. Contohnya, memperbanyak makanan dan minuman, selamat dari panasnya api, bisa menghidupkan orang mati, menyembuhkan orang yang sakit parah, dan sebagainya.

Dalil Naqly

a)Pemberitahuan Allah Swt dalam berbagai ayat-Nya tentang para wali-Nya dan karamah mereka, seperti:

“Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (yaitu) Orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa. Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan} di akhirat. Tidak ada perubahan bagi kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. Yang demikian itu adalah kemenangan yang besar.” [Yunus: 62-64]

b)Pemberitahun Rasulullah Saw dalam berbagai haditsnya, di antaranya:

“Di antara hamba Allah Swt adalah orang yang jikalau bersumpah dengan-Nya, maka Dia akan mengabulkannya.” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari]

c)Berbagai kisah dan riwayat mengenai karamah para wali Allah Swt dari kalangan Sahabat, Tabiin dan para ulama setelahnya. Misalnya, ketika Salman Al-Farisy makan bersama Abu Ad-Darda’, maka piringnya bertasbih, atau makanan yang ada di dalam piring itu.

2)Wali Setan

Jikalau sebelumnya ada wali Allah Swt, maka ada juga wali setan. Mereka adalah orang-orang yang jauh dari Allah Swt, tidak menjalankan perintah-Nya dan selalu melanggar larangan-Nya. Telinga mereka sudah pekak mendengarkan kebenaran, mata mereka sudah buta melihatnya, bahkan sudah tidak mengenal lagi apa itu kebenaran. Perkara yang batil dijadikannya haq, dan yang haq dijadikannya batil.

Mereka selalu menentang para wali Allah Swt, memerangi mereka, memusuhi mereka, bahkan membunuh mereka. Merekalah orang-orang yang mendapatkan laknat di dunia dan di akhirat.

a)Pemberitahun Allah Swt mengenai mereka dalam berbagai ayat-Nya, di antaranya:

“Allah pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya ialah syaitan, yang mengeluarkan mereka daripada cahaya kepada kegelapan (kekafiran). Mereka itu adalah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.” [Al-Baqarah: 257]

b)Pemberitahun Rasulullah Saw dalam berbagai haditsnya, di antaranya:

“Tidaklah salah seorang di antara kalian, kecuali ada qarinnya (jinnya),” [Diriwayatkan oleh Muslim]

c)Kejadian-kejadian aneh yang diperlihatkan oleh para wali setan, yang disaksikan oleh Milyaran umat manusia, seperti menghadirkan makanan dan minuman secara tiba-tiba, bisa menghilang, terbang di udara, berjalan di atas air dan sebagainya.

 

Pembahasan Keenam Belas: Mengimani Kewajiban Amar Maruf dan Nahi Mungkar

1)Kewajiban Amar Maruf dan Nahi Mungkar

a)Dalil Naqly

-Perintah Allah Swt dalam berbagai ayat-Nya, di antaranya:

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” [Ali Imran: 104]

-Pemberitahuan Allah Swt mengenai orang-orang yang menjadi para penolong-Nya dan wali-Nya dalam berbagai ayat-Nya, di antaranya:

“(yaitu) Orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi niscaya mereka mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar; dan kepada Allah-lah kembali segala urusan.” [Al-Hajj: 41]

-Perintah Rasulullah Saw dalam berbagai haditsnya, di antaranya:

“Barangsiapa di antara kalian yang melihat kemungkaran, maka rubahlah dengan tangannya. Jikalau tidak mampu, maka dengan lisannya. Jikalau tidak mampu, maka dengan hatinya. Itulah selemah-lemah iman.” [Diriwayatkan oleh Muslim]

-Pemberitahun Rasulullah Saw dalam berbagai haditsnya, di antaranya:

“Tidaklah suatu kaum melakukan kemaksiatan, dan di antara mereka ada yang mampu mengingkarinya namun tidak melakukannya, kecuali hampir saja Allah Swt menimpa mereka semuanya dengan adzab-Nya.” [Diriwayatkan oleh Abu Daud]

b)Dalil ‘Aqly

-Jikalau badan sakit, kemudian tidak diobati, maka penyakitnya akan semakin parah. Begitu juga halnya dengan maksiat di dalam tubuh umat. Ia ibarat penyakit yang harus segera di obati.

-Maksiat itu ibarat kotoran yang mengotori tubuh umat. Jikalau tidak dibersihkan, maka tubuhnya akan berpenyakit, bau, dan menjadi sarang berbagai kuman dan virus.

-Nafsu manusia itu selalu condong kepada keburukan, sehingga harus ada Amar Maruf dan Nahi Mungkar yang meluruskannya. Jikalau dibiarkan, maka bisa jadi ia akan menjadi kebiasaan, dan lama-lama akan menjadi tradisi yang benar-benar sulit merubahnya.

2)Adab Amar Maruf dan Nahi Mungkar

-Hendaklah Anda mengatahui, bahwa apa yang Anda perintahkan adalah Maruf dalam syariat, buakn sekedar dugaan saja. Dan apa yang Anda larang adalah mungkar dalam syariat.

-Hendaklah Anda menjadi seseorang yang Wara’ (menjaga kesucian diri), yaitu tidak melakukan apa yang Anda larang.

-Hendaklah melakukannya dengan santun, jangan kasar dan keras.

-Jangan mencari-cari kemungkaran orang kain, karena itu masuk dalam kategori Tajassus dan membuat orang lain marah.

-Hendaklah Anda terlebih dahulu memperkenalkan yang Maruf sebelum melarang kemungkaran, karena bisa jadi ia melakukan kemungkaran itu karena tidak mengetahuinya sama sekali.

-Lakukanlah tahapan-tahapan dalam Amar Maruf, seperti dimulai nasehat mengenai ancaman dan janji Allah Swt. Jikalau tidak mempan juga, maka gunakanlah kata-kata yang sedikit keras. Jikalau tidak mampu juga, maka dengan tangannya. Jikalau tidak mampu juga, maka mintalah bantuan orang lain atau pemerintah.

-Jikalau Anda tidak mampu merubah kemungkaran dengan tangan Anda atau lisan Anda, karena takut dengan ancaman yanga kan menima keluarga Anda atau harta Anda dan sebagainya, maka cukuplah dengan lisan saja.

Baca juga: Kosakata Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Kata Benda tentang Administrasi Keuangan #135-142


Pembahasan Ketujuh Belas: Mengimani Kewajiban Mencintai Para Sahabat Rasulullah Saw, Memuliakan para Imam Kaum Muslimin, dan Menaati Para Pemimpinnya

Seorang muslim harus meyakini, bahwa Allah Swt telah memuliakan para sahabat Rasulullah Saw dari sekalian umat muslim lainnya. Dan itu berdasarkan dahulu atau kemudiannya mereka masuk Islam. Semakin dahulu masuk Islam, maka semakin tinggi derajatnya.

Secara umum, sahabat yang paling tinggi tingkatannya adalah para Khulafa’ Rasyidin: Abu Bakar, Umar, Ustman dan Ali, kemudian sepuluh orang sahabat yang dijanjikan masuk surga; selain empat orang khalifah,  yang lainnya adalah Thalhah bin Ubaidillah, Az-Zubair bin Al-Awwam, Saad bin Abi Waqqash, Said bin Zaid, Abu Ubaidah bin Amir Al-Jarrah dan Abdurrahman bin Auf, kemudian orang-orang yang ikut dalam perang Badar, kemudian orang-orang yang diberitakan masuk surga selain yang sepuluh di atas, seperti Fathimah Az-Zahra’, Hasan dan Husain, Bilal bin Rabah dan lain-lain, kemudian para pengikut Baiatul Ridhwan.

Selain itu, juga wajib menghormati para Imam dan ulama kaum muslimin, karena mereka adalah penerus risalah para Nabi, yang menerangi jalan umat ini dari kegelapan menuju cahaya yang terang-benderang. Sedangkan kepada para pemimpin kaum muslimin, maka mereka harus menaatinya.

1)Para sahabat Rasulullah Saw dan keluarganya:

a-Anda harus mencintai mereka, karena Allah Swt dan Rasul-Nya juga mencintai mereka; sebagaimana firman-Nya:

“Maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintaiNya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela.” [Al-Maidah: 54]

b-Anda harus mengakui kemuliaan mereka; sebagaimana diakui oleh kaum muslimin semenjak zaman dahulu kala, karena Allah Swt sendiri juga memuji mereka dalam firman-Nya:

“Mereka tidak memelihara (hubungan) kerabat terhadap orang-orang mukmin dan tidak (pula mengindahkan) perjanjian. Dan mereka Itulah orang-orang yang melampaui batas.” [At-Taubah: 10]

c-Anda harus meyakini, bahwa sahabat yang paling afdhal adalah Abu Bakar Shiddiq Radhiyallahu ‘Anhu, kemudian baru diikuti oleh Umar, Utsman, Ali dan seterusnya.

d-Anda harus mengakui keistimewaan-keistimewaan yang mereka miliki, seperti kedudukan mulia Abu Bakar di sisi Rasulullah Saw, pujiannya terhadap Zubair bin Al-Awwam sebagai hawarynya, pujiannya terhadap Abdullah bin Umar sebagai laki-laki shaleh dan sebagainya.

e-Anda tidak boleh mencaci mereka. Jikalau Anda perbedaan pendapat di kalangan mereka, Anda cukup diam saja. Rasulullah Saw bersabda:

“Janganlah kalian mencela salah seorang sahabatku.” [Diriwayatkan oleh Abu Daud]

f-Anda harus meyakini, bahwa Anda tidak boleh menikahi para istri Rasulullah Saw setelah wafatnya, karena mereka adalah ibu kaum mukminin. Allah Swt berfirman:

“Nabi itu (hendaknya) lebih utama bagi orang-orang mukmin dari diri mereka sendiri dan isteri-isterinya adalah ibu-ibu mereka.” [Al-Ahab: 6]

2)Para Imam kaum muslimin

a)Anda harus mencintai mereka, menghormati mereka dan mengauki keagungannya di sisi Allah Swt.

b)Tidak menyebutkan keburukan mereka. Cukuplah Anda memujinya dengan kebaikan. Jikalau ada kesalahan, maka maafkanlah dan tutupilah.

c)Anda harus meyakini, bahwa pemikiran-pemikiran yang dihasilkan oleh Imam 4 Mazhab adalah berdasarkan Al-Quran dan Sunnah. Dan jikalau ada yang bertentangan, maka Anda harus mendahulukan kedua pondasi Islam ini.

d)Istinbath-istinbath yang dihasilkan oleh para ulama dari hasil pemikiran dari Al-Quran dan Sunnah. Artinya, jikalau Anda mengamalkannya, maka Anda sudah mengamalkan keduanya.

e)Jikalau mereka berbeda pendapat, maka Anda harus memahaminya bahwa semua itu berdasarkan ilmu. Anda tidak boleh nepotisme kepada salah satunya dan mencela yang lainnya. Ambillah pendapat yang berdasarkan Al-Quran dan Sunnah Shahihah.

3)Kepada para pemimpin kaum muslimin

a-Selama mereka berada dalam jalan kebenaran, maka Anda wajib menaati mereka. Ini berdasarkan firman Allah Swt:

“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu.” [An-Nisa’: 59]

b-Anda tidak boleh memberontak kepada mereka tanpa ada dasar syar’i yang membolehkannya, karena hal itu akan mengacaukan pemerintahan kaum muslimin. Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang membenci sesuatu dari pemimpinnya, maka bersabarlah, karena barangsiapa yang selangkah saja memberontak kepada amirnya, maka ia meninggal dalam keadaan jahiliyyah.” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari]

c-Sebagai rakyat, Anda harus mendoakan kebaikan bagi mereka. Pada hakikat, kebaikan yang mereka jalankan adalah demi rakyatnya juga.

d-Jikalau ia menyeru Anda untuk berjihad, maka ikutlah bersamanya. Jikalau ia mengimami shalat, maka shalatlah di belakangnya. Selama ia tidak melakukan kekufuran yang nyata, maka kewajiban Anda tetap menaatinya.


Baca juga: Kosakata Bahasa Arab danBahasa Inggris Kata Benda tentang Alat-Alat Pertukangan #163-166

 

Baca juga: Percakapan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Di dalam kelas #3 [فى الفصل]


RINGKASAN KITAB MINHAJUL MUSLIM  KARYA  SYEKH ABU BAKAR JABIR ALJAZAIRY

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama