Bagian-bagian Kalimat dalam Bahasa Arab; Terjemah kitab An Nahwul Wadhih

 

Bagian-bagian Kalimat dalam Bahasa Arab; Terjemah kitab An Nahwul Wadhih


أجزاء الـجملة

BAGIAN-BAGIAN KALIMAT


Contoh-contoh:

1. Ibrahim menunggangi kuda

2. Ismai'l bermain-main dengan kucing

3. Petani memanen gandum

4. Domba memakan buncis dan jelai(sejenis gandum)

5. Aku mendengarkan nasihat

6. Cahaya bersinar di dalam kamar

7. Perahu berjalan di atas air

8. Apakah kamu menyukai perjalanan?

Kita mengetahui pada pembahasan sebelumnya bahwa jumlah mufidah tersusun dari bagian-bagian yaitu kata-kata. Kita akan mengetahui pada pelajaran ini macam-macam kata. Kita katakan:

Jika kita membahas kalimat di atas kita akan mendapati bahwa kata: Ibrahim إبراهيم , Isma'il إسماعيل , dan petani   الفلاحadalah macam-macam penamaan terhadap orang dan kata (kudaالحصان ), (kucing القط ), dan (domba الشاة ) adalah macam-macam hewan, dan kata (gandum القمح ), (buncis الفول ), dan (jelai الشعير ) "" adalah macam-macam tumbuhan, dan kata (ruangan الحجرة ), (perahu السفينة ), dan (airالـماء ) adalah macam-macam benda mati, dan adapun (nasihat النصيحة ), (cahaya النور ), dan (perjalanan السفر ), adalah lafadzh-lafadzh yang dengannya dinamakan macam-macam yang lain. Oleh karena itu setiap kata ini disebut dengan ISIMاسم  (katabenda). Begitupun setiap kata yang digunakan untuk menamakan manusia, hewan, tumbuhan,benda mati dan hal-hal lainnya maka disebut isim.

Kemudian jika kita perhatikan lagi contoh kalimat di atas kita akan mendapati kata: telah mengendarai ركب , sedang bermain-main يداعب , sedang memanen يحصد , dan sedangmemakan يأكل , semuanya menunjukkan atas suatu pekerjaan pada zaman tertentu. Maka kata ‘mengendarai’ ركب menunjukkan makna pekerjaan pada masa lalu (past tense), dan kata sedang bermain-main يداعب  menunjukkan atas pekerjaan yang sedang dilakukan (present continous tense) atau akandilakukan (future tense). Oleh karena itu kata-kata ini dinamakan FI'IL فعل (kata kerja).

Kemudian jika kita perhatikan lagi kita akan mendapati bahwa kalimat: di dalam  فى) (, di atas (على) dan apakah (هل) apabila diucapkan sendiri, tidak dipahami makna sempurna. Namun jikadimasukkan ke dalam suatu kalimat, maka akan menjadi jelas maknanya. Setiap kata-kata inidinamakan dengan HURUF(حرف) .


Baca juga: Percakapan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris di dalam kelas (untuk guru) فىِ الفَصْلِ ( لِلْمُدَرِّسِ )

القاعدة

KAIDAH:


Kata itu ada tiga: Isim, Fi'il, dan Huruf

  1. Isim  (اسم)  : Setiap lafadzh yang digunakan untuk menamakan manusia, hewan, tumbuhan,benda mati, dll.
  2. Fi'il  (فعل) : setiap lafadzh yang menunjukkan suatu pekerjaan pada masa tertentu
  3. Huruf (حرف)  : setiap lafadzh yang tidak sempurna maknanya kecuali jika digabungkan bersamalainnya (dalam suatu kalimat)

Demikian materi tentang bagian-bagian kalimat dalam Bahasa Arab; Terjemah kitab An Nahwul Wadhih

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama