Pembelajaran kali ini sudah lebih menyeluruh, kita sudah mulai menggunakan kata kerja dengan perubahannya sesuai pelaku pekerjaannya, dilengkapi dengan materi tentang waktu.
فِى اْلفَصْلِ
اْلمـُفْرَدَاتُ
تَعَلَّمَ - يَتَعَلَّمُ |
belajar |
كَتَبَ - يَكْتُبُ |
menulis |
قَرَأَ - يَقَرَأُ |
membaca |
أَكَـلَ - يَأْكُـلُ |
makan |
اهْتِمَامًا |
perhatian |
الْمَطْعَمُ |
ruang makan |
ذَهَبَ -
يَذْهَبُ |
pergi |
شَرَحَ - يَشْرَحُ |
menerangkan |
اِسْتَمَعَ - يَسْتَمِعُ |
mendengarkan |
اِهْتَمَّ - يَهْتَمُّ |
memperhatikan |
قَـامَ - يَقُوْمُ |
berdiri |
النِّصْفُ |
setengah |
الْمُحَادَثَةُ
يَا أَحْمَد، أَيْنَ تَعَلَّمْتَ
؟ تَعَلَّمْتُ فِى اْلفَصْلِ |
Hai
Ahmad, dimana kamu (sudah) belajar? Saya belajar di kelas |
يَا فَاطِمَةَ، مَاذَا كَتَبْتِ ؟ كَتَبْتُ الدَّرْسَ |
Hai
Fatimah, apa yang (sudah) kamu tulis? Saya (sudah) menulis pelajaran |
مَاذَا قَرَأَ بُوْدِى ؟ قَرَأَ
بُوْدِى اْلقُرْآنَ |
Budi
(sudah) membaca apa? Budi (sudah) membaca Al Quran |
هَلْ ذَهَبْتِ إِلَى اْلـمـَدْرَسَةِ
صَبَاحًا ؟ نَعَمْ، ذَهَبْتُ إِلَى اْلـمـَدْرَسَةِ صَبَاحًا |
Apakah
kamu (sudah) pergi ke sekolah pada pagi hari? Ya, saya (sudah) pergi ke
sekolah pada pagi hari. |
هَلْ أَكَلَ التِّلْمِيْذُ فِى اْلفَصْلِ ؟ لاَ، أَكَلَ
التِّلْمِيْذُ فِى الْمَطْعَمِ |
Apakah
murid laki-laki (sudah) makan di kelas? Tidak, murid laki-laki (sudah) makan
di ruang makan |
اْلقِرَاءَةُ
نَحْنُ
طُلاَّبٌ، ذَهَبْنَا إِلَى
اْلـمـَدْرَسَةِ فِى السَّاعَةِ السَّادِسَةِ صَبَاحًا وَ رَجَعْنَا
مِنْهَا فِى السَّاعَةِ
الرَّابِعَةِ وَ النِّصْفَ مَسَاءًا.
تَعَلَّمْنَا
فِى اْلفَصْلِ وَ جَلَسْنَا عَلَى اْلكُرْسِىِّ.
قَامَ
اْلأُسْتَاذُ أَمَامَ اْلفَصْلِ وَ شَرَحَ الدَّرْسَ، التَّلاَمِيْذُ اِسْتَمَعُوْا
شَرْحَ اْلأُسْتَاذِ وَ اهْتَمُّوْا اِلَيْهِ اهْتِمَامًا تَامًّا.
Kita
para murid, kita (sudah) pergi ke
sekolah pada pukul 6 pagi dan (sudah) pulang dari sekolah pada pukul 04.30 sore.
Kita
(sudah) belajar di dalam kelas dan duduk di atas kursi.
Pak
guru (sudah) berdiri di depan kelas dan (sudah)
menerangkan pelajaran, murid-murid (sudah)
mendengarkan keterangan pak guru dengan sangat perhatian.
اْلقَاعِدَةُ
Dhomir |
Perubahan
Fi’il Madhi |
|||
هُوَ |
فَعَلَ |
كَتَبَ |
جَلَسَ |
كَتَبَ |
هُمَا |
فَعَلَا |
كَتَبَا |
جَلَسَا |
كَتَبَا |
هُمْ |
فَعَلُوْا |
كَتَبُوْا |
جَلَسُوْا |
كَتَبُوْا |
هِيَ |
فَعَلَتْ |
كَتَبَتْ |
جَلَسَتْ |
كَتَبَتْ |
هُمَا |
فَعَلَتَا |
كَتَبَتَا |
جَلَسَتَا |
كَتَبَتَا |
هُنَّ |
فَعَلْنَ |
كَتَبْنَ |
جَلَسْنَ |
كَتَبْنَ |
أَنْتَ |
فَعَلْتَ |
كَتَبْتَ |
جَلَسْتَ |
كَتَبْتَ |
أَنْتُمَا |
فَعَلْتُمَا |
كَتَبْتُمَا |
جَلَسْتُمَا |
كَتَبْتُمَا |
أَنْتُمْ |
فَعَلْتُمْ |
كَتَبْتُمْ |
جَلَسْتُمْ |
كَتَبْتُمْ |
أَنْتِ |
فَعَلْتِ |
كَتَبْتِ |
جَلَسْتِ |
كَتَبْتِ |
أَنْتُمَا |
فَعَلْتُمَا |
كَتَبْتُمَا |
جَلَسْتُمَا |
كَتَبْتُمَا |
أَنْتُنَّ |
فَعَلْتُنَّ |
كَتَبْتُنَّ |
جَلَسْتُنَّ |
كَتَبْتُنَّ |
أَنَا |
فَعَلْتُ |
كَتَبْتُ |
جَلَسْتُ |
كَتَبْتُ |
نَحْنُ |
فَعَلْنَا |
كَتَبْنَا |
جَلَسْنَا |
كَتَبْنَا |
Diantara keunikan Bahasa Arab adalah adanya perubahan kata kerja yang disesuaikan dengan pelaku pekerjaan. Di atas adalah tabel contoh perubahan kata kerja yang sesuai dengan pelaku pekerjaannya.
Baca juga: Belajar Ilmu Nahwu dari Kitab An Nahwul Wadhih tentang jumlah fi’liyyah