Mengungkapkan bilangan 3 sampai 10 dalam Bahasa Arab #14 ('adad ma'dud)

Setelah mempelajari angka dan bilangan dari 1 dan 2, kali ini kita akan belajar bersama angka dan bilangan untuk 3 hingga 10. 

اْلأَرْقَامُ (الثانى)

اْلمـُفْرَدَاتُ

كِتَابٌ وَاحِدٌ

سِتَّةُ كُتُبٍ

 

كُرَّاسَةٌ  وَاحِدَةٌ

سِتُّ كُرَّاسَاتٍ

كِتَابَانِ اثْنَانِ

سَبْعَةُ كُتُبٍ

 

كُرَّاسَتَانِ  اثْنَتَانِ

سَبْعُ كُرَّاسَاتٍ

ثَلاَثَةُ كُتُبٍ

ثَمَانِيَةُ كُتُبٍ

 

ثَلاَثُ كُرَّاسَاتٍ

ثَمَانِى كُرَّاسَاتٍ

أَرْبَعَةُ كُتُبٍ

تِسْعَةُ كُتُبٍ

 

أَرْبَعُ كُرَّاسَاتٍ

تِسْعُ كُرَّاسَاتٍ

خَمْسَةُ كُتُبٍ

عَشْرَةُ كُتُبٍ

 

خَمْسُ كُرَّاسَاتٍ

عَشْرُ كُرَّاسَاتٍ

 

 

 

 

 

سُوْرٌ

pagar

 

حُجْرَةٌ

ruangan

وَلَدٌ

anak-laki-laki

 

بِنْتٌ

anak perempuan

Baca juga: Belajar Ilmu Nahwu dari Kitab An Nahwul Wadhih tentang objek suatu pekerjaan (maf’ul bih)

 


الْمُحَادَثَةُ

هَلْ هذَا كِتَابُكَ ؟ نَعَمْ، هذَا كِتَابِى

Apakah ini bukumu? Ya, ini bukuku

كَمْ كِتَابًا لَكَ ؟ لِى ثَلاَثَةُ كُتُبٍ

Berapa buku milikmu (lk)? Saya memiliki 3 buku

كَمْ قَلَمًا لَكَ ؟ لِى أَرْبَعَةُ أَقْلاَمٍ

Berapa pulpen milikmu (lk)? Saya memiliki 4 pulpen

لـِمَـنْ هذِهِ الْمَحْفَظَةُ ؟  تِلْكَ الْمَحْفَظَةُ لِى

Milik siapa tas ini? Tas itu milikku

كَمْ كُرَّاسَةً لَكِ ؟ لِى ثَلاَثُ كُرَّاسَاتٍ

Berapa buku tulis milikmu (pr)? Saya memiliki 3 buku tulis

كَمْ مِسْطَرَةً لَكِ ؟  لِى أَرْبَعُ مَسَاطِرُ

Berapa penggaris milikmu (pr)? Saya memiliki 4 penggaris

 

اْلقِرَاءَةُ

عَزِيْزٌ مُدَرِّسٌ فِى الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ اْلإِسْلاَمِيَّةِ، لَهُ مَحْفَظَةٌ وَاحِدَةٌ، فِى مَـحْفَظَتِهِ أَرْبَعَةُ أَقْلاَمٍ وَ سِتُّ كُرَّاسَاتٍ وَ خَمْسَةُ كُتُبٍ ، فِى مَـحْفَظَتِهِ أَيْضًا مَجَلَّةٌ عِلْمِيَّةٌ، لَهُ ثَلاَثُ  مَجَلاَّتٍ .

اْلأُسْتَاذُ عَزِيْزٌ فِى اْلفَصْلِ، لِلفَصْلِ بَابٌ وَاحِدٌ  وَ نَافِذَتَانِ اثْنَتَانِ، فِى اْلفَصْلِ أَيْضًا مَكَاتِبُ وَ  كَرَاسِيُّ .

Aziz guru di sekolah menengah Islam, dia mempunyai 1 tas, di dalam tasnya ada 4 pulpen, 6 buku tulis dan 5 buku paket, di dalam tasnya juga ada majalah ilmiah, dia mempunyai 3 majalah.

Pak Guru Aziz di dalam kelas, kelas mempunyai 1 pintu dan 2 jendela, di dalam kelas juga ada beberapa meja dan beberapa kursi.

 

اْلقَاعِدَةُ

Mufrad

Mutsanna

Jama’

 

Mufrad

Mutsanna

Jama’

أُسْتاَذٌ

أُسْتاَذَانِ

أَسَاتِذُ

 

أُسْتاَذَةٌ

أُسْتاَذَتاَنِ

أَسَاتِذَةٌ

طَالِبٌ

طَالِباَنِ

طُلاَّبٌ

 

طَالِبَةٌ

طَالِبَتاَنِ

طَالِبَاتٍ

تِلْمِيْذٌ

تِلْمِيْذَانِ

تَلاَمِيْذُ

 

تِلْمِيْذَةٌ

تِلْمِيْذَتاَنِ

تِلْمِيْذَتٍ

سُوْرٌ

سُوْرَانِ

أَسْوَارٌ

 

حُجْرَةٌ

حُجْرَتاَنِ

حُجُرَاتٌ

وَلَدٌ

وَلَدَانِ

أَوْلاَدٌ

 

غُرْفَةٌ

غُرْفَتَانِ

غُرَفٌ

كُوْبٌ

كُوْباَنِ

أَكْوَابٌ

 

بِنْتٌ

بِنْتاَنِ

بَناَتٌ

سَمَكٌ

سَمَكَانِ

أَسْمَاكٌ

 

صَلاَةٌ

صَلاَتاَنِ

صَلَوَاتٌ

صَحْنٌ

صَحْناَنِ

صُحُوْنٌ

 

صُوْرَةٌ

صُوْرَتاَنِ

صُوَرٌ

 

Kalau kita perhatikan, ‘ mutsanna’ memiliki bentuk atau format yang sama, yang dalam Bahasa Arab dikenal dengan nama ‘wazan’ yaitu huruf terakhir berharokat fathah, diikuti ‘alif sukun’ dan ‘nun’.

Untuk menyatakan benda ‘mudzakkar’  dengan jumlah 3 hingga 10 :

  1. Yang disebutkan terlebih dulu adalah “jumlah” diikuti “kata benda”
  2. Kata benda yang disebutkan menggunakan jama
  3. Bilangan yang disebutkan menggunakan bilangan dalam bentuk muannats.

Untuk menyatakan benda 'muanntas' dengan jumlah 3 hingga 10 :

  1. Yang disebutkan terlebih dulu adalah “jumlah” diikuti “kata benda”
  2. Kata benda yang disebutkan menggunakan bentuk  jama
  3. Bilangan yang disebutkan menggunakan bilangan dalam bentuk mudzakkar.  


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama