Setelah mempelajari angka dan bilangan dari 1 dan 2, kali ini kita akan belajar bersama angka dan bilangan untuk 3 hingga 10.
اْلأَرْقَامُ (الثانى)
اْلمـُفْرَدَاتُ
كِتَابٌ وَاحِدٌ |
سِتَّةُ كُتُبٍ |
|
كُرَّاسَةٌ وَاحِدَةٌ |
سِتُّ كُرَّاسَاتٍ |
كِتَابَانِ اثْنَانِ |
سَبْعَةُ كُتُبٍ |
|
كُرَّاسَتَانِ اثْنَتَانِ |
سَبْعُ كُرَّاسَاتٍ |
ثَلاَثَةُ كُتُبٍ |
ثَمَانِيَةُ كُتُبٍ |
|
ثَلاَثُ كُرَّاسَاتٍ |
ثَمَانِى كُرَّاسَاتٍ |
أَرْبَعَةُ كُتُبٍ |
تِسْعَةُ كُتُبٍ |
|
أَرْبَعُ كُرَّاسَاتٍ |
تِسْعُ كُرَّاسَاتٍ |
خَمْسَةُ كُتُبٍ |
عَشْرَةُ كُتُبٍ |
|
خَمْسُ كُرَّاسَاتٍ |
عَشْرُ كُرَّاسَاتٍ |
|
|
|
|
|
سُوْرٌ |
pagar |
|
حُجْرَةٌ |
ruangan |
وَلَدٌ |
anak-laki-laki |
|
بِنْتٌ |
anak perempuan |
Baca juga: Belajar Ilmu Nahwu dari Kitab An Nahwul Wadhih tentang objek suatu pekerjaan (maf’ul bih)
الْمُحَادَثَةُ
هَلْ هذَا كِتَابُكَ
؟ نَعَمْ، هذَا كِتَابِى |
Apakah ini bukumu? Ya, ini
bukuku |
كَمْ كِتَابًا
لَكَ ؟ لِى ثَلاَثَةُ كُتُبٍ |
Berapa buku milikmu (lk)? Saya
memiliki 3 buku |
كَمْ قَلَمًا
لَكَ ؟ لِى أَرْبَعَةُ أَقْلاَمٍ |
Berapa pulpen milikmu (lk)?
Saya memiliki 4 pulpen |
لـِمَـنْ هذِهِ
الْمَحْفَظَةُ ؟ تِلْكَ الْمَحْفَظَةُ لِى |
Milik siapa tas ini? Tas itu
milikku |
كَمْ كُرَّاسَةً
لَكِ ؟ لِى ثَلاَثُ كُرَّاسَاتٍ |
Berapa buku tulis milikmu (pr)?
Saya memiliki 3 buku tulis |
كَمْ مِسْطَرَةً
لَكِ ؟ لِى أَرْبَعُ مَسَاطِرُ |
Berapa penggaris milikmu (pr)?
Saya memiliki 4 penggaris |
اْلقِرَاءَةُ
عَزِيْزٌ مُدَرِّسٌ فِى الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ اْلإِسْلاَمِيَّةِ،
لَهُ مَحْفَظَةٌ وَاحِدَةٌ، فِى مَـحْفَظَتِهِ أَرْبَعَةُ أَقْلاَمٍ
وَ سِتُّ كُرَّاسَاتٍ وَ خَمْسَةُ كُتُبٍ ، فِى مَـحْفَظَتِهِ
أَيْضًا مَجَلَّةٌ عِلْمِيَّةٌ، لَهُ ثَلاَثُ مَجَلاَّتٍ .
اْلأُسْتَاذُ عَزِيْزٌ فِى اْلفَصْلِ، لِلفَصْلِ بَابٌ وَاحِدٌ وَ
نَافِذَتَانِ اثْنَتَانِ، فِى اْلفَصْلِ أَيْضًا مَكَاتِبُ وَ كَرَاسِيُّ
.
Aziz guru di sekolah menengah Islam, dia
mempunyai 1 tas, di dalam tasnya ada 4 pulpen, 6 buku tulis dan 5 buku paket,
di dalam tasnya juga ada majalah ilmiah, dia mempunyai 3 majalah.
Pak Guru Aziz di dalam kelas, kelas
mempunyai 1 pintu dan 2 jendela, di dalam kelas juga ada beberapa meja dan
beberapa kursi.
اْلقَاعِدَةُ
Mufrad |
Mutsanna |
Jama’ |
|
Mufrad |
Mutsanna |
Jama’ |
أُسْتاَذٌ |
أُسْتاَذَانِ |
أَسَاتِذُ |
|
أُسْتاَذَةٌ |
أُسْتاَذَتاَنِ |
أَسَاتِذَةٌ |
طَالِبٌ |
طَالِباَنِ |
طُلاَّبٌ |
|
طَالِبَةٌ |
طَالِبَتاَنِ |
طَالِبَاتٍ |
تِلْمِيْذٌ |
تِلْمِيْذَانِ |
تَلاَمِيْذُ |
|
تِلْمِيْذَةٌ |
تِلْمِيْذَتاَنِ |
تِلْمِيْذَتٍ |
سُوْرٌ |
سُوْرَانِ |
أَسْوَارٌ |
|
حُجْرَةٌ |
حُجْرَتاَنِ |
حُجُرَاتٌ |
وَلَدٌ |
وَلَدَانِ |
أَوْلاَدٌ |
|
غُرْفَةٌ |
غُرْفَتَانِ |
غُرَفٌ |
كُوْبٌ |
كُوْباَنِ |
أَكْوَابٌ |
|
بِنْتٌ |
بِنْتاَنِ |
بَناَتٌ |
سَمَكٌ |
سَمَكَانِ |
أَسْمَاكٌ |
|
صَلاَةٌ |
صَلاَتاَنِ |
صَلَوَاتٌ |
صَحْنٌ |
صَحْناَنِ |
صُحُوْنٌ |
|
صُوْرَةٌ |
صُوْرَتاَنِ |
صُوَرٌ |
Kalau kita perhatikan, ‘ mutsanna’
memiliki bentuk atau format yang sama, yang dalam Bahasa Arab dikenal dengan
nama ‘wazan’ yaitu huruf terakhir berharokat fathah, diikuti ‘alif sukun’ dan
‘nun’.
Untuk menyatakan benda ‘mudzakkar’
dengan jumlah 3 hingga 10 :
- Yang
disebutkan terlebih dulu adalah “jumlah” diikuti “kata benda”
- Kata
benda yang disebutkan menggunakan jama’
- Bilangan
yang disebutkan menggunakan bilangan dalam bentuk muannats.
Untuk menyatakan benda 'muanntas' dengan
jumlah 3 hingga 10 :
- Yang
disebutkan terlebih dulu adalah “jumlah” diikuti “kata benda”
- Kata
benda yang disebutkan menggunakan bentuk jama’
- Bilangan yang disebutkan menggunakan bilangan dalam bentuk mudzakkar.