Setelah selesai dengan angka dan bilangan dari 11 sampai 20 untuk mudzakkar dengan segala kerumitannya, kali ini kita belajar bersama angka dan bilangan 11 sampai 20 untuk muannats
اْلأَرْقَامُ ( الرابع )
اْلمـُفْرَدَاتُ
اِحْدَى عَشْرَةَ
طَالِبَةً |
11 murid
perempuan |
اِثْنَتَا عَشْرَةَ
طَالِبَةً |
12 murid
perempuan |
ثَلاَثَ عَشْرَةَ
طَالِبَةً |
13 murid
perempuan |
أَرْبَعَ عَشْرَةَ
طَالِبَةً |
14 murid
perempuan |
خَمْسَ عَشْرَةَ
طَالِبَةً |
15 murid
perempuan |
سِتَّ عَشْرَةَ
طَالِبَةً |
16 murid
perempuan |
سَبْعَ عَشْرَةَ
طَالِبَةً |
17 murid
perempuan |
ثَمَانِى عَشْرَةَ
طَالِبَةً |
18 murid
perempuan |
تِسْعَ عَشْرَةَ
طَالِبَةً |
19 murid
perempuan |
عِشْرُوْنَ طَالِبَةً |
20 murid
perempuan |
الضُّـيُوْفُ
جمن الضَّيْفُ |
tamu |
فَاكِهَةٌ ج فَوَاكِهُ |
buah |
غُرْفَةُ الأَكْلِ |
ruang makan |
غُرْفَةُ الضُّـيُوْفِ |
ruang tamu |
مِلْعَقَةً |
sendok |
الْمُحَادَثَةُ
لـِمَـنْ هذِهِ
الْمَحْفَظَةُ ؟ تِلْكَ الْمَحْفَظَةُ لِى |
Milik siapa tas ini? Tas itu
milikku |
كَمْ كُرَّاسَةً
لَكِ ؟ لِى ثَلاَثَ عَشْرَةَ كُرَّاسَةً |
Berapa buku tulis
kepunyaanmu(pr)? Kepunyaanku 13 buku tulis |
كَمْ مِسْطَرَةً
لَكِ ؟ لِى أَرْبَعَ عَشْرَةَ مِسْطَرَةً |
Berapa penggaris
kepunyaanmu(pr)? Kepunyaanku 14 penggaris |
كَمْ طَالِبَةً فِى
فَصْلِكِ ؟ فِى فَصْلِى سِتَّ عَشْرَةَ طَالِبَةً |
Berapa murid perempuan di dalam
kelasmu? Di dalam kelasku ada 6 murid perempuan |
اْلقِرَاءَةُ
فـَائِزَةُ بِنْتٌ مَاهِرَةٌ، هِىَ طَالِبَةٌ فِى
الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ اْلإِسْلاَمِيَّةِ، لَهَا بَيْتٌ فِى بَيْتِهَا
غُرَفٌ مِنْهَا غُرْفَةُ الضُّـيُوْفِ وَ غُرْفَةُ النَّوْمِ وَ غُرْفَةُ
الْمُذَاكَرَةِ وَ غُرْفَةُ الأَكْلِ .
فِى غُرْفَةِ الأَكْلِ مَائِدَةٌ عَلَيْهَا صُحُوْنٌ
وَ أَكْوَابٌ، عَلَى الْمَائِدَةِ اِثْنَتَا عَشْرَةَ مِلْعَقَةً وَ اِحْدَى عَشْرَةَ
شَوْكَةً، عَلَيْهَا أَيْضًا أَرْبَعَ عَشْرَةَ فَاكِهَةً.
اْلقَاعِدَةُ
Untuk
menyatakan benda muannats dengan
jumlah 11 hingga 20 :
a.
Yang
disebutkan terlebih dulu adalah “jumlah” diikuti “kata benda”,
Contoh: (خَمْسَ
عَشْرَةَ طَالِبَةً
) yang artinya 15 murid perempuan, maka yang disebutkan adalah jumlahnya terlebih dulu, yaitu 15, diikuti kata benda yang ingin disebutkan jumlahnya.
b.
Kata benda
yang disebutkan menggunakan ‘muannats’ dalam bentuk mufrad dan
fathah tanwin pada huruf terakhir.
Contoh: pada
kalimat (خَمْسَ عَشْرَةَ طَالِبَةً
) yang artinya 15 murid perempuan. Kita perhatikan bahwa kata benda yang digunakan adalah dalam bentuk mufrad (طَالِبَةً) dan diakhiri dengan fathah tanwin pada
huruf terakhirnya, yaitu (ــــةً)
c.
Untuk
satuan, bilangan yang disebutkan dalam bentuk mudzakkar, dan puluhannya menggunakan bilangan dalam bentuk muannats .
Contoh: pada
kalimat (خَمـْسَ عَشْرَةَ طَالِبَةً ) , untuk menunjukkan
satuan, kita gunakan dalam bentuk mudzakkar (خَمـْسَ) dan puluhannya dalam
bentuk muannats (عَشْرَةَ)
Baca juga: Kata tunjuk (isim isyaroh) dalam Bahasa Arab untuk mudzakkar (laki-laki)